10 Fakta Menarik tentang New Zealand

Reporter : Bagus Prakoso
Minggu, 19 Januari 2020 09:00
10 Fakta Menarik tentang New Zealand
New Zealand adalah negara yang berada di tenggara Australia. Negara ini memiliki keindahan alam yang tidak kalah dengan negara lain.

New Zealand adalah negara yang berada di tenggara Australia. Negara ini memiliki ragam keunikan tempat yang tidak kalah indah dengan negara-negara lain. Selain itu, New Zealand juga memiliki fakta lain yang menarik untuk di gali.

Kali ini, kita akan membahas beberapa fakta tentang New Zealand. Apa saja itu? Dilansir dari listverse.com berikut ulasannya.

New Zealand

1. New Zealand dulu adlaah bagian dari New South Wales Australia. Ketika Australia bergabung pada tahun 1901, New Zealand ditawari tempat sebagai salah satu negara bagian mereka. New Zealand menolak dan menjadi negaranya sendiri tanpa ikatan dengan Australia.

kiwi gold

Burung Kiwi

2. Kiwi bukanlah buah, kiwi sebenarnya adalah burung asli New Zealand yang tidak bisa terbang. Kiwi sendiri disebut dikenal sebagai Goosberry Cina

3. New Zealand adalah negara besar pertama yang memiliki hak pilih universal. Pada tahun 1893 menjadi sah bagi semua warga negara pria dan wanita New Zealand untuk memilih.

4. New Zealand pertama kali ditemukan oleh orang Eropa pada tahun 1642 ketika pelaut Belanda Abel Tasman tiba. Dia meninggalkan New Zealand setelah beberapa krunya terbunuh oleh Maoris, dan baru pada tahun 1769 Kapten Inggris James Cook tiba dan memetakan tanah.

5. Ratu Elizabeth II secara resmi menjadi Ratu New Zealand. Dia diwakili di New Zealand oleh Gubernur Jenderal, yang meratifikasi semua undang-undang yang diajukan kepadanya oleh parlemen terpilih New Zealand.


6. New Zealand adalah satu dari hanya tiga negara yang memiliki dua Lagu Kebangsaan resmi (dan setara). Yang pertama adalah God Save the Queen (Lagu Nasional Inggris) dan yang kedua adalah God Defend New Zealand. Dua negara lain dengan dua lagu kebangsaan adalah Denmark dan Kanada yang keduanya memiliki Lagu Kebangsaan Kerajaan dan lagu kebangsaan.

7. Burung asli New Zealand lainnya adalah Moa yang mana salah satu burung terbesar dalam sejarah. Tingginya 3,6 m dan berat 300 kg. Sayangnya mereka diburu hingga punah oleh suku Maoris pada akhir tahun 1500-an.

Hobbiton New Zealand

8. Ketika orang Eropa tiba di New Zealand, itu sudah dihuni oleh orang-orang Maori, yakni pemukim polinesia Timur yang tiba sekitar tahun 800 hingga 1300. Tradisi lisan mengatakan bahwa mereka datang dari tempat bernama Hawaiki yang lokasinya tidak diketahui. Hubungan linguistik yang sangat kuat dengan Pulau Cook Maori mungkin menunjukkan bahwa mereka berasal dari wilayah Pasifik itu.

9. Kelompok pemukim lain (yang kemungkinan besar berasal dari kelompok yang sama dengan suku Maoris asli) menetap di Kepulauan Chatham. Mereka disebut Morioris dan mereka adalah pasifis. Pada tahun 1835, kelompok-kelompok Maoris pindah ke kepulauan Chatham dan memusnahkan hampir semua Morioris, hanya menyisakan 100 pada tahun 1862. Moriori terakhir (Tommy Solomon) mati pada tahun 1933.

New Zealand

10. New Zealand adalah negara pertama yang memiliki tiga posisi teratas kekuasaan yang dipegang secara simultan oleh wanita. Perdana Menteri Helen Clark, Gubernur Jenderal Dame Silvia Cartwright, dan Ketua Mahkamah Agung Sian Elias.

Beri Komentar