10 Destinasi Tempat Wisata Danau Toba dan Sekitarnya Lengkap dengan Paketnya

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 26 Februari 2020 22:58
10 Destinasi Tempat Wisata Danau Toba dan Sekitarnya Lengkap dengan Paketnya
Tak hanya Pulau Samosir, kawasan Danau Toba juga memiliki sederet wisata yang menarik.

Nama Danau Toba pastinya sudah akrab ya di telinga kita. Apalagi, danau ini juga terkenal dengan legendanya. Danau Toba sendiri merupakan danau terbesar di Indonesia yang berada di Provinsi Sumatera Utara. Panorama danau ini juga tak perlu lagi diragukan keindahannya.

Tak hanya Danau Toba saja, beberapa destinasi wisata di sekitarnya juga tak kalah mempesona. Sebut saja Pulau Samosir dengan alam dan budaya masyarakatnya. Untuk itu, melansir dari berbagai sumber (26/02), berikut ini Diadona paparkan sederet tempat wisata Danau Toba dan sekitarnya lengkap dengan paketnya. Simak terus di bawah, ya!

1 dari 4 halaman

Paket Wisata Danau Toba 2 Hari 1 Malam

Ilustrasi traveling

Saat ini, banyak agen wisata yang menawarkan beragam pilihan paket wisata Danau Toba. Salah satunya paket wisata Danau Toba 2 hari 1 malam. Biasanya, paket wisata ini dibanderol dengan harga sekitar Rp. 900 ribu - Rp. 1,7 jutaan tergantung dengan jumlah rombongan dan hotel yang kamu pilih.

Beberapa destinasi wisata yang ditawarkan paket ini diantaranya Air Terjun Sipiso-piso, Bukit Gundaling, Desa Tomok, Bukit Simarjarunjung, dan berbagai wisata menarik lainnya. Tentunya, paket wisata ini termasuk tiket masuk wisata, kapal ferry penyeberangan, makanan, penginapan, dan fasilitas lainnya.

2 dari 4 halaman

Paket Wisata Danau Toba

Selain paket wisata Danau Toba 2 hari 1 malam, masih banyak lagi pilihan paket wisata menarik lainnya. Berikut ini beberapa diantaranya yang bisa kamu pilih. Yuk, langsung gulir ke bawah ya!

1. Paket Wisata Danau Toba Medan 5 Hari 4 Malam

Paket wisata Danau Toba Medan 5 Hari 4 Malam ini bisa jadi salah satu pilihan buat kamu yang memiliki cukup banyak waktu berlibur ke Danau Toba dan sekitarnya. Tak hanya di sekitar kawasan Danau Toba saja, dengan memilih paket ini kamu akan diajak city tour keliling Kota Medan. Kamu bisa menikmati paket wisata menarik ini dengan dana sekitar Rp. 2,2 jutaan - Rp. 3,7 jutaan.

2. Paket Wisata Danau Toba Medan 4 Hari 3 Malam

Ilustrasi traveling di gunung

Paket Wisata Danau Toba Medan 4 Hari 3 Malam juga menjadi opsi yang tak kalah menarik. Selama empat hari, kamu akan diajak berkeliling ke berbagai destinasi wisata populer di kawasan ini. Paket wisata ini menawarkan beragam harga yang bisa kamu pilih sesuai selera.

Harga ini berdasarkan jumlah rombongan dan hotel yang akan kamu tempati nantinya. Untuk harga yang ditawarkan biasanya sekitar Rp. 1,8 juta - Rp. 2,9 jutaan per orangnya.

3. Paket Wisata Danau Toba Medan 3 Hari 2 Malam

Selanjutnya, kamu juga bisa memilih paket wisata Danau Toba Medan 3 hari 2 malam. Destinasi wisata yang ditawarkan sebenarnya tak jauh beda dengan paket wisata sebelumnya. Hanya saja jumlahnya lebih sedikit tentunya. Budget yang perlu kamu siapkan untuk menikmati paket wisata stau ini yaitu sekitar Rp. 1,4 juta - Rp. 2,1 jutaan per orangnya.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata Danau Toba

Di kawasan Danau Toba kamu bisa menjumpai sederet wisata dengan panorama yang luar biasa. Tak hanya itu saja, juga ada wisata budaya yang sangat menarik untuk dituju. Di bawah ini beberapa rekomendasi wisata alam maupun budaya di sekitar Danau Toba.

1. Bukit Gibeon

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Berita Medan (@beritamedan) pada

Bukit Gibeon bisa menjadi salah satu alternatif wisata keluarga di sekitaran Danau Toba. Lokasinya sendiri tepatnya berada di Desa Parsaroan, Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir. Di kawasan ini, kamu bisa menikmati kesegaran bermain air di kolam renang sembari menyaksikan panorama indah yang disuguhkan sekitarnya.

Di Bukit Gibeon juga terdapat air terjun yang sangat menarik. Karena, airnya yang langsung jatuh langsung ke kolam renang. Kamu bisa nih merasakan sensasi guyuran air terjun di bawahnya. Sebenarnya, Bukit Gibeon atau Pusat Seminar Bukit Gibeon merupakan tempat sekolah pendeta sekaligus tempat ibadah. Jadi, tak heran jika kamu akan menjumpai rumah peribadatan di kawasan ini.

2. Pulau Samosir

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Adam Nugraha (@dm_nu12) pada

Pasti sebagaian besar dari kamu sudah familiar dengan pulau yang terletak di tengah-tengah Danau Toba ini ya. Apalagi cerita legenda tentang keduanya cukup terkenal di Indonesia. Nah, saat ke Sumatera, kamu bisa menyempatkan singgah ke Pulau Samosir.

Pulau Samosir sendiri tak hanya menawarkan paorama alam yang indah, namun juga budaya, kuliner, dan sejarah yang sangat menarik untuk di explore. Untuk mencapai salah satu tempat wisata di Sumatera ini kamu bisa menggunakan kapal ferry, kapal wisata, kapal penumpang maupun speed boat.

3. Kebun Bunga Sapo Juma Tongging

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Priyanka & Sagar ? (@the_arcticterns) pada

Di sekitar Danau Toba kamu juga bisa menjumpai taman bunga yang indah. Sebenarnya, Kebun Bunga Sapo Juma Tongging ini adalah sebuah penginapan. Meski berada dalam kawasan penginapan, kamu enggak harus menginap di resort ini dulu kok untuk bisa menikmatinya. Kebun bunga ini terbuka juga untuk pengunjung luar.

Kebun Bunga Sapo Juma Tongging menawarkan hamparan aneka bunga warna-warni yang memanjakan mata. Suasana sekelilingnya pun juga asri dengan memiliki hawa yang sejuk. Bila kamu suka berfoto, pastinya kamu enggak boleh melewatkan berkunjung ke tempat wisata di Sumatera satu ini.

4. Air Terjun Situmurun

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh INDONESIA | #ayodolan (@ayodolan) pada

Selanjutnya, masih berada di kawasan Danau Toba yakni Air Terjun Situmurun. Air Terjun Situmurun sendiri terletak di Jonggi Nihuta, Lumban Julu, Tobasa. Menariknya, air terjun in merupakan satu-satunya air terjun yang aliran airnya langsung jatuh ke Danau Toba.

Untuk keindahannya sudah enggak perlu kamu ragukan lagi. Perpaduan air terjun berlatar tebing dengan tetumbuhan hijau sangat cantik bersanding bersama Danau Toba di sekitarnya. Nah, untuk mencapainya kamu bisa menggunakan kapal melalui Balige maupun rute Ajibata atau Marapat.

5. Desa Wisata Tomok

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Devi Oktaviani Syahril (@dev_2610) pada

Terletak di Pulau Samosir, Desa Wisata Tomok merupakan destinasi yang tepat jika kamu ingin lebih mengenal tentang budaya Batak Toba. Di sini, kamu bisa menyaksikan sarkofagus batu besar kepala suka Sidabutar. Selain itu, ada juga kompleks pemakaman raja-raja Batak di masa lalu sekaligus Museum Batak.

Salah satu budaya yang terkenal dari Desa Wisata Tomok ini yakni pertunjukkan boneka Sigale-Galenya. Sigale-Gale sendiri merupakan boneka kayu seukuran orang dewasa yang bisa bergerak sekaligus menari sendiri. Menarik, ya. Nah, setelah puas berkeliling desa, kamu bisa membeli oleh-oleh khasnya di Pusat Souvenir Tomok.

