12 Destinasi Tempat Wisata Wonogiri yang Terbaru dan Terkenal

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 10 Februari 2020 22:54
12 Destinasi Tempat Wisata Wonogiri yang Terbaru dan Terkenal
Tempat wisata Wonogiri yang terbaru pastinya bikin liburanmu tambah seru!

Saat berkunjung ke Yogyakarta, kamu bisa sekalian berkunjung ke Wonogiri. Wonogiri sendiri terletak di antara Jawa Timur dan Yogyakarta. Tak hanya Jogja dan Semarang, kabupaten satu ini juga sangat menarik dijadikan destinasi liburan. Alamnya pun juga tak kalah indah.

Banyak tempat wisata yang disajikan Wonogiri. Salah satunya Waduk Gajah Mungkur yang menjadi unggulannya. Pasti kamu juga sudah sering mendengar nama wisata satu ini ya.

Tak hanya Waduk Gajah Mungkur saja, sebenarnya masih banyak lagi destinasi wisata yang bisa kamu explore di Wonogiri. Mulai dari pantai, bukit, hingga air terjun yang juga menyuguhkan panorama yang menawan. Nah, karena itu berikut ini Diadona sajikan 12 destinasi tempat wistaa Wonogiri yang terkenal sekaligus yang terbaru. Gulir ke bawah, yuk!

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Wonogiri

Buat kamu yang penasaran apa saja sih destinasi wisata yang menarik di Wonogiri, di bawah ini beberapa diantaranya. Langsung saja cek di bawah, yuk!

1. Menara Pandang Soko Gunung

Menyaksikan panorama Wonogiri dari ketinggian bisa kamu dapatkan di tempat wisata Menara Pandang Soko Gunung. Saat cuaca cerah, dari atas wisata Wonogiri ini kamu bisa melihat waduk Gajah Mungkur dengan cukup jelas. Bahkan hingga pemandangan kota Sukaharjo.

Tak hanya menawarkan pemandangan indah dari ketinggian saja, namun Menara Pandang Soko Gunung juga akan memanjakanmu dengan beberapa spot foto keren. Langsung saja kamu bisa mengunjungi tempat menarik ini di Sendang, Kec. Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

2. Puncak Secokro

      View this post on Instagram      

A post shared by Puncaksecokro (@wisata_puncak_secokro_wonogiri) on

Masih tentang wisata dengan pemandangan indah dari ketinggian di Wonogiri, Puncak Secokro juga tak kalah menarik. Gardu pandang menjadi daya tarik utama dari wisata Wonogiri satu ini. Dari atas gardu pandang kamu bisa menyaksikan perbukitan yang indah dan pepohonan hijau di sekitarnya.

Selain gardu pandang, juga tersedia gazebo dan bale-bale buat kamu yang ingin bersantai. Lokasi Puncak Secokro sendiri terletak di Sumberrejo, Bakalan, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri.

3. Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah Mungkur menjadi salah satu wisata yang terkenal di Wonogiri. Pasti sebagian dari kamu sudah sering mendengar tentang wisata Wonogiri satu ini, ya. Tak hanya menyajikan pemandangan yang menyegarkan mata, juga terdapat berbagai fasilitas menarik yang bisa kamu nikmati di Waduk Gajah Mungkur diantaranya boat dan jetski. Kamu bisa langsung menuju Waduk Gajah Mungkur di daerah Sendang, Kabupaten Wonogiri.

2 dari 4 halaman

Obyek Wisata Wonogiri

Berikut ini sederet wisata Wonogiri lainnya. Pastinya juga menyuguhkan panorama yang juga sangat indah. Gulir ke bawah, yuk!

1. Pantai Nampu

Pantai memang menjadi salah satu destinasi favorit untuk berwisata. Wonogiri juga memiliki sederet pantai yang indah, salah satunya Pantai Nampu. Hamparan pasir putih dengan batuan karang yang masih terjaga menjadi daya tarik dari wisata Wonogiri ini. Selain itu, ada sekitar tiga titik pantai yang dipisahkan dengan gundukan daratan yang bisa kamu temui di Pantai Nampu.

2. Telaga Claket

      View this post on Instagram      

A post shared by Winda Oktavia Dewi (@winda_o.d) on

Telaga Claket ini juga menawarkan pemandangan alam yang tak kalah indah. Terletak di kaki Bukit Widodaren, suasana di telaga ini masih terkesan alami dengan perbukitan yang mengelilingi Telaga Claket. Bunga berwarna-warni di sisi timur telaga juga semakin memperindah wisata Wonogiri satu ini. Buat kamu yang ingin bersantai sembari menikmati keindahan Telaga Claket, juga tersedia beberapa gazebo yang bisa kamu gunakan.

