Sering Dianggap Romantis, Sebenarnya Apa sih Makna Cium Kening?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 6 Mei 2024 20:20
Sering Dianggap Romantis, Sebenarnya Apa sih Makna Cium Kening?
Cium kening pertanda romantis atau malah kepintaranmu justru disedot?

Setiap orang memiliki tipe ciuman yang mereka inginkan. Namun tanpa disadari, sebagian dari kita justru mengagungkan ciuman kening yang disebut-sebut begitu romantis.

Melihat seorang pria mencium kening kekasihnya, kadangkala bikin kita meleleh bahkan sampai iri. Nggak sedikit juga perempuan yang 'meminta' agar kekasihnya mencium keningnya sebelum berpisah.

Ngomong-ngomong soal cium kening, ternyata ada berbagai makna di balik ciuman ini lho.

1 dari 5 halaman

Makna Cium Kening© 2024 shutterstock.com/Koto Amatsukami

Tanda Hubungan Emosional yang Mendalam

Ciuman di dahi/kening seringkali menjadi pertanda dari laki-laki bahwa mereka begitu memikirkan perempuannya lho. Lovepanky.com mengungkapkan, bahwa ciuman di kening menunjukkan hubungan emosional yang sama sekali tidak menjurus ke arah seksual.

Laki-laki yang mencium perempuan tepat di keningnya seolah menunjukkan sikap menghargai pasangannya tanpa perlu mengungkapkan secara verbal. Bahkan, ciuman di kening bisa menimbulkan kesan 'intim' yang begitu istimewa.

Lebih lanjut, jika lelakimu mencium keningmu di depan banyak orang, ternyata ia ingin menunjukkan kesungguhannya terhadap hubungan kalian lho.

2 dari 5 halaman

Makna Cium Kening© 2024 shutterstock.com/Chay_Tee

Perempuan-perempuan yang suka dicium keningnya oleh pasangan, tentu aja menikmati momen ini. Selain merasa dicintai oleh sang pasangan, ciuman kening pasti membuat para perempuan merasa dihargai dengan cara yang begitu manis. Maka nggak heran, ciuman kening disebut-sebut juga bisa membentuk ikatan yang semakin kuat pada pasangan kekasih.

Jadi tenang aja, cium kening bukan berarti kepintaranmu lagi disedot yaa..

Cinta yang Tulus

Saat seorang laki-laki mengecup kening pasangannya, itu menandakan jika dia mencintai pasangannya dengan tulus. Ciuman kening ini adalah sebuah gesture yang paling sederhana dia lakukan, dia hanya ingin menunjukkan bahwa dia begitu perhatian dan sayang ke kamu pasangannya. 

Karena jika seseorang mencintai pasangannya maka ia ingin selalu menjaga pasangannya, salah satu caranya yakni dengan mencium keningnya alih-alih mencium bibir pasangannya atau tindakan lainnya.

Tanda Ia Tidak Ingin Kehilangan

Mungkin sebagian orang mengartikan kalau makna cium di kening ini adalah tindakan yang protektif. Tapi tenyata tidak hanya itu alasannya, bisa jadi itu ia lakukan karena ia tidak ingin kehilangan kamu orang yang amat sangat dia cintai. 

Dia tidak ingin lepas dan jauh dari kamu, dan dia ingin kamu menjadi orang yang merasa beruntung, sehingga kamu tidak akan meninggalkan dia, dan dia tidak perlu kehilanganmu. Sebenarnya ini tindakan yang lebih dewasa, dibandingkan dia hanya melarang-larangmu dengan marah-marah agar tidak kehilanganmu.

3 dari 5 halaman

Makna Cium Kening© 2024 shutterstock.com/Eugenio Marongiu

Kepercayaan dan Keintiman

Saat pasangan, baik pacar ataupun suami yang melakukan ciuman di kening, hal itu menunjukkan tingkat kepercayaan, sekaligus keintiman yang cukup tinggi dalam hubungannya denganmu. 

Ingin Memberikan Rasa Aman

Percaya tidak percaya, sebenarnya makna cium kening yang dilakukan pasangan itu karena ia ingin memberikanmu rasa aman. Karena dengan ciuman kening itu bisa menyalurkan rasa senang dan juga aman bersama seseorang. Dan hal itu membuat kita cenderung berpikir bahwa dia bisa diandalkan.

4 dari 5 halaman

Makna Cium Kening© 2024 shutterstock.com/Eugenio Marongiu

Bentuk Perlindungan

Masih seputar rasa aman, saat pasangan mencium kening itu merupakan isyarat dan naluri dalam diri pasangan, bahwa ia ingin memberikan perlindungan untukmu. Dengan kata lain itu adalah bentuk dan cara dia meyakinkan kamu bahwa dia akan selalu mendukung dan melindungi kamu.

Rasa Suci dan Penghormatan

Ciuman kening pada dahi atau di antara alis, ternyata juga memiliki makna religius atau spiritual di beberapa budaya. Ciuman kening ini menunjukkan rasa suci dan penghormatan terhadap seseorang. Selain itu juga dianggap bentuk penghargaan terhadap orang yang dicium. Hal ini sering dilakukan kepada orang yang lebih tua atau orang yang dikagumi.

5 dari 5 halaman

Makna Cium Kening© 2024 shutterstock.com/theshots.co

Tanda Perpisahan

Terakhir sekaligus penutup, makna cium kening juga bisa dianggap sebagai bentuk dan tanda perpisahan yang manis. Biasanya dilakukan oleh suami yang akan pergi bekerja, atau ayah yang hendak pergi bekerja. Hal itu menujukkan bahwa dia ingin berpisah dan pergi dengan baik-baik dan menyisahakan kenangan yang manis nan romantis, dengan mengecup kening.

Itu dia beberapa makna cium kening, ternyata ada makna tersembunyi loh di setiap tindakan dan isyarat yang diberikan, kamu harus mengetahuinya ya! Jangan lupa selalu hargai setiap tindakan kecil yang dilakukan pasangan ya!

Penulis : Olivia, Fuzta Azma Ummi Izzah

Beri Komentar