12 Tempat Wisata Mojokerto Jawa Timur yang Populer dan Wajib Dikunjungi

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 3 Februari 2020 22:58
12 Tempat Wisata Mojokerto Jawa Timur yang Populer dan Wajib Dikunjungi
Tempat wisata Mojokerto berikut ini bisa jadi destinasi yang menarik untuk liburanmu! Simak di sini, ya.

Jawa Timur memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk disinggahi. Tak terkecuali salah satu kabupatennya yakni Mojokerto. Banyak destinasi wisata yang bisa kamu explore di kabupaten ini. Tak hanya alam, namun juga budaya dan sejarah. Terutama situs candi yang bisa dengan mudah kamu jumpai di Mojokerto.

Bagi kamu yang tertarik untuk berwisata ke Mojokerto dan merencanakan menghabiskan liburan di sana ada beragam destinasi wisata yang menarik untuk kamu kunjungi. Penasaran apa saja destinasi wisatanya? Melansir dari beragam sumber (03/02), langsung saja yuk kita simak sederet tempat wisata Mojokerti yang wajib kamu kunjungi dan populer di bawah ini. Yuk, gulir ke bawah, ya.

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Mojokerto

Mojokerto menawarkan beragam wisata yang beragam dan menarik. Di bawah ini beberapa rekomendasi tempat wisata Mojokerto yang wajib kamu kunjungi. Yuk, gulir ke bawah ya.

1. Mahavihara Majapahit

      View this post on Instagram

A post shared by Amazing Mojokerto (@amazingmojokerto_) on

Wisata Mojokerto yang pertama yakni mahavihara Majapahit. Berbeda dengan kebanyakan vihara yang mengusung bangunan khas Tionghoa, Mahavihara Majapahit ini sedikit berbeda dengan mengusung bangunan khas tradisional Jawa. Selain keunikannya, vihara ini juga sangat populer di kalangan wisatawan karena adanya patung Buddha tidur yang berukuran raksasa.

Patung Budda tidur yang menarik ini memiliki warna emas yang indah. Lokasi Mahavihara Majapahit dengan patung Buddha tidur yang ikonik ini terletak di Jl. Raya Trowulan, Dusun Siti Inggil, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Mojokerto.

2. Pemandian Ubalan

Pemandian Ubalan ini bisa jadi pilihan wistaa yang tak kalah menarik di Mojokerto. Di wisata Mojokerto ini kamu bisa menikmati keindahan panoramanya sembari menaiki becak air keliling kolam. Pemandian Ubalan ini juga ramah anak-anak. Jadi, kamu tak perlu khawatir untuk mengajak si kecil untuk berwisata ke tempat ini. Jika kamu tertarik mengajak keluarga berwisata ke pemandian ini, kamu bisa langsung menuju desa Made, Kecamatan Pacet, kabupaten Mojokerto.

3. Candi Bajang Ratu

      View this post on Instagram

A post shared by view mojokerto (@viewmojokerto) on

Kabupaten Mojokerto memiliki beragam situs candi yang juga tak kalah menarik untuk dijadikan destinasi wisata. Salah satunya Candi Bajang Ratu. Wisata satu ini terletak di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Candi ini memