15 Tips Jalani LDR Agar Tidak Bosan, Hubungan Langgeng dan Awet Sampai Pelaminan

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 3 Juli 2024 13:00
15 Tips Jalani LDR Agar Tidak Bosan, Hubungan Langgeng dan Awet Sampai Pelaminan
Lawan stereotipe kalau hubungan LDR gampang kandas dan berakhir buruk dengan mulai dari sering kirim chat atau PAP random, saling kirim barang atau main truth or dare.

Hubungan jarak jauh atau LDR yang memisahkan kamu dan pacarmu bakal membuat kalian harus berusaha ekstra buat mempertahankan hubungan kalian. Kalian yang nggak bisa bertemu secara langsung perlu memikirkan cara menjalani LDR biar nggak bosan.

Kalau mendengar istilah LDR, banyak sekali yang menganggap bahwa hubungan bakal sulit dipertahankan dan bisa saja berujung putus. Meskipun begitu, menurut laman web Better Help, sekitar 60% pasangan yang menjalani LDR berujung bahagia dan baik-baik saja karena mereka menganggap kalau ketidakhadiran pacar malah membuat hati mereka semakin dekat.

Dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini, media sosial yang punya beragam fitur seperti chat, voice call, dan video call bisa bantu kamu dan pacarmu agar tetap bertahan menjalani LDR dan nggak akan merasa bosan. Seperti yang dituliskan dalam laman web Simply Psychology kalau teknologi bisa membantu pasangan LDR yang bergantung pada komunikasi agar bisa tetap mempertahankan hubungan yang sehat, berkembang, dan semakin harmonis.

Setelah Diadona kumpulkan dari berbagai sumber, berikut tips menjalani LDR biar nggak bosan yang bisa kamu lakukan dengan pacarmu.

 

1 dari 8 halaman

Tips LDR Agar Tidak Bosan© 2024 shutterstock.com/TimeImage Production

Sering Hubungi Pacar

Menghubungi pacar sesering mungkin ketika kalian sedang LDR nggak akan bikin kalian sama-sama bosan. Coba bagikan kabar terbarumu entah dalam bentuk chat, foto, atau video pendek.

Selain itu, kalian bisa lakukan voice call atau video call yang bisa menunjukkan suara dan wajah masing-masing. 

Tulis Surat Cinta

Berhubungan jarak jauh memang bikin kamu nggak bisa menyampaikan semua hal yang mau kamu katakan buat pacarmu. Tetapi, kamu bisa tuliskan rasa cintamu pada pacar dalam bentuk kata-kata.

Nah, kamu nggak perlu khawatir ribet karena kamu bisa menulisnya lewat aplikasi edit foto. Kamu juga bisa menyisipkan gambar-gambar yang romantis atau lucu di dalam suratmu. Selain itu, kamu juga bisa menulisnya lewat website online yang sudah banyak menyediakan fitur greeting card secara online yang bisa diakses gratis.

2 dari 8 halaman

Tips LDR Agar Tidak Bosan© 2024 shutterstock.com/Prathankarnpap

Masak atau Makan Bareng

Memanfaatkan media sosial yang punya fitur video call, kamu dan pacarmu bisa melakukan tips menjalani LDR agar nggak bosan yang satu ini. Coba memasak satu makanan yang sama dan makan hasil masakan kalian secara bersamaan.

Mainkan Game Multiplayer

Jangan salah, memainkan game bersama bisa jadi tips menjalani LDR biar nggak bosan karena bisa bikin hubungan kalian makin erat. Saat ini, sudah banyak game yang menawarkan fitur co-op atau multiplayer, sehingga kamu dan pacarmu bisa memainkannya bersama-sama.

Kamu bisa pilih game dengan tema ringan dan menghibur atau yang memerlukan strategi dan kerja sama dari dua orang agar LDR kalian makin seru.

3 dari 8 halaman

Tips LDR Agar Tidak Bosan© 2024 shutterstock.com/aslysun

Melakukan Hobi atau Keterampilan Baru

Selain menambah produktifitas kalian, melakukan hobi atau keterampilan baru bersama-sama bisa meningkatkan kinerja otak dan mengurangi stres kalian ketika menjalani keseharian.

Kamu dan pacarmu bisa mengikuti workshop online yang diadakan lewat platform video communication, sehingga nggak perlu datang secara langsung dan bisa diikuti di tempat yang berbeda sekalipun. 

Streaming Film Bareng

Selain pergi ke bioskop, kamu dan pacarmu juga bisa menonton film bersama lewat online. Sudah banyak aplikasi atau website yang menyediakan fitur agar bisa menonton berbagai film secara bersamaan dengan orang lain dalam waktu yang sama.

Nah, kamu bisa memanfaatkannya bersama pacarmu agar kalian bisa streaming film bersama. Biar makin seru, jangan lupa siapkan kola dan popcorn!

4 dari 8 halaman

Tips LDR Agar Tidak Bosan© 2024 shutterstock.com/Roman Fenton

Saling Mengirimkan Paket

Karena kamu dan pacarmu nggak sedang berada dalam satu tempat yang sama, kamu bisa coba untuk mengirimkan paket buat dia. Kamu bisa kirimkan sesuatu yang dia sukai atau mungkin cuma bisa ditemukan di tempat kamu tinggal saat ini.

