18 Bahasa Tubuh Seseorang yang Suka sama Kita, Nampak dari Gestur hingga Sorot Mata

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 9 Juli 2024 17:00
18 Bahasa Tubuh Seseorang yang Suka sama Kita, Nampak dari Gestur hingga Sorot Mata
Kalau doi tipikal orang yang memendam perasaannya dalam diam, perhatikan saja bahasa tubuh yang dia tunjukkan buatmu! Mulai dari kontak mata, kontak fisik hingga raut wajah bisa nunjukin perasaannya.

Ketika kamu lagi naksir atau sedang PDKT sama seseorang, tentunya pertanyaan yang akan terpintas di pikiranmu adalah, “Dia suka sama aku nggak, sih?”. Lalu kamu mulai menebak - nebak melalui tingkahnya dan bahasa tubuhnya apakah dia suka kamu atau enggak.

Memastikan seseorang suka sama kamu rasanya nggak mudah karena jawabannya akan berpengaruh sama hubungan kalian kedepannya. Bisa jadi, dia bisa dengan mudah mengungkapkan perasaannya padamu, tetapi bisa juga dia tipikal orang yang memilih buat memendam perasaannya.

Kita memang nggak bisa mengetahui pasti apakah seseorang benar-benar menaruh perasaan kepada kita atau cuma prasangka kita saja. Meskipun begitu, kita masih bisa melihat tanda-tandanya dari bahasa tubuh, seperti yang dikatakan oleh pakar hubungan Michelle Fraley dalam laman web Well Good.

Menurutnya, perilaku nonverbal seperti bahasa tubuh bisa menjadi bentuk komunikasi yang sehat dan penuh kasih sayang, sehingga bisa menjadi cara kamu memastikan kalau dia suka sama kamu. Selain itu, hal serupa juga diungkapkan pakar bahasa tubuh Naz Brown dalam Cosmopolitan, kalau bahasa tubuh nggak bisa berbohong dibandingkan dengan kata-kata.

Agar kamu nggak penasaran lagi, Diadona akan bantu kamu mengenali bahasa tubuh seseorang suka sama kamu yang sudah dikumpulkan dari berbagai sumber.

1 dari 18 halaman

Bahasa Tubuh Orang yang Menyukai Kita© 2024 shutterstock.com/Galina Zhigalova

Mudah Tersenyum dan Tertawa saat Bersama Kita

Seseorang yang suka sama kamu biasanya lebih mudah tersenyum dan tertawa, apalagi ketika sedang menghabiskan waktu berdua saja sama kamu. Senyum dan tawa yang dia tunjukkan menandakan ekspresi gembira yang tulus buat kamu. 

Nah, dia pasti menganggap kalau tiap momen bersamamu rasanya menyenangkan dan dia merasa nyaman—dan jadi bahasa tubuh seseorang suka sama kamu.

 

2 dari 18 halaman

Bahasa Tubuh Orang yang Menyukai Kita© 2024 shutterstock.com/plo

Sering Melakukan Kontak Mata

Kita bisa melihat gambaran tentang perasaan orang lain lewat kontak mata. Buat seseorang yang sedang suka sama kamu, perhatikan bahasa tubuh lewat mata tersebut.

Kontak mata yang stabil dan intens yang menggambarkan rasa percaya dan perhatian dari dirinya. Kamu juga bisa merasakan ketertarikannya ke kamu.

 

3 dari 18 halaman

Bahasa Tubuh Orang yang Menyukai Kita© 2024 shutterstock.com/MaeManee

Suka Menirukan Gerak Gerikmu

Bahasa tubuh seseorang suka sama kamu bisa tampak dengan ketertarikannya dengan apa yang kamu katakan atau lakukan. Lama kelamaan, ia akan menirukan gerak gerikmu secara nggak sadar.

Ini juga sebagai tanda bahwa kalian punya rasa saling terikat dan keakraban yang sudah terjalin. Secara nggak langsung, bahasa tubuhnya mengisyaratkan kalau dia punya keinginan kuat untuk menjalin hubungan denganmu.

4 dari 18 halaman

Bahasa Tubuh Orang yang Menyukai Kita© 2024 shutterstock.com/interstid

Mencondongkan Tubuhnya Ketika Bicara

Ketika kalian sedang berbincang, seseorang yang suka sama kamu akan mencondongkan tubuhnya ke arahmu. Hal ini menyiratkan kalau dia ingin lebih dekat denganmu, baik secara fisik maupun emosional.

Selain itu, mendekatkan diri dengan berdiri atau duduk di dekatmu juga menandakan bahwa ia tertarik sama kamu dan merasa nyaman tiap berada dekat dengan dirimu.

5 dari 18 halaman

Bahasa Tubuh Orang yang Menyukai Kita© 2024 shutterstock.com/AnotherPerfectDay

Tetap Menunjukkan Tangannya

Tangan juga bisa jadi tanda atau bahasa tubuh saat dia suka sama kamu.  Kalau ia tetap menunjukkan tangannya dan nggak menaruh tangannya ke dalam saku atau di belakang punggung, ia menunjukkan kalau kamu bisa membuatnya nyaman dan percaya diri, serta menunjukkan hal tersirat kalau dia suka sama kamu.

6 dari 18 halaman

Bahasa Tubuh Orang yang Menyukai Kita© 2024 shutterstock.com/imtmphoto

Tangannya Berkeringat

Kalau telapak tangan seseorang berkeringat ketika kalian sedang menghabiskan waktu bersama, bisa jadi ini menjadi tanda kalau dia suka sama kamu. Selain mungkin karena kepanasan, hal ini bisa menunjukkan kalau dia gugup banget karena bisa menghabiskan waktu bersama kamu tanpa gangguan orang lain.

7 dari 18 halaman

Bahasa Tubuh Orang yang Menyukai Kita© 2024 shutterstock.com/Bo1982

Melakukan Kontak Fisik

Bahasa tubuh seseorang suka sama kamu juga kelihatan banget ketika dia mulai memberikan kontak fisik padamu. Dia akan selalu melakukannya dengan penuh kasih sayang dan pengertian, misalnya menepuk punggung atau merangkul bahumu. Bahasa tubuh yang satu ini menunjukkan kalau orang itu merasa nyaman denganmu dan punya keinginan untuk bisa lebih dekat denganmu.

8 dari 18 halaman

Bahasa Tubuh Orang yang Menyukai Kita© 2024 shutterstock.com/WHYFRAME

Menunjukkan Postur Tubuh Terbuka

Kamu bisa memastikan seseorang suka sama kamu lewat postur tubuh yang secara nggak sadar dia tunjukkan ketika berbicara denganmu. Ketika sedang duduk, orang yang suka sama kamu akan cenderung menunjukkan postur kaki yang terbuka, bukan menyilangkan kaki yang menandakan dia cenderung tertutup.

Selain itu, dia juga nggak akan menunjukkan postur posisi menyilangkan tangan di depan dada yang malah menunjukkan kalau dia nggak nyaman sama kamu.

9 dari 18 halaman

Bahasa Tubuh Orang yang Menyukai Kita© 2024 shutterstock.com/Makistock

Alisnya Terangkat atau Pupilnya Melebar

Ketika seseorang suka sama kamu, ia akan sering menunjukkan alisnya yang terangkat karena menyiratkan bahwa dia benar-benar tertarik sama apa yang kamu katakan dan lakukan. Lewat matanya, ia juga akan menunjukkan ketika pupilnya melebar karena merasa punya keterlibatan emosional dan ketertarikan tersendiri padamu.

10 dari 18 halaman

Bahasa Tubuh Orang yang Menyukai Kita© 2024 shutterstock.com/MMD Creative

Suka Memainkan Rambut atau Menyentuh Wajahnya 

Seringkali seseorang akan memainkan rambutnya secara nggak sadar ketika sedang gugup. Hal ini bisa menjadi bahasa tubuh seseorang suka sama kamu, karena dia terlalu nervous bersama orang yang dia sukai dan ingin menampilkan kesan positif. Selain itu, dia juga akan menyentuh wajah ketika gugup saat berhadapan denganmu.

 

11 dari 18 halaman

Bahasa Tubuh Orang yang Menyukai Kita© 2024 shutterstock.com/interstid

Suka Bercanda

Ketika seseorang tertarik sama kamu, ia pasti akan melakukan berbagai hal agar bisa mendapatkan perhatianmu. Salah satu hal yang bisa dia lakukan adalah memberikan candaan padamu. Dengan menirukan hal-hal lucu yang saat ini sedang banyak dibicarakan lewat gesture tubuhnya, ia berusaha menunjukkan ketertarikan dan kepeduliannya padamu.

12 dari 18 halaman

Bahasa Tubuh Orang yang Menyukai Kita© 2024 shutterstock.com/Pond Saksit

Nggak Terpaku sama Ponselnya

Ketika sedang menghabiskan waktu dengan seseorang, memang sudah jadi bare minimum agar nggak sering-sering mengecek ponsel. Nah, bahasa tubuh seseorang suka sama kamu bisa terlihat ketika dia menaruh dan membiarkan ponselnya agar bisa memperhatikan baik-baik apa yang kamu katakan dan lakukan.

 

13 dari 18 halaman

Bahasa Tubuh Orang yang Menyukai Kita© 2024 shutterstock.com/mentatdgt

Berjalan Di Sampingmu

Ketika kamu dan seseorang sedang berjalan berdua dan ia memilih untuk berjalan di sampingmu daripada mendahului di depan, bisa jadi merupakan salah satu bahasa tubuh seseorang suka sama kamu. Orang itu akan merasa bahwa dia peduli dan perlu mementingkan dirimu, sehingga akan selalu memastikan kalau kamu baik-baik saja.

14 dari 18 halaman

Bahasa Tubuh Orang yang Menyukai Kita© 2024 shutterstock.com/Dragon Images

Nggak Sering Berkedip

Kamu bisa mengetahui seseorang yang lagi suka sama kamu lewat gerakan mata, yakni nggak terlalu sering berkedip. Hal itu menandakan kalau dia sudah menatapmu cukup lama karena mencoba agar fokus ketika memperhatikanmu. Dia juga menganggap kalau dirinya nggak boleh skip satu detik pun saat menatap kamu.

15 dari 18 halaman

Bahasa Tubuh Orang yang Menyukai Kita© 2024 shutterstock.com/plo

Menunjukkan Gesture Protektif

Cukup wajar kalau seseorang akan merasa sangat protektif kepada orang yang disukainya. Nah, bahasa tubuh seseorang suka sama kamu bisa tampak lewat gesture protektifnya, mulai dari membukakan pintu untukmu, berjalan di sampingmu, mengulurkan tangannya ke depanmu ketika akan menyeberang, dan lain-lain.

16 dari 18 halaman

Bahasa Tubuh Orang yang Menyukai Kita© 2024 shutterstock.com/Nuamfolio

Menarik Napas yang Dalam Ketika Melihatmu

Kalau dia tiba-tiba menarik napas dalam-dalam saa menarik napasnya dalam-dalam saat melihatmu. Hal ini bisa menandakan kalau dirinya sedang gugup dan perlu menenangkan diri sejenak ketika melihat sosok yang disukainya. Hal ini juga bisa menjadi tanda untuk dirinya agar bisa bersiap-siap sebelum berinteraksi denganmu.

17 dari 18 halaman

Bahasa Tubuh Orang yang Menyukai Kita© 2024 shutterstock.com/WHYFRAME

Menunjukkan Ekspresi yang Sesuai

Ketika kamu sedang berbicara atau menceritakan sesuatu kepada seseorang, kamu bisa perhatikan bahasa tubuhnya terutama pada ekspresi wajahnya. Misalnya, ketika kamu menceritakan sesuatu yang sedih tetapi orang itu malah memasang senyum atau ekspresi bahagia, tentunya dia nggak terlalu peduli denganmu. Tetapi, kalau dia menunjukkan ekspresi yang sesuai dengan apa yang dibicarakan, tandanya dia punya empati yang tulus buatmu.

18 dari 18 halaman

Bahasa Tubuh Orang yang Menyukai Kita© 2024 shutterstock.com/PKStockphoto

Tetap Memerhatikanmu Saat Bersama Banyak Orang

Seseorang yang suka sama kamu akan tetap duduk dekat denganmu atau menghadap ke arahmu meskipun kalian sedang berkumpul bersama banyak orang. Terkadang, ia akan mengajak bicara padamu seolah-olah cuma kamu saja yang ada disana.

Itulah beberapa bahasa tubuh seseorang suka sama kamu yang bisa kamu amati lewat gerak gerik si doi. Gimana nih, apakah tanda-tandanya pernah dia tunjukkan padamu?

Gimana nih, apakah dia menunjukkan bahasa tubuh tersebut saat bersamamu?

Penulis : Aimee Mayza

Beri Komentar