Mantan Tiba-tiba Ngelike Postingan Kita, Kenapa ya?

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 31 Mei 2024 17:13
Mantan Tiba-tiba Ngelike Postingan Kita, Kenapa ya?
Mau balikan? Atau ternyata cuma gabut saja? Ternyata, ada beragam hal yang bikin mantan masih suka like postingan meskipun hubungannya sudah berakhir lama.

Terkadang, ada beberapa mantan pasangan yang memutuskan buat tetap terhubung di sosial media meskipun di dunia nyata, meski keduanya sudah bukan siapa-siapa. Namun komunikasi tak pernah ada, hanya saling tahu kabar masing-masing lewat unggahan saja. Walau demikian, ada pula mantan pasangan yang memutuskan buat memutuskan segala kontak, baik di dunia nyata maupun maya. Nah saat tiba-tiba mantan ngelike postingan kita, kira-kira pertanda apa ya?

Apakah dia sedang mencari perhatian dan membuka jalan agar kalian baikan? Atau hanya iseng saja?

Ternyata nih ngelike postingan mantan adalah sesuatu yang biasa, seperti yang disampaikan oleh Connell Barrett, pendiri Dating Transformation dan seorang pelatih hubungan pada web Elite Daily. Bukan sesuatu yang aneh ketika mantan kamu ngelike postingan kamu setelah putus.

Bisa jadi, ia melakukannya karena masih ingin terhubung dengan kamu bahkan setelah putus atau masih memendam perasaan padamu. Mantanmu berusaha mengungkapkannya lewat ngelike postingan saja karena nggak berani menyampaikan padamu langsung.

Nah, biar kamu nggak makin bertanya-tanya, berikut beberapa kemungkinan mantan ngelike postingan kamu.

1 dari 9 halaman

Mantan Tiba-tiba Like Postingan Kita© 2024 shutterstock.com 

Masih Peduli Padamu

Suatu hubungan terjalin karena adanya perasaan cinta yang timbul. Nah, meskipun hubungan kamu sudah berakhir, tetapi perasaan nggak bisa segera berakhir dan menghilang begitu saja.

Kalau mantan ngelike postingan kamu, kemungkinan perasaan peduli yang sudah biasa ia berikan padamu saat masih berpacaran masih terbawa hingga sekarang. Secara nggak langsung, ia menunjukkan kalau dia masih peduli tentang kehidupan kamu bahkan setelah kalian putus.

2 dari 9 halaman

 Mantan Tiba-tiba Like Postingan Kita© 2024 shutterstock.com/Rachata Teyparsit

Ingin Balikan

Kemungkinan alasan selanjutnya ketika mantan ngelike postingan kamu adalah ia masih memendam perasaan padamu. Bisa saja alasan putus kalian masih meninggalkan tanda tanya di benak mantanmu, atau statusmu yang masih single seakan memberikan dia harapan buat balikan.

Mantanmu mungkin merasa kalau menghubungi kamu kembali setelah putus adalah sesuatu yang akan bikin dia nggak nyaman. Dia juga nggak tau gimana cara balikan denganmu. Maka dari itu, ia mencoba kasih kode ingin balikan denganmu lewat ngelike postingan kamu, walau agak ambigu karena hal ini juga bisa dilakukan oleh teman biasa.

3 dari 9 halaman

 Mantan Tiba-tiba Like Postingan Kita© 2024 shutterstock.com/Gumpanat

Gagal Move On

Kemungkinan yang satu ini memang yang paling umum dan sering ditemukan kenapa mantan ngelike postingan kamu. Ia memutuskan buat tetap ngelike atau mungkin juga menuliskan comment di postingan kamu agar dia masih bisa tetap berhubungan denganmu setelah berpisah.

Ia merasa kalau perasaannya masih terikat padamu dan masih mengingat berbagai kenangan saat kalian masih bersama. Maka dari itu, kamu nggak perlu khawatir kalau mantanmu jarang kontak secara langsung tetapi masih ngelike postingan kamu. Bisa jadi tandanya dia gagal move on.

4 dari 9 halaman

Mantan Tiba-tiba Like Postingan Kita© 2024 shutterstock.com/Pranithan Chorruangsak

Masih Ragu Tentang Perasaannya

Selain karena masih memendam perasaan padamu dan ingin balikan, kemungkinan selanjutnya mantan ngelike postingan kamu karena ia masih bimbang terhadap perasaannya. Mantanmu mungkin bertanya-tanya apakah perasaan yang muncul setelah putus ini memang karena masih gamon atau hanya mood sesaat saja.

Tipikal mantan yang satu ini adalah dia nggak yakin dengan apa yang ia ingin lakukan selanjutnya padamu. Apakah ia harus berusaha agar tetap mengusahakan hubungan kalian kembali atau memutuskan buat move on saja. Makanya, ia memilih buat ngelike postingan kamu saja.

