10 Tempat Wisata Raja Ampat Papua Lengkap dengan Paketnya 2019

Reporter : Devi Puspitasari
Selasa, 4 Februari 2020 23:41
10 Tempat Wisata Raja Ampat Papua Lengkap dengan Paketnya 2019
Destinasi wisata Raja Ampat lengkap dengan paketnya.

Indonesia bagian timur memang menyimpan beragam potensi wisata yang luar biasa. Tak terkecuali Kepulauan Raja Ampat. Pasti kita sudah sering mendengar ya tentang pesona pulau yang stau ini. Memang, keindahan Raja Ampat sudah sangat terkenal, bahkan sampai ke mancanegara.

Alamnya yang indah, terutama panorama bawah lautnya menjadikan Raja Ampat sebagai salah satu destinasi wisata utama di Indonesia. Melansir dari berbagai sumber (04/02), di bawah ini 10 tempat wisata Raja Ampat sekaligus dengan paketnya. Yuk, simak selengkapnya berikut ini ya.

1 dari 4 halaman

Paket Wisata Raja Ampat

Paket wisata bisa jadi solusi yang menarik buat kamu yang ingin berlibur ke Raja Ampat. Di bawah ini sederet paket wisata Raja Ampat yang bisa jadi referensi liburanmu.

1. Paket Wisata Raja Ampat 2 Hari 1 Malam

Ilustrasi pasangan di pantai

Menghabiskan dua hari di Raja Ampat? Pasti menyenangkan, ya. Jika kamu berencana demikian kamu bisa memilih paket wisata Raja Ampat 2 hari 1 malam. Selama dua hari, kamu akan diajak mengelilingi beragam destinasi wisata menarik di Raja Ampat. Seperti Sawingrai, Telaga Bintang, Pasir Timbul, dan wisata menarik lainnya.

Tak hanya berkeliling saja, kamu akan diajak snorkeling menikmati panorama bawah laut Raja Ampat yang indah. Paket wisata Raja Ampat 2 hari 1 malam ini biasanya dibanderol dengan harga sekitar Rp. 2,4 juta - Rp. 8,5 juta. Pastinya semua ini tergantung dengan jumlah rombongan dan penginapan yang kamu pilih.

2. Paket Wisata Raja Ampat 3 Hari 2 Malam

Jika dirasa dua hari masih belum puas, kamu bisa memilih paket wisata kedua ini yakni selama 3 hari 2 malam. Sama seperti paket wisata di atas, paket wisata Raja Ampat 3 hari 2 malam ini juga akan mengajakmu menikmati panorama bawah laut Raja Ampat selain menikmati beragam destinasi wisatanya. Untuk menikmatai paket wisata Raja Ampat 3 hari 2 malam, budget yang perlu kamu siapkan yakni sekitar Rp. 3,2 juta sampai Rp. 9,5 jutaan.

3. Paket Wisata Raja Ampat 4 Hari 3 Malam

Ilustrasi liburan keluarga di pantai

Paket wisata Raja Ampat 4 hari 3 malam juga bisa jadi alternatif yang menarik jika kamu memiliki waktu yang lama untuk berlibur di Raja Ampat. Paket wisata ini biasanya dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 3,9 jutaan. Destinasi wisata yang ditawarkan pastinya jauh lebih banyak. Diantaranya yakni Teluk Kabui, Batu Pensil, Wayag, Pianemo dan masih banyak lagi destinasi wisata Raja Ampat menarik lainnya.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata Raja Ampat

Raja Ampat menawarkan destinasi wisata yang mempesona. Berikut ini beberaa tempat wisata menarik yang ada di Raja Ampat. Cek, yuk!

1. Star Lagoon

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh FANNI&MARCELL • TRAVEL COUPLE (@travelustbyus) pada

Seperti namanya, Star Lagoon merupakan sebuah laguna yang memiliki bentuk bintang. Tak hanya memiliki panorama sekitar yang indah, panorama bawah laut wisata Raja Ampat ini juga tak kalah menawan. Untuk melihat bentuk bintang dari laguna ini secara utuh, kamu perlu mengeluarkan sedikit ekstra tenaga dengan mendaki bukit. Meski seperti itu, panorama Star Lagoon ini akan sangat indah dilihat dari ketinggian.

2. Pulau Misool

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Traveling Time (@travelingtime.id) pada

Termasuk ke dalam segitiga karang dunia, Pulau Misool memiliki keindahan biota laut yang mempesona. Pulau ini juga termasuk salah satu pulau besar yang ada di Kepulauan Raja Ampat. Tak hanya berwisata bahari, di Pulau Misool kmau juga bisa berwisata sejarah. Karena, di salah satu wisata Raja Ampat ini terdapat dinding batu karang dengan cap tangan berusia lebih dari 50 ribu tahun. Menarik banget, ya!

3. Pulau Wayag

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Karin (@karinakazia) pada

Pulau Wayag ini menjadi salah satu pulau yang populer sekaligus ikon dari Raja Ampat. Pulau Wayag menyuguhkan gugusan pulau hijau yang berjajar di antara birunya laut.

Selain panorama alamnya yang indah, keindahan bawah laut pulau ini juga sudah terkenal dengan pesonanya. Bahkan, keindahannya termasuk ke dalam salah satu dari 10 spot menyelam terbaik di Indonesia. Terumbu karang, ratusan ikan, dan biota laut lainnya bisa kamu nikmati di perairan Pulau Wayag.

4. Pulau Salawati

Sama seperti Pulau Misool, Pulau Salawati juga termasuk ke dalam salah satu pulau terbesar di Raja Ampat. Pantai di wisata Raja Ampat ini sangat cantik dengan pasir berwarna putihnya. Di Pulau ini juga terdapat ikan pelangi yang saat ini sudah jarang ditemukan di dunia. Kamu bisa menyaksikannya di Pulau Salawati. Selain menikmati keindahan alamnya, kamu juga bisa belajar tentang budaya masyarakat di Pulau Salawati yang masih cukup kental.

5. Batu Pensil

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Roberto Cassa (@senzaconfini_) pada

Selain Pulau Wayag, Batu Pensil juga menjadi ikon lainnya dari Kepulauan Raja Ampat. Nama Batu Pensil berasal dari adanya batu yang menjulang tinggi yang bentuknya menyerupai pensil. Letak Batu Pensil sendiri berada di Teluk Kabui. Pemandangan di sekitar wisata Raja Ampat ini juga sangat indah. Tak terkecuali juga panorama bawah lautnya yang sama-sama menawan.

3 dari 4 halaman

Wisata Raja Ampat Papua

Tak hanya beragam destinasi di atas saja, wisata di bawah ini juga nggak kalah indah. Langsung saja gulir ke bawah yuk untuk mengetahui apa saja destinasi wisatanya.

1. Desa Sawinggrai

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Merry Antonia (@merry_antonia) pada

Buat kamu yang ingin merasakan sensasi wisata berbeda di Raja Ampat, kamu bisa berkunjung ke Desa Sawinggrai. Suasana desa yang tentram dengan penduduknya yang ramah bisa kamu rasakan di salah satu wisata Raja Ampat ini. Ada satu hal yang menjadi daya tarik dari Desa Sawinggrai yakni burung cenderawasih. Kamu bisa menyaksikan tingkah polah burung endemik Papua ini di habitat aslinya dari Desa Sawinggrai. Jika kamu ingin bermalam, tak usah khawatir karena di Desa Sawinggrai terdapat sekitar dua homestay yang bisa kamu sewa.

2. Desa Wisata Arborek

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh ????Petite Ayun Style???? (@ayunworld) pada

Selain Desa Sawinggrai, Desa Wisata Arborek juga tak kalah menarik untuk dikunjungi. Masyarakatnya yang ramah dan alamnya yang indah bakal membuat kamu betah berada di salah satu wisata Raja Ampat ini. Perairan di sekitar Desa Wisata Arborek juga sangat indah. Banyak juga spot snorkeling dan diving yang bisa kamu coba di sekitar desa menarik satu ini.

3. Pasir Timbul

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dian's daily journal (@dian_melati) pada

Salah satu destinasi wisata Raja Ampat yang wajib kamu kunjungi yakni Pasir Timbul. Salah satu wisata Raja Ampat ini terlihat seperti pulau kecil yang berada di tengah lautan. Lokasinya sendiri berada di Pulau Mansuar.

Sama seperti Pulau Gosong di Karimunjawa, wisata Raja Ampat ini sangat unik karena hanya muncul di saat-saat tertentu. Tepatnya, saat laut sedang surut saja. Jadi, jika kamu ingin mengunjungi wisata cantik ini pastikan kamu datang di saat yang tepat ya.