4 dari 4 halaman

Objek Wisata Danau Toba

Beragam wisata Danau Toba berikut ini juga menyajikan panorama yang tak kalah menawan. Bahkan, beberapa diantaranya juga menawarkan spot foto kekinian yang keren, lho. Langsung saja yuk kita cari tau apa saja wisatanya di bawah ini.

1. Puncak Sidiangkat

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh SIDIKALANG - DAIRI GOKIL (@zonasidikalang) pada

Puncak Sidiangkat ini menawarkan panorama alam indah dari ketinggian dengan spot foto trendi sebagai pelengkapnya. Nah, buat kamu kamu yang hobi berfoto, tempat wisata ini patut kamu kunjungi.

Banyak spot foto ciamik yang bisa kamu nikmati seperti spot foto berbentuk sangkar burung, gardu pandang, hingga bentuk cinta yang ciamik. Nah, kamu bisa mengunjungi Puncak Sidiangkat ini di Jalan Subulussalam – Sidikalang No.171, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

2. The Le Hu Garden

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh The Le Hu Garden (@epe_the_le_hu) pada

Tempat wisata selanjutnya yang tak kalah menarik di Medan yakni The Le Hu Garden. Di kawasan ini, kamu akan disughi panorama taman bunga yang indah. Pastinya, juga snagat cantik sebagai spot foto. Tak hanya menikmati taman bunga, di The Le Hu Garden kamu juga bisa berkeliling danau dan memancing ikan.

Fasilitas di sekitar kawasan ini pun cukup lengkap mulai dari toilet, musholla, area pemancingan, hingga food court semuanya tersedia di The Le Hu Garden. Selain itu, biaya masuknya pun juga ramah di kantong yakni sekitar Rp. 10 ribu saja.

3. Pusuk Buhit

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh ADVENTURE SAMOSIR (@adventuresamosir) pada

Memiliki ketinggian sekitar 1980 meter, Pusuk Buhit ini sebenarnya merupakan gunung berapi aktif. Meski seperti itu, wisata Danau Toba ini memiliki pemandangan perbukitan hijau yang indah.

Salah satu spot menikmati panorama Toba yang indah dari kawasan ini yaitu di Tower Tele. Jika kamu penasaran bagaimana keindahannya, kamu bisa langsung mengunjungi Kota Pangururan, Pulau Samosir, Sumatera Utara.

4. Air Terjun Binanga Bolon

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Travelling Sumatera Utara (@travellingsumut) pada

Di sekitaran Danau Toba kamu bisa menemukan sedert air terjun dengan view indah. Air Terjun Binganga Bolon ini salah satunya. Saat tiba, kamu akan disuguhi suasana alami dan asri dari panorama sekitarnya.

Sepanjang jalan menuju air terjun ini kamu akan disuguhi pemandangan indah Danau Toba karena memang salah stau jalan menuju Air Terjun Binanga Bolon yaitu dengan melewati jalan yang berada dekat dengan tepi danau populer satu ini.

Air Terjun Binanga Bolon sendiri berada di Desa Binanga Bolon, Nagori Purba Pasir, Kecamatan Haranggaol Horison, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

5. Bukit Indah Simarjarunjung

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Desi Rita Butarbutar (@desiritabtr) pada

Satu lagi wisata yang menawarkan panorama alam indah dari ketinggian yaitu Bukit Indah Simarjarunjung. Dari atas wisata ini, kamu bisa menyaksikan panorama Danau Toba yang indah dengan jelas.

Tak hanya menawarkan itu saja, kamu juga bisa lho berfoto keren di spot foto berupa rumah pohon dengan latar danau terkenal ini. Jika kamu bosan dengan spot foto berbentuk rumah pohon, masih banyak pilihan lainnya kok.

Sebut saja spot foto berbentuk sarang burung dan ayunan gantung. Wisata Danau Toba yang menarik ini terletak di Jalan Simarjarunjung, Parik Sabungan, Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Setelah mengetahui berbagai wisata Danau Toba di atas, mana nih yang jadi favorit kamu? Share ya di kolom komentar!

Beri Komentar