5 dari 9 halaman

 Mantan Tiba-tiba Like Postingan Kita© 2024 shutterstock.com/Rachata Teyparsit

Memang Hobi Ngelike Postingan Orang Lain

Kalau mantan ngelike postingan kamu, nggak semua pertanda dia masih punya perasaan padamu alias gamon. Kemungkinan selanjutnya adalah mantanmu memang punya hobi ngelike postingan orang lain. Dia gampang kasih like ke postingan orang lain apapun konteks dan isi kontennya.

Nah, hal ini menandakan kalau dia nggak punya maksud yang lebih. Selama postingan kamu membuat dia tertarik atau punya vibes aesthetic abis, dia akan langsung memberikan like padamu. Yah, hitung-hitung meramaikan postingan, kan?

6 dari 9 halaman

 Mantan Tiba-tiba Like Postingan Kita© 2024 shutterstock.com/Q88

Kepo Tentang Kehidupanmu

Media sosial adalah cara terbaik buat ngeshare tentang kehidupan kita pada orang-orang di sekitar kita. Kamu mungkin akan membagikan postingan tentang kemana kamu pergi, apa yang kamu lakukan, atau fotomu bersama orang-orang tersayang.

Nah, kemungkinan kenapa mantan ngelike postingan kamu adalah ia masih ingin tahu kehidupanmu setelah kalian putus. Karena sekarang kamu nggak rutin mengabari tentang kabarmu seperti saat kalian pacaran dulu, ia memutuskan buat ‘memantau’ kamu dan ngelike postingan yang kamu buat.

Teman yang Suportif

Kemungkinan selanjutnya kenapa mantan ngelike postingan kamu karena ia menganggapmu sebagai teman dan akan tetap jadi support system kamu. Nggak ada maksud tersembunyi karena ia tipikal orang yang masih ingin tetap menjaga hubungannya dengan orang lain meskipun sudah putus.

Ia akan memberikan like pada postingan yang kamu buat walaupun nantinya kamu memposting tentang dirimu dan pacar barumu. Mantanmu nggak akan merasa gagal move on dan malah merasa senang karena kamu bisa melanjutkan hidup dengan baik. Sebagai teman yang suportif, tentunya kamu akan merasa senang kalau temanmu bisa merasakan kebahagiaan, kan?

7 dari 9 halaman

Mantan Tiba-tiba Like Postingan Kita© 2024 shutterstock.com/Prostock-studio

Ingin Main-Main Saja

Terkadang, alasan kenapa mantan ngelike postingan kamu bisa bikin kamu geleng-geleng. Pasalnya, ia mungkin ingin membuat kamu bertanya-tanya dan overthinking saat mantanmu mulai ngelike postingan kamu di media sosial. Padahal, kenyataannya dia cuma main-main saja.

Mantanmu mengerti kalau dia mencoba menghubungimu lagi, kamu akan mengabaikannya atau malah akan memblokir media sosialnya. Karena dia nggak ingin mendapat reaksi yang nggak diinginkan, ia memutuskan buat ‘iseng’ ngelike postingan yang kamu buat dan ingin membuat kamu kepikiran terus.

8 dari 9 halaman

 Mantan Tiba-tiba Like Postingan Kita© 2024 shutterstock.com/PBXStudio

Bertindak Posesif

Mantanmu mungkin adalah sosok yang posesif banget dan nggak akan berhenti bahkan saat kalian sudah putus. Ketika kamu posting sesuatu di media sosial dan cukup banyak yang ngelike, ia akan bertanya-tanya siapa saja yang memberikan like. Karena ia merasa nggak terima bahwa banyak yang memberi kamu like, pada akhirnya ia juga ngelike postingan kamu.

Nah, mantanmu akan berpikir bahwa orang-orang akan menganggap hubungan kalian punya kemungkinan untuk balikan lagi karena masih saling memberi like di Instagram, meskipun ternyata hanya dia saja. Pokoknya, mantanmu nggak akan membiarkan siapapun bisa mendekati kamu.

9 dari 9 halaman

Mantan Tiba-tiba Like Postingan Kita© 2024 shutterstock.com/wavebreakmedia

Postinganmu Dianggap Menarik

Kemungkinan selanjutnya kenapa mantan ngelike postingan kamu adalah postinganmu dianggap menarik. Mungkin saja kamu memposting sesuatu yang membuatnya tertarik, seperti hobinya, atau postingan meme lucu yang membuatnya terhibur.  

Karena postingan kamu dianggap menarik, ia memutuskan buat memberikan apresiasi buat ngelike postingan kamu. Mantanmu mungkin akan merasa sungkan kalau dia memberikan reaksi lebih seperti memberikan comment atau sampai repost postingan yang kamu buat.

Setelah ditelusuri, ternyata ada beberapa kemungkinan kenapa mantan ngelike postingan kita. Mulai dari karena masih memendam perasaan atau hanya sekadar menganggap postinganmu menarik dan sekadar support. Kalau ini memang terjadi padamu, kamu juga bisa menanyakan pada mantanmu alasan yang jelas agar kamu nggak bertanya-tanya lagi. 

Penulis : Aimee Mayza Aulia

Beri Komentar