4. Pulau Pianemo

      Lihat postingan ini di Instagram

Jika Anda berkunjung ke Raja Ampat, maka sempatkanlah mengunjungi Pulau Pianemo. Pulau yang berada di Distrik Waigeo Barat ini menyimpan sejuta pesona keindahaan alam bahari yang sayang untuk dilewatkan . Gugusan bukit karst yang terhampar di kawasan ini tak kalah cantik dengan keindahan gugusan karst di Pulau Wayag yang telah menjadi ikon Raja Ampat. Bedanya, bentuk gugusan pulau karang di Pianemo lebih kecil karena itu banyak yang menyebut Pianemo sebagai Pulau Wayag mini . Pemandangan yang menyejukkan mata gaes ?????????? . . . ???? : Pulau Pianemo, Distri Waigeo, Raja Ampat ???? : @dotzsoh . #infia #infiatravel #pulaupianemo #pianemo #piaynemo #piaynemoisland #pianemoisland #waigeo #rajaamapat

Sebuah kiriman dibagikan oleh INFIA - Travel (@infiatravel) pada

Pulau Pianemo ini juga menjadi ikon lainnya dari Kepulauan Raja Ampat. Sama halnya dengan Pulau Wayag, di salah satu wisata Raja Ampat ini kamu bisa menyaksikan gugusan bukit karst yang memanjakan mata. Bahkan, Pulau Pianemo disebut juga dengan Pulau Wayag mini. Kamu bisa menyaksikan panorama pulau ini dari puncak bukitnya. Meski harus menaiki sekitar 336 anak tangga dulu, tapi saat telah sampai di atasnya semua akan terbayar dengan keindahan yang disuguhkan Pulau Pianemo.

5. Air Terjun Batanta

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh josua raja ampat (@josuarajaampat) pada

Tak hanya wisata baharinya saja, Raja Ampat juga punya wisata alam lainnya yang enggak kalah menarik untuk dikunjungi yakni Air Terjun Batanta. Seperti namanya, air terjun ini terletak di Pulau Batanta. Letaknya yang berada di tengah hutan, tak heran jika salah satu wisata Raja Ampat ini menyuguhkan panorama air terjun yang indah sekaligus asri. Tapi, siapkan fisik ya untuk menyaksikan Air Terjun Batanta karena medannya cukup berat.

4 dari 4 halaman

Biaya Wisata Raja Ampat

Raja Ampat merupakan salah satu destinasi wisata utama di Indonesia. Kecantikannya memang sudah sangat terkenal di Indonesia bahkan hingga mancanegara. Sebelumnya kita pasti sering mendengar ya jika biaya berlibur ke Raja Ampat lumayan menguras dompet. Karena itu, sebenarnya berapa sih biaya yang dibutuhkan untuk berlibur ke Raja Ampat?

Pertama, pastinya budget untuk transportasi ya. Tiket pesawat PP dari Jakarta - Sorong biasanya dibanderol dengan harga sekitar Rp. 2,4 jutaan sampai Rp. 5,3 jutaan per orangnya untuk kelas ekonomi. Sesampainya di Sorong, kamu perlu mengeluarkan dana lagi untuk menuju ke Raja Ampat.

Dari Sorong kamu bisa menaiki kapal feri menuju Waisai, ibukota Raja Ampat. Untuk tarifnya, kapal feri kelas ekonomi ditawarkan dengan harga Rp. 100 ribu dan kelas executive Rp. 215 ribu. Setelah sampai ke Waisai, kamu perlu membeli pin masuk Raja Ampat terlebih dulu dengan harga Rp. 500 ribu per orangnya. Pin ini nantinya akan berlaku selama satu tahun ke depan.

Karena Raja Ampat didominasi oleh perairan, kamu perlu menyewa speedboat untuk berwisata ke beragam destinasinya. Untuk harga sewa speedboat biasanya kamu akan dikenakan tarif sekitar Rp. 7,5 juta per harinya. Setelah transportasi, kita beralih ke penginapan. Banyak beragam penginapan yang bisa kamu pilih sesuai budget. Dari homestay hingga resort semuanya tersedia di Raja Ampat.

Selain biaya di atas, pastinya kamu akan mengeluarkan biaya tambahan lagi untuk makan dan hal-hal lainnya. Cukup mahal, ya. Tapi, kamu juga bisa menggunakan alternatif lainnya yakni dengan paket wisata. Saat ini sudah banyak sekali agen perjalanan yang menawarkan paket wisata Raja Ampat dengan beragam pilihan. Tentu sjaa, dengan menggunakan paket wisata kamu tak akan memikirkan transportasi dan hal lainnya.

Raja Ampat memang sangat menggoda untuk dijadikan destinasi wisata. Banyak beragam tempat wisata menarik yang bisa kamu explore di wilayah timur Indonesia ini. Jadi, sudah siap menjelajahi Raja Ampat?

Beri Komentar