10 Tips Menata Kamar Kost Kecil agar Nyaman dan Estetik

Reporter : Arifina
Senin, 5 Agustus 2024 16:47
10 Tips Menata Kamar Kost Kecil agar Nyaman dan Estetik
Jangan asal-asalan deh! Menata kamar kost kecil dengan tepat akan membuat ruangan lebih rapi, terasa lebih luas, dan nyaman.

Ada beberapa tips menata kamar kost kecil yang harus diperhatikan. Ini tentu saja untuk membuat ruangan terlihat selalu bersih, rapi, nyaman, dan lebih terasa luas ditempati.

Tinggal di kamar kost yang kecil bukan berarti harus merasa tidak nyaman dan terbatas ya. Dengan sedikit kreativitas dan perencanaan, kamu bisa mengubah kamar kost kecilmu menjadi ruang yang fungsional, estetik, dan membuatmu betah.

Menata kamar kost kecil bisa memang bisa menjadi tantangan. Terutama, jika kamu memiliki banyak barang atau membutuhkan ruang untuk berbagai aktivitas.

Namun, dengan trik sederhana kamu bisa mengubah kamar kost kecil menjadi lebih nyaman lho! Simak tipsnya berikut dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 10 halaman

Pilih Furnitur Multifungsi

Baru Pertama Kali Ngekost? Ini lho Barang Penting yang Wajib Kamu Punya, Jangan Sampai Lupa ya!

© MEN

Dalam kamar kost yang kecil, setiap inci ruang sangat berharga. Oleh karena itu, pilihlah furnitur yang bisa memiliki lebih dari satu fungsi.

Contohnya, tempat tidur yang dilengkapi dengan laci penyimpanan di bawahnya. Kamu juga bisa memilih model meja belajar yang juga bisa digunakan sebagai meja rias.

Kamu juga bisa memilih meja lipat yang bisa disimpan di Bawah tempat tidur atau yang menempel pada dinding. Termasuk, bisa juga menggunakan storage ottoman yang bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan sekaligus tempat untuk duduk.

Furnitur multifungsi membantu menghemat ruang dan membuat kamar lebih rapi.

 

2 dari 10 halaman

Letakkan Ranjang di Pojok Ruangan

Setelah memilih berbagai furniture yang kamu butuhkan, saatnya menata letak ranjang atau Kasur. Nah, kamu bisa meletakkan bagian ranjang ini di pojok ruangan.

Penataan Kasur ini akan memberikan kesan ruangan yang luas. Sehingga, saat di dalam kamar kamu juga lebih mudah bergerak.

Dengan menata ranjang di pojok ruang kamar akan menyisakan space yang banya. Ini bisa difungsikan untuk meletakkan furniture lainnya yang kamu butuhkan.

 

3 dari 10 halaman

Gunakan Rak Dinding

Rak dinding adalah solusi penyimpanan yang praktis dan tidak memakan banyak tempat. Model ini sangat cocok untuk ditempatkan di kamar kost yang kecil.

Kamu bisa menggunakan rak dinding untuk menyimpan buku, barang-barang dekoratif, atau perlengkapan sehari-hari. Selain itu, pemasangan model rak ini juga bisa memberikan kesan kamar lebih terlihat unik dan rapi lho!

Dengan memanfaatkan dinding, kamu bisa mengosongkan area lantai dan membuat kamar terasa lebih luas.

 

4 dari 10 halaman

Perhatikan Warna Ruangan dan Furniture

Tips Kosan Dingin Tanpa AC

© 2024 Instagram.com/@kamarkost.inspo

Pewarnaan ruang kamar kos dengan furniture yang kamu gunakan akan mempengaruhi tingkat keindahan ruangan. Pastikan kamu menggunakan warna ruangan dan furniture yang senada.

Misal, dinding kamarmu berwarna putih, maka usahakan kamu melengkapinya dengan jenis furniture warna senada. Selain membuat ruangan terlihat lebih indah, juga bisa memberi kesan yang lebih luas.

Kamu juga bisa memilih warna-warna cerah lainnya, seperti krem atau pastel. Hal ini untuk mensiasati tampilan kamar terlihat lebih luas, terang, dan lapang.

