15 Tanda Cewek Toxic, Terlihat Sayang padahal Menghancurkan Mental

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 5 Juli 2024 20:05
15 Tanda Cewek Toxic, Terlihat Sayang padahal Menghancurkan Mental
Semaunya sendiri, sering menerapkan standar ganda, marah pada hal kecil, manipulasi dan mengendalikan hidup kamu, adalah tanda-tanda dari cewek toxic.

Ketika kamu menjalani suatu hubungan percintaan, pastinya kamu menginginkan sosok yang bikin kamu merasa lebih baik, bahagia, dan dicintai. Namun, cewek toxic bisa bikin hidup kamu jadi lebih buruh dan tersiksa dengan segala tingkah lakunya. 

Kalau menurut laman web Marriage, cewek toxic adalah istilah yang menggambarkan situasi ketika seseorang selalu dikendalikan dan didorong oleh emosi negatifnya, nggak mau mendengarkan perkataanmu dan berpikir dengan logis.

Hati-hati, ternyata cewek toxic juga bisa kasih pengaruh buruk dalam kehidupanmu, loh! Sesuai apa yang disebutkan dalam laman web Verywell Mind, baik fisik maupun mentalmu bisa terpengaruh karena perilaku cewek toxic ini. Drama yang terus-menerus dimulai oleh cewek itu lama-lama akan membuatmu capek dan jenuh dalam hubungan.

Nah, berikut ini adalah beberapa tanda cewek toxic yang sudah Diadona kumpulkan dari berbagai sumber, agar bisa kamu perhatikan dalam hubunganmu.

 

1 dari 8 halaman

Ciri - ciri Cewek Toxic© 2024 shutterstock.com/Asier Romero

Nggak Membalas Usahamu

Mirip dengan apa yang kamu rasakan ketika perasaan cintamu bertepuk sebelah tangan, tetapi yang satu ini terjadi ketika kamu sudah berhubungan. Kamu akan merasa kalau cewek itu nggak membalas segala hal yang telah kamu usahakan, seakan-akan kamu sendiri lah yang berjuang.

Playing Victim

Dia sering memainkan peran sebagai orang yang tersakiti, padahalfaktanya tidak demikian. Dia memanipulasi kamu biar kamu merasa bersalah dan bertanggung jawab atau kebahagiaannya.

Suka Berbohong

Cewek toxic nggak akan bisa sepenuhnya jujur. Ketika dia ada di sesuatu yang sulit dan berhubungan dengan hubungan kalian, dia akan melontarkan kebohongan dengan alasan menghindari pertengkaran.

2 dari 8 halaman

Ciri - ciri Cewek Toxic© 2024 shutterstock.com/F8 Studio

Nggak Memaafkan Kesalahan Kecil

Manusia bukanlah sosok yang sempurna dan terkadang bisa berbuat kesalahan, baik kesalahan yang besar atau kesalahan yang sepele. Tetapi, cewek toxic nggak akan membiarkan kamu bisa “ lepas” dari kesalahan kecil yang pernah kamu buat.

Tanda cewek toxic selanjutnya adalah dia akan sulit memaafkan kesalahan kecil yang kamu buat dan melakukan segala hal untuk membuatmu bersalah. Dia bakalan terus marah, mengungkit terus kesalahan tersebut.

Mengendalikan Hidupmu

Tanda cewek toxic yang satu ini memang agak sulit dikenali karena dilakukan dengan alasan cinta dan kasih sayang. Cewek toxic bakal berusaha untuk membuat kamu  bisa sesuai dengan ekspektasinya, mulai dari pakaian, gaya hidup, idola, hobi, bahkan sampai teman-teman yang boleh kamu hubungi maupun tidak.

3 dari 8 halaman

Ciri - ciri Cewek Toxic© 2024 shutterstock.com/Dean Drobot

Punya Aturan yang Berbeda Satu Sama Lain

Cewek toxic akan membuat kamu dan dirinya punya aturan yang berbeda. Singkatnya, dia melakukan standa ganda.

Misalnya, dia mungkin melarang kamu buat berhubungan dan punya temen cewek, tapi dia nggak tetep dekat dengan teman-teman cowoknya.

Nggak Menghargai Kamu

Di dalam hubungan, seringkali pasangan akan mulai menganggap remeh hal-hal kecil karena sudah sangat dekat. Meski begitu, pasangan dalam hubungan yang sehat secara sadar bakal berusaha membuat satu sama lain merasa dihargai dan disayangi.

Tetapi, cewek toxic nggak akan menghargai kamu seperti gimana kamu menghargai dirinya. Bahkan ketika kamu sudah berusaha agar membuatnya merasa istimewa, tetapi dia nggak akan merasa cukup atau yakin bahwa perlakuan yang kamu lakukan memang haknya sebagai pacar.