Ngasih paket bisa membantu mengurangi rasa kangen yang ada dalam diri kalian dan membuatnya lebih mengerti tentang lokasi kamu berada.

Rencanakan Perjalanan Bersama

Ketika kamu dan pacarmu lagi LDR, tentunya ada keinginan buat mengunjungi tempat-tempat yang seru di lokasi masing-masing. Kalau begitu, kamu bisa tuliskan nama-nama tempat itu dalam suatu list dan tunjukkan pada pacarmu.

Rasa senang dan antisipasi kalian buat mengunjungi tempat-tempat itu bisa menambah kesan tersendiri dalam hubungan kalian kedepannya.

5 dari 8 halaman

Tips LDR Agar Tidak Bosan© 2024 shutterstock.com/Makistock

Nonton Konser Virtual

Menonton konser secara virtual bisa jadi salah satu tips menjalani LDR biar nggak bosan. Dampak dari pandemi yang mengharuskan semua konser diadakan lewat virtual juga berlangsung hingga saat ini, sehingga kamu dan pacarmu bisa memanfaatkannya saat ini.

Pilihlah konser dari musisi yang kalian sukai dan belilah tiket onlinenya. Nah, euforia yang kamu dan pacarmu bisa rasakan ketika konser bisa kalian obrolin nantinya.

Nyanyi Bareng!

Kamu dan pacarmu bisa menyanyi bersama seperti karaoke lewat virtual juga, loh! Coba untuk cari instrumen lagu kesukaan kalian di internet dan aktifkan fitur video call agar kalian bisa saling melihat reaksi masing-masing.

Bernyanyi bersama meskipun lagi LDR juga nggak kalah seru seperti bernyanyi secara langsung, terlebih lagi kalau tiba-tiba salah satu dari kalian punya kendala koneksi internet dan menimbulkan reaksi lucu.

6 dari 8 halaman

Tips LDR Agar Tidak Bosan© 2024 shutterstock.com/oatawa

Buat Playlist untuk Pacar

Musik bisa jadi cara buat kamu dan pacar kamu buat mengungkapkan perasaan kalian yang nggak bisa diungkapkan secara langsung. Dengan membuat playlist untuk satu sama lain, kalian bisa mengekspresikan diri lebih baik lewat bantuan lagu-lagu yang ada.

Selain itu, sudah ada platform musik yang menyediakan fitur collaborative playlist, sehingga kamu dan pacarmu bisa saling menambahkan lagu kesukaan di playlist yang sama.

Membaca Buku yang Sama

Kalian juga bisa mengisi momen LDR kalian dengan membaca buku yang sama dan mendiskusikan isinya ketika voice/video call. Selain mendorong percakapan yang dalam antara kalian, membaca buku bersama-sama bisa menambah wawasan dan perspektif kalian mengenai hal-hal baru yang kamu dapat di dalam buku.

Pembicaraan kalian bakal bertambah banyak setelah membaca buku.

7 dari 8 halaman

Tips LDR Agar Tidak Bosan© 2024 shutterstock.com/fizkes

Main Truth or Dare

Permainan yang satu ini memang seru untuk dimainkan, baik dengan pacar, teman, atau keluarga. Kamu dan pacarmu bisa saling menanyakan pertanyaan truth or dare yang mengharuskan kalian melakukan tantangan yang seru!

Selain mengisi waktu luang, truth or dare memang pas banget agar kamu dan pacarmu bisa lebih saling mengenal karena bisa menunjukkan hal yang belum pernah kamu sadari atau tahu sebelumnya.

Membuat Bucket List

Buatlah rencana yang akan kamu lakukan bersama dengan pacarmu, baik saat ini dan ketika nanti sudah nggak LDR lagi. Agar lebih seru, kamu dan pacarmu bisa saling menambahkan bucket list masing-masing.

Nah, seiring berjalannya waktu, bucket list kalian akan semakin bertambah dan tentunya kalian akan semakin menantikan kapan kalian bisa mewujudkan semua yang sudah kalian tulis.

8 dari 8 halaman

Tips LDR Agar Tidak Bosan© 2024 shutterstock.com/Hananeko_Studio

Kasih Surprise dengan Mengunjunginya

Tips menjalani LDR biar nggak bosan yang satu ini cocok ketika kamu punya waktu luang atau libur. Pikirkan cara-cara yang lucu dan kreatif biar pacarmu kaget dan nggak menyangka kalau kamu tiba-tiba memberikan dia kejutan.

Setelahnya, rencanakan juga aktivitas yang ingin kamu lakukan bersama pacar sebelum kalian terpisahkan lagi. Terlebih lagi, aktivitas-aktivitas yang nggak bisa kalian lakukan selama LDR dan lebih mudah kalau dilakukan secara langsung seperti ini.

Nggak perlu overthinking dan takut berlebihan karena banyak yang bilang pasangan LDR gampang kandas atau pasti berakhir buruk. Selama kamu dan pacarmu mengusahakan hal-hal yang bikin hubungan kalian tetap seru, romantis, dan nggak bosan, hubungan kalian pasti akan baik-baik saja. Good luck, Diazens!

Penulis : Aimee Mayza Aulia

Beri Komentar