10 Tips Biar Nggak Mudah Jatuh Cinta dan Baper pada Orang yang Salah

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 7 Mei 2024 10:10
10 Tips Biar Nggak Mudah Jatuh Cinta dan Baper pada Orang yang Salah
Jatuh cinta itu nggak apa-apa kok, tapi saat kamu terlalu mudah jatuh dalam perasaan tersebut, khawatirnya kamu jatuh cinta sama orang yang salah, atau di waktu serta kondisi yang salah

Perasaan cinta adalah salah satu emosi yang cukup kuat dan mudah membekas dalam hati. Penting buat kamu agar melindungi hati dan memastikan kamu jatuh cinta pada orang yang tepat. Namun, kalau kamu mudah jatuh cinta, hal ini juga bisa jadi sesuatu yang menyulitkan.

Menurut laman web Better Help, jatuh cinta bisa terjadi karena pelepasan unsur kimia yang membuat kamu bahagia, seperti dopamin, oksitosin, dan endorphin di dalam otak. Kalau dipadukan dengan love language yang kamu terima seperti physical touch, words of affirmation, dan lain-lainnya, kamu bisa merasakan jatuh cinta dengan cepat tanpa berpikir panjang.

 

 

1 dari 11 halaman

Tips Biar Nggak Mudah Jatuh Cinta© 2024 shutterstock.com/CandyRetriever

Nggak ada salahnya kok, jatuh cinta dengan cepat pada orang baru! Tetapi, nggak sedikit yang berakhir dengan perasaan sakit hati atau hanya sebatas angan-angan saja, seperti yang dituliskan dalam laman web Bonobology. Mudah jatuh cinta akan bikin kamu sulit menjalin hubungan yang langgeng dan sulit meraih tujuan hidup yang kamu inginkan.

Maka dari itu, hubungan percintaan biasanya terjadi nggak dengan terburu-buru dan perlu waktu yang nggak bisa dilakukan dalam sekejab. Berikut adalah beberapa tips agar tidak mudah jatuh cinta : 

 

 

2 dari 11 halaman

Tips Biar Nggak Mudah Jatuh Cinta© 2024 shutterstock.com/inewsfoto

Kendalikan Perasaan Kamu

Pertama, coba kendalikan perasaan yang kamu punya. Meskipun mungkin kamu cenderung berpikir kalau perasaan seperti cinta bisa datang secara tiba-tiba, ternyata kita bisa memilih cara mengatur perasaan kita. Hanya karena kamu merasakan perasaan berbunga-bunga, bukan berarti itu selalu cinta.

Mengendalikan perasaan yang kamu punya bisa membantu kamu berhati-hati dengan orang yang membuatmu tertarik. Selain itu, kamu juga bisa berpikir kalau apakah saat ini kamu benar-benar membutuhkan sosok pasangan atau cuman kesepian saja.

 

3 dari 11 halaman

Tips Biar Nggak Mudah Jatuh Cinta© 2024 shutterstock.com/BigPixel Photo

Jangan Terburu-Buru 

Ketika kamu sedang dalam keadaan jomblo, terkadang kamu merasakan rindu dengan perasaan yang kamu rasakan ketika jatuh cinta. Hal ini juga yang bisa membuat kamu mudah jatuh cinta pada seseorang.

Kamu perlu mengingat kalau nggak perlu terburu-buru ketika mencari pasangan. Kemungkinan besar kamu tidak akan mudah jatuh cinta pada seseorang kalau itu bukan kebutuhan yang harus segera kamu wujudkan saat ini. Prioritaskan apa yang kamu anggap penting terlebih dahulu dan tentukan sendiri target buat mencapainya.

 

4 dari 11 halaman

Tips Biar Nggak Mudah Jatuh Cinta© 2024 shutterstock.com

Terapkan Batasan dengan Orang Itu

Tips yang satu ini bisa kamu ikuti ketika kamu merasa kesulitan karena sering bertemu dengan orang tersebut. Menetapkan batasan dengan orang tersebut bisa menguntungkan dirimu agar tidak mudah jatuh cinta.

Sering-sering bertemu atau menghabiskan waktu bersama orang tersebut bisa membuat kamu merasa  seolah-olah kalian ditakdirkan bersama. Maka dari itu, menerapkan batasan dengan orang itu bukan jadi hal yang buruk.

 

5 dari 11 halaman

Tips Biar Nggak Mudah Jatuh Cinta© 2024 shutterstock.com/YAKOBCHUK VIACHESLAV

Kenali Red Flag Pada Orang Itu

Mampu melihat dan memperhatikan tanda-tanda red flag seseorang adalah kemampuan yang perlu kamu lakukan ketika mudah jatuh cinta dengan seseorang. Terkadang kamu akan mengabaikan tanda-tanda red flag yang dia miliki karena sudah terlalu jatuh cinta.

Ketika kamu menyadari bahwa orang yang kamu cintai memiliki suatu kebiasaan atau perilaku yang nggak banget, kamu bisa gunakan sebagai senjata agar kamu bisa segera move on. Lagi pula, move on jalur ilfeel memang jadi salah satu cara yang ampuh.

 

6 dari 11 halaman

Tips Biar Nggak Mudah Jatuh Cinta© 2024 shutterstock.com/Rocketclips, Inc.

Hindari Media Sosialnya

Kamu pasti tertarik untuk mencari tahu segala hal tentang orang yang kamu cintai, salah satunya dengan kepoin akun media sosialnya. Kegiatan yang satu ini bisa berbahaya juga buat kamu kalau nggak segera dihentikan. Selain memunculkan imajinasi yang membuat kamu menganggap bisa bersamanya, perasaan cinta yang kamu punya bisa jadi semakin kuat.

Agar kamu tidak mudah jatuh cinta, kurangi untuk stalk media sosialnya dan menunggu semua update  terbaru darinya. Lama kelamaan, hal ini bisa bikin kamu jadi lost interest dan memutuskan agar nggak jadi jatuh cinta dengan orang itu.

 

7 dari 11 halaman

Tips Biar Nggak Mudah Jatuh Cinta© 2024 shutterstock.com/Hananeko_Studio

Prioritaskan Diri Sendiri

Kalau kamu termasuk pada tipikal orang yang mudah jatuh cinta, ingatlah kalau sekarang saatnya buat prioritaskan diri sendiri. Jadilah diri sendiri sebelum kamu merasakan jatuh cinta, baik kamu merasa lebih bahagia atau sakit hati karena jatuh cinta.

Fokus buat melakukan hal-hal yang bisa membuat kamu lebih produktif dan menjadi lebih baik. Untuk saat ini, kamu bisa menetapkan prinsip nggak ada yang lebih penting selain mengutamakan diri sendiri.

 

8 dari 11 halaman

Tips Biar Nggak Mudah Jatuh Cinta© 2024 shutterstock.com/mentatdgt

Menghabiskan Waktu Bersama Teman dan Keluarga

Orang-orang terdekat kamu seperti teman dan keluarga adalah sosok yang selalu berada di sisi kamu dalam keadaan suka maupun duka. Tips agar tidak mudah jatuh cinta selanjutnya adalah buat dirimu agar bisa menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga

Selain itu, teman dan keluarga bisa kamu ajak berbicara tentang seseorang yang kamu cintai tersebut. Berbeda dengan kamu, mereka punya sudut pandang yang lebih netral dan nggak memihak. Hal ini juga bisa jadi bahan pertimbangan kamu agar tidak mudah jatuh cinta.

9 dari 11 halaman

Tips Biar Nggak Mudah Jatuh Cinta© 2024 shutterstock.com/Thanakorn.P

Fokus dengan Kegiatan Saat Ini

Tips agar tidak mudah jatuh cinta selanjutnya adalah fokus melakukan kegiatan atau pekerjaan yang memang setiap hari kamu lakukan.  Dengan menyibukkan diri, kamu nggak akan punya waktu buat memikirkan hal-hal yang berhubungan dengan orang yang kamu cintai atau perasaan ingin jatuh cinta itu.

Kesibukan ini nggak cuma bisa sebagai pengalih perhatian, tetapi juga bisa jadi sesuatu yang membuat kamu tetap termotivasi dan produktif.Tapi ingat, jangan sampai kamu jatuh sakit karena capek akibat pekerjaan yang menggunung, ya!

10 dari 11 halaman

Tips Biar Nggak Mudah Jatuh Cinta© 2024 shutterstock.com/dodotone

Eksplor Hobi yang Menyenangkan

Kamu bisa coba mencari hobi yang menyenangkan dan sesuai dengan minat kamu. Kembangkan dulu hobi tersebut sebelum kamu memutuskan buat mencari pasangan. Mengalihkan perhatian kamu buat jatuh cinta lagi lewat kegiatan yang kamu suka tentu bisa membuat kamu sulit buat membayangkan sosok-sosok yang akan kamu jadikan “ target” jatuh cinta lagi.

Selain menjadi lebih produktif, mengeksplorasi hobi baru demi mencegah jatuh cinta bisa membuat kamu jadi lebih percaya diri dan mandiri. Kamu akan merasa kalau kamu belum benar-benar membutuhkan sosok pasangan di dalam hidupmu.

 

11 dari 11 halaman

Nah, itu beberapa tips yang Diadona berikan buat kamu yang sedang butuh tips agar tidak mudah jatuh cinta. Punya perasaan cinta dengan seseorang akan membuat kamu bahagia, tetapi bisa jadi juga kamu bisa merasakan sakit hati. Semoga bisa membantu, ya!

Penulis : Aimee Mayza Aulia

Beri Komentar