10 Destinasi Tempat Wisata Cilacap Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi termasuk juga Teluk Penyu

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 6 Februari 2020 22:39
10 Destinasi Tempat Wisata Cilacap Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi termasuk juga Teluk Penyu
Tak hanya pantai saja, banyak tempat wisata Cilacap yang bisa kamu jelajahi!

Wisata di Jawa Tengah memang enggak ada habisnya ya. Setiap wilayahnya memiliki pesonanya sendiri yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya Kabupaten Cilacap. Kabupaten yang juga memiliki pulau yang cukup terkenal sebagai tempat untuk orang yang melakukan kejahatan berat yakni Pulau Nusakambangan ini juga sangat potensial sebagai destinasi wisata.

Banyaknya ragam wisata yang bisa kamu kunjungi juga bisa menjadi daya tarik tersendiri dari Kabupaten Cilacap. Apalagi wilayah selatannya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia menjadikan kabupaten ini memiliki sederetan pantai yang indah. Melansir dari berbagai sumber (06/02), berikut ini Diadona rangkum 10 tempat wisata Cilacap yang wajib kamu kunjungi. Salah satunya juga Teluk Penyu. Langsung saja cek yuk di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Cilacap

Saat berkunjung ke Cilacap, sederet tempat wisata ini bisa jadi destinasi wisata yang seru. Yuk, kita simak apa saja destinasi wisata Cilacapnya berikut ini.

1. Benteng Pendem Cilacap

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh ???? ??????????? (@puspitasariveny) pada

Menjelajahi bangunan bersejarah bisa jadi wisata seru saat berkunjung ke Cilacap. Salah satunya dengan berwisata ke Benteng Pendem. Dulunya, benteng ini merupakan markas pertahanan tentara Belanda. Di dalam Benteng Pendhem kamu bisa menjumpai benteng pertahanan, barak, benteng pengintai, gudang mesin, dan beragam ruangan menarik lainnya.

Selain itu,kawasan benteng ini juga sangat menarik lho dijadikan spot foto. Tertarik berkunjung? Langsung saja menuju Jl. Benteng, Cilacap, Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap.

2. Segara Anakan

Nama Segara Anakan mungkin terdengar cukup familiar ya. Segara Anakan sendiri adalah sebuah laguna yang memisahkan antara Pulau Nusakambangan dengan Pulau Jawa. Laguna ini menawarkan panorama pantai dengan hutan mangrove yang alami. Hamparan pasir berwarna putih di sekitarnya juga semakin melengkapi indahnya Segara Anakan.

3. Curug Mandala

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh PLESIR CILACAP (@plesircilacap) pada

Cilacap juga memiliki cukup banyak air terjun atau curug dengan panorama yang indah. Curug Mandala salah satunya. Sama seperti namanya, wisata Cilacap satu ini berada di Desa Mandala. Meski medan yang dilalui untuk mencapai curug ini cukup sulit, tapi sesampainya di sana kamu akan disambut dengan panorama bebatuan dan pepohonan yang menawan. Suasananya pun juga sangat asri.

2 dari 4 halaman

Obyek Wisata Cilacap

Objek wisata Cilacap memang banyak ragamnya. Panorama alamnya yang indah juga menjadi salah satu daya tarik dari Cilacap. Untuk itu, intip yuk beberapa tempat wisata menarik yang ada di kabupaten ini.

1. Gunung Selok

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Wisata KPH Banyumas Timur (@wisatakphbanyumastimur) pada

Menyaksikan panorama alam dari ketinggian memang memberikan pengalaman yang seru ya. Hal inilah yang ditawarkan Gunung Selok. Di sini, kamu bisa menyaksikan panorama sawah yang hijau dan Pantai Sodong dari kejauhan. Buat kamu yang hobi foto, Gunung Selok juga akan memanjakanmu dengan spot foto keren seperti balon udara dan gardu pandang.

2. Pantai Kalipat

Berlokasi di Pulau Nusakambangan, keindahan Pantai Kalimat memang sudah enggak diragukan lagi. Pasirnya yang berwarna putih bersih terlihat indah dipadukan dengan air laut yang berwarna biru. Untuk sampai ke wisata Cilacap satu ini kamu perlu berjalan sekitar satu jam dari dermaga kedatangan menuju pantainya. Lumayan lama, ya. Tapi, panorama pantai yang indah bakal membuat usahamu enggak sia-sia kok.