 

5 dari 10 halaman

Manfaatkan Area di Bawah Tempat Tidur

Area di bawah tempat tidur sering kali menjadi tempat yang terabaikan. Padahal, kamu sangat bisa memanfaatkannya sebagai ruang penyimpanan lho!

Alih-alih menaruh barang di seluruh ruangan, gunakan saja kotak penyimpanan atau laci yang bisa dimasukkan di bawah tempat tidur. Kamu bisa menyimpan barang-barang yang jarang digunakan, seperti koper, sepatu, atau pakaian musim dingin.

Sehingga, barang-barang yang sifatnya lebih banyak disimpan tidak makan tempat dan tetap tertata.

 

6 dari 10 halaman

Gunakan Lampu Hias Kamar

Beberapa orang lebih suka mendekorasi kamar kost dengan pernak-pernik lampu hias. Nah, kamu pun bisa memperindah tampilan kamarmu dengan furniture satu ini.

Tidak hanya sebagai penerang, tapi lampu hias juga bisa mempercantik area kamarmu lho! Sehingga, meski kamar kecil bukan berarti kamu tidak bisa menhiasinya dengan ornament yang cantik dan indah.

Dekorasi lampu hias ini juga tidak makan tempat, karena bisa kamu letakkan di bagian dinding.

 

7 dari 10 halaman

Minimalisir Penggunaan Gantungan

Gantungan Baju Estetik

© Pinterest

Siapa nih yang sering menaruh pakaian kotor berhari-hari di gantungan baju di kamar kost? Kiranya, hal itu mulai dibatasi ya.

Dengan terlalu sering menggantung pakaian ini justru membuat kamar kost terlihat berantakan. Pakaian di gantungan seakan menumpuk dan tidak enak dipandang.

Biasakan menaruh pakaian kotor langsung di laundry bag. Sehingga, ruangan di kamar kost lebih bisa terlihat rapi.

 

8 dari 10 halaman

Ciptakan Zona-Zona Tertentu

Jika memungkinkan, ciptakan zona-zona tertentu di kamar kos kecil yang kamu tempati. Misalnya, area seperti zona tidur, zona belajar, dan zona bersantai.

Meskipun ruang terbatas, dengan pembagian zona ini, kamu bisa lebih mudah mengatur aktivitas harian dan merasa lebih nyaman. Gunakan karpet atau perbedaan warna furnitur untuk membedakan setiap zona.

Dengan begitu, aktivitas sehari-hari kamu di dalam kamar kost juga lebih tertata dengan baik.

 

9 dari 10 halaman

Rutin Rapikan Kamar Kost

Hal lainnya dalam penataan kamar kost kecil, kamu harus rutin dalam membersihkan dan merapikannya. Simpan barang-barang kamu di tempat yang sudah disediakan, seperti dalam laci, lemari, atau kotak penyimpanan.

Cobalah juga untuk mengurangi barang-barang yang tidak perlu di kamar kost kecil yang kamu tinggali. Lakukan penyortiran secara berkala dan singkirkan barang-barang yang sudah tidak digunakan.

Selain membuat kamar lebih luas, ini juga membantu menjaga kebersihan dan kerapihan.

 

10 dari 10 halaman

Personalisasi Dekorasi

Tips Menata Kamar Kost Kecil

© 2024 Instagram.com/@kamarkost.inspo

Meskipun kecil, kamar kost tetap bisa dibuat untuk mencerminkan kepribadian kamu lho! Tambahkan dekorasi-dekorasi kecil yang sesuai dengan selera.

Misalnya, memasang poster idol favorit, tanaman hias, memasang walpapaer lucu, atau bantal dengan motif yang unik. Dekorasi yang personal akan membuat kamar terasa lebih hidup dan nyaman sebagai tempat tinggal.

Itulah beberapa tips enata kamar kost kecil dengan mudah. Dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu bisa menjadikan kamar kost kecil sebagai tempat yang nyaman, fungsional, dan tentunya mencerminkan kepribadianmu deh! Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar