Arti Kata Red Flag dan Kaitannya dalam Hubungan Asmara, Waspada Ya!

Reporter : Arifina
Jumat, 12 Juli 2024 12:37
Arti Kata Red Flag dan Kaitannya dalam Hubungan Asmara, Waspada Ya!
Jadi, red flag itu apa sih? Kenapa berbahaya buat hubungan asmara? Simak penjelasan dan tanda-tandanya berikut agar tidak terjerumus ya.

Arti kata "red flag" itu apa? Kamu tentunya sudah tidak asing dengan istilah tersebut. Ya, kata-kata ini kerap ramai dibahas di sosial media.

Kata "red flag" kerap dikaitkan pula dengan hubungan percintaan nih! Tapi, sebenarnya kata itu menandakan tanda bahaya.

Dalam konteks modern, kata tersebut digunakan untuk merujuk pada tanda-tanda peringatan atau indikasi masalah yang harus diwaspadai.

Istilah "red flag" juga telah menjadi bagian dari kosa kata popular. Terutama, jika itu dalam konteks hubungan pribadi dan profesional.

Asal-usul istilah ini dapat ditelusuri kembali ke dunia maritim dan militer, di mana bendera merah digunakan sebagai tanda peringatan terhadap bahaya.

1 dari 6 halaman

Apa Itu Red Flag dalam Hubungan?

Ilustrasi pasangan bertengkar

© grassrootsmidwest.com

Secara harfiah, " red flag" diterjemahkan sebagai bendera merah. Tapi, tahukah kamu arti sebenarnya dalam percakapan sehari-hari dan dalam hubungan percintaan?

Arti " red flag" yang sesungguhnya adalah sinyal atau tanda peringatan bahaya. Mirip dengan bendera merah yang dikibarkan di pantai untuk memberi tahu perenang tentang bahaya arus kuat, " red flag" dalam hubungan menandakan adanya perilaku tidak sehat atau manipulatif.

 

2 dari 6 halaman

Ini bisa menjadi indikasi hubungan yang beracun atau penuh kekerasan. " Red flag" mengacu pada tanda-tanda peringatan bahwa sesuatu mungkin tidak beres dalam hubungan tersebut.

Misalnya, pasangan yang cenderung posesif atau manipulatif bisa menjadi " red flag" . Ini menunjukkan potensi masalah dalam hubungan di masa depan.

 

3 dari 6 halaman

Ilustrasi pasangan bertengkar

freepik.com

Pada akhirnya banyak orang yang menggunakan istilah " red flag" ini sebagai sesuatu yang bermasalah dalam hubungan asmara. Adanya ketidakjujuran, kecurigaan kepada pasangan, posesif berlebihan, hingga pembatasan kebebasan dianggap sebagai hal membahayakan dalam hubungan yang terjalin.

Nah, jika hubunganmu diwarnai " red flag" bisa menjadi hubungan yang tidak sehat atau bahkan bisa menjadi toxic.

 

4 dari 6 halaman

Tanda-Tanda Red Flag dalam Hubungan Asmara

Memang, tidak semua pertengkaran atau ketidakcocokan satu sama lain dalam hubungan adalah " red flag" . Namun, ada beberapa hal yang perlu diwaspadi sebagai tanda itu agar kamu tidak terjerumus terlalu jauh dalam hubungan yang tidak sehat. Di antaranya:

  • Kecemburuan berlebihan dan posesif
  • Sering menyalahkan orang lain dan tidak mau bertanggung jawab
  • Mengisolasi pasangan dari teman dan keluarga
  • Memantau aktivitas pasangan secara berlebihan
  • Manipulasi dan ancaman
  • Sikap merendahkan atau kekerasan verbal
  • Berlaku telalu agresif
  • Tidak setia
  • Dominan dalam mengambil keputusan
  • Sering mengabaikan pasangan

 

5 dari 6 halaman

Ilustrasi Pasangan Bermasalah

© shutterstock.com/g/

Jika kamu menemui tanda-tanda tersebut dalam hubunganmu, maka kamu bisa menghindari situasi tidak sehat tersebt. Kamu bisa mengambil keputusan untuk masa depan hubungan dengan segera dan bijak.

Jangan ragu untuk mencari bantuan dari teman, keluarga, atau konselor profesional. Sebab, hubungan yang sehat dan harmonis harus didasari rasa kasih sayang, saling menghormati, saling menghargai, kepercayaan, dan komunikasi yang terbuka.

 

6 dari 6 halaman

Tapi, selain dalam hubungan percintaan, " red flag" juga digunakan dalam beberapa situasi lain. Di antaranya, situasi untuk lingkungan pekerjaan yang tidak sehat.

Kemudian, adanya tawaran bisnis yang mencurigakan, hingga pertemanan yang tidak menyenangkan juga bisa masuk dalam kategori " red flag" .

Itulah arti kata " red flag" yang bisa kamu pahami lebih lanjut terutama dalam hubungan percintaan. Mengenali tanda-tanda bahaya tersebut langkah pertama yang penting untuk mencegah dan mengatasi masalah sebelum menjadi lebih besar dan lebih sulit untuk diatasi.

Beri Komentar