12 Tempat Wisata Baturaden Purwokerto yang Terbaru dan Populer 2019

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 30 Januari 2020 22:42
12 Tempat Wisata Baturaden Purwokerto yang Terbaru dan Populer 2019
Tempat wisata Baturaden memang menarik ya. Berikut ini sederet tempat wisata Baturaden yang populer dan terbaru!

Sebagian dari kita pasti sudah sering mendengar ya tentang wisata Baturaden. Wisata Baturaden ini merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di daerah Banyumas, Jawa Tengah. Memiliki panorama alam yang mempesona dengan udaranya yang sejuk, tak heran jika kawasan ini menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan saat berkunjung ke Banyumas.

Wisata Baturaden sendiri terletak di lereng Gunung Slamet, tepatnya di sisi selatan. Banyak beragam wisata yang juga tak kalah menarik di sekitar kawasan ini. Nah, berikut ini sederet tempat wisata Baturaden yang terbaru dan wajib kamu kunjungi sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber (30/01). Yuk, gulir ke bawah untuk lebih lanjutnya!

1 dari 4 halaman

Obyek Wisata Baturaden

Baturaden menawarkan sederet destinasi wisata dengan panorama yang indah. Ini dia beberapa rekomendasi destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi saat berwisata ke Baturaden. Cek, yuk!

1. Lokawisata Baturaden

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh ???????????????????? ???????????????????? (@irmansyach_) pada

Menggabungkan konsep wisata alam dan modern, Lokawisata Baturaden menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di kawasan Baturaden dan juga cocok sebagai wisata keluarga. Karena, di Lokawisata Baturaden ini kamu bisa menjumpai beragam fasilitas dan wahana untuk rekreasi keluarga sekaligus juga ramah anak. Beberapa wahana yang ditawarkan yakni sepeda air, kolam renang lengkap dengan papan seluncur, pemandian air panas, hingga sepeda air. Lokasinya yang terletak di Gunung Slamet juga membuat wisata Baturaden ini memiliki panorama yang mempesona dengan hawa yang sejuk.

2. Desa Wisata Ketenger

Buat kamu yang ingin berwisata budaya, Desa Wisata Ketenger adalah pilihan yang tepat. Desa ini terletak di wilayah Baturaden, tepatnya berada di Dusun II Ketenger, Ketenger, Baturaden, Banyumas. Di wisata Baturaden ini, kamu akan disuguhi panorama alam yang memukau dengan beragam kesenian tradisional yang masih terjaga.

Di Desa Wisata Ketenger, kamu bisa menikmati beragam kesenian menarik seperti Sitera, Begalan, wayang kulit khas Banyumasan, Lengger Calun, dan masih banyak lagi kesenian tradisional lainnya. Tak hanya kamu bisa belajar tentang budayanya, kamu juga bisa sekalian belajar tentang sejarah. Di sini, ada beberapa situs bersejarah peninggalan masa penjajahan seperti rel lori dan Waduk Ketengger.

3. Curug Gumawang

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Amin Bellet (@aminbellet) pada

Masih berada di dalam Lokawisata Baturaden, kamu juga bisa mengunjungi air terjun cantik ini. Air Terjun Gumawang atau Curug Gumawang memiliki ketinggian kurang lebih 25 meter. Tentang keindahannya, salah satu tempat wisata Baturaden ini enggak perlu diragukan lagi. Airnya yang sangat jernih yang berasal dari mata air Gunung Slamet memang terasa sangat menyegarkan. Ditambah lagi dengan panorama sekitar air terjun ini yang hijau semakin membuat Curug Gumawang nampak asri.

2 dari 4 halaman

Wisata Baturaden Purwokerto

Beragam destinasi wisata berikut ini juga bisa kamu jadikan opsi lainnya. Dimana saja itu? Langsung gulir ke bawah, ya!

1. Curug Telu

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Amin Bellet (@aminbellet) pada

Seperti namanya, Curug Telu memiliki tiga aliran air dalam satu kawasan meski ketiganya memiliki ukuran yang berbeda-beda. Telu sendiri dalam bahasa Jawa berarti tiga. Berada di daerah pegunungan membuat wisata Baturaden ini memiliki panorama yang menawan. Udara sejuk khas pegunungan juga bisa kamu nikmati saat berkunjung ke Curug Telu. Selain bermain air dan berenang, kamu juga bisa lho memancing di curug ini. Aksesnya yang semakin mudah juga membuat Curug Telu semakin banyak diminati wisatawan.

2. Sumber Air Panas Pancuran Tujuh (Pancuran Pitu)

Tempat wisata Baturaden berikutnya yakni Sumber Air Panas Pancuran Tujuh. Sesuai dengan namanya yang bernama pancuran tujuh atau dalam bahasa Jawa disebut pancuran pitu, wisata Baturaden ini memiliki tujuh buah pancuran alami yang berasal dari Gunung Slamet.

Air panas di kawasan ini juga mengandung belerang yang dipercaya efektif untuk menyembuhkan penyakit kulit dan dan tulang atau rheumatik. Lokasi Sumber Air Panas Pancuran Tujuh yang berada di tengah hutan pinus dan damar membuat tempat wisata ini memiliki panorama yang indah.

