9 Cara Berhenti Jadi Second Choice, Karena Kamu Terlalu Berharga!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 25 Juni 2024 08:00
9 Cara Berhenti Jadi Second Choice, Karena Kamu Terlalu Berharga!
Nggak ada orang yang senang ketika nggak dijadikan prioritas, maka dari itu perlu untuk mempertimbangkan cara berhenti jadi second choice seseorang di bawah ini.

Di dalam hubungan, sering kali kamu dihadapkan pada kondisi di mana kamu jadi pilihan yang kedua atau second choice. Ingin jadi prioritas dia, tapi kok rasanya sangat sulit ya? Ingin pergi, tapi sudah terlanjur cinta. Padahal, kondisi ini sering kali bikin sakit sendiri. Lalu gimana caranya agar berhenti jadi pilihan kedua?

Menjalani hubungan dengan adanya pilihan-pilihan ini terasa rumit dan berpotensi menjadi penyebab munculnya masalah. Eits, second choice di sini bukan berarti kamu menjadi selingkuhan ya! Melainkan tak menjadi prioritas karena si doi lebih banyak mementingkan hal lain dan bikin kamu seolah tersingkir, seperti pekerjaan, hobi, dan lainnya. Menurut Michelle Begy, pendiri Ignite Dating pada laman web Metro, hal ini bisa membuat suatu hubungan jadi nggak akan bertahan lama.

Sebagai second choice, kamu akan merasa cemas dan sering membandingkan diri dengan orang-orang yang bisa menjadi prioritas pasangan. Agar dampaknya nggak akan sampai ke fisik dan mental, kamu perlu pertimbangkan cara berhenti jadi second choice seseorang. 

Nah, Diadona sudah rangkum dari beberapa sumber mengenai cara berhenti jadi second choice seseorang. Dengan menerapkan tips berikut ini, mungkin aja kamu menjadi yang pertama atau sekalian saja tak memberikan pilihan kepada dia.

 

1 dari 9 halaman

Cara Berhenti Jadi Second Choice© 2024 shutterstock.com/Namart Pieamsuwan

Temui Orang Terdekatnya

Nggak hanya dekat dengan pasangan, kamu juga bisa mulai masuk ke dalam dunianya. Kamu bisa berusaha mengenal dan bertemu dengan orang-orang terdekatnya seperti teman-temannya.

Dengan itu, kamu akan jadi lebih dekat dengan pasangan karena terlibat dengan kehidupannya. Mulai dekat dengan orang-orang terdekatnya juga bisa bikin dia paham kalau kamu memang ingin lebih mengenal dia.

Tetapkan Batasan

Saat kamu menjadi second choice seseorang, tentunya perasaan cemburu, kecewa, dan iri hati akan kamu rasakan. Cara berhenti jadi second choice yang bisa kamu lakukan adalah menetapkan batasan bersama yang saling disetujui.

Hal ini bisa terjadi karena ada kemungkinan bahwa salah satu dari kalian cenderung memaksakan atau menekan satu sama lain, sehingga pasanganmu lebih memprioritaskan orang lain terlebih dahulu dibanding kamu. Selain itu, hubungan yang sudah nggak sehat juga bisa jadi alasan kamu menjadi second choice.

2 dari 9 halaman

Cara Berhenti Jadi Second Choice© 2024 shutterstock.com/kenchiro168

Temukan Masalah dalam Hubungan

Dipilihnya kamu sebagai second choice seseorang terkadang bisa terjadi sejak awal hubungan karena crash kepribadian masing-masing. Tetapi seiring berjalannya waktu, hal ini bisa menjadi tanda adanya masalah dalam hubungan yang belum kalian sadari.

Kamu bisa teliti dan sadari terlebih dahulu adakah sesuatu yang terjadi dan bisa menjadi penyebab konflik di dalam hubungan. Selain itu, bisa jadi memang nggak ada masalah, tetapi kamu punya pikiran-pikiran dan kekhawatiran terhadap pasanganmu yang menyebabkan kamu memiliki pemikiran yang belum tentu benar.

 

3 dari 9 halaman

Cara Berhenti Jadi Second Choice© 2024 shutterstock.com/tairome

Melanjutkan Hidup

Saat kamu menyadari udah menjadi second choice seseorang, hal terpenting yang perlu kamu lakukan adalah lanjutkan hidup kamu. Bisa jadi, ketika kamu menjalani hubungan dengan orang tersebut,  kamu jadi lebih memprioritaskan dia dan sudah jarang melakukan hobi dan ha-hal yang kamu sukai.

Kamu bisa coba temukan hobi atau kegiatan baru yang cukup produktif untuk menyibukkan diri. Selain membuat kamu jadi lebih produktif, kamu akan bisa segera melupakan kalau kamu telah dijadikan sebagai second choice dari seseorang.

