5 Cara Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri di Tempat Kerja

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 26 Desember 2019 12:53
5 Cara Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri di Tempat Kerja
Kepercayaan diri di tempat kerja sangat penting untuk menunjang produktivitas kamu di tempat kerja.

Kepercayaan diri memang perlu dikembangkan untuk menjaga performa di tempat kerja. Jika kamu merasa nggak percaya diri di tempat kerja, akan berpengaruh dengan performa kamu.
Mengatasi kesulitan adalah salah satu cara terbaik untuk mengembangkan kepercayaan diri kamu. Setiap kali kamu bisa mengatasi suatu permasalahan dan hambatan di tempat kerja, itu akan mendorong rasa kepercayaan diri kamu lebih tinggi dari sebelumnya.
Tentu saja, selain mengatasi hambatan di tempat kerja, ada cara lain untuk meningkatkan tingkat kepercayaan diri kamu di tempat kerja. Apa saja itu? Dilansir dari lifehack, berikut 5 cara untuk meningkatkan kepercayaan diri mu.

1 dari 5 halaman

Anggap kamu setara dengan yang lain

Jika kamu membiarkan diri kamu merasa kurang dari yang lain, kamu nggak akan pernah mencapai potensi penuh kamu. Kamu nggak akan memiliki kepercayaan diri yang diperlukan untuk melakukan hal-hal yang kamu inginkan dan perlu kamu lakukan.
Kamu perlu melihat orang-orang di sekitarmu, atasan kamu, senior kamu setara denganmu.
Salah satu caranya adalah melihat bahwa manajer kamu, atasan kamu, senior kamu, semua berada di tim yang sama. Jadikan mindset kamu bahwa perusahaan ini memiliki tujuan. Jabatan mereka hanyalah peran masing-masing dan kamu juga memiliki peran. Jadi anggaplah mereka sama.

2 dari 5 halaman

Lakukan hal-hal yang baik

Apa kamu pernah berpikir kalau kamu melakukan hal yang buruk pasti kamu merasa tidak tenang. Sementara ketika kamu melakukan hal yang baik seperti membantu rekan kerja menghadapi kesulitan, kamu jadi merasa lebih hebat?
Semakin kamu melakukan hal buruk, semakin rendah harga diri kamu. Tapi semakin kamu banyak membantu dan melakukan hal-hal baik, semakin tinggi harga diri dan kepercayaan diri kamu.
Itu sebabnya sangat disarankan kamu selalu bersikap baik, berbelas kasih dan saling membantu sesama rekan kerja. Ini akan memungkinkan kamu mendapat manfaat yang lebih besar serta menguntungkan kamu sendiri.

3 dari 5 halaman

Berpakaian yang rapi

Bayangkan ketika di tempat kerja, semua mengenakan pakaian yang rapi, sementara kamu memakai baju yang acak-acakan. Pasti kamu akan sedikit malu karena berpakaian tidak pada tempatnya.
Untuk itu, berpakaianlah dengan cerdas, dalam artian kamu harus bisa menempatkan diri. Ketika kamu berpakaian rapi atau sesuai dengan lingkungan kerja, maka kamu akan merasa nyaman dengan diri kamu juga. Selain itu, orang lain juga akan memandang anda dengan hormat.

4 dari 5 halaman

Rayakan keberhasilan kamu, baik besar maupun kecil

Kamu perlu mengapresiasi diri kamu untuk langkah-langkah kecil yang sudah kamu lakukan untuk menunjang karir kamu. Misalnya, kamu sukses menyelesaikan masalah yang ada dalam kantor, atau mendapat pujian dari atasan karena kinerja kamu, kamu perlu merayakan hal itu bersama keluarga, pacar, atau teman-teman. Ini penting untuk menambah semangat dalam diri kamu untuk melangkah ke arah yang lebih sukses.
Dengan merayakan kesuksesan besar dan kecil dalam hidup, kamu akan tetap bersemangat dan percaya diri.

5 dari 5 halaman

Selalu menyiapkan hal-hal tak terduga

Ketika dalam pekerjaan, saat kamu diharuskan untuk presentasi, namun saat akan presentasi, laptop atau data kamu tidak bisa ditampilkan. Apa yang akan kamu lakukan? Apa kamu bakal berdiam diri saja karena nggak tahu harus ngomong apa? Tapi bagaimana jika kamu sudah ingat apa yang akan kamu presentasikan dan berbicara dengan lancar meskipun bahan presentasi tidak bisa dibuka? Tentu itu akan menambah reputasi kamu di depan bos dan rekan kerja.
Jadi kamu harus tetap mempersiapkan hal yang buruk, namun tetap harapkan yang terbaik.

Beri Komentar