11 Pertanyaan yang Nggak Boleh Kamu Tanyakan saat Kencan Pertama, Gebetan Auto Kabur!

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 21 Mei 2024 09:35
11 Pertanyaan yang Nggak Boleh Kamu Tanyakan saat Kencan Pertama, Gebetan Auto Kabur!
Mulai dari masalah keuangan, hingga pembicaraan ke arah seksual sebaiknya nggak perlu kamu bahas di kencan pertama kalian.

First date emang selalu bikin deg-deg an nggak karuan kan? Selain itu pasti kamu juga sudah mempersiapkan diri, dan berusaha sebisa mungkin tidak membuat kesalahan dan semuanya berjalan sesuai harapan. Tapi di sisi lain juga ada kekhawatiran gimana cara melakukan obrolan dan memilih topik pembicaraan biar dia nggak ilfeel.

Kencan memang jadi momen buat mengenal pasangan lebih dalam. Saat berkencan, kamu emang perlu membicarakan banyak topik untuk mengetahui kecocokan kalian. Tapi, jangan salah langkah, sebab ada beberapa pertanyaan yang sebaiknya tak kamu tanyakan di momen ini. 

Penasaran apa aja kira-kira pertanyaannya? Yuk Simak hasil penelusuran Diadona!

 

1 dari 7 halaman

Pertanyaan yang Tidak Boleh Ditanyakan saat Kencan Pertama© 2024 shutterstock.com/TimeImage Production

" Menurutmu, gimana penampilanku hari ini?"

Jangan lontarkan pertanyaan ini, yah karena kamu jadi pengen banget terlihat ingin dipuji. Soalnya, emang dia akan menjawab apa? Pasti yang baik-baik saja, bukan?

Melontarkan pertanyaan ini di kencan pertama bisa bikin dia berpikir kalau kamu haus validasi. Cukup puji saja penampilannya, tapi nggak perlu tanyakan balik pendapatnya tentang penampilanmu. Lagipula, ini kan masih kencan pertama yah jadi kalian belum sedekat itu.a

“ Kamu Lagi Jomblo Kan?”

Sebaiknya, hindari pertanyaan tentang status hubungan dia karena bikin suasana jadi canggung.

Emang banyak banget orang di luar sana yang ngajak kencan orang lain di saat mereka sudah punya pasangan. Maka biar kamu nggak perlu menanyakan pertanyaan ini, pastikan kamu sudah mengetahui secara jelas statusnya jauh sebelum mengiyakan ajakan kencannya.

2 dari 7 halaman

Pertanyaan yang Tidak Boleh Ditanyakan saat Kencan Pertama© 2024 shutterstock.com

“ Kok kamu masih jomblo?”

Pertanyaan ini bisa sangat menyinggung loh karena mungkin berkonotasi negatif seakan-akan “ kok bisa selama ini kamu sendiri, apa karena nggak laku?”.

Meskipun sebenarnya tidak ada maksud menyinggung, tapi sangat mungkin dia akan menangkap pertanyaan kamu dengan cara yang berbeda. Kalau kamu memang penasaran, kamu bisa ajukan pertanyaan ini di kencan selanjutnya dengan format yang berbeda, misalnya : 

“ Kapan terakhir pacaran?”

“ Kenapa putus?”

“ Trus selama jomblo, ada yang pernah deketin/dideketin trus nggak jadian?

“ Gimana ceritanya kamu putus sama mantan?”

Saat udah putus sama mantan, kan pastinya kita mau melupakan dia, baik kenangan yang indah ataupun buruk. Jadi biasanya akan merasa nggak nyaman saat membicarakan mantan di kencan pertama.

Kalau kamu ingin tau gimana bisa putus sama si mantan, kamu bisa stalking sosial medianya, cari tau lewat teman dekatnya, atau tanyakan setelah kalian benar-benar sudah dekat.

3 dari 7 halaman

Pertanyaan yang Tidak Boleh Ditanyakan saat Kencan Pertama© 2024 shutterstock.com/Rawpixel.com

“ Gimana Hubunganmu Sama Orang Tua?”

Dilansir dari liputan6 dikatakan oleh seorang ahli Rasi Sasson, menanyakan seputar keluarga itu terlalu sensitif, mungkin dia merasa kamu ingin mengivasi atau apapun itu.

Jika kamu ingin “ deep talk” saat first date, cukup cari topik lainnya, jangan dulu singgung tentang keluarganya. Sebab, kita tidak tau apa yang sedang terjadi dalam keluarganya, bukan?

Nggak semua orang nyaman dengan pembicaraan tentang keluarga, apalagi dengan orang yang baru satu kali dikencaninya. 

 

4 dari 7 halaman

Pertanyaan yang Tidak Boleh Ditanyakan saat Kencan Pertama© 2024 shutterstock.com/WHYFRAME

“ Kamu Memang Biasanya Makan Sebanyak ini yah?”

Jika kamu melihat dia makan dengan sangat lahap dan porsi yang cukup besar dibandingkan kamu, maka cukup lihat saja. Tidak perlu kamu komentari dengan menanyakan tentang hal ini. Siapa tahu memang dia terbiasa makan dengan porsi besar?

“ Apa Penyesalan Terbesarmu?”

Tak jarang orang penasaran dan menanyakan pertanyaan pribadi ini saat kencan pertama. Tapi ini juga pertanyaan yang tidak boleh kamu ucapkan saat first datemu itu ya!  Kamu boleh menanyakan ini saat kalian sudah lebih dekat bukan saat ini.

 

5 dari 7 halaman

Pertanyaan yang Tidak Boleh Ditanyakan saat Kencan Pertama© 2024 shutterstock.com/Twinsterphoto

Semua Pertanyaan Tentang Uang

Uang menjadi  pertanyaan yang nggak boleh ditanyakan saat kencan pertama. Karena keuangan biasanya menjadi hal yang sensitif bagi sebagian orang. Lagipula, sangat mungkin kamu dicap sebagai orang yang materialistis.

Untuk first date dan kalian memang sepakat akan melakukan split bill, maka kamu bisa tawarkan alih-alih meminta.

“ Makan kali ini bills on me yah, soalnya kan kamu tadi udah bayarin tiket nonton,”

6 dari 7 halaman

Pertanyaan yang Tidak Boleh Ditanyakan saat Kencan Pertama© 2024 shutterstock.com/Anucha Naisuntorn

“ Menurutmu Hubungan Kita Bakal Sejauh Apa?” atau “ Kamu Ingin Melanjutkan ke Hubungan yang Lebih Serius kah?”

Pertanyaan ini terlalu cepat kamu tanyakan. Kamu cukup nikmati momen saat ini, sambil siapkan rencana untuk hubungan kalian kedepannya. Tidak perlu dan bahkan hindari menanyakan ini ya! Jangan mendesak dia dengan pertanyaan ini, karena bisa saja ini membuat dia tertekan dan malah jadi mundur perlahan.

Gunakan saja momen ini untuk mengenal dia lebih baik, dan buat dia nyaman. Buka peluangmu untuk bisa menjalin hubungan yang lebih dengan dia.  Jangan terburu-buru membicarakan masa depan hubungan kalian ya!

7 dari 7 halaman

Pertanyaan yang Tidak Boleh Ditanyakan saat Kencan Pertama© 2024 shutterstock.com/stockphoto mania

Pertanyaan tentang Politik dan Agama

Topik ini sangat kontroversial, privasi, dan sangat mungkin memicu perdebatan. Pokoknya bukan pertanyaan yang ideal buat kencan pertama, deh!

Pandangan politik seseorang emang penting banget secara umum, namun tidak perlu kamu tanyakan di kencan pertama, lho! Trus terkait dengan agama merupakan ranah privasi masing-masing. Tapi bila memang kamu ingin menempatakan poin agama dalam kriteria pacar, maka sebaiknya hindari pertanyaan ini di kencan pertama.

Pertanyaan yang Menjurus ke Arah Seksual

Big no! Lari aja yang jauh kalau dia menanyakan tentang hal ini ya!

Mulai dari pertanyaan dan topik simple, sampai pertanyaan yang sensitif dan bersifat privasi itu jadi pertanyaan yang nggak boleh ditanyakan saat kencan pertama ya Diazens! Jangan sampai kamu lupa! 

Penulis : Fuzta Azma Ummi Izzah

Beri Komentar