15 Kesalahan saat PDKT, Sepele Tapi Bikin Hubungan Kalian Gagal Berlayar

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Minggu, 21 Juli 2024 09:00
15 Kesalahan saat PDKT, Sepele Tapi Bikin Hubungan Kalian Gagal Berlayar
Mulai dari terlalu sering membicarakan diri sendiri, maunya dibayarin mulu dan banyak mainan HP saat sedang bersama, adalah kesalahan dalam PDKT yang bikin hubungan kalian nggak kemana-mana.

Tahukah kamu kalau 99 persen PDKT berakhir gagal dan tak jadi lanjut ke fase hubungan? Penyebabnya beragam, namun salah satunya adalah kesalahan-kesalahan yang dilakukan saat PDKT.

Sayang banget kan padahal udah sangat effort cari cara biar bisa dekat sama gebetan, eh ternyata gagal karena kesalahan kecil yang tidak disadari.

Ketika PDKT, tindakan yang kamu lakukan sekarang bisa menentukan perubahan dari hubungan kalian. Baik hubungan yang awalnya biasa saja menjadi lebih serius, atau dari PDKT malah tak jadi siapa-siapa.

Sesuai dengan apa yang disebutkan psikolog dan pakar hubungan Tracy Thomas, PhD., dalam laman web Mens Health kalau segala sesuatu yang kamu lakukan ketika awal PDKT harus dianggap sebagai sesuatu yang serius dan bukan cuma kencan belaka karena akan menentukan keberlanjutan hubungan.

Agar PDKT yang kamu lakukan dengan doi bisa berjalan lancar dan berkembang ke tahap selanjutnya, tentunya kamu perlu menghindari hal-hal yang bisa menghambat PDKT kalian. Nah, Diadona bakal bantu kamu buat merangkum beberapa kesalahan saat PDKT yang bisa kamu waspadai.

1 dari 12 halaman

Kesalahan saat PDKT© 2024 shutterstock.com

Kebanyakan Gombal

Nah, ini nih kesalahan saat PDKT yang banyak tak disadari karena sering dianggap mampu melulihkan hati gebetan. Padahal, terlalu banyak gombal atau pujian di awal PDKT malah bikin gebetan nggak nyaman lho! 

Pujian yang berlebihan sering kali terlihat nggak tulus atau dipaksakan. Terlalu banyak memuji gebetan hanya akan bikin dia merasa kalau pujian itu nggak jujur dan cuman digunakan sebagai taktik buat merebut hatinya.

Pujian dan gombalan berlebihan di awal PDKT juga bikin gebetan tertekan atau canggung, lho! Trus terlalu banyak menggombal juga bikin kamu terlihat sangat desperate.

2 dari 12 halaman

Kesalahan saat PDKT© 2024 shutterstock.com

Tertarik Karena Fisik Saja

Manusia memang makhluk visual, jadi wajar banget kalau gampang tertarik karena fisik doang. Saat seseorang terkesan dengan penampilan luarnya saja, mereka cenderung terburu-buru PDKT.

Namun ternyata nih, gebetan tak sebaik penampilannya. Pada akhirnya hal ini bikin kamu mundur perlahan dan melanjutkan proses pendekatan.

Maka dari itu, penting banget mempertimbangkan berbagai hal dari seorang seseorang selain fisiknya, seperti kepribadian, perilaku, cara dia memperlakukan orang lain, dan masih banyak lagi. Jangan sampai kamu menghabiskan waktu dengan seseorang yag hanya rupawan tapi tak punya kualitas, ya!

Kesalahan saat PDKT© 2024 shutterstock.com

Berkspektasi yang Terlalu Tinggi

Manusia bukan sosok yang sempurna. Gebetan kamu tentu punya kesalahan atau kekurangan di dalam dirinya. Makanya, jangan berekspektasi terlalu tinggi, ya!

Terkadang, seseorang akan segera melepaskan atau mengabaikan ketika menyadari kalau gebetannya nggak memenuhi standar atau ekspektasinya. Selama bukan sesuatu yang sangat prinsipil dan mengganggu banget, nggak ada salahnya buat melihat ke sudut pandang lain tentang hal-hal baik apa yang dia miliki yang layak diperjuangkan.

3 dari 12 halaman

Kesalahan saat PDKT© 2024 shutterstock.com

Gampang Menyerah

Saat kamu ngajak ngedate pertama kali, ada kalanya gebetan akan menolak dengan berbagai alasan. Terkadang, hal ini bikin seseorang langsung mundur dan mengira gebetan tak tertarik.

Padahal bisa saja kan dia menolak bukan karena tidak suka, namun ada hal lain yang harus dilakukan? Misalnya sudah ada janji yang tak bisa dibatalkan, hingga belum siap untuk ngedate di waktu yang kamu tentukan. Bisa saja dia memang punya alasan, bukan sekedar mencari-carinya doang.

Padahal, kamu bisa coba mengusahakan dengan mengubah rencana di lain hari atau di tempat lain. Ia akan menganggap kamu benar-benar serius dan bukan orang yang gampang menyerah.

Tapi kalua udah berkali-kali ditolak, itu memang tandanya dia nggak tertarik ya guys!

4 dari 12 halaman

Kesalahan saat PDKT© 2024 shutterstock.com/MMD Creative

Susah Mengekspresikan Perasaan

PDKT bisa jadi berakhir dengan status friendzone karena nggak ada kepastian. Pihak laki-laki yang kerap jadi penentu kelanjutan hubungan, ternyata lebih memilih diam dan tak menyatakan perasaan. Sementara pihak cewek dibiarkan menunggu tanpa jawaban.

Nah, ini nih bikin para cewek punya asumsi berlebihan, misalnya kamu cuma menjadikannya sebagai pelampiasan atau main-main saja.

5 dari 12 halaman

Kesalahan saat PDKT© 2024 shutterstock.com

Membicarakan Diri Sendiri

PDKT adalah fase mengenal gebetan lebih dalam, jadi jangan sampai kamu mendominasi pembicaraan dengan cerita tentang diri kamu sendiri yah!

Nggak mendominasi pembicaraan berarti kamu menghargai pendapat dan perasaan lawan bicara kamu. Selain itu dengan kamu ngasih kesempatan lawan bicara buat cerita, kamu nunjukin kalau kamu bener-bener tertarik sama dia.

Trus tahu nggak sih kalau seseorang merasa didengar dan dipahami, mereka bakalan merasa dekat secara emosional, lho! Makanya saat PDKT, bikin gebetan kamu merasa didengarkan dan diperhatikan. Selain bikin dia merasa diperhatikan, kamu juga jadi tau lebih banyak tentang dirinya.

6 dari 12 halaman

Kesalahan saat PDKT© 2024 shutterstock.com

Terlalu Fokus sama Ponsel

Ketika kamu sedang menghabiskan waktu berdua dengan gebetan, pusatkan perhatian kamu saat itu hanya untuk dia. Kurangi penggunaan ponsel yang nggak perlu agar kamu bisa sepenuhnya fokus pada apa yang sedang ia lakukan atau bicarakan

Sering-sering mengecek ponsel bikin gebetanmu bakalan merasa nggak dihargai. Ia juga merasa kalau pikiran kamu ada di tempat lain dan bukan ke dia.

7 dari 12 halaman

Kesalahan saat PDKT© 2024 shutterstock.com/Bo1982

Maunya Dibayarin Mulu

Permasalahan tentang siapa yang membayar ketika kamu dan gebetanmu sedang berkencan memang jadi topik yang menarik. Sebenernya sih hal ini tergantung sama diri dan kesepakatan masing-masing, tapi bikin ilfil nggak sih kalau gebetan minta dibayarin terus-terusan?

