9 Tips Kosan Dingin Tanpa AC, Anti Pengap dan Bikin Nyaman Sepanjang Waktu

Reporter : Arifina
Selasa, 16 Juli 2024 17:47
9 Tips Kosan Dingin Tanpa AC, Anti Pengap dan Bikin Nyaman Sepanjang Waktu
Bye-bye panas! Kamar kos bisa sejuk sepanjang hari tanpa AC ternyata bisa diakali dengan beberapa cara lho! Lebih hemat dan tetap nyaman.

Tips kosan dingin tanpa AC bisa diakali dengan beberapa hal berikut. Kamu pun dengan mudah bisa menerapkannya agar ruangan selalu sejuk sepanjang hari tanpa mahal.

Ya, memasuki musim panas begini kos-kosan menjadi salah satu yang ikut terpengaruh. Jika kamu salah satu yang tidak memiliki AC tentunya hal ini bisa menjadi tantangan tersendiri.

Karena itu perlu beberapa cara agar hunian bisa sejuk tanpa AC dan selalu nyaman tanpa ribet. Meski tak menggunakan AC di dalam kamar kos, ruangan akan selalu dingin lho!

Nah, berikut ini beberapa tips membuat kosan dingin tanpa AC yang bisa kamu terapkan. Apa saja?

1 dari 9 halaman

Optimalkan Ventilasi Alami

Tips Kosan Dingin Tanpa AC

© 2024 Instagram.com/@kamarkost.inspo

Ventilasi yang baik sangat penting untuk sirkulasi udara. Pastikan jendela dan ventilasi kamar kosan yang kamu tempati selalu terbuka untuk memungkinkan aliran udara yang baik.

Jika memungkinkan, buat ventilasi tambahan untuk meningkatkan sirkulasi udara. Kamu juga bisa membuat jadwal untuk membuka jendela, misalnya saat pagi hari atau malam hari yang udaranya lebih sejuk.

Hal ini akan membantu sirkulasi Udara di dalam kamar selalu dingin sepanjang hari.

 

2 dari 9 halaman

Gunakan Tirai atau Gorden dengan Tepat

Jenis tirai atau gorden yang kamu gunakan bisa memengaruhi suhu di dalam kamar. Pilih tirai atau gorden dengan warna terang dan bahan yang dapat memantulkan panas.

Tirai blackout bisa menjadi pilihan yang baik untuk mencegah masuknya sinar matahari langsung ke dalam ruangan. Kemudian, gunakan dengan tepat, seperti tutup tirai saat siang hari kala cuaca panas menyegat.

Hal ini akan mengurangi suhu panas masuk ke dalam ruangan. Sehingga, kamar akan selalu sejuk.

 

3 dari 9 halaman

Simpan Tanaman Hias di Kamar

Memanfaatkan tanaman hias di dalam kamar kos ada keuntungannya lho! Selain membuat ruangan terlihat lebih indah, tanaman hias juga akan membuat kamar lebih sejuk.

Karena luas yang terbatas, kamu bisa memilih tanaman hias berukuran kecil saja. Saat siang hari tanaman akan memberikan kesejukan pada ruangan karena oksigen yang dikeluarkan.

Beberapa tanaman yang baik untuk menyerap panas dan meningkatkan kelembapan udara adalah lidah mertua, lidah buaya, dan sirih gading.

4 dari 9 halaman

Hindari Sumber Panas

Tips Kosan Dingin Tanpa AC

© 2024 Instagram.com/@kamarkost.inspo

Sumber panas di dalam kamar kos dapat muncul dari berbagai alat elektronik nih! Nah, alat elektronik seperti komputer, televisi, dan lampu bisa menghasilkan panas saat digunakan.

Untuk menghindari suhu panas, cobalah untuk meminimalkan penggunaan alat-alat tersebut, terutama pada siang hari. Matikan lampu, dan peralatan elektronik yang tidak digunakan.

Langkah ini akan membantu membuat hunian kamar terasa lebih sejuk lho!

 

5 dari 9 halaman

Gunakan Alas Tidur yang Dingin

Tips lainnya agar kamar kos dingin tanpa AC bisa kamu akali dari penggunaan alas tidur. Nah, kamu bisa memilih sprei dan sarung bantal yang terbuat dari bahan yang sejuk seperti katun atau linen.

Bahan-bahan ini lebih baik dalam menyerap keringat dan memberikan kenyamanan saat tidur. Kamu juga bisa mengakalinya dengan penggunaan sprei dan selimut berbahan tipis agar membantu tubuh tetap sejuk saat tidur.

Cara lainnya, kamu bisa menggunakan kasur pendingin lho! Selain itu, kamu bisa meletakkan botol berisi air dingin di bawah kasur untuk membantu menurunkan suhu tubuh saat tidur.

 

6 dari 9 halaman

Cat Kamar dengan Warna Cerah

Penggunaan cat untuk kamar kos juga memengaruhi tingkat suhu lho! Jika ingin ruangan lebih sejuk, maka gunakan warna cat cerah untuk kamarmu.

Warna tembok yang cerah seperti putih, biru mudah, hijau muda, cream, dan pastel bisa kamu pilih untuk tembok kamar kos. Semua warna-wwara ersebut bisa memberikan perasaan sejuk dan tenang bagi penghuninya.

Sedangkan, warna cat gelap justru membuat ruangan lebih sumpek dan panas.

 

7 dari 9 halaman

Hindari Memasak di Dalam Kamar Kos

Tips Kosan Dingin Tanpa AC

© 2024 Instagram.com/@kamarkost.inspo

Memasak di dalam ruangan bisa menghasilkan banyak panas. Karena itu, hindari memasak makanan di dalam kamar.

Sebab, suhu yang dikeluarkan justru akan membuat ruangan pengap dan panas. Jika memungkinkan, gunakan dapur bersama atau area luar untuk memasak.

Alternatif lainnya adalah menggunakan alat masak yang lebih sedikit menghasilkan panas seperti microwave atau rice cooker.

 

8 dari 9 halaman

Gunakan Kipas Angin

Sebagai pengganti AC, kamu bisa memanfaatkan penggunaan kipas angin nih. Tapi, jangan asal meletakkan kipas di dalam kamar ya.

Sebab cara kerja kipas angin hanya untuk membuat sirkulasi Udara lebih baik dengan berputar di area ruangan. Karena itu, pastikan posisinya tidak langsung mengarah ke tubuh atau bagian kepala.

Tempatkan kipas angin di dekat jendela untuk menarik udara segar dari luar. Namun, saat malam hari hadapkan kipas angin keluar untuk mengeluarkan udara panas dari dalam kosan.

Untuk menjaga hunian selalu dingin kamu bisa menempatkan semangkuk es batu atau botol air beku di depan kipas angin. Sehingga, ruangan akan teraliri angin yang lebih dingin.

 

9 dari 9 halaman

Jaga Kebersihan Kamar

Kamar kos terasa panas juga bisa disebabkan dari kotoran dan debu lho! Karena itu, pastikan ruangan kamarmu selalu bersih sepanjang hari.

Pastikan untuk membersihkan kamar secara rutin dan membuang sampah dengan benar. Termasuk, menyapu, mengepel ruangan agar selalu terasa segar dan rapi.

Itulah beberapa tips kosan dingin tanpa AC yang bisa kamu terapkan. Kini, meski cuaca panas kamarmu akan tetap terasa sejuk dan nyaman sepanjang hari deh! Semoga bermanfaat ya.

Beri Komentar