9 Tips Membuka Tutup Botol yang Keras, Tak Perlu Panik!

Reporter : Arifina
Kamis, 25 Juli 2024 12:07
9 Tips Membuka Tutup Botol yang Keras, Tak Perlu Panik!
Siapa nih yang sering kesulitan buka tutup botol? Jangan buru-buru panik ya. Ternyata, hal itu bisa diakali dengan mudah lho!

Tips membuka tutup botol yang keras bisa kamu terapkan untuk mengatasi hal tersebut. Tak dapat dipungkiri, terkadang tutup botol mengeras karena terlalu rapay.

Entah itu botol minuman, toples selai, atau wadah lainnya, masalah sulitnya membuta tutup botol ini seringkali membuat kita frustrasi. Apalagi, jika barang tersebut sedang dibutuhkan segera.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa tips yang bisa kamu coba lho! Tapi sebelumnya, kenali dulu penyebab botol sulit dibuka.

 

1 dari 10 halaman

Mengapa Tutup Botol Sulit Dibuka?

ilustrasi botol

©treehugger.com

Sebelum membahas solusinya, ada baiknya kita mengetahui penyebab tutup botol sulit dibuka. Beberapa faktor yang umum adalah:

Tekanan udara: Perubahan suhu atau kelembapan dapat menyebabkan perubahan tekanan udara di dalam botol, sehingga tutup menjadi sangat rapat.
Karat: Jika tutup botol terbuat dari logam, karat dapat menyebabkan tutup menempel lebih kuat pada mulut botol.
Bahan perekat: Beberapa tutup botol menggunakan bahan perekat tambahan untuk menjaga kedap udara.

 

2 dari 10 halaman

Tips Membuka Tutup Botol yang Keras

Nah, berikut ini beberapa tips mengatasi masalah susah membuka tutup botol yang bisa kamu lakukan dengan mudah!

Gunakan Kain atau Handuk

Salah satu cara paling sederhana untuk membuka tutup botol yang keras adalah dengan menggunakan kain atau handuk. Bungkus tutup botol dengan kain atau handuk untuk meningkatkan grip, kemudian putar tutupnya.

Cara ini membantu mengurangi licin dan membuat tangan kamu lebih nyaman saat memutar tutup botol. Membuka botol juga lebih mudah tanpa khawatir tangan menjadi lecet.

 

3 dari 10 halaman

Gunakan Sarung Tangan Karet

Sarung tangan karet juga bisa digunakan untuk mengatasi kesulitan membuka tutup botol lho! arung tangan karet dapat memberikan cengkeraman yang lebih baik.

Hal ini karena, jenis sarung tangan yang biasa digunakan untuk cuci piring tersevut memiliki sifat yang kesat. Sehingga, akan memudahkan saat memberi tekanan pada tutup botol.

Dengan begitu, kamu cukup memakainya lalu buka dengan menekan tutup botol lebih kuat tanpa khawatir tangan melepuh.

 

4 dari 10 halaman

Gunakan Air Panas

Ilustrasi Air Panas

© Shutterstock

Air panas dapat menjadi salah satu cara untuk memudahkan memuka tutup botol. Panas akan menyebabkan tutup dan botol mengembang, sehingga bisa membuat tutup lebih mudah dibuka.

Rendam bagian tutup botol dalam air panas selama beberapa menit. Maka bagian tersebut akan terdorong uap panas dan mudah saat dibuka.

Lakukan dengan hati-hati, gunakan handuk saat membuka bagian tutupnya setelah direndam air panas ya Pastikan untuk tidak merendam botol terlalu lama agar tidak merusak isinya.

 

5 dari 10 halaman

Pakai Karet Gelang

Punya karet gelang di rumah? Nah, selain buat membungkus sesuatu, karet gelang bisa juga untuk mengatasi tutup botol yang sulit dibuka nih!

Caranya mudah, ambil jenis karet gelang ukuran apapun. Kemudian, lilitkan di sekeliling tutup botol yang akan dibuka dengan rapat. Bila perlu lilitkan beberapa jumlah agar lebih padat.

Karet gelang akan menambah daya genggaman ke botol, sehingga memudahkan saat dibuka.

 

6 dari 10 halaman

Gunakan Pisau Mentega

Pisau mentega salah satu alat yang bisa memudahkan kamu untuk membuka tutup botol yang keras. Cara pakainya pun mudah, pegang pisau mentega menghadap dan menempel di bagian pangkal tutup botol yang akan dibuka.

Kemudian, berikan pukulan di bagian atas tutup botol. Putar tutup botol dengan perlahan dan bertahap dan akan terbuka dengan mudah.

Biasanya, cara ini untuk membuka model botol toples kemasan selai memang cukup rapat.

 

7 dari 10 halaman

Metode Ketuk-Ketuk

Tips Membuka Tutup Botol yang Keras

© 2024 tasteofhome.com

Metode ini melibatkan mengetuk tepi tutup botol dengan gagang sendok atau alat keras lainnya. Ketukkan dengan tekapak tangan bagian Bawah botol.

Ketukan-ketukan kecil ini akan memberikan tekanan ke tutup botol. Hal inilah yang dapat membantu melonggarkan bagian tutupnya.

Setelahnya, kamu akan lebih mudah saat membuka tutup botol. Pastikan kamu mengetuk dengan lembut dan perlahan agar tidak merusak botol atau isinya.

 

8 dari 10 halaman

Gunakan Hair Dryer

Siapa yang biasa memakai hair dryer untuk mengeringkan rambut di rumah? Nah, alat ini bisa digunakan pula untuk mengatasi kesusahan membuka tutup botol lho!

Nyalakan hair dryer lalu dekatkan di area tutup botol. Udara panas dari alat tersebut berguna untuk melonggarkan bagian tutupnya.

Sehingga, botol akan mudah untuk dibuka deh!

9 dari 10 halaman

Korek Api

Tips lainnya, kamu bisa menggunakan korek api untuk membuka tutup botol lho! Caranya mudah, letakkan sisi leher botol bagian atas di antara celah jari telunjuk dan ibu jari tangan.

Lalu, tangan satunya pegang korek api. Hadapkan ibu jari ke atas di tepi bawah korek api dan letakkan di Bawah tepi tutup botol.

Gerakkan pergelangan tangan dengan tegas, cepat, ke bawah. Nah, korek api berfungsi memberi daya ungkit cukup kuat untuk membuka tutup botol kayu lho!

 

10 dari 10 halaman

Gunakan Alat Pembuka Tutup Botol Otomatis

Tips Membuka Tutup Botol yang Keras

© 2024 freepik.com

Jika kamu sering menghadapi masalah dengan tutup botol yang keras, tak ada salahnya kamu berinvestasi membeli alat pembuka tutup botol otomatis. Alat ini dirancang khusus untuk membuka berbagai jenis tutup botol dengan mudah dan cepat.

Kamu juga tidak perlu repot-repot lagi atau kebingungan saat tiba-tiba botol bahan makanan ataupun yang lain sedang dibutuhkan dibuka. Praktis, dan tentu saja menghemat Waktu ya.

Itulah beberapa tips membuka tutup botol yang keras untuk bisa kamu praktikkan di rumah. Cobalah beberapa metode untuk menemukan yang paling cocok dan mudah. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar