7 Tips Jitu Membersihkan Minyak di Lantai Agar Kinclong Kembali

Reporter : Arifina
Selasa, 18 Juni 2024 15:47
7 Tips Jitu Membersihkan Minyak di Lantai Agar Kinclong Kembali
Jangan asal di pel, membersihkan minyak di lantai ada cara tersendiri lho! Dijamin, lantai pun bebas licin dan kinclong Kembali.

Tips membersihkan minyak di lantai harus diperhatikan dengan benar. Bahkan, tidak bisa asal di pel begitu saja lho! Sebab, untuk membuat lantai tidak berminyak dan lengkat ada beberapa bahan yang bisa digunakan.

Lantai yang terkena tumpahan minyak memang menyebalkan. Selain lengket dan licin, noda minyak juga bisa membuat lantai terlihat kusam dan kotor.

Lantai yang terkena tumpahan minyak bisa menjadi licin dan berbahaya. Noda minyak yang membandel pun juga dapat merusak estetika ruangan.

1 dari 8 halaman

Karena itu, minyak yang tumpah di lantai harus segera dibersihkan. Jika tidak, noda minyak juga sulit dihilangkan jika sudah meresap ke lantai.

Dilansir dari Hunker, minyak goreng yang tumpah ke lantai akan meninggalkan residu lengket dan licin. Nah, proses menghilangkannya juga harus melibatkan penyerapan hingga pembersihan dengan sabun dan air.

Berikut ini tips membersihkan minyak di lantai!

 

2 dari 8 halaman

Segera Bersihkan Tumpahan Minyak

Langkah pertama dan paling penting adalah segera membersihkan minyak yang tumpah di lantai. Semakin cepat kamu bertindak, semakin mudah untuk menghilangkan noda minyak tersebut.

Gunakan kain lap yang bersih dan kering atau tisu kertas untuk menyerap minyak sebanyak mungkin. Jangan gosok, karena ini bisa menyebarkan minyak ke area yang lebih luas.

3 dari 8 halaman

Gunakan Bahan Penyerap

Tips Agar Lantai Dapur Tidak Berminyak

© Shutterstock.com

Setelah sebagian besar minyak terserap, taburkan bahan penyerap seperti tepung maizena, baking soda, serbuk kayu, oatmeal, atau pasir kucing ke area yang terkena minyak.

Biarkan bahan tersebut selama beberapa menit untuk menyerap sisa minyak. Setelah itu, sapu atau bersihkan dengan kain kering.

 

4 dari 8 halaman

Aplikasikan Sabun Cuci Piring

Sabun cuci piring adalah bahan yang efektif untuk mengatasi minyak karena memiliki sifat pengemulsi. Campurkan sabun cuci piring dengan air hangat, lalu aplikasikan ke lantai menggunakan spons atau sikat lembut.

Gosok perlahan hingga minyak terangkat. Setelah itu, bersihkan dengan kain basah untuk menghilangkan sisa sabun.

 

5 dari 8 halaman

Gunakan Cuka Putih

Ilustrasi Cuka Putih

© 2020 https://www.diadona.id

Bahan lainnya yang juga ampuh untuk menghilangkan noda minyak di lantai adalah cuka putih. Campurkan cuka putih dengan air dalam perbandingan 1:1, lalu masukkan ke botol semprot.

Semprotkan campuran tersebut ke area yang terkena minyak, lalu gosok dengan spons atau kain. Cuka akan membantu melarutkan minyak dan membersihkan lantai.

 

6 dari 8 halaman

Manfaatkan Larutan Amonia

Untuk noda minyak yang lebih membandel, larutan amonia bisa digunakan. Campurkan amonia dengan air hangat (1:3), lalu aplikasikan ke lantai menggunakan spons.

Gosok area tersebut dengan lembut, lalu bersihkan dengan kain basah. Pastikan untuk bekerja di area yang berventilasi baik saat menggunakan amonia karena bau dan uapnya bisa kuat.

 

7 dari 8 halaman

Gunakan Garam

Ilustrasi Garam Laut

© 2020 https://www.diadona.id

Ada bahan dapur lainnya yang juga ampuh untuk membersihkan minyak di lantai, yakni garam. Caranya pun mudah, cukup taburkan garam di atas noda minyak, diamkan selama beberapa menit.

Kemudian, bersihkan dengan kain lap basah atau sikat. Lalu, sapu lantai agar semakin bersih maksimal.

 

8 dari 8 halaman

Bilas dengan Air Bersih

Cara Membersihkan Oli di Lantai

© 2024 freepik.com/KamranAydinov

Setelah semua langkah pembersihan dilakukan, bilas lantai dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa bahan pembersih. Gunakan kain bersih yang telah dibasahi air untuk mengelap lantai hingga benar-benar bersih.

Pastikan lantai benar-benar kering untuk menghindari kecelakaan akibat lantai licin.

Itulah beberapa tips membersihkan minyak di lantai dengan mudah yang bisa kamu praktikkan di rumah. Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu bisa menjaga lantai tetap bersih dan aman dari tumpahan minyak. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar