5 Tanda Hubunganmu dan Pasangan Sehat Menurut Psikologi, Makin Langgeng Deh!

Reporter : Arifina
Jumat, 28 Juni 2024 19:00
5 Tanda Hubunganmu dan Pasangan Sehat Menurut Psikologi, Makin Langgeng Deh!
Jadi, hubunganmu dan pasangan selama ini sudah sehat belum? Simak tanda-tandanya berikut!

Hubungan yang sehat adalah fondasi kebahagiaan dan kesejahteraan emosional seseorang. Psikologi memberikan banyak wawasan tentang apa yang membentuk hubungan yang sehat dan memuaskan.

Membangun dan memelihara hubungan yang sehat membutuhkan usaha dan komitmen dari kedua pihak. Kamu bisa mengidentifikasinya lho!

Melansir dari Hack Spirit, berikut ini beberapa tanda hubunganmu dan pasangan sehat menurut psikologi. Apa saja?

1 dari 5 halaman

Komunikasi yang Terbuka

Ilustrasi Pasangan

© Shutterstock.com

Komunikasi adalah kunci dalam setiap hubungan. Pasangan yang sehat berbicara satu sama lain dengan keterbukaaan, berbagi perasaan, harapan, dan kekhawatiran tanpa rasa takut akan penilaian atau hukuman.

Komunikasi yang efektif melibatkan mendengarkan secara aktif, menghargai pendapat satu sama lain, dan berusaha memahami perspektif pasangan. Dengan begitu, satu sama lain akan salin memastikan keadaan.

Ini membantu mencegah kesalahpahaman dan konflik yang tidak perlu. Komunikasi terbuka juga menunjukkan kamu dan pasangan saling peduli akan perasaan masing-masing lho!

 

2 dari 5 halaman

Mampu Mengatasi Konflik Secara Sehat

Menjalin suatu hubungan erat juga dengan munculnya konflik. Tapi, buat kamu yang menjalani hubungan secara sehat hal itu tidak menjadi masalah.

Kalian antar pasangan justru saling terbuka dalam menghadapi konflik yang ada. Meski ada perbedaan, hal itu tidak menjadi alas an untuk perpecahan.

Pasangan yang menjalani hubungan sehat akan saling memahami sudut pandang satu sama lainnya. Mereka juga mau berkompromi untuk sama-sama mendapatkan jalan keluar dari konflik yang dilanda.

 

3 dari 5 halaman

Saling Beri Dukungan

Ilustrasi pasangan

© freepik.com

Pasangan yang sehat saling mendukung dan mendorong satu sama lain dalam mencapai tujuan dan mimpi mereka. Mereka merayakan kesuksesan satu sama lain dan menawarkan dukungan saat menghadapi kesulitan.

Dukungan emosional ini sangat penting untuk membangun rasa aman dan kedekatan dalam hubungan. Bentuk dukungan ini juga dapat mengurangi stres, meningkatkan kesejahteraan mental, dan memperkuat ikatan emosional antara pasangan.

Merasa didukung dan dihargai oleh pasangan meningkatkan rasa aman dan cinta dalam hubungan lho!

 

4 dari 5 halaman

Mau Berbagi Tanggung Jawab

Hubungan yang sehat juga ditandai dengan saling berbagi tanggung jawab. Bukan sekedar memberi support, tapi antar pasangan mau untuk saling berkontribusi penuh dalam ikatan.

Mereka tidak akan membiuarkan pasangannya menangani segala hal sendirian. Pasangan yang baik akan mau untuk mengusahakan segalanya Bersama, tidak ada yang merasa berusaha keras sendirian.

 

5 dari 5 halaman

Jujur Satu Sama Lain

Ilustrasi Pasangan Sabar

© shutterstock.com/g/Bela Zamsha

Apakah kamu sudah saling jujur dengan pasangan? Nah, ini bisa menjadi tanda hubungan sehat lho!

Saling jujur akan segala hal kepada pasangan ini sangat baik dalam kelanggengan hubungan. Kamu dan pasangan juga tidak akan merasa khawatir akan adanya kebohongan.

Dengan jujur, kamu justru akan memiliki ikatan yang kuat dengan pasangan.

Itulah beberapa tanda hubungan sehat menurut psikologi. Kamu dan pasanganmu sudah menerapkannya belum nih?

Beri Komentar