4 dari 8 halaman

Ciri - ciri Cewek Toxic© 2024 shutterstock.com/VEERAPONG CHAPARUNGSRI

Melewati Batas Privasimu

Privasi adalah hak yang dimiliki semua orang. Nggak semua hal bisa kamu tunjukkan pada orang lain, termasuk pacarmu. Tanda cewek toxic selanjutnya adalah dia selalu melewati batas privasi yang kamu miliki, padahal dia sendiri juga punya privasi.

Misalnya, membuka ponsel kamu tanpa izin dan kesepakatan kalian berdua, membuka grup obrolan keluarga yang seharusnya tak boleh diketahui orang lain.

Nggak Pernah Merasa Bersalah

Salah satu tanda cewek toxic paling jelas adalah susah mengakui kesalahannya. Dia menganggap kalau dirinya nggak pernah salah dan gengsi besar buat minta maaf.

Padahal, mungkin dia sudah menyakiti perasaanmu atau bahkan perasaan orang lain, tetapi dia malah memberikan banyak alasan dan nggak mau bertanggung jawab.

5 dari 8 halaman

Ciri - ciri Cewek Toxic© 2024 shutterstock.com/ Backgroundy

Drama Banget Kalau Lagi Kesal

Ketika kamu melakukan kesalahan yang bikin dia kesal, tanda cewek toxic selanjutnya adalah dia akan marah berlebihan. Misalnya, silent treatment atau nyuekin kamu hingga berhari-hari.

Saat kamu tanya kenapa dia kesal, alih-alih menjawab, dia cuman bilang " nggak apa-apa" atau mungkin " oikir aja sendiri.."

Seiring berjalannya waktu, perilaku cewek toxic yang satu ini bisa berdampak buruk pada kesehatan mental kamu.

Membatasi Pertemananmu

Di dalam hubungan, terkadang ruang pribadi dan ruang untuk orang lain nggak bisa terpisahkan. Pasanganmu pasti akan berusaha masuk ke dalam ruang pribadimu dan bisa juga mengatur sesuka hati.

Kalau kamu menolak, dia akan marah dan melakukan segala hal agar kamu berhenti melakukan hal yang nggak dia suka.

Salah satunya dalam konteks pertemanan. Dia akan coba membatasi agar kamu nggak banyak berinteraksi dengan teman-teman cewekmu. Bahkan bisa aja dia minta kamu unfollowing teman-teman cewek di media sosial.

6 dari 8 halaman

Ciri - ciri Cewek Toxic© 2024 shutterstock.com/yamasan0708

Clingy Berlebihan

Namanya cinta, memang pengennya selalu bersama. Tapi gimana kalau maunya dia ikut kamu kemana-mana? Dia selalu butuh perhatian, meminta kamu untuk selalu membalas pesannya selama 24/7 dan membuat kamu nggak punya ruang untuk bergerak.

Suka Memanipulasi

Cewek toxic bakalan memanipulasi kamu untuk mendapatkan apa yang dia mau. Dia nggak segan untuk berbohong, memutarbalikkan kebenaran, melebih-lebihkan, atau menutupi sesuatu dengan tujuan agar kamu melakukan sesuatu demi keuntungan dia.

7 dari 8 halaman

Ciri - ciri Cewek Toxic© 2024 shutterstock.com/Tirachard Kumtanom

Cemburu Berlebihan

Pernah nggak sih kamu dengar kasus seorang cewek yang mengirimkan pesan kepada semua teman perempuan di media sosial pacarnya dan meminta si cewek untuk menjauh? Dia cemburu berelbihan dan merasa cewek lain akan merebut sang kekasih darinya.

Nah, itu adalah tanda cewek toxic!

Melakukan Gaslighting

Perilaku ini bikin kamu meragukan realitas atau perasaan kamu sendiri. Misalnya nih dia melakukan kesalahan dan kamu menegurnya, tapi dia malah mengatakan kalau kamu yang terlalu baper.

 

8 dari 8 halaman

Tanda cewek toxic dalam suatu hubungan terkadang bisa tampak sebagai hal yang romantis dan menggambarkan sosok cewek yang penuh perhatian pada pasangannya.

Namun, perlahan tapi pasti, dia akan menemukan cara untuk mengontrol segala sesuatu yang berhubungan denganmu. Perlu diketahi kalau sifat toxic tak mengenal gender ya! Biak cowok maupun cewek berpotensi mengalaminya.

Kalau ternyata cewekmu adalah tipikal cewek toxic, semoga bisa segera lepas darinya, ya!

Penulis : Aimee Mayza

Beri Komentar