Tren Baru Workplace Saat New Normal biar Rumah dan Kantor Bisa Beradaptasi, Bagaimana Aplikasinya?

Reporter : Yayuk Harini
Sabtu, 3 Oktober 2020 11:21
Tren Baru Workplace Saat New Normal biar Rumah dan Kantor Bisa Beradaptasi, Bagaimana Aplikasinya?
Sudah diaplikasikan belum Moms?

Masa pandemi covid-19 memang menjadi suatu peristiwa yang tak akan pernah terlupakan. Mewabahnya virus yang dirasakan seluruh dunia sangat membekas dan mampu mengubah tatanan kehidupan.

Berbagai kebijakan turut dibuat oleh Pemerintah demi meminimalisir penyebaran. Hingga kini kita memasuki masa new normal (adaptasi kebiasaan baru). Hal ini membuat manyarakat bisa kembali beraktivitas di luar rumah dengan catatan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Sementara itu, perubahan juga terjadi di dunia kerja dimana perusahaan seharusnya meng-upgrade kantor atau tempat bisnisnya untuk memberikan fasilitas tertentu. Hal ini pun memunculkan tren baru workplace di mana kebersihan, kesehatan, dan keamanan menjadi prioritas.

 

1 dari 3 halaman

Tren Workplace di Rumah

Melansir dari Dekoruma (3/10), ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat workplace di rumah agar tetap nyaman sesuai kebutuhan. Beberapa hal di antaranya adalah penentuan tempat area kerja, pemilihan furnitur, penempatan area penyimpanan, dan penambahan dekorasi untuk mendukung produktivitas.

Untuk menentukan workplace di rumah, pastikan bahwa area kerja berada di tempat yang minim distraksi dengan pencahayaan yang cukup. Jika tidak tersedia space yang luas, Moms bisa memanfaatkan sudut ruang atau corner sebagai area kerja. Kemudian, pilih furniture ergonomis yang space-saving dan multifungsi untuk memaksimalkan ruang.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Ruang Kerja WFH

Penempatan area penyimpanan juga penting untuk menjaga kerapian dan kebersihan area kerja. Penyimpanan vertikal direkomendasikan menjadi opsi yang tepat untuk workplace di hunian mungil.

Selain membuat workplace terlihat lebih estetik, ketika memilih dekorasi yang tepat maka akan menunjang produktivitas di area kerja. Penggunaan lampu meja akan membuat semakin fokus karena sorot lampu diarahkan pada satu titik.

Sanat direkomendasikan untuk menggunakan dekorasi yang fungsional sebagai penataan barang seperti folder untuk menyimpan dokumen, kotak penyimpanan untuk menyimpan alat tulis, dan sebagainya. Terakhir, Moms juga bisa meletakkan tanaman hias sebagai aksen untuk menyegarkan ruang. Kehadiran tanaman akan membuat Moms merasa lebih rileks dan mengurangi rasa stres.

3 dari 3 halaman

Tren Workplace di Berbagai Industri dan Bisnis

Workplace Era New Normal

Memasuki era new normal, pelaku industri dan bisnis juga dituntut responsif untuk melakukan penyesuaian di kantor atau tempat usahanya. Penyesuaian yang perlu diperhatikan mencakup pertimbangan kepadatan dan jarak dalam ruangan, ventilasi dan sirkulasi udara, kemudahan akses kebersihan, dan sebagainya. Perlengkapan tersebut seperti partisi (sneeze guard), area cuci tangan (sanitizer station). Tetapi, tentu tak hanya perlengkapan new normal yang diperlukan. Desain interior pun harus beradaptasi mengikuti keadaan new normal ini.

Bagaimana Moms, apakah area kerja Moms baik di rumah dan di kantor sudah mengikuti trend baru ala new normal? Kalau belum, mungkin beberapa catatan di atas bisa diaplikasikan. Semoga membantu!

Baca artikel selengkapnya di sini.

Beri Komentar