Sok Asyik

Paham banget nih kalau kamu ingin terlihat asyik dan seru di matanya, tapi kalau dipaksakan dan nggak terkesan alami, jadi bikin suasana jadi canggung. Sikap sok asyik juga mengindikasikan kalau kamu lebih fokus pada diri kamu sendiri. Selian itu, sok asyik juga mungkin bikin orang lain nggak nyaman atau terganggu karena perilaku yang terlalu mendominasi atau berlebihan.

 

8 dari 12 halaman

Kesalahan saat PDKT© 2024 shutterstock.com

Sombong dan Melebih-lebihkan Diri Sendiri

Membuat gebetan terkesan dengan menceritakan pengalaman atau pencapaian kamu memang umum dilakukan saat PDKT. Tapi kalau nggak terkontrol, cerita yang dibagikan bisa jadi terkesan berlebihan dan malah bikin dia ilfeel!

Jangan sampai deh, sebab hal ini adalah kesalahan saat PDKT yang paling umum!

Love Bombing

Nggak semua orang senang dengan perhatian dan cinta yang berlebihan di awal hubungan atau love bombing. Love bombing ini kerap digunakan seseorang sebagai taktik manipulatif. Perilaku love bombing juga kerap kali tidak didasarkan dari perasaan yang tulus.

9 dari 12 halaman

Kesalahan saat PDKT© 2024 shutterstock.com/interstid

Melakukan Apapun Agar Dia Terkesan

Kesalahan saat PDKT yang satu ini umumnya dilakukan ketika nggak tahu gimana cara biar gebetan makin tertarik. Makanya, sebagian besar orang akanberpikir kalau cara terbaik yang bisa dilakukan adalah melakukan apapun yang diinginkan atau disukai gebetan

Namun, hal tersebut malah membuat seseorang terkesan nggak menghargai dirinya sendiri. 

10 dari 12 halaman

Kesalahan saat PDKT© 2024 shutterstock.com

Nggak Menjadi Diri Sendiri

Mengubah sedikit kebiasaan demi menciptakan kesan baik di hadapan doi bukan sesuatu yang salah. Tetapi, kalau kamu memaksakan diri agar jadi sempurna dan terkesan nggak menjadi diri sendiri apa adanya, ini bukan hal yang baik.

Doi akan sadar kalau kamu nggak sepenuhnya sedang jadi dirimu sendiri karena akan merasakan ketidaknyamanan yang sedang kamu rasakan. Ini juga menyiratkan kalau kamu nggak percaya diri dan malah semakin menunjukkan kekurangan yang kamu punya.

11 dari 12 halaman

Kesalahan saat PDKT© 2024 shutterstock.com

Membuat Dia Terkesan dengan Uang Saja

Kesalahan saat PDKT yang biasa dilakukan cowok adalah terkadang mereka merasa kalau bisa membuat cewek jatuh cinta dengan membelikan hal-hal yang disukainya. Cowok yang seperti itu biasanya ingin cara instan agar cewek tersebut segera terkesan dan ingin pacaran dengannya karena baik hati.

Padahal ingat, uang bukan satu-satunya hal yang dicari cewek pada pria. Mereka menginginkan cowok yang bisa membuat mereka merasa dicintai sepenuhnya dan menghormati serta menghargai mereka.

12 dari 12 halaman

Kesalahan saat PDKT© 2024 shutterstock.com/loreanto

Cukup Bersikap Baik Saja

Bersikap baik k saat PDKT sudah jadi bare minimum, tapi ternyata itu nggak cukup buat bikin dia jatuh cinta sama kamu. Sesuai yang dituliskan dalam laman web The Modern Man bahwa cowok di dunia ini juga sama-sama baik, entah yang hanya berstatus sebagai teman cewek tersebut atau yang PDKT dengannya sepertimu.

Kalau kamu ingin membuatnya semakin tertarik padamu, kamu perlu buat mengusahakan lebih! Kamu juga perlu menunjukkan rasa cintamu dan terus effort buat bikin dia jatuh cinta sama kamu.

Meskipun kelihatannya sepele, tetapi kesalahan saat PDKT bisa bikin dia ilang feeling! 

Penulis : Aimee Mayza

Beri Komentar