12 Destinasi Tempat Wisata Jember yang Terbaru sekaligus Rekomendasi Kulinernya

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 10 Januari 2020 22:34
12 Destinasi Tempat Wisata Jember yang Terbaru sekaligus Rekomendasi Kulinernya
Berencana Berlibur ke Jember? Cek dulu yuk destinasi tempat wisata di Jember dan kulinernya!

Saat mendengar kata Jember, apa nih yang langsung terlintas di pikiranmu? Jember Fashion Carnival? Memang, agenda internasional satu ini menjadi salah satu daya tarik dari Jember. Sebenarnya, nggak hanya itu saja, Jember juga memilki beragam potensi wisata yang tak kalah memikat yang juga menjadi daya tarik lainnya.

Wisata alam memang sangat dominan di Jember. Sebut saja seperti pantai, air terjun, hingga perkebunan teh bisa kamu jumpai di kabupaten ini. Beberapa destinasi di bawah ini juga bisa menjadi rekomendasi untuk liburanmu selanjutnya. Sebagaimana dilansir dalam berbagai sumber (10/01), kita simak yuk apa saja destinasi wisata Jember sekaligus kulinernya.

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Jember

Berbicara tentang tempat wisata di Jember, memang sangat beragam jenisnya. Dari alam hingga sejarah seperti museum bisa kamu explore saat berwisata di kabupaten satu ini. Berikut ini beberapa tempat wisata yang menarik buat kamu kunjungi.

1. Museum Huruf

Destinasi wisata Jember ini masih tergolong baru. Di museum huruf ini, kamu akan diajak mengenal berbagai aksara dan huruf yang berasal dari berbagai daerah bahkan sampai mancanegara. Beberapa diantaranya seperti aksara nusantara, aksara dari Yunani, huruf braile, dan masih banyak lagi lainnya. Museum menarik ini berlokasi di Jl. Bengawan Solo No.27, Tegal Boto Lor, Sumbersari, Kabupaten Jember dan buka mulai dari jam 10 pagi sampai dngan 6 sore.

2. Air Terjun Tancak

      View this post on Instagram

A post shared by • human • (@jn_fernando) on

Wisata alam lainnya yang nggak boleh ketinggalan buat kamu kunjungi yaitu Air Terjun Tancak. Air yang sejuk dan jernih dpadukan dengan panorama hijau di sekitarnya menjadi kombinasi yang sempurna dari wisata Jember satu ini. Tapi, siapkan fisik untuk menjelajah ya karena lokasi Air Terjun Tancak yang masih tersembunyi membuat wisata satu ini masih minim akses.

3. Kebun Teh Gunung Gambir

Jika Malang mempunyai Bukit Kuneer, hampir serupa, Jember juga memiliki wisata Kebun Teh Gunung Gambir. Tetap mengusung tema tea walk, kamu bisa menyaksikan hamparan perkebunan teh dengan udara yang segar khas pegunungan. Jangan lewatkan juga untuk berfoto cantik di kawasan ini ya karena wiaata Kebun Teh Gunung Gambir juga menyediakan beberapa spot foto menarik yang instagenik seperti spot foto berbentuk bintang raksasa misalnya.

2 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Jember

Wisata kuliner juga bisa menjadi alternatif buat kamu yang sedang berlibur di Jember. Nah, berikut ini kami sajikan beberapa destinasi wisata kuliner yang populer dan melegenda di Jember. Bisa nih kamu mampir ke destinasi di bawah ini saat ke Jmeber.

1. Depot Es Krim Domino

Mencari yang segar-segar dan manis di Kota Jember, kamu bisa mampir ke Depot Es Krim Domino. Depot es krim ini sudah cukup melegenda dan berdiri sejak 50 tahun silam. Depot Es Krim Domino menawarkan berbagai varian es krim hingga 40 rasa. Wow, menarik banget kan? Mulai dari rasa coklat, vanilla, blueberry dan berbagai rasa lainnya bisa kamu nikamti di depot satu ini.

2. Kafe Kolong

      View this post on Instagram

A post shared by Guide Malang (@guidemalang) on

Kafe Kolong ini memang tergolong unik karena berlokasi di bawah kolong jembatan, tepatnya Jembatan Jarwo. Eits, tapi jangan salah meski tempatnya di bawah kolong jembatan kafe ini sangat nyaman dan juga menjadi ikon sentra kuliner di kabupaten Jember. Makanan di kawasan ini juga cukup beragam dan terjangkau. Mulai dari camilan hingga makanan berat bisa kamu temukan di Kafe Kolong.

