Lansia Berbahagia! KAI Berikan Diskon Tiket Hingga 50%

Reporter : Arifina
Senin, 1 Juli 2024 12:17
Lansia Berbahagia! KAI Berikan Diskon Tiket Hingga 50%
Lansia kini bisa naik kereta api dengan nyaman dan hemat nih! KAI memberikan diskon hingga 50 persen yang bisa diakses untuk kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif lho!

Kabar gembira bagi para lansia! KAI atau PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan diskon tiket kereta api hingga 50 persen untuk lansia.

Kebijakan ini merupakan wujud kepedulian KAI terhadap lansia dan penyandang disabilitas. Sehingga, mereka dapat bepergian dengan nyaman dan terjangkau dalam menggunakan jasa transportasi kereta api.

1 dari 5 halaman

Penyebab Lansia Bertingkah seperti Anak Kecil

© Freepik

Program diskon yang ditawarkan KAI kali ini di tahun 2024 juga berlaku untuk beberaoa kelompok asyarakat lainnya. Besaran tarif pemotongan Harga tersebut diberikan KAI melalui tarif reduksi untuk berbagai kalangan dan instansi.

Di antaranya, legion veteran RI, wartawan hingga penyandang disabilitas. Besaran diskon yang diberikan KAI untuk lansia adalah mulai 20 persen hingga 50 persen untuk kelas komersial kereta api, yaitu Eksekutif, Bisnis, dan Ekonomi.

 

2 dari 5 halaman

Diskon Tarif KAI

Adapun, rincian diskon tarif tiket KAI yang diberikan terbagi sebagai berikut:

Warga Lansia (Lanjut Usia)

Bagi warga lansia, KAI memberikan diskon sebesar 20 persen. Adapun syarat yang harus dipenuhi, usia penumpang 60 tahun atau lebih pada tanggal keberangkatan.

Legiun Veteran RI

Untuk kelompok legiun veteran RI, KAI memberikan diskon sebesar 50 persen. Namun, diskon ini hanya berlaku di hari Selasa sampai Kamis saja.

Sementara, hari Jumat sampai Senin, termasuk hari besar atau hari libur nasional dan hari ramai yang ditetapkan perusahaan KAI memberikan diskon sebesar 30 persen.

 

3 dari 5 halaman

Lansia KAI

© 2024 Instagram.com/@kai121_

TNI dan Polri

Bagi warga yang bekerja di instansi TNI dan Polri, KAI juga memberikan diskon khusus nih! Diskon tersebut sebesar 25 pesen untuk KA komersial kelas eksekutif, dan sebesar 50 persen untuk KA komersial kelas ekonomi dan bisnis.

Pemberian diskon ini dengan syarat, penumpang merupakan anggota TNI dan Polri yang masih aktif. Termasuk, siswa Pendidikan TNI/Polri, namun bukan keluarga ataupun PNS yang bekerja di instansi tersebut.


Wartawan

Seorang yang berprofesi sebagai wartawan juga bisa mendapatkan diskon khusus tarif kereta api lho! KAI memberikan diskon sebesar 20 persen untuk KA komersial kelas ekonomi dan bisnis.

Syarat yang harus dipenuhi adalah menunjukkan kartu pers dan surat tugas peliputan.

4 dari 5 halaman

Civitas Akademika

Ada juga diskon tarif sebesar 10 persen yang diberikan KAI untuk civitas akademika yakni dosen dan tenaga kependidikan di perguruan tinggi di Indonesia. Di antaranya, bagi NS, UNPAD, UI, UGM, ITB, ITS, UNY, UNAIR, dan UNSOED.

Kemudian, ada juga bagi civitas akademika di UNDIP, UNNES, dan USM serta anggota ikatan alumni UNS, UI, UGM, ITB, ITS, UNY, UNAIR, UNSOED, UNDIP, UNNES, UM, USM, POLBAN, dan UB.


Disabilitas

Sementara itu, bagi penumpang penyandang disabilitas, KAI memberikan diskon tarif tiket sebesar 20 persen. Promo ini berlaku untuk kelas kereta api eksekutif, bisnis, dan ekonomi.

 

5 dari 5 halaman

Cara Mendapatkan Diskon Tarif KAI

Lansia KAI

© 2024 Instagram.com/@kai121_

Adapun cara untuk mendapatkan diskon KAI baik itu bagi lansia, legiun veteran RI, TNI dan Polri, Wartawan, Civitas Akademika, dan wartawan sebagai berikut:

  • Penumpang harus mendaftarkan diri terlebih dahulu di loket customer service KAI terdekat untuk mendapatkan nomor reduksi.
  • Masuk ke Access by KAI, lalu masukkan nomor reduksi yang sudah didaftarkan.
  • Penumpang dapat membeli tiket secara online melalui Access by KAI.

Itulah program diskon lansia KAI yang bisa diikuti oleh masyarakat Indonesia. Program ini tidak hanya memberikan keringanan biaya bagi penumpang lansia dan lainnya, tetapi juga meningkatkan aksesibilitas dan kesejahteraan mereka.

Beri Komentar