Jangan Asal Ya! Ini 10 Tips Memilih Furniture untuk Rumah Minimalis agar Ruangan Tampak Lebih Luas

Reporter : Arifina
Kamis, 27 Juni 2024 15:17
Jangan Asal Ya! Ini 10 Tips Memilih Furniture untuk Rumah Minimalis agar Ruangan Tampak Lebih Luas
Memilih furniture tidak sekedar desain bagus saja, tapi harus disesuaikan juga dengan rumah yang dimiliki. Yuk, simak tipsnya berikut!

Tips memilih furniture untuk rumah minimalis bisa kamu jadikan acuan sebelum membeli nih! Ya, saat ini model rumah minimalis dengan desain simpe dan fungsional memang tengah banyak digemari.

Rumah minimalis identik dengan kesederhanaan, fungsionalitas, dan estetika yang bersih. Untuk menunjang kenyamanan dan estetika hunian minimalis, pemilihan furnitur yang tepat sangatlah penting.

Namun, memilih furniture ini tidak bisa asal bagus desainnya saja. Kamu juga harus menyesuaikan dengan setiap ruangan di rumah minimalis yang dimiliki.

Jika asal pilih semata, bukan tidak mungkin rumah minimalis yang kamu huni justru akan terkesan sempit, berantakan, dan sesak. Karena itu, kamu perlu memilih furniture dengan tepat. Yuk, simak yang berikut!

1 dari 10 halaman

Perhatikan Fungsi dan Kebutuhan

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Sederhana

© shutterstock.com

Langkah pertama dalam menentukan funiture untuk rumah inimalis adaah sesuaikan dengan fungsi dan kebutuhan di setiap ruangan. Perhatikan aktivitas apa yang dilakukan di ruangan yang akan diberi furniture.

Sehingga kamu akan tahu barang apa yang dibutuhkan. Apakah membutuhkan sofa untuk bersantai di ruang tamu? Atau, tempat tidur untuk beristirahat di kamar tidur, atau meja kerja di ruang kerja?

Pilihlah furnitur yang sesuai dengan aktivitas yang akan dilakukan di ruangan tersebut.

 

2 dari 10 halaman

Pilih Furniture Multifungsi

Furniture multifungsi adalah kunci untuk memaksimalkan ruang di rumah minimalis. Oleh karena itu, penting untuk memilih furnitur dengan ukuran yang proporsional.

Contohnya, tempat tidur dengan laci penyimpanan di bawahnya, sofa bed yang bisa digunakan sebagai tempat duduk sekaligus tempat tidur, atau meja makan yang bisa dilipat. Furniture jenis ini tidak hanya menghemat ruang, tetapi juga memberikan nilai tambah dengan fungsionalitas ekstra.

 

3 dari 10 halaman

Utamakan Desain Sederhana

Desain sederhana dan bersih sangat cocok untuk rumah minimalis. Hindari furniture dengan detail yang rumit atau ornamen berlebihan.

Pilihlah furniture dengan garis-garis yang tegas dan bentuk yang simpel. Desain yang minimalis akan membuat ruangan terlihat lebih luas dan teratur.

Kamu juga bisa memilih furnitur dengan desain yang clean dan modern untuk menciptakan kesan luas dan rapi pada ruangan.

 

4 dari 10 halaman

Pilih Warna Netral

Furnitur Rumah Minimalis

© Pinterest

Warna netral seperti putih, abu-abu, beige, atau warna kayu alami sangat cocok untuk rumah minimalis. Warna-warna ini dapat memberikan kesan luas dan terang pada ruangan.

Kamu bisa menambahkan aksen warna yang lebih cerah melalui dekorasi atau aksesori untuk memberikan sedikit sentuhan warna. Namun, hindari penggunaan warna yang terlalu banyak agar tidak terlihat ramai.

 

5 dari 10 halaman

Pertimbangkan Proporsi dan Ukuran

Ukuran furniture harus sesuai dengan proporsi ruangan. Furniture yang terlalu besar akan membuat ruangan terlihat sempit dan berantakan.

Sebaliknya, furniture yang terlalu kecil juga bisa membuat ruangan terlihat kosong. Ukur ruangan kamu terlebih dahulu dan pastikan untuk memilih furniture dengan ukuran yang pas.

Perhatikan juga skala furnitur dengan elemen lain di ruangan, seperti tinggi plafon dan lebar pintu.

 

6 dari 10 halaman

Perhatikan Kualitas dan Ketahanan

Furniture adalah investasi jangka panjang, jadi penting untuk memilih yang berkualitas dan tahan lama. Pilihlah furniture yang terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama seperti kayu solid atau metal.

Perhatikan juga detail pembuatan dan finishing furniture tersebut. Sehingga kamu tidak harus sering mengganti dekorasi rumah jika barang yang kemu beli awet.

 

7 dari 10 halaman

Maksimalkan Penyimpanan

Furnitur Rumah Minimalis

© Pinterest

Rumah minimalis sering kali memiliki ruang penyimpanan yang terbatas. Oleh karena itu, pilihlah furniture yang memiliki fungsi penyimpanan tambahan.

Misalnya, meja kopi dengan laci atau rak, lemari dengan banyak sekat, atau bangku yang bisa dibuka dan digunakan sebagai tempat penyimpanan. Sehingga kamu tidak kerepotan atau bingung untuk menyimpan barang di rumah deh!

 

8 dari 10 halaman

Pertimbangkan Konsep Ruang Terbuka

Konsep ruang terbuka atau open space sangat cocok untuk rumah minimalis. Pilihlah furniture yang tidak menghalangi pandangan dan memberikan kesan ruang yang luas.

Misalnya, rak buku yang terbuka, meja dengan kaki yang ramping, atau kursi tanpa sandaran. Model ini juga mengesankan estetika yang lebih modern lho!

 

9 dari 10 halaman

Pasang Cermin untuk Efek Luas

Cermin dapat menciptakan ilusi ruang yang lebih luas. Kamu bisa menambahkan cermin besar di ruang tamu atau kamar tidur.

Keberadaan cermin tersebut agar memberikan kesan ruangan yang lebih besar dan terang. Cermin juga bisa menjadi elemen dekoratif yang menarik.

 

10 dari 10 halaman

Hindari Kelebihan Furniture

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Sederhana

© shutterstock.com

Salah satu prinsip utama dalam desain minimalis adalah menghindari clutter atau kelebihan barang. Pastikan untuk hanya memilih furniture yang benar-benar diperlukan.

Hindari furnitur yang terlalu besar dan memakan banyak tempat. Sebab justru akan terlalu banyak barang.

Ruangan yang bersih dan terorganisir akan memberikan kesan yang lebih nyaman dan luas.

Itulah sederet tips memilih furniture untuk rumah minimalis. Kamu bisa menciptakan suasana ruangan minimalis dengan lebih nyaman, fungsional, dan estetik. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar