10 Tempat Wisata Boyolali Jawa Tengah yang Terbaru

Reporter : Devi Puspitasari
Selasa, 28 Januari 2020 20:34
10 Tempat Wisata Boyolali Jawa Tengah yang Terbaru
Wisata Boyolali ini bisa menjadi rekomendasi menarik liburanmu!

Kabupaten Boyolali memang terkenal sebagai penghasil susu yang terbesar di Jawa Tengah. Sebenarnya tak hanya itu saja potensi yang dimiliki kabupaten di Jawa Tengah ini, tapi juga dalam hal lainnya. Salah satunya yakni pariwisata. Kabupaten ini menawarkan sederet destinasi wisata yang seru dan menarik bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu di Boyolali.

Banyaknya tempat wisata yang bisa kamu explore juga menjadi hal menarik lainnya di Kota Susu ini. Nah, buat kamu yang penasaran dan ingin mengunjungi Boyolali, berikut ini rekomendasi tempat wisata Boyolali terbaru termasuk juga daerah Selo yang Diadona rangkum dari beragam sumber (28/01). Simak selengkapnya di bawah ini, ya.

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Boyolali

Boyolali tak hanya memiliki wisata alam saja, namun wisata sejarah juga bisa kamu temukan di kabupaten ini. Di bawah ini sederet wisata alam dan sejarah yang bisa kamu kunjungi saat berwisata ke Boyolali. Cek selengkapnya di bawah, yuk!

1. Lembah Gunung Madu

      View this post on Instagram

A post shared by EXPLORE SOLO (@explore.solo) on

Bila kamu menyukai wisata sejarah dengan pemandangan yang indah, kamu bisa mengunjungi Lembah Gunung Madu. Kawasan ini dulunya sering digunakan sebagai persembunyian oleh masyarakat sekitar dari para penjajah Jepang. Di sini, kamu bisa menjumpai lima goa peninggalan masa penjajahan yang berada di sekitar lokasi ini.

Suasana alam yang sejuk dengan panorama yang indah juga menjadi alasan lainnya kenapa wisata Boyolali ini sayang jika kamu lewatkan. Lembah Gunung Madu sendiri terletak di Simo-Klego, Boyolali.

2. Kampung Air Kragilan

Destinasi wisata Boyolali selanjutnya yang enggak boleh kamu lewatkan yakni Kampung Air Kragalan. Kampung Air Kragalan merupakan desa wisata yang menawarkan panorama asri yang menawan yang dipadu dengan konsep modern. Suasana yang sejuk dan menenangkan bisa kamu rasakan di desa wisata ini. Kampung Air Kragilan juga menyediakan beragam fasilitas seperti wahana permainan anak, gazebo, rumah makan, sampai kolam kecil lengkap dengan kanoenya. Wisata Boyolali yang menarik ini terletak di Dukuh Watugenuk, Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali.

3. Candi Lawang

      View this post on Instagram

A post shared by E B L E H (@mukhamad_alfi2) on

Kabupaten Boyolali juga memiliki wisata sejarah berupa candi yang terletak di Dusun Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali. Candi Lawang ini adalah candi hindu yang diperkirakan dibangun sekitar tahun 750-800 masehi. Struktur bangunan Candi lawang juga disebut menyerupai Candi Prambanan dengan memiliki lima struktur bangunan. Nah, Candi Lawang ini bisa menjadi wisata yang menarik jika kamu tertarik dengan sejarah.

2 dari 4 halaman

Wisata Selo Boyolali

Selo merupakan salah satu desa yang ada di Kabupaten Boyolali. Desa ini menawarkan wisata alam yang tak kalah menawan dari beragam tempat lainnya di Boyolali. Ini dia beberapa destinasi wisata yang berada di Desa Selo.

1. Bukit Gancik

      View this post on Instagram

A post shared by INDONESIA | #ayodolan (@ayodolan) on

Berada di kaki Gunung Merbabu, dari Bukit Gancik menawarkan panorama alam yang indah Gunung Merapi dari sudut yang berbeda. Sama halnya dengan destinasi wisata serupa, Bukit Gancik juga mengusung tema kekinian dengan menyediakan gardu pandang. Dari atas kawasan ini, tak hanya panorama Gunung Merapi saja yang bisa kamu nikmati tapi juga ladang sekaligus juga rumah penduduk di bawahnya. Bukit Gancik dengan gardu pandang yang terbuat dari bambu ini bisa kamu kunjungi di Dukuh Selo Nduwur, Desa Selo, Kecamatan Selo, Boyolali.

2. Omah Bambu Merapi

Omah Bambu Merapi ini masih terbilang wisata baru di Boyolali. Meski seperti itu, pesonanya enggak kalah dengan berbagai tempat wisata lainnya. Dari atas omah bambu ini kamu akan disuguhi pemandangan indah Gunung Merapi sekaligus Gunung Merbabu. Nuansa alami juga sangat kental di kawasan wisata Boyolali ini. Pas banget kan buat kamu yang ingin mencari tempat untuk refreshing.

3. Air Terjun Kedung Kayang

      View this post on Instagram

A post shared by EXPLORE JATENG | JAWA TENGAH (@wisata_jateng) on

Memiliki pemandangan yang indah dan asri, Air Terjun Kayang menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan saat berkunjung ke Boyolali. Berlokasi di antara Gunung Merapi dan Merbabu menjadikan Air Terjun Kedung Kayang memiliki panorama yang menawan. Udara yang sejuk dan air yang segar juga menjadi pelengkap yang sempurna dari Air Terjun Kedung Kayang. Selain itu, kesan alami juga masih sangat terasa di air terjun ini.

3 dari 4 halaman

Wisata Alam Boyolali

Wisata alam memang menjadi wisata utama yang ada di Boyolali. Hal ini terlihat dari banyaknya wisata alam yang bisa kamu jumpai di kabupaten ini. Berikut ini rekomendasi wisata alam Boyolali yang menarik.

1. Waduk Kedung Ombo

Sebenarnya, Waduk Kedung Ombo ini terletak di tiga kabupaten yaitu Grobogan, Boyolali, dan Sragen. Dari Boyolali, kamu harus menempuh jarak sekitar 50 km ke arah utara untuk sampai di destinasi wisata satu ini. Sama seperti beragam tempat wisata lainnya, Waduk Kedung Ombo ini juga menyajikan panorama alam yang indah. Fasilitas yang ditawarkan juga cukup beragam. Seperti diantaranya bumi perkemahan, tempat pemancingan, rumah makan apung, sampai hutan wisata bisa kamu jumpai di Waduk Kedung Ombo.

2. Waduk Cengklik

      View this post on Instagram

A post shared by Explore Surakarta (@exploresurakarta) on

Waduk Cengklik menjadi wisata waduk lainnya yang ada di Boyolali. Wisata Boyolali ini terletak di Desa Ngargorejo dan Sobokerto, Kecamatan Ngemplak. Waduk Cengklik juga menjadi salah satu spot menikmati sunset. Dari waduk ini, kamu bisa menyaksikan panorama matahari terbenam yang indah. Untuk kamu yang suka fotografi, siap-siap menyiapkan kamera dengan baterai penuh ya saat menyaksikan pemandangan indah ini.

3. Air Terjun Semuncar

Memiliki lokasi yang agak tersembunyi membuat Air Terjun Semuncar ini memiliki kesan yang alami dan asri. Salah satu wisata Boyolali ini terletak di lereng Gunung Merbabu, tepatnya berada di Desa Candisari, Kecamatan Ampel, Boyolali. Ada dua jalur yang bisa kamu lalui untuk menuju air terjun ini.

Pertama, melintasi jalur Sungai Cipendok dan yang kedua melewati area perkebunan warga sekitar. Tapi, jalur pertama cukup susah karena medannya yang cukup terjal dan penuh dengan batu besar. Jadi, lebih baik kamu memilih jalur yang kedua.

4 dari 4 halaman

Wisata Tlatar Boyolali

Wisata Tlatar atau Umbul Tlatar merupakan salah satu destinasi yang cukup populer di Boyolali. Taman air ini sangat pas jika kamu sedang mencari destinasi wisata keluarga. Di sini, kamu bisa menjumpai kolam pemandian yang berasal dari dua umbul yaitu Umbul Asem dan Pengilon. Udara di sekitar wisata Boyolali ini juga sangat rindang dan sejuk karena lokasinya sendiri yang berada di Kaki Gunung Merbabu.

Di dalam kawasan ini, juga tersedia beragam fasilitas. Salah satunya rumah makan terapung. Ada juga wahana permainan lainnya seperti becak air, flying fox, fish spa, dan ATV yang membuat tempat wisata Boyolali ini semakin lengkap. Lokasi Umbul Tlatar berada di Jl. Pangeran Diponegoro No. 2, Kebonbimo, Boyolali. Untuk jam operasionalnya, wisata Boyolali ini buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai 4 sore.

Itulah 10 tempat wisata di Boyolali yang terbaru dan menarik untuk menemani liburanmu. Semoga membantu, ya!

Beri Komentar