12 Destinasi Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Terbaru

Reporter : Devi Puspitasari
Selasa, 31 Desember 2019 14:11
12 Destinasi Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Terbaru
Jawa Tengah memang memiliki beragam destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Yuk, simak berbagai tempat wisatanya.

Beragam kota di Jawa Tengah memang menjadi destinasi wisata yang populer di Indonesia, seperti Yogyakarta dan Semarang. Jawa Tengah sendiri memang memiliki beragam destinasi wisata baik budaya maupun alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Hal ini menjadi salah satu daya tarik yang menjadikan provinsi ini populer di kalangan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Jika kamu memiliki rencana berkunjung ke Jawa Tengah tapi belum menentukan destinasi wisata mana yang ingin kamu kunjungi, berikut ini berbagai tempat wisata Jawa Tengah yang menarik dan harus kamu coba. Penasaran apa saja tempatnya? Yuk, simak berbagai tempatnya di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Jawa Tengah

Berbicara tentang Jawa Tengah, memang salah satu provinsi di pulau Jawa ini kaya akan beragam destinasi wisata. Nah, di bawah ini beberapa tempat wisata di Jawa Tengah yang populer dan menarik. Yuk, cek untuk mengetahui selengkapnya.

1. Kota Lama Semarang

Salah satu tempat wisata yang enggak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Semarang yakni kota lama Semarang. Di tempat ini, kamu bisa menjumpai beragam gedung-gedung tua khas bangunan Belanda di sepanjang jalan. Tak hanya itu, ada salah satu bangunan yang menjadi landmark dari Kota Lama Semarang ini yakni Gereja Bleduk dengan kubah melengkungnya. Selain itu, di salah satu tempat wisata Jawa Tengah ini kamu juga bisa sekalian mampir ke Pasar Klitikan yang menjual barang-barang antik dan juga beberapa museum di sekitar kawasan kota lama yang tak kalah menarik.

2. Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng

Siapa yang enggak kenal dengan tempat wisata Jawa Tengah satu ini. Dataran Tinggi Dieng memang menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Jawa Tengah. Dataran Tinggi Dieng sendiri merupakan sebuah daerah sejuk yang berlokasi di ketinggian 2.000 mdpl, tepatnya terletak di daerah Wonosobo, Jawa Tengah.

Selain udaranya yang sejuk dan bentang alam hijaunya yang indah, Dataran Tinggi Dieng juga menawarkan beberapa tempat wisata yang menarik. Diantaranya seperti Sumur jalatunda, Bukit Sikunir, dan Telaga warna.

3. Pantai Pulau Panjang, Jepara

Pantai cantik yang berlokasi di Jawa Tengah ini memang menjadi salah satu destinasi wisata pantai yang wajib kamu kunjungi saat berlibur di Jawa Tengah. Pantai Pulau panjang memiliki pasir putih yang cantik dengan laut dangkal yang jernih. Di bagian tengah pulau pantai ini terdapat struktur hutan hujan tropis dengan pohon-pohon besar serta semak-semak yang rimbun. Untuk menikmati salah satu tempat wisata Jawa Tengah ini, kamu harus menaiki perahu lebih dulu dari Pulau Kartini menuju Pulau Panjang.

2 dari 4 halaman

Wisata Alam Jawa Tengah

Selain terkenal dengan wisata budayanya, wisata alam di Jawa Tengah juga nggak kalah mempesona. Berikut ini beberapa wisata alam di Jawa Tengah yang menarik untuk dijadikan destinasi wisata. Yuk, langsung ke bawah.

1. Wisata Colo Kudus

Panorama alam yang indah dan sejuk khas pegunungan memang menjadi hal yang akan menyambutmu ketika berkunjung ke salah satu tempat wisata Jawa Tengah ini. Selain berwisata alam, kamu juga bisa berwisata religi saat berkunjung ke wisata Colo. Pasalnya, di kawasan ini juga terdapat makam dari sunan muria yang berada di puncak pegunungan.

2. Kawasan Wisata Batu Raden

Kawasan Wisata Batu Raden

Kawasan wisata satu ini memang menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan saat berkunjung ke Purwokerto. Kawasan Wisata Baturaden menyuguhkan hutan alam yang hijau dengan hawa udara yang sejuk. Tak hanya itu, di salah satu tempat wisata Jawa Tengah ini juga terdapat pemandian air panas Pancuran Pitu yang sayang jika dilewatkan.

3. Air Terjun Songgolangit

Air terjun satu ini belokasi di utara kota Jepara, tepatnya di Desa Bucu, Kecamatan Kembang. Air terjun ini memiliki pemandangan yang indah dengan air yang jernih dan udara di sekitar yang sejuk. Air terjun ini diberi nama songgo langit atau dalam bahasa Indonesia berarti penyangga langit karena jika dilihat dari bawah, air terjun ini seolah sedang menyangga langit.

3 dari 4 halaman

Destinasi Wisata Jawa Tengah

Destinasi wisata di Jawa Tengah memang cukup banyak dan memiliki pesonanya masing-masing. Berikut ini beberapa tempat wisata Jawa Tengah lainnya yang bisa kamu jadikan rujukan jika berlibur ke provinsi ini. Lalu, apa saja itu?

1. Karimun Jawa

Karimun Jawa

Memang, obyek wisata satu ini harus kamu kunjungi saat berlibur di Jawa Tengah, khususnya Jepara. Karimun Jawa menyajikan pantai pasir putih yang cantik dengan air laut yang sangat jernih. Di sini, kamu tak hanya dapat menikmati pantainya yang indah saja, tapi juga ekosistem bawah lautnya yang tak kalah mempesona.

2. Candi Gedong Songo

Ketika mendengar kata candi di Jawa Tengah, pasti kita akan langsung terpikir Candi Borobudur atau Candi Prambanan. Pasalnya, kedua candi tersebut memang menjadi candi yang terkenal di Jawa Tengah. Selain kedua candi tersebut, banyak candi di Jawa Tengah yang enggak kalah menarik, salah satunya Candi Gedong Songo.

Salah satu tempat wisata Jawa Tengah ini berlokasi di kaki Gunung Ungaran dan juga meruapakan warisan dari kejayaan dinasti sanjaya. Di kawasan Candi Gedong Songo, tak hanya kamu bisa menikmati keunikan candi, tapi juga dapat menikmati hutan pinus sambil berkuda. Menarik, kan?

3. Klenteng Sam Poo Kong

Selain kota lama, saat berkunjung ke Semarang kamu juga bisa sekalian mampir ke Klenteng Sam Poo Kong. Klenteng ini sendiri dibangun untuk mengenang singgahnya Laksamana Cheng Ho ketika mendarat di Semarang. Di salah satu tempat wisata Jawa Tengah ini, kamu akan menjumpai klenteng yang megah dan juga relief yang menggambarkan sejarah kunjungan Laksamana Cheng Ho beserta awak kapalnya ke Indonesia.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Solo Jawa Tengah

Saat berkunjung ke Jawa Tengah dan menjadikan Solo sebagai destinasi wisatanya, kamu bisa nih memasukkan beberapa tempat ini ke daftar destinasi yang kamu kunjungi nantinya. Solo sendiri memang memiliki berbagai tempat wisata yang beragam dan tak kalah menarik untuk dikunjungi. Ini dia beberapa tempat wisatanya.

1. Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran

Jika kamu ingin berwisata sejarah di Solo, Pura Mangkunegaran merupakan tempat menarik yang sangat pas untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata Jawa Tengah satu ini didirikan pada tahun 1757 dan merupakan kediaman dari Sri Paduka Mangkunagara. Disini, kamu bisa menyaksikan berbagai koleksi sejarah seperti wayang, gamelan, peralatan tari, dan barang sejarah lainnya. Selain itu, tarif masuknya pun cukup terjangkau yakni kamu hanya perlu menyiapkan dana sekitar Rp. 10 ribu saja.

2. Ngarsopuro Night Market

Saat berlibur ke Solo, sesekali kamu juga harus mencoba wisata malamnya. Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi yakni Ngarsopuro Night Market. Ngarsopuro Night Market merupakan pasar malam mini yang dibuka di depan Pura Mangkunegaran dan hanya bisa dikunjungi pada hari Sabtu saja. Di pasar malam ini kamu bisa menikmati berbagai macam kesenian dan juga makanan yang dijual para pedagang kaki lima.

3. Tumurun Private Museum

Museum Tumurun

Salah satu museum keren dan menarik di Solo yang bisa kamu kunjungi yakni Tumurun Private Museum. Tumurun Private Museum sendiri adalah museum pribadi yang didirikan oleh Iwan Kurniawan dan memiliki dua lantai. Masing-masing lantainya terbagi dalam koleksi karya seni modern dan kontemporer. Meskipun tidak dipungut biaya masuk, untuk mengunjungi museum ini kamu harus reservasi dulu ya melalui website resmi mereka.

Jadi, begitulah berbagai tempat wisata Jawa Tengah yang bisa kamu kunjungi saat berlibur ke salah satu provinsi di pulau Jawa ini. Nah, dari itu semua, mana nih tempat favoritmu?

Beri Komentar