Belum Lama Melahirkan Sudah Hamil Lagi? Tenang, Ini yang Perlu Ibu Lakukan saat Alami 'Kesundulan'

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 4 Desember 2020 12:30
Belum Lama Melahirkan Sudah Hamil Lagi? Tenang, Ini yang Perlu Ibu Lakukan saat Alami 'Kesundulan'
Kondisi ini sering disebut hamil "kesundulan" Moms. Cari tahu apa yang harus dilakukan di sini, yuk Moms.

Memiliki anak pastinya jadi sebuah anugerah bagi pasangan yang sudah berumah tangga. Nggak jarang, Moms dan pasangan mendambakan punya lebih dari seorang anak. Biasanya, Moms dan pasangan sebelumnya bakal merencanakan lebih dulu sekiranya kapan waktu yang tepat untuk menambah momongan.

Tapi, gimana ya bila Moms hamil lagi nggak lama setelah melahirkan? Kondisi ini seringkali disebut dengan hamil "kesudulan" Moms. Bila Moms sedang dalam kondisi ini, tenang jangan panik.

Dikutip dari Parents, ini dia 5 hal yang perlu Moms lakukan bila mengalami hamil kesudulan. Apa saja itu?

1 dari 5 halaman

Perhatikan Asupan Nutrisi

Ilustrasi Ibu Hamil Makan Sayur

Jarak waktu yang cukup singkat antara melahirkan dan kehamilan kedua mungkin saja membuat Moms jadi mengalami kekurangan nutrisi. Karena itu, penting untuk makan makanan bernutrisi.

Nutrisi tertentu seperti kalsium dan zat besi harus diisi kembali setelah melahirkan, dan itu membutuhkan waktu sekitar enam bulan,” ucap John Botti, MD, profesor kebidanan dan ginekologi di Pennsylvania State University's Hershey Medical Center, Hershey.

Botti menyarankan agar ibu hamil makan makanan yang kaya kalsium dan zat besi dan juga mengonsumsi vitamin prenatal yang dibutuhkan.

2 dari 5 halaman

Tetap Berolahraga

ilustrasi ibu hamil

Olahraga ringan bisa membantu mengurangi kelelahan Moms selama kehamilan kedua. Moms bisa melakukan olahraga ringan seperti berjalan-jalan santai. Tapi tetap, jangan memaksakan kondisi ya Moms. Bila Moms sudah merasa lelah atau pusing segera istirahat.

3 dari 5 halaman

Segera Putuskan Soal Menyusui

Ilustrasi Ibu Menyusui

Moms bisa segera memutuskan nih untuk memilih tetap menyusui atau menyapih bayi pertama. Tentunya, kondisi setiap ibu berbeda. Ada ibu yang cukup nyaman hamil sambil menyusui, ada juga ibu yang merasa lelah bila melakukan hal ini.

Sebenarnya, menyusui saat hamil nggak serta merta meningkatkan kelelahan ibu maupun berdampak buruk pada kehamilan. Tapi tentu saja hal ini perlu didiskusikan lebih dulu ya pada dokter Moms.

4 dari 5 halaman

Hindari Kelelahan

Ilustrasi ibu hamil tidur dengan terlentang

Karena kehamilan kedua datang pada kondisi yang berbeda yakni saat Moms sudah memiliki seorang bayi, tentu banyak hal yang perlu dipertimbangkan termasuk waktu istirahat yang cukup. Saat hamil, istirahat yang cukup penting dilakukan.

Setidaknya, Moms bisa mencuri waktu istirahat dengan ikut tidur saat anak pertama sedang tidur. Selain itu, pertimbangkan untuk meminta bantuan pada keluarga bila memungkinkan atau menyewa baby sitter untuk membantu menjaga anak pertama.

5 dari 5 halaman

Hadapi dengan Santai

Ilustrasi Ibu Hamil

Bila mungkin kehamilan kedua Moms ini diluar rencana karena jaraknya yang cukup dekat dengan anak pertama, cobalah untuk menerima dan menjalaninya dengan sesantai mungkin. Selain itu, stres saat hamil malah mendatangkan dampak buruk bagi Moms maupun calon buah hati lho.

Nah, itu dia 5 hal yang perlu Moms lakukan jika mengalami hamil " kesundulan" . Semoga membantu ya Moms.

Beri Komentar