7 Tips Memilih Lampu LED di Rumah, Lebih Hemat Energi dengan Tepat

Reporter : Arifina
Senin, 27 Mei 2024 19:00
7 Tips Memilih Lampu LED di Rumah, Lebih Hemat Energi dengan Tepat
Memilih lampu LED tidak bisa sembarangan lho! Ada beberapa hal nih yang harus diperhatikan, agar tak hanya hemat energi tapi juga tepat untuk kebutuhan.

Tips memilih lampu LED harus dilakukan dengan benar. Hal ini semata, bukan sekedar untuk hemat energi tapi juga disesuaikan dengan kebutuhan ruangan.

Lampu LED telah banyak dijadikan pilihan utama bagi banyak rumah tangga karena efisiensi energi dan masa pakainya yang panjang. Selain itu, jenis lampu satu ini juga tersedia berbagai warna dan suhu cahaya.

Namun, dengan begitu banyak variasi di pasaran, memilih lampu LED yang tepat bisa menjadi tantangan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda dalam memilih lampu LED yang sesuai untuk kebutuhan rumah kamu!

 

1 dari 7 halaman

Tentukan Kebutuhan Pencahayaan

Lampu LED Plafon Ruang Tamu

Sebelum membeli lampu LED, tentukan dulu kebutuhan pencahayaan untuk setiap ruangan. Mulai dari ruang tamu, dapur, kamar tidur, dan kamar mandi.

Antar ruangan di rumah memang membutuhkan tingkat kecerahan yang berbeda. Misalnya, dapur membutuhkan pencahayaan yang lebih terang dibandingkan kamar tidur.

Bisa juga ruang tamu yang membutuhkan cahaya tidak terlalu terang tapi juga tidak terlalu gelap. Ini juga penting menjadi perhatianmu lho!

 

2 dari 7 halaman

Perhatikan Daya Watt dan Lumen

Umumnya, kita memilih lampu berdasarkan watt untuk mengetahui tingkat kecerahannya. Namun, ntuk lampu LED, yang lebih penting adalah lumens.

Daya watt akan menunjukkan seberapa banyak energi yang digunakan lampu, sedangkan lumen menunjukkan kecerahan lampu. Semakin tinggi lumen, semakin terang lampu yang harus digunakan.

Untuk memilih daya watt dan lumen yang tepat, pertimbangkan kebutuhan ruangan. Ruangan yang lebih besar membutuhkan lampu dengan lumen lebih tinggi. Berikut panduan kasarnya:

  • Ruang tamu: 800-1000 lumen
  • Kamar tidur: 400-600 lumen
  • Dapur: 600-800 lumen
  • Kamar mandi: 400-600 lumen

 

3 dari 7 halaman

Pilih Warna Cahaya yang Tepat

Lampu LED hadir dalam berbagai warna cahaya, yang diukur dalam Kelvin (K). Semakin rendah Kelvin, semakin hangat cahaya yang ada dalam ruangan. Semakin tinggi Kelvin, semakin dingin cahayanya. Berikut beberapa rekomendasi warna cahaya:

  • Cahaya hangat (2700K-3000K): Cocok untuk ruang tamu, kamar tidur, dan tempat lain yang ingin terasa nyaman dan santai.
  • Cahaya netral (3500K-4000K): Cocok untuk area dapur, kamar mandi, dan ruang kerja di mana kamu lebih membutuhkan pencahayaan yang terang dan jelas.
  • Cahaya dingin (5000K-6500K): Cocok untuk ruang belajar dan area lain di mana kamu membutuhkan konsentrasi tinggi.

 

4 dari 7 halaman

Cek Daya Tahan dan Garansi

Tips Memilih Lampu LED di Rumah

Lampu LED terkenal dengan daya tahannya yang bisa mencapai 15.000 hingga 50.000 jam. Namun, kualitas itu bisa bervariasi antar merek.

Pastikan kamu memilih produk dari produsen terpercaya yang menawarkan garansi. Garansi biasanya merupakan indikasi kepercayaan produsen terhadap produknya.

Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir berlebih jika tiba-tiba lampu mati di masa garansi. Karena, kamu masih bisa mengajukan ganti.

 

5 dari 7 halaman

Pertimbangkan Fitur Tambahan

Beberapa lampu LED dilengkapi dengan fitur tambahan. Di antaranya, kemampuan dimmer atau dapat membantu menyesuaikan intesitas pencahayaan dalam sauatu ruangan, sensor gerak, atau kemampuan terhubung dengan sistem rumah pintar.

Fitur-fitur ini bisa menambah kenyamanan dan efisiensi energi di rumah kamu lho! Pilih fitur-fitur yang memang sesuai dengan kebutuhan kamu di rumah.

 

6 dari 7 halaman

Sesuaikan dengan Desain Interior

Hal yang juga tidak boleh terlewatkan adalah, menyesuaikan kebutuhan lampu dengan desain interior rumah. Pastikan lampu LED yang kamu pilih sudah sesuai mulai dari bentuk hingga modelnya.

Hal ini penting untuk memainkan peran dalam estetika ruangan. Seperti, model lampu hias LED yang membuat ruangan lebih tampak indah. Ada banyak pilihan lampu LED dengan desain menarik yang bisa disesuaikan dengan gaya dekorasi rumah yang kamu miliki ya!

 

7 dari 7 halaman

Pilih Merek Berkualitas

Lampu LED Plafon Ruang Tamu

Banyaknya variasi lampu LED tentunya akan membuat bingung tersendiri. Namun, kamu bisa memilih dengan pertimbangan merek yang bagus.

Merek juga akan menentukan kualitas dan keunggulan dari produk lampu LED yang dijual lho! Pertimbangkan produk yang memperhatikan tingkat kecerahan, daya listril, hingga daya tahan lampu LED ya.

Itulah tips memilih lampu LED di rumah yang bisa kamu jadikan acua sebelum membelinya. Dengan begitu, kamu bis menikmati manfaat lampu hemat energi, tahan lama, dan pencahayaan yang berkualitas. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar