Hari Pertama Kerja? Berikut 5 Tips Membuat Kesan Pertama yang Bagus

Reporter : Andrawira Diwiyoga
Kamis, 16 Januari 2020 00:01
Hari Pertama Kerja? Berikut 5 Tips Membuat Kesan Pertama yang Bagus
Dimana-mana, kesan pertama merupakan hal yang cukup krusial.

Hari pertama dalam pekerjaan rasanya sama seperti kamu pertama kali bepergian ke negara yang belum pernah kamu kunjungi. Kamu akan melihat banyak hal baru tetapi kamu juga harus GPS agar tidak tersesat dan juga berkomunikasi dengan bahas yang kamu belum terbiasa sebelumnya.

Setiap pekerjaan memiliki lingkungan dan situasi yang berbeda-beda. Apa pun situasi dan lingkungannya, hari pertama bekerja merupakan saat dimana karyawan kantor tersebut pertama kali melihat dan berbicara kepadamu. Maka dari itu memberikan kesan yang bagus saat pertama kali bertemu merupakan momen yang krusial.

Dilansir dari jobsite.co.uk, berikut ini adalah 5 tips untuk memastikan kesan pertamamu di hari pertama bekerja berakhir baik.

1 dari 5 halaman

Mempersiapkan Diri

Sama seperti saat wawancara kerja, memberikan kesan di hari pertama bekerja juga membutuhkan sebuah perisapan. Pahami terlebih dahulu soal tanggung jawab pekerjaan, riset kembali tentang perusahaan, serta pahami sebaik mungkin tentang budaya perusahaan. Perisapan juga dapat membantu kamu pada hari pertama bekerja.

2 dari 5 halaman

Tepat Waktu dan Rapi

Sama seperti saat wawancara kerja, mengenakan pakaian yang rapi merupakan sebuah pilihan yang bijak di hari pertama bekerja. Setelah beberapa hari bekerja, kamu akan lebih memahami pakaian seperti apa yang dikenakan oleh karyawan lain.

Datang tepat waktu juga merupakan keputusan yang tepat di hari pertama kerja. Lebih baik lagi jika kamu datang lebih awal di hari pertama kerja. Kedua hal tersebut bertujuan untuk memberikan kesan yang baik kepada perusahaan.

3 dari 5 halaman

Terorganisir dan Proaktif

Jika di hari pertama kamu memiliki waktu luang, gunakan untuk menyesuaikan, mengatur, dan memahami tempat kerja. Kamu juga bisa mengatur manajemen waktu dalam bekerja dan memprioritaskan tanggung jawab pekerjaan.

Jadilah proaktif dalam mengajukan pertanyaan serta mengedepankan tugas dan tanggung jawab. Menjadi seorang pemula merupakan cara yang bagus untuk membuat kesan pertama yang baik.

4 dari 5 halaman

Perkenalkan Dirimu

Beberapa manajer mungkin memperkenalkan kamu kepada semua karyawan di hari pertama kerja, beberapa mungkin tidak. Walaupun begitu, tetaplah bersikap proaktif serta membuat upaya khusus untuk memperkenalkan diri kepada sebanyak mungkin karyawan di perusahaan tersebut. Dan jangan lupa untuk mengingat nama-nama mereka saat berkenalan.

5 dari 5 halaman

Pahami Budayanya

Bagi sebagian besar perusahaan, kecocokan budaya perusahaan sangatlah penting. Keberhasilan jangka panjang untuk kamu serta perusahaan tergantung pada bagaimana tim bekerja. Ini berarti kamu harus segera masuk dalam budaya perusahaan tersebut.

Jika kamu diajak untuk berkumpul di luar jam kerja, maka terimalah ajakan tersebut. Itu adalah kesempatan yang bagus untuk mengakrabkan diri kepada karyawan lain di luar kantor. Pada situasi tersebut kamu dapat melihat bagaimana kepribadian karyawan lain yang sebenarnya di luar mode kerja.

Dipastikan tips-tips di atas akan membantumu saat hari pertama kerja. Tulis komentarmu di bawah ya.

Beri Komentar