3. Telaga Sunyi

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh PURWOKERTO INSTAGRAM GALLERY (@instapurwokerto) pada

Buat kamu yang ingin bersantai dan refreshing sejenak, Telaga Sunyi ini bisa jadi tempat yang pas. Sesuai namanya, salah satu wisata Baturaden ini terletak di suatu kawasan yang sunyi. Panorama yang menyegarkan mata dengan pepohonan besar yang rindang di sekelilingnya juga bakal membuatmu betah berlama-lama. Telaga Sunyi memiliki kedalaman mencapai 3 meter. Jadi, kamu harus berhati-hati ya jika ingin berenang di kawasan ini.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata Baturaden

Selain destinasi wisata di atas, beberapa wisata di bawah ini juga enggak kalah menarik, lho. Yuk, cek di bawah ini.

1. Kebun Raya Baturaden

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh aston sartono (@astonsartono) pada

Kebun Raya Baturaden bisa menjadi pilihan wisata menarik bersama keluarga. Lokasinya yang searah dengan Lokawisata Baturaden juga membuat tempat wisata ini mudah ditemukan. Selain sebagai tempat rekreasi, Kebun Raya Baturaden juga bisa menjadi sarana edukasi, terutama tentang tanaman. Di dalamnya kamu bisa menjumpai beragam tanaman seperti anggrek, tanaman merambat, tanaman perdu, liliana, hingga pepohonan besar.

Kamu juga enggak perlu khawatir untuk mengajak si kecil ke destinasi wisata satu ini. Pasalnya, Kebun Raya Baturaden menyuguhkan beragam wahana permainan anak-anak yang menarik. Pastinya, si kecil tak akan bosan jika berkunjung ke wisata Baturaden satu ini.

2. Sumber Air Panas Pancuran Tiga (Pancuran Telu)

Wisata selanjutnya kita beralih ke sumber air panas. Sebenarnya, Sumber Air Panas Pancuran Tiga atau Telu ini secara bentuk dan karakteristik mirip dengan Sumber Air Panas Pancuran Pitu, hanya saja memiliki jumlah pancuran yang lebih sedikit.

Di sini, kamu juga bisa mecoba jasa pijat tradisional dengan mandi lumpur belerang yang bermanfaat untuk kulit. Nah, kamu bisa juga lho membawa lumpur ini pulang karena tempat wisata Baturaden satu ini juga menyediakan lumpur belerang dalam kemasan botol. Bagaimana, tertarik mencoba?

3. Teater Alam Baturaden

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh TXTRAVELMDS (@txtravelmds) pada

Buat kamu yang ingin merasakan pengalaman menonton film dengan sensasi berbeda, nah kamu harus coba Teater Alam Baturaden. Pesawat jenis Foxer 28 milik maskapai Garuda Indonesia ini disulap menjadi teater mini yang terletak di samping pintu masuk Lokawisata Baturaden. Dengan harga tiket yang cukup terjangkau, kamu sudah bisa merasakan sensasi menonton bioskop mini di dalam pesawat. Menarik, ya.

4 dari 4 halaman

Wisata Baturaden Terbaru

Tempat wisata Baturaden yang terbaru pun juga enggak kalah memukau dengan beragam wisata lainnya. Bisa nih jadi rekomendasi liburan kamu selanjutnya!

1. Curug Bayan

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh CURUG BAYAN (@curug_bayan) pada

Baturaden memang memiliki beragam air terjun yang bis akamu kunjungi. Salah satunya Curug Bayan. Wisata Baturaden ini sangat cocok menjadi destinasi wisata alam bersama keluarga karena cukup dangkal dan arusnya pun nggak begitu kuat. Selain itu, tak jauh dari lokasi kamu juga bisa menjumpai jembatan peninggalan Belanda dan dam Jepang yang masih berdiri kokoh sampai sekarang. Suasana sekitar curug ini juga sangat menenangkan dengan panorama yang asri dan suara gemericik air dari Curug Bayan.

2. Curug Bidadari

Berbeda dengan curug atau air terjun sebelumnya, Curug Bidadari ini berada di lokasi yang cukup tersembunyi. Perjalanan ke wisata Baturaden ini pun cukup menantang. Meski seperti itu, di sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi dengan panorama pegunungan dan pepohonan yang indah dan rindang. Curug yang berada di Desa Karangsalam ini juga memiliki ciri khas tersendiri yakni pintu masuknya yang berbentuk menyerupai gua. Menarik, ya.

3. Taman Miniatur Dunia Small World

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh SMALL WORLD PURWOKERTO (@smallworld.tmd) pada

Buat kamu yang hobi berfoto, wisata Baturaden ini bisa kamu masukkan ke daftar liburanmu. Taman Miniatur Dunia Small World menyuguhkan replika beragam landmark dunia seperti Colosseum, Patung Liberty, Menara Petronas, Kincir Angin Belanda, Menara Eiffel, Menara Pisa dan masih banyak lagi bangunan ikonik dunia lainnya.

Tak hanya kamu bisa berfoto di landmark dunia, di wisata Pekalongan ini juga terdapat taman bunga cantik yang nggak kalah menarik untuk dijadikan spot foto. Jika kamu tertarik, kamu bisa langsung mengunjungi Taman Miniatur Dunia Small World ini di Jl. Raya Baturaden Barat No. 270, Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden.

Nah, jadi seperti itulah 12 tempat wisata Baturaden yang terbaru sekaligus menarik untuk kamu kunjungi. Bagaimana, kamu tertarik berkunjung ke destinasi wisata Baturaden yang mana nih?

Beri Komentar