15 Rekomendasi Film Tentang Cinta Pertama dan Alasan Kenapa Kamu Harus Menontonnya

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 20 Mei 2024 13:43
15 Rekomendasi Film Tentang Cinta Pertama dan Alasan Kenapa Kamu Harus Menontonnya
Film-film ini dijamin bikin kamu baper sambil mengingat pengalaman kamu dengan cinta pertama kamu di masa lalu.

Di Indonesia, film dengan genre romantis masih menjadi salah satu genre yang digemari banyak penonton film. Nah, salah satu contoh trope kisah romantis yang banyak diangkat dalam film adalah film cinta pertama.

Menonton film tentang cinta pertama memang mudah bikin kita nostalgia tentang cinta pertama yang pernah dirasakan dahulu. Entah kenangan baik atau menyedihkan, sosok yang jadi cinta pertama pasti punya tempat tersendiri di dalam hati. Maka dari itu, nonton film yang romantis bisa jadi hiburan tersendiri yang juga bermakna bagi kita.

Buat kalian yang lagi mencari-cari film cinta pertama untuk ditonton ketika waktu luang, Diadona sudah kumpulkan beberapa judul film tersebut beserta summary singkatnya. Yuk, siap-siap tambahin ke watchlist!

 

1 dari 15 halaman

Film tentang Cinta Pertama - A Little Thing Called Love© 2024 Tangkapan Layar Film A Little Thing Called Love

A Little Thing Called Love (2010)

Menampilkan kisah cinta yang khas di sekolah, film asal Thailand ini cukup populer di Indonesia. Film ini mengisahkan tentang seorang murid SMP bernama Nam (Baifern Pimchanok Luevisadpaibul) yang jatuh cinta kepada seniornya, Shone (Mario Maurer) yang merupakan murid SMA.

Nam yang merupakan gadis introvert yang biasa saja mulai melakukan segala cara untuk mengubah dirinya menjadi lebih baik demi mendapatkan hati Shone yang merupakan murid populer dan banyak digemari oleh para gadis lainnya.

Alur cerita sederhana dengan ending yang mudah ditebak, namun dikemas menjadi film yang menyenangkan, penuh humor dan nggak bikin bosan. Film ini bener-bener harus kamu tonton sekali seumur hidup, deh!

2 dari 15 halaman

Film tentang Cinta Pertama - Flipped© 2024 IMDb

Flipped (2010)

Film yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama ini merupakan film cinta pertama lainnya yang cukup populer. Flipped menceritakan tentang Juli Baker (Madeline Carroll) yang jatuh cinta pada pandangan pertama dengan tetangga barunya, Bryce Loski (Callan McAuliffe).

Namun, Bryce nggak merasakan hal yang sama karena menganggap Juli adalah seseorang yang aneh. Enam tahun kemudian, keduanya merasa keliru terhadap perasaan mereka masing-masing, baik perasaan Juli tentang cintanya kepada Bryce maupun rasa benci Bryce pada Juli.

Walaupun mengangkat kisah cinta pertama anak-anak remaja, namun digambarkan secara lebih tulus dan dewasa. Bukan, bukan tentang adegan panas melainkan masalah konflik sosial, keluarga, humor dan idealisme masa muda. Adegan manis dan pahit bersatu dalam film ini bikin kamu akan merasa geregetan sekaligus 'aww..'

3 dari 15 halaman

Film tentang Cinta Pertama - First Love© 2024 Netflix

First Love (2022)

Film yang berasal dari negeri bunga sakura ini menceritakan tentang Noguchi Yae (Mitsushima Hikari) dan Harumichi Namiki (Satoh Takeru) yang jatuh cinta di SMA di akhir tahun 90an. Setelah lulus, Yae melanjutkan kuliah di Tokyo, sedangkan Harumichi melanjutkan sebagai mahasiswa penerbangan yang membuat mereka berpisah.

Setelah mengalami kecelakaan tragis, Yae bekerja sebagai sopir taksi dan Harumichi menjadi karyawan di sebuah perusahaan keamanan. Sekitar 20 tahun kemudian, sesuatu hal mempertemukan mereka berdua kembali.

Film ini lebih dari sekedar film tentang cinta pertama masa muda. Setiap karakternya ditulis dengan apik dan otentik serta penuh chemistry, pengembangan karakternya, pemandangan, hingga alur cerita sampai musiknya ditata dengan indah dan anggun.

4 dari 15 halaman

Film tentang Cinta Pertama - 20th Century Girl© 2024 Netflix

20th Century Girl (2022)

Film cinta pertama yang satu ini cukup menyita banyak perhatian setelah dirilis di platform Netflix. Film ini mengisahkan tentang Na Bora (Kim Yoojung) yang cukup setia dengan sahabatnya, Kim Yeondu (Roh Yeonsoo).

Ketika Yeondu akan berangkat ke Amerika untuk menjalani operasi jantung, ia memberi tahu Bora kalau dia sedang jatuh cinta pada laki-laki bernama Baek Hyunjin (Park Jungwoo). Ia juga menyuruh sahabatnya itu untuk mencari tahu lebih lanjut segala hal tentang Hyunjin dan melaporkan setiap tindakannya selama Yeondu berada di Amerika, yang disetujui oleh Bora.

Film ini menceritakan tentang kegembiraan cinta pertama dan betapa hidup kadang terasa menyulitkan. Menontonnya bikin kamu dijamin akan merasakan rollercoaster emosi karena banyak momen lucu, bahagia tapi juga ada sedihnya.

5 dari 15 halaman

Film tentang Cinta Pertama - Classic Again© 2024 twitter.com/hufflemione

Classic Again (2020)

Film Thailand yang satu ini merupakan hasil remake dari film “ Classic” asal Korea Selatan. Classic Again berkisah tentang cinta segitiga antara dua sahabat, Bota (Mint Ranchrawee) dan Poppy (Meiko Chonnikan) yang sama-sama menyukai Non (Gee Sutthirak). 

Suatu hari, Bota menemukan sebuah kotak tua milik ibunya yang berisi surat-surat cinta dan barang kenangan dari Kajorn (New Thitipoom), cinta pertama ibunya, sebelum menikahi suaminya. Bota kemudian membaca surat-surat itu yang ternyata menceritakan kisah cinta ibunya yang serupa dengan kisah cinta segitiganya saat ini. 

Walaupun merupakan film remake, tapi film ini terasa sangat klasik, punya tone tersendiri, sinematografi yang bikin kamu tercengang sepanjang film, alur cerita dan juga akting memukau para pemainnya. Adegan demi adegannya bikin kamu dijamin akan terasa lebih dekat dengan karakter serta perasaan mereka.

 

6 dari 15 halaman

 Film tentang Cinta Pertama - On Your Wedding Day© 2024 Netflix

On Your Wedding Day (2018)

Film cinta pertama yang termasuk populer di Indonesia ini mengisahkan tentang kisah Wooyeon (Kim Youngkwang), seorang siswa SMA yang dikenal bandel dan nggak suka belajar. Suatu hari, ia bertemu dengan seorang siswi pindahan bernama Seunghee (Park Boyoung) dan jatuh cinta padanya pada pandangan pertama.

Karena banyak siswa yang naksir sama Seunghee sampai membuat dia resah, mereka berdua setuju untuk berpura-pura pacaran. Setelah lulus, Seunghee pindah ke kota lain dan membuat mereka berpisah dan melanjutkan kehidupan masing-masing.

Film ini bakalan bikin kamu tertampar keras karena nggak cuman menampilkan keindahan cinta pertama aja, melainkan juga kehidupan yang sebenarnya, hubungan yang apa adanya, sama seperti realitas pada umumnya.

Hubungan, perpisahan, waktu, fase hubungan, menyalahkan orang lain atas kegagalan diri sendiri, bertumbuhnya diri dan realisasi sebagai pribadi, bisa kamu temukan di film ini.

7 dari 15 halaman

Film tentang Cinta Pertama - Architecture 101© 2024 Lotte Entertainment/ Architecture 101 

Architecture 101 (2012)

Sesuai dengan judulnya, film bertemakan arsitektur ini menceritakan tentang Seungmin (Uhm Taewoong), seorang mahasiswa arsitektur berusia 20 tahun yang jatuh cinta dengan Seoyeon (Han Gain), seorang mahasiswi musik. Namun, Seungmin nggak sempat buat mengakui perasaannya pada Seoyeon karena berpisah. Setelah 15 tahun, Seungmin menerima klien di kantornya yang ternyata adalah Seoyeon yang ingin meminta dia untukk mendesain kembali rumahnya yang ada di Pulau Jeju.

Ceritanya memang biasa-biasa saja, namun menggambarkan kenyataan, dan yang lebih penting, humanisme. Itulah yang membuat film ini jadi luar biasa. Film ini menempati posisi No. 1 di box office selama tiga minggu setelah dirilis, menarik lebih dari 1 juta penonton hanya dalam delapan hari saja lho! Mayorita spenontonnya adalah laki-laki yang ingin nostalgia dengan cinta pertama mereka.

8 dari 15 halaman

 

Dilan 1990 (2018)

Film dengan latar belakang cinta pertama di SMA ini diadaptasi dari Dilan: Dia adalah Dilanku Tahun 1990. Film ini mengisahkan tentang Milea (Vanesha Prescilla) bersama keluarganya yang pindah dari Jakarta ke Bandung pada tahun 1990. Dalam perjalanan ke sekolah, ia bertemu Dilan (Iqbaal Ramadhan), seorang murid yang di sekolah dikenal sebagai anak nakal dan seorang pemimpin geng motor. 

Setelahnya, Dilan mulai menggoda Milea dengan datang ke rumahnya, menelepon, dan mengirimkan hadiah-hadiah. Karena sifat PD yang dimiliki Dilan, lama kelamaan Milea mulai jatuh cinta padanya.

Film ini menduduki posisi sebagai film dengan jumlah penonton terbanyak kedua di tahun 2018 dengan angka 6.315.664 juta.

 

9 dari 15 halaman

Film tentang Cinta Pertama - Galih dan Ratna (2017)© 2024 IMDb

Galih dan Ratna (2017)

Film selanjutnya yang bertemakan cinta pertama adalah Galih dan Ratna. Galih (Refal Hady) adalah seorang siswa introvert yang dipaksa untuk mendahulukan pendidikan daripada passion-nya di bidang musik oleh ibunya. Kemudian, suatu hari ia bertemu dengan Ratna (Sheryl Sheinafia) yang baru pindah ke SMA tempat Galih bersekolah.

Nggak jauh berbeda dengan Galih, Ratna sendiri tipikal remaja yang tujuan hidupnya nggak menentu dan diam-diam senang menulis lagu meskipun nggak mendapat dukungan sang ayah. Nah, setelahnya, hubungan di antara mereka mulai terjalin ketika mereka saling bertukar pendapat mengenai kehidupan masing-masing dan mengejar passion mereka di bidang musik.

10 dari 15 halaman

 Film Tentang Cinta Pertama - Tune in For Love© 2024 Netflix.com

Tune in For Love (2019)

Film lain dengan tema cinta pertama selanjutnya berasal dari Korea Selatan. Film Tune in for Love menceritakan tentang Misoo (Kim Goeun) yang sedang sedang menjaga toko kue dan didatangi oleh seorang pengunjung laki-laki menanyakan tentang kue berbahan kacang kedelai yang menjadi tradisi ketika seseorang baru keluar dari penjara.

Alih-alih takut, Misoo kemudian berbincang dengan pria yang bernama Hyunwoo (Jung Haein) dan menjadi akrab karena sama-sama yatim piatu. Namun, akibat krisis yang melanda Korea Selatan pada 1997, Misoo memutuskan untuk pindah dan nggak bertemu Hyunwoo lagi. Setelah kondisi menjadi lebih baik beberapa tahun setelahnya, Misoo kembali lagi ke bangunan tempat toko kuenya dulu berdiri dan nggak disangka kalau ia akan bertemu Hyunwoo kembali.

11 dari 15 halaman

Film tentang Cinta Pertama - The Fault in Our Stars© 2024 IMDb

The Fault in Our Stars (2014)

Film The Fault in Our Stars mengisahkan tentang seorang remaja bernama Hazel Grace Lancaster (Shailene Woodley) penderita kanker tiroid yang membuat Hazel harus membawa tabung oksigen kemanapun ia pergi. Karena orang tuanya mulai menyadari kalau Hazel mulai merasakan depresi karena kankernya, mereka mendorong Hazel mengikuti support group bagi pasien kanker.

Dari sana, ia bertemu Augustus Waters (Ansel Elgort), yang kehilangan satu kakinya karena kanker tulang. Keduanya menjadi semakin dekat karena kesamaan nasibnya dan sama-sama punya hobi membaca buku terutama novel.

Film ini sangat indah, lucu, tapi juga sedih tanpa eksploitasi berlebihan. Film ini juga menarik banget karena kisah cinta remaja yang sangat terikat dengan inti emosionalnya.

12 dari 15 halaman

Film tentang Cinta Pertama - Five Feet Apart© 2024 Netflix

Five Feet Apart (2019)

Film cinta pertama berasal dari Amerika Serikat ini menceritakan tentang Stella (Haley Lu Richardson), berusia tujuh belas tahun yang menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah sakit karena menderita penyakit fibrosis kistik.

Penyakit yang diderita Stella mengharuskan dirinya untuk menjaga jarak dengan sesama pengidap penyakit itu, salah satunya adalah Will (Cole Sprouse), seorang remaja yang juga mengidap penyakit yang sama. Kesamaan nasib yang mereka alami membuat mereka semakin dekat, meskipun mereka harus tetap menjaga jarak sejauh lima langkah setiap mereka bertemu.

Film tentang cinta pertama ini cocok banget dinikmati sama para remaja yang sedang dimabuk cinta. Ceritanya yang manis dan penuh pengorbanan, bikin kau ikut kangen masa-masa jatuh cinta.

13 dari 15 halaman

Film tentang Cinta Pertama - Whisper of The Heart© 2024 Whisper of the Heart | 1995 | dir. Yoshifumi Kondo

Whisper of The Heart (1995)

Film animasi hasil garapan Studio Ghibli yang satu ini mengisahkan Shizuku yang merupakan gadis dengan hobi membaca. Suatu hari, Shizuku memperhatikan bahwa nama Seiji Amasawa tertulis di setiap buku yang dia pinjam dari perpustakaan.

Keesokan harinya, Shizuku sedang dalam perjalanan untuk mengantarkan makan siang ayahnya ketika dia melihat seekor kucing biasa sedang naik kereta sendirian. Shizuku memutuskan untuk mengikuti kucing tersebut yang ternyata membawanya ke rumah Seiji Amasawa.

Sepanjang film, kita dibawa untuk mengikuti bagaimana Shizuku berusaha menggapai impiannya sebagai penulis dan Seiji yang ingin pergi ke Italia untuk menjadi pembuat biola terkenal dan perasaan mereka yang makin lama makin bertumbuh.

14 dari 15 halaman

Film tentang Cinta Pertama - A Walk to Remember© 2024 IMDb

A Walk to Remember

Biar nggak dikeluarkan dari sekolah karena kenakalannya, Landon Carter (Shane West) harus melakukan berbagai kegiatan sosial, mulai dari membersihkan sekolah, mengikuti tutor, sampai ikut serta dalam teater sekolah. Dari situ, dia berkenalan dengan Jamie Sullivan (Mandy Moore), putri dari pendeta setempat. Jamie punya karakter yang berkebalikan dari Landon, makanya keduanya nggak menyangka kalau akhirnya mereka akan saling jatuh cinta.

Walaupun cinta berat sama Jamie, Landon memilih buat merahasiakan hubungan mereka di sekolah karena takut bakalan mengganggu reputasinya. Jamie pun kesal, tapi akhirnya mereka berdua berbaikan. Selanjutnya, justru rahasia yang selama ini disimpan Jamie rapat-rapatlah yang beneran menjadi ujian dalam hubungan mereka.

 

15 dari 15 halaman

Film tentang Cinta Pertama - The Notebook© 2024 vogue.com.au

The Notebook

Film ini menceritakan tentang percintaan antara seorang pemuda miskin bernama Noah (Ryan Gosling) dan seorang gadis dari keluarga kaya raya bernama Allie (Rachel McAdams). Kehadiran Noah membuat Allie mampu merasakan banyak hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya, seperti melakukan banyak hal gila, belajar tentang kebebasan dan lainnya. Saling jatuh cinta, sayangnya mereka nggak bisa bersama karena perbedaan status sosial.

Mereka kemudian terpisah jarak dan Noah mengirimkan surat cinta ke Allie selama setahun penuh. Tapi surat tersebut tak pernah dibalas. Membawa hatinya yang patah, Noah akhirnya ikut wajib militer sementara Allie jadi sukarelawan buat merawat serdadu Amerika. Di sini, allie ketemu sama Lon Hammond, Jr (James Marsden), pria tampan kaya raya.

Lalu, bisakan mereka bersatu kembali?

Itu dia beberapa judul film cinta pertama dari berbagai negara yang bisa kamu tonton di waktu luang. Apakah ada yang sudah pernah kamu tonton? Atau, film mana aja nih yang bikin kamu tertarik buat nonton? Happy watching!

Penulis : Aimee Mayza Aulia

Beri Komentar