3. Arena Papan Luncur Olahraga Gantole

Bila kamu ingin merasakan keseruan olahraga gantole dan paralayang, Wonogiri juga memiliki tempat khusus untuk olahraga ini. Arena papan luncur ini berada di bukit Desa Sendang. Di wisata Wonogiri satu ini, ada dua tingkat ketinggian yang bisa kamu pilih yakni ketinggian 400 meter dan 200 meter.

3 dari 4 halaman

Wisata Wonogiri Terbaru

Wisata Wonogiri yang terbaru pun juga sangat menarik. Pesonanya tak kalah dengan beragam destinasi wisata lainnya. Yuk, simak beragam wisata Wonogiri yang terbaru di bawah ini!

1. Air Terjun Kalimas

Air Terjun Kalimas bisa terbilang sebagai destinasi wisata baru di Wonogiri yang dibuka tahun 2017 silam. Wisata Wonogiri ini memiliki ketinggian sekitar 1o meter. Airnya yang berwarna biru terlihat sangat menyegarkan dan membuat kamu serasa ingin berenang. Lokasinya yang berada tak jauh dari pusat kota menjadikan Air Terjun Kalimas ini relatif mudah dijangkau.

2. Puncak Joglo

      View this post on Instagram      

A post shared by Irma Novita Damayanti (@irmahartono_) on

Puncak Joglo juga merupakan salah satu destinasi wisata Wonogiri yang populer dan terkenal. Pemandangan indah Gunung Cancep menjadi suguhan utama dari Puncak Jogle. Panorama ini akan semakin cantik lagi di sore hari ketika matahari terbenam. Tak heran jika banyak wisatawan yang biasanya menunggu hingga menjelang sore untuk menikmati panorama sunset dari Puncak Joglo.

3. Bukit Jonambang

Selain Puncak Joglo, Bukit Jonambang juga bisa menjadi spot menarik menikmati panorama matahari terbenam. Lokasi wisata Wonogiri yang hits ini terletak di Watuagung, Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri. Pemandangan Waduk Gajah Mungkur dan Gunung Merapi dari kejauhan juga sangat mempesona jika disaksikan dari atas bukit ini. Semakin menarik lagi, Bukit Jonambang juga dilengkapi dengan gardu pandang yang bisa jadi spot foto yang ciamik.

4 dari 4 halaman

Wisata Alam Wonogiri

Wonogiri memiliki panorama lama yang indah. Tak heran jika sebagian besar wisatanya berfokus pada wisata alam. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Pantai Banyutowo

Menikmati air terjun dan pantai dalam satu tempat bisa kamu rasakan di Pantai Banyutowo. Adanya air terjun yang langsung mengarah di pantai menjadi keunikan tersendiri dari wisata Wonogiri satu ini. Air terjun ini sebenarnya merupakan air tawar yang terjatuh dari bebatuan karang yang terletak di bibir pantai.

Tebing-tebing di sekitarnya juga semakin menambah keindahan Pantai Banyutowo. Lokasi Pantai Banyutowo sendiri berada di Gudangharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri.

2. Bukit Cumbri

      View this post on Instagram      

A post shared by pendakiindonesia.com (@pendakiindonesia) on

Bukit Cumbri ini menyajikan panorama yang indah dari ketinggian. Letaknya sendiri berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan jawa Timur. Ciri khas dari wisata Wonogiri ini yakni adanya sebuah batu yang berada di tebing bukit. Saat cuaca cerah, kamu bisa menyaksikan keindahan alam Wonogiri dengan lebih jelas. Bukit Cumbri juga menjadi salah satu wisata yang populer di daerah Wonogiri.

3. Air Terjun Jurug Kemukus

Tak hanya pantai saja, Wonogiri juga menyuguhkan beragam air terjun yang bisa kamu nikmati. Termasuk juga Air Terjun Jurug Kemukus. Wisata Wonogiri satu ini terletak di Dusun Ngijo, Desa Purwoharjo, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Wonogiri. Meski untuk mecapainya membutuhkan tenaga yang ekstra karena medannya yang cukup susah, tapi semua itu sebanding dengan pemandangan mempesona yang akan kamu dapatkan saat sampai di air terjun ini.

Itu dia sederet wisata Wonogiri yang terbaru sekaligus terkenal. Selemat liburan!

 

Beri Komentar