3. Sate Pak Malud

Salah satu kelemahan sate kambing jika nggak diolah dengan cara yang tepat, biasanya kuliner ini agak alot dan beraroma menyengat. Tapi, kamu nggak perlu khawatir hal itu terjadi saat menyantap sate kambing di Pak Malud ini. Nah, jika kamu kurang berminat dengan sate kambing, kamu juga bisa kok memesan sate ayam yang juda tersedia di tempat ini. Untuk jam operasionalnya sendiri, sate Pak Malud mulai buka dari jam 5 sore sampai 10 malam.

3 dari 4 halaman

Wisata Rembangan Jember

Berada di area pegunungan membuat Wisata Rembangan Jember memiliki panorama alam yang indah dengan udara yang sejuk khas pegunungan sebagai pelengkap. Wisata Rembangan Jember bisa dibilang sebagai paket lengkap yang menawarkan beberapa wisata dalam satu kawasan. Berikut ini beberapa tempat menarik yang ada di kawasan wisata Jember satu ini.

1. Kolam Pemandian

Kolam pemandian di kawasan Wisata Rembangan Jember cukup variatif dengan menyediakan kolam untuk anak-anak dan dewasa. Nah, cocok banget kan jika kamu ingin berenang bersama keluarga dan mengajak si kecil? Sambil berenang, kamu juga bisa menikmati suasana pegunungan sekitar yang asri.

2. Puncak Rembangan

      View this post on Instagram

A post shared by inaya (@nayaemonn) on

Tempat ini sangat cocok buat kamu yang ingin menenangkan pikiran dan menjauh sejenak dari hiruk-pikuk kota. Di Puncak Rembangan, kamu bisa merasakan kedamaian dengan mendengarkan suara alam seperti kicau burung dan desir angin serta memandang panorama indah di depan mata.

Sambil menikmati keindahan alam, kamu juga bisa sembari menyantap kuliner lokal yang berada di sekitar kawasan wisata Jember ini. Tak hanya menarik di siang hari saja, malam hari pun Puncak Rembangan juga menawarkan keindahan yang sama cantiknya. Di malam hari, kamu bisa melihat gemerlap lampu kota Jember dari atas kawasan ini.

3. Agrowisata

Kawasan ini juga menyediakan agrowisata buat kamu yang ingin merasakn langsung sensasi memetik atau memakan buah di tempatnya. Selain itu. kamu juga bisa belajar mengenai pembudidayaan dari buah-buah tersebut. Perkebunan di kawasan ini terdiri dari perkebunan kopi, durian, dan buah naga. Lumayan seru kan, kamu bisa berwisata sambil belajar tentang pembudidayaan buah?

Bila kamu ingin berlama-lama dan menginap di kawasan ini, Wisata Rembangan Jember juga memiliki akomodasi yang cukup lengkap seperti tempat menginap dengan berbagai pilihan. Fasilitas yang ditawarkan juga nggak kalah lengkap dan menarik seperti area bermain anak, tempat olah raga, dan juga restoran.

4 dari 4 halaman

Destinasi Wisata Jember

Melihat panorama bentang alam dari ketinggian memang selalu memberikan kesan tersendiri. Jika kamu juga tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata yang serupa, berikut ini beberapa rekomendasi wisatanya. Langsung cek ke bawah ya.

1. Puncak S89

Puncak S89 juga menjadi destinasi wisata alam lainnya yang menawarkan panorama bentang alam Kota Jember dari ketinggian. Dari atas puncak ini, kamu juga bisa melihat keindahan Gunung Argopuro dan Gunung Raung di sisi yang lainnya. Sore dan pagi hari menjadi waktu terbaik untuk berkunjung ke wisata Jember ini. Pasalnya, pada waktu itu kamu bisa menyaksikan keindahan sunrise dan sunset yang cantik dari puncak ini. Keren abis!

2. Payangan

      View this post on Instagram

A post shared by selviana rahmawati (@selpi_c) on

Wisata Payangan ini menyuguhkan hal yang cukup berbeda sekaligus menakjubkan dalam satu waktu. Di Payangan, kamu bisa menikmati empat bukit sekaligus yaitu Bukit Seroyo, Bukit Seruni, Bukit Sarat, dan Bukit Samboja. Keren, kan? Nggak sampai di situ saja, kamu juga bisa melihat panorama Pantai Payangan dari atas kawasan ini.

3. Wana Wisata Simbat

Perpaduan wisata alam dengan spot foto kekinan juga bisa kamu jumpai di Jember, salah satunya di destinasi wisata Wana Wisata Simbat. Panorama alam kehijauan yang memikat bisa kamu nikmati dari kawasan ini. Di tambah lagi dengan berbagai wahana seperti flying fox dan taman bunga semakin melengkapi destinasi wisata Jember satu ini.

Begitulah rekomendasi destinasi wisata serta kuliner di Jember yang menarik untuk dijelajahi. KIra-kira kamu udah pernah berkunjung ke destinasi di atas, belum? Tulis di kolom komentar, ya!

Beri Komentar