12 Destinasi Tempat Wisata Pekalongan yang Terbaru

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 30 Januari 2020 22:19
12 Destinasi Tempat Wisata Pekalongan yang Terbaru
Tempat wisata Pekalongan ini bakal buat liburanmu semakin seru. Langsung simak di sini ya.

Dikenal sebagai Kota Batik, Pekalongan terkenal dengan corak batiknya yang variatif dan khas. Tak hanya batiknya saja, kota yang terletak di jalur Pantura ini juga memiliki destinasi wisata yang tak kalah menarik dan beragam. Terutama wisata alam berupa pantai dan curugnya.

Berjarak sekitar 384 km sebelah timur dari ibukota dan 110 km dari sebelah barat Semarang, Pekalongan ini juga bisa menjadi destinasi wisata yang menarik untuk mengisi liburan. Nah, jika kamu berencana untuk berlibur ke Kota ini, sebelumnya cek dulu yuk 12 destinasi tempat wisatanya yang telah dirangkum dari beragam sumber (30/01) di bawah ini. Simak yuk ada apa saja destinasi menariknya!

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Pekalongan

Kota Pekalongan memiliki berbagai destinasi wisata yang sangat menarik untuk liburanmu. Ini dia beberapa destinasi wisatanya.

1. Museum Batik Pekalongan

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ahmad Syahridlo (@ahmad.syahridlo) pada

Dikenal sebagai Kota Batik, pastinya Museum Batik Pekalongan ini menjadi destinasi yang enggak boleh kamu lewatkan. Di dalam museum ini, kamu bisa menjumpai koleksi aneka kerajinan batik tua hingga modern dengan berbagai karakter dan corak. Koleksi ini mencapai lebih dari seribu buah batik. Batik yang dipamerkan juga berasal dari berbagai daerah di Nusantara seperti Kalimantan, Sumatera, hingga Papua. Kamu bisa mengunjungi wisata Pekalongan ini di Jl. Jetayu No. 3, Panjang Wetan, Pekalongan dan buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai 3 sore.

2. Curug Muncar

Terletak di ketinggian 1.249 mdpl, Curug Muncar memiliki panorama yang indah dengan dikelilingi pemandangan Gunung Rogojembangan yang menawan. Pepohonan yang banyak tumbuh di sekitarnya juga semakin kesan asri dari Curug Muncar karena memang curug ini masih berada di kawasan hutan milik Perhutani. Sama seperti namanya, wisata Pekalongan ini berada di desa Curugmuncar, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan.

Nah, siapkan tenaga ekstra ya jika kamu ingin berkunjung ke Curug Muncar. Pasalnya, kamu harus melewati jalan yang berliku dan mendaki untuk sampai ke wisata Pekalongan ini. Tapi, semuanya akan terbayar kok saat kamu sudah menginjakkan kaki di Curug Muncar.

3. Pantai Pasir Kencana

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Wahyu Kurniaji (@wahyu.kurniaji) pada

Pantai Pasir Kencana menjadi salah satu wisata favorit di Pekalongan yang letaknya tak terlalu jauh dari pusat kota. Wisata Pekalongan ini menawarkan panorama yang indah, terutama saat matahari terbenam. Fasilitas di Pantai Pasir Kencana terbilang lengkap seperti rumah makan, musholla, toilet, kamar mandi bilas, becak air, taman bersantai, wahana permainan dan masih banyak lagi fasilitas lainnya.

Selain menikmati keindahan Pantai Pasir Kencana dengan segala fasilitasnya, kamu juga bisa sekalian berkunjung ke beberapa tempat menarik di sekitar wisata Pekalongan ini. Diantaranya akuarium ikan laut, mangrove park, pura, jembatan kanal dan tambak ikan milik warga. Pantai Pasir Kencana sendiri dibuka mulai pukul 6 pagi sampai 9 malam setiap harinya.

2 dari 4 halaman

Wisata Pekalongan Terbaru

Wisata Pekalongan yang terbaru pun juga enggak kalah mempesona. Penasaran dimana saja tempat wisatanya? Langsung gulir ke bawah, yuk!

1. Black Canyon Petungkriyono

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh BLACKCANYON PETUNGKRIYONO (@blackcanyonpetungkriyono) pada

Jika di Pangandaran memiliki Green Canyon, nah Pekalongan juga memiliki objek wisata yang hampir serupa dengan nama Black Canyon. Tempat wisata Pekalongan ini memiliki aliran air yang jernih dan panorama sekitar yang menawan. Nah, berbeda dengan Green Canyon yang didominasi dengan warna hijau, di Black Canyon Petungkriyono atau dikenal juga dengan nama Kedung Sipingit ini kamu bisa menjumpai batuan berwarna hitam yang mengapit kedua sisinya.

Di wisata Pekalongan ini juga tersedia beberapa wahana yang menguji adrenalin seperti body rafting, river tubing, dan river trekking. Jika kamu ingin sedikit lebih lama lagi menikmati keindahan Black Canyon, kamu juga bisa berkemah atau menginap di homestay yang ada di sekitarnya. Lokasi wisata cantik ini berada di Kayupiring, Petungkriyono, Pekalongan.

2. Linggo Asri

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Cinta Pekalongan ID (@cintapekalongan) pada

Berada di wilayah pegunungan, tentu saja Linggo Asri memiliki udara yang sejuk sekaligus panorama yang mempesona. Lokasinya yang cukup strategis yakni berada di jalur penghubung antara Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Pekalongan membuatnya mudah dijangkau. Wisata Pekalongan ini menawarkan wahana yang cukup lengkap. Dari mini zoo, kolam renang, arena bermain anak, outbound, dan juga ada bumi perkemahan buat kamu yang suka camping.

Di Linggo Asri, kamu juga bisa menjumpai pura dan candi yang masih aktif digunakan sebagai peribadatan pemeluk agama Hindu setempat. Selain itu, di wisata Pekalongan ini juga ada spot foto cantik yang juga menjadi favorit yakni Taman Bunga Celosia. Semakin menariknya lagi, taman ini dilengkapi dengan spot menarik seperti rumah suku Indian dan kincir angin Belanda.

3. Bengkelung Park

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dhafi isnadi (@duffyisnadi) pada

Bengkelung Park ini bisa dikatakan sebagai wisata baru di Pekalongan yang menyuguhkan panorama indah di kawasan sungai. Wisata Pekalongan ini sangat cocok untuk kamu yang sedang mencari tempat refreshing karena panorama sekitarnya yang sangat menyegarkan mata. Untuk kamu yang doyan foto, Bengkelung Park juga akan memanjakanmu dengan berbagai spot foto menarik seperti jembatan kayu, gardu pandang, hingga papan nama yang keren. Nah, lokasi Bengkelung Park sendiri terletak di Desa Sidoharjao, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan.

3 dari 4 halaman

Objek Wisata Pekalongan

Wisata Pekalongan berikut ini juga bisa kamu jadikan alternatif lainnya. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini, ya!

1. Puncak Hanoman Gunung Kendalisodo

Gunung Kendalisodo ini menjadi destinasi wisata yang sangat pas buat kamu yang hobi mendaki. Di puncaknya, ada Puncak Hanoman yang menawarkan panorama yang memukau dari pemandangan di sekitarnya. Gunung Kendalisodo sendiri berada di Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan. Pastinya sebelum mendaki siapkan fisik dengan baik, ya!

2. Kebun Teh Pagilaran

      Lihat postingan ini di Instagram

Selamat pagi guys Ini dia perkebunan teh yang lagi hits di kawasan Batang, Jawa Tengah. Kebun Teh Pagilaran ini sudah terkenal hingga mancanegara karena kualitas tehnya yang premium. Setiap tahunnya kebun ini menghasilkan tidak kurang dari 8000 ton teh, dan 80% diekspor ke lebih dari 8 negara dunia, di Asia, Eropa, dan Amerika. . . ????Kebun Teh Pagilaran, Blado, Batang, Jawa Tengah . Foto dolan dari @koerniandy . . #ayodolan #ayodolanbatang #kebuntehpagilaran #batang #jawatengah

Sebuah kiriman dibagikan oleh INDONESIA | #ayodolan (@ayodolan) pada

Kebun Teh memang tempat yang pas ya untuk menyegarkan pikiran. Meski tak berada persis di Kota Pekalongan, kamu juga bisa berkunjung ke kebun teh yang terletak di Desa Pagilaran, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang. Tempat ini juga bisa menjadi alternatif buat kamu yang ingin mencari wisata alam yang menyegarkan mata. Sejuknya udara pegunungan ditambah dengan hamparan hijau perkebunan teh akan menyambutmu sesampainya di sana.

3. Bukit Pawuluhan

Bukit Pawuluhan juga nggak kalah menarik untuk dikunjungi saat berwisata ke Pekalongan. Kamu bisa menikmati pemandangan sekitar yang indah dari atas wisata Pekalongan ini. Saat cuaca cerah, dari Bukit Pawuluhan kamu juga bisa menyaksikan panorama sunrise yang indah.

Wisata Pekalongan yang menarik ini berada di Desa Gembong, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan. Pastinya, untuk mencapai puncak Bukit Pawuluhan membutuhkan tenaga ekstra. Jadi, jaga fisikmu agar tetap fit ya saat akan mendaki ke bukit ini.

4 dari 4 halaman

Wisata Kota Pekalongan

Saat berwisata ke Kota Pekalongan, sederet wisata ini sayang banget jika kamu lewatkan. Cek yuk apa saja destinasi wisatanya di bawah ini.

1. Curug Bajing

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh temankolaborasi (@temankolaborasi) pada

Wisata curug lainnya yang juga menawarkan panorama indah bisa kamu temui di Curug Bajing. Berada di ketinggian 1300 mdpl membuat wisata Pekalongan ini memiliki udara yang sejuk. Suara gemericik air dan pepohonan hijau di sekitarnya menambah kesan alami yang bisa menenangkan pikiran.

Saat berkunjung ke Curug Bajing jangan lewatkan untuk berfoto di spot berbentuk hatinya ya. Nah, kamu bisa langsung meluncur ke Desa Telogo Parkis, Kecamatan Petungkriyono, Pekalongan untuk menikmati keindahan curug ini.

2. Bukit Bintang Kutorojo

Nama Bukit Bintang terdengar familiar ya karena memang di beberapa daerah juga memiliki tempat wisata dengan nama yang serupa. Seperti Bukit Bintang Wonosari dan Bukit Bintang Alesano misalnya. Nah, di Pekalongan juga enggak ketinggalan ada Bukit Bintang Kutorojo. Dari atas wisata Pekalongan ini kamu akan disuguhi pemandangan gemerlap lampu-lampu Kota Pekalongan di bawahnya. Buat kamu yang mencari destinasi wisata malam, Bukit Bintang Kutorojo bisa jadi destinasi yang patut dicoba.

3. Puncak Tugu Petungkriyono

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Annisa Malati (@annisamalati) pada

Tempat wisata Pekalongan yang terakhir yang juga tak kalah populer yakni Puncak Tugu Petungkriyono. Di kawasan ini, terdapat sebuah tugu yang bernama Tugu Trianggulasi. Tugu ini merupakan peninggalan Belanda sejak abad ke-17. Dari atas Puncak Tugu Petungkriyono kamu bisa menyaksikan panorama alam yang luar biasa dengan hijaunya pegunungan sekaligus rumah warga di bawahnya. Tak heran jika wisata Pekalongan ini menjadi salah satu destinasi yang favorit di Pekalongan.

Begitulah 12 destinasi tempat wisata Pekalongan yang terbaru sekaligus menarik untuk dikunjungi. Semoga membantu.

Beri Komentar