3. Curug Cimandaway

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ucu.sp_ (@sayaucuusp_) pada

Curug lainnya yang juga menawarkan panorama alam yang indah yakni Curug Cimandaway. Sedikit lebih lengkap dari Curug Mandala, di wisata Cilacap ini juga tersedia wahana flying fox yang menarik untuk dicoba. Ada satu mitos menarik dari Curug Cimandaway yaitu jika kamu berkunjung dengan pasangan ke curug ini katanya kalian akan bisa berjodoh.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Cilacap Jawa Tengah

Wisata Cilacap selanjutnya ini juga menawarkan hal yang tak kalah menarik. Selain itu, ada juga wisata kekinian yang sangat cocok bagi kalangan muda. Simak beragam destinasi wisatanya di bawah ini, ya!

1. Kemit Forest

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh ???????????? ???????????????????????????? (@itsmeenii) pada

Hampir sama seperti Gunung Selok, Kemit Forest juga mengusung konsep perpaduan wisata alam dan kekinian yang populer belakangan ini. Dari atas gardu pandangnya, kamu bisa menyaksikan panorama alam Cilacap yang mempesona. Dengan mengusung konsep trendi yang digemari kalangan muda, pastinya spot foto keren juga nggak ketinggalan. Mulai dari ayunan gantung hingga deretan pohon pinus yang ciamik bisa kamu jumpai di Kemit Forest.

2. Waduk Kubangkangkung

Waduk atau bendungan cantik ini dulunya merupakan sumber cadangan air bersih yang sekarang telah berkembang menjadi area rekreasi. Buat kamu yang bingung mencari destinasi wisata keluarga, Waduk Kubangkangkung bisa menjadi alternatif yang menarik. Suasananya pun juga sangat asri dengan air waduk yang tenang. Di sini, kamu bisa berkeliling menikmati indahnya kawasan wisata Cilacap ini dengan menggunakan becak air. Seru, ya.

3. Pantai Sodong

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Diana Octaa (@roseanna_18) pada

Sebelumnya, kita telah menyinggung sedikit ya tentang Pantai Sodong. Pantai Sodong sendiri berada di Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap. Panorama pantai ini memang sangat indah dengan deretan pohon cemara dan perbukitan Gunung Seloknya. Tak ketinggalan juga, pemandangan matahari terbenam di Pantai Sodong sangat memanjakan mata.

4 dari 4 halaman

Wisata Cilacap Teluk Penyu

      Lihat postingan ini di Instagram

#pantaitelukpenyu di #cilacapz Terimakasih @iqbaalriz tuk foto kamu di Pantai Teluk Penyu, Cilacap yang kece banget Tag foto terbaik ???? @cilacapz #cilacapz Repost setiap hari ???? @cilacapz #cilacapz #cilacap #cilacaphits #cilacapkekinian #cilacapbercahaya #explorecilacap #cilacaphits #pesonacilacap #ngapak #cilacapcantik #cilacapzone #cilacapkeren #visitcilacap #instacilacap #wisatajateng

Sebuah kiriman dibagikan oleh Pesona Alam Cilacap (@cilacapz) pada

Berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di bagian selatan membuat Kabupaten Cilacap memiliki sederet pantai yang indah. Pantai Teluk Penyu salah satunya. Pantai ini juga cukup terkenal di Cilacap. Lokasinya pun juga sangat dekat dengan pusat kota yakni sekitar 2 kilometer saja. Pastinya dengan jarak yang cukup dekat pantai ini akan mudah kamu temukan.

Meski bernama teluk penyu, jangan berharap kamu bertemu dengan penyu ya di pantai ini. Dulu, katanya memang banyak penyu yang bertelur dan berkembang biak di pantai ini. Namun, seiring berkembangnya Kabupaten Cilacap penyu0penyu tersebut memilih untuk bermigrasi ke kawasan lainnya.

Meski kamu enggak bisa bertemu dengan penyu, kamu tetap akan disambut dengan panorama pantai yang indah. Dari sini, kamu juga bisa menyaksikan hijaunya Pulau Nusakambangan yang terlihat dari kejauhan. Tertarik berkunjung?

Meski didominasi dengan wisata alam, tetap saja wisata Cilacap sangat menarik untuk dijelajahi. Banyak destinasi wisata menarik yang bisa kamu kunjungi di kabupaten ini. Bagaimana, sudah siap belum berwisata ke Cilacap?

Beri Komentar