 

4 dari 9 halaman

Cara Berhenti Jadi Second Choice© 2024 shutterstock.com/David Gyung

Komunikasikan Perasaan Kamu 

Komunikasi merupakan suatu faktor kunci yang bisa menunjukkan kepastian saat terjadi sesuatu dalam hubungan. Nah, cara berhenti jadi second choice seseorang yang bisa kamu lakukan adalah komunikasikan hal ini padanya. 

Menurut seksolog dan pakar hubungan Ness Cooper dalam laman web Metro, salah satu alasan menjadi second choice seseorang adalah kurangnya komunikasi dengan orang tersebut. Dengan berkomunikasi, kamu akan mengetahui alasan kenapa hubungan kamu dan dirinya nggak sepenting hubungan dia dan orang lain.

 

5 dari 9 halaman

Cara Berhenti Jadi Second Choice© 2024 shutterstock.com/jumsica

Perluas Relasi

Nggak perlu sedih dan merasa bahwa kamu cuma worth sebagai second choice saja. Kamu bisa tunjukkan pada pasangan kalau kamu bisa menjalani hidup dan menghabiskan waktu bersama orang-orang lain dengan bebas dan nggak merasa dibatasi.

Lewat berbagai hal seperti mengikuti komunitas atau sekadar mengobrol lewat dunia maya, kamu akan menyadari bahwa kamu bisa jadi sosok baru yang penting di hidup mereka. Pasanganmu juga akan menganggap bahwa dirimu lebih memprioritaskan orang lain dibandingkan dirinya dan akan membuat dia sadar.

6 dari 9 halaman

Cara Berhenti Jadi Second Choice© 2024 shutterstock.com/Erik Kalibayev

Ubah Penampilan

Alternatif lain dari cara berhenti dari second choice seseorang adalah mulai ubah penampilanmu. Perhatikan penampilanmu seperti saat sebelum kamu berhubungan dengannya, mulai dari riasan hingga outfit yang kamu kenakan.

Kamu perlu melihat diri kamu sendiri dengan pandangan berbeda dibandingkan saat kamu berhubungan dengannya. Dengan mengubah penampilan, kamu bisa menghilangkan pikiran kalau kamu nggak worth, tambah pede, dan menetapkan prioritas baru yaitu penampilan.

7 dari 9 halaman

Cara Berhenti Jadi Second Choice© 2024 shutterstock.com/Doidam 10

Pertimbangkan Untuk Lanjut atau Berhenti

Ketika kamu merasa bahwa kamu beneran jadi second choicenya, hal yang bisa kamu lakukan adalah pertimbangkan dulu apakah hubungan kamu dan dia masih layak dipertahankan atau perlu untuk dipikirkan kembali.

Semakin lama kamu merasa bahwa kamu cuma jadi second choicenya, kamu akan meragukan perasaan kamu sendiri dan punya anggapan kalau kamu cuma layak jadi yang kedua. Selain itu, fisik dan mental kamu juga bisa terdampak dalam masa-masa ini.

8 dari 9 halaman

Cara Berhenti Jadi Second Choice© 2024 shutterstock.com/CandyRetriever

Tunggu Waktu yang Tepat

Di dalam hidup, setiap orang pasti cepat atau lambat akan menghadapi kejadian yang nggak mengenakkan dalam hidup, termasuk menjadi second choice seseorang. Kalau kamu masih merasa bahwa hubungan kalian masih bisa dipertahankan, kamu bisa tetap berusaha bertahan dengannya di balik perasaan jadi second choice.

Apapun yang terjadi, kamu perlu untuk bersama dengan dia dalam suka maupun duka. Ketika pasangan kamu menghadapi hal-hal yang buruk, kamu perlu untuk tetap mendukung dan mendengarkannya. Bisa jadi, ia akan menghargai kamu sebagai sosok yang ada di sampingnya dan mulai menjadikanmu prioritas.

9 dari 9 halaman

Cara Berhenti Jadi Second Choice© 2024 shutterstock.com/TimeImage Production

Kalau Merasa Stuck, Berhentilah

Kamu perlu memahami kalau perubahan seseorang nggak bisa terjadi dalam sekejap. Kamu bisa memutuskan untuk menunggu ketika pasanganmu berubah dan mulai menjadikan kamu sebagai sosok nomor satu, tetapi nggak menutup kemungkinan perkembangannya akan stuck.

Kalau kamu merasa bahwa pasanganmu nggak punya keinginan dan dorongan untuk berubah, tenangkan dirimu dan pikirkan baik-baik untuk berhenti. Mulai coba untuk prioritaskan dirimu sendiri, nggak seperti dia yang memilih buat memprioritaskan orang lain.  

Itu dia beberapa cara berhenti jadi second choice seseorang. Perasaan sakit hati dan kecewa yang kamu rasakan ketika dijadikan second choice tentunya akan berdampak pada diri kamu sendiri ke depannya. Maka dari itu, perlu untuk memikirkan baik-baik tentang kelanjutan hubungan kamu dengan pasangan.

Penulis : Aimee Mayza Aulia

Beri Komentar