7 Tips Ampuh Rumah Anti Kecoa

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 22 Mei 2024 15:06
7 Tips Ampuh Rumah Anti Kecoa
Jangan sampai deh banyak kecoa di dalam rumah kamu, Diazens~

Selain tikus, kecoa merupakan hewan yang sangat menjengkelkan ketika masuk ke rumah. Selain membuat rumah kotor, kecoa ini juga membawa bakteri yang bisa saja menimbulkan berbagai penyakit loh Diazens.

Oleh sebagai itu, jaga rumah sebaik mungkin agar tidak disambangi oleh serangga satu ini. Untuk itu, kamu bisa menggunakan beberapa tips rumah anti kecoa di bawah ini ya, Diazens. So, langsung saja kita simak deretan tipsnya di bawah ini ya Diazens.

1 dari 8 halaman

Tips Rumah Anti Kecoa© Shutterstock.com

Membuang Barang-barang Bekas yang Menumpuk di Rumah

Mari kita bahas tips yang pertama Diazens. Jadi, barang-barang bekas yang menumpuk, seperti koran, majalah, kardus, dan pakaian lama, bisa menjadi tempat persembunyian kecoa. Oleh karena itu, penting untuk rutin mengecek dan membuang barang-barang yang sudah tidak terpakai.

Kemudian, kamu bisa menyimpan barang-barang yang masih digunakan di tempat yang rapi dan tertutup seperti di dalam lemari ataupun kotak khusus. Intinya, jangan biarkan tumpukan barang bekas menjadi sarang kecoa di rumah kamu ya, Diazens.

2 dari 8 halaman

Menjaga Agar Rumah Agar Tidak Lembap

Kemudian, untuk tips rumah anti kecoa yang kedua adalah menjaga rumah agar tidak lembap. Pada dasarnya, kecoa adalah hewan yang menyukai tempat yang lembap dan gelap. Oleh sebab itu, pastikan rumah kamu selalu kering dan memiliki sirkulasi udara yang baik.

Jika tingkat kelembapan di rumah kamu cukup parah, kamu bisa menggunakan dehumidifier di ruangan yang cenderung lembap, seperti kamar mandi dan dapur. Selain itu, biasakan untuk membuka jendela atau menggunakan exhaust fan saat memasak atau mandi untuk mengurangi kelembapan.

3 dari 8 halaman

Tips Rumah Anti Kecoa© Shutterstock.com

Menutup Semua Titik Masuk Kecoa

Selanjutnya, seperti yang sudah kita ketahui bahwa kecoa bisa masuk ke rumah melalui celah-celah kecil di dinding, lantai, atau plafon. Untuk mencegah hal ini, lakukan pemeriksaan rutin dan pastikan semua celah atau retakan tertutup rapat.

Untuk detailnya, kamu bisa memasang kawat kasa pada ventilasi dan lubang-lubang kecil. Juga, bisa menggunakan penutup lubang pada pipa dan saluran air yang terhubung ke luar rumah. Dengan begini tidak akan ada jalan bagi kecoa untuk masuk.

4 dari 8 halaman

Jangan Ada Sisa Makanan yang Kececeran

Tips anti kecoa yang juga nggak bisa kamu lewatkan adalah jangan sampai ada makanan yang tercecer di rumah kamu ya, Diazens. Pastikan untuk selalu membersihkan sisa makanan setelah makan dan memasak karena kecoa suka dengan sisa-sisa makanna yang tercecer.

Untuk mencegahnya, kamu bisa membersihkan meja makan dan permukaan dapur dari sisa-sisa makanan. Selain itu, pastikan juga untuk menyimpan makanan dalam wadah yang tertutup rapat. Sederhana, tapi kecoa nggak suka nih, Diazens.

5 dari 8 halaman

Tips Rumah Anti Kecoa© Shutterstock.com

Jangan Membiarkan Sampah Menumpuk

Tips rumah anti kecoa yang selanjutnya adalah dengan tidak membiarkan sampah menumpuk di dalam rumah. Pasalnya, sampah yang menumpuk dapat menarik kecoa ke dalam rumah loh. Jadi, pastikan untuk membuang sampah secara rutin dan pastikan tempat sampah tertutup rapat.

Selain itu, bersihkan tempat sampah secara berkala untuk mencegah bau yang bisa menarik kecoa. Lalu jangan lupa untuk mengosongkan tempat sampah setiap hari, terutama yang berada di dapur dan juga selalu gunakan tempat sampah dengan penutup yang rapat.

6 dari 8 halaman

Bersihkan Rumah dengan Teratur

Kemudian, yang tidak boleh kita lupakan adalah bahwa kebersihan rumah adalah kunci utama dalam mencegah kecoa. Lakukan pembersihan secara rutin dan menyeluruh di seluruh bagian rumah, terutama di area yang sering dilewati atau menjadi sarang kecoa.

Untuk detailnya, kita bisa menyapu dan mengepel lantai setiap hari. Lalu, menyikat toilet dan bak mandi secara berkala dan juga membersihkan bagian bawah perabotan dan sudut-sudut ruangan agar tidak ada ruang untuk kecoa datang ke rumah.

7 dari 8 halaman

Tips Rumah Anti Kecoa© Shutterstock.com

Gunakan Pengharum Ruangan

Setelah rumah bersih, tips rumah anti kecoa yang terakhir adalah menggunakan pengharum ruangan. Pasalnya, pengharum ruangan tidak hanya membuat rumah memiliki bau yang wangi, tetapi juga bisa mengusir kecoa.

Kamu bisa menggunakan pengharum ruangan berbentuk spray, lilin, atau diffuser. Selain itu, kamu juga bisa membuat pengharum ruangan alami seperti minyak esensial lavender atau peppermint yang dicampur dengan air, kemudian disemprotkan ke sudut-sudut rumah dan beberapa pewangi alami lain seperti cengkeh dan lain sebagainya.

Demikianlah untuk tips rumah anti kecoa yang bisa kamu jadikan referensi. So, selamat mencoba dan semoga rumah kamu tidak menjadi tempat favorit kecoa ya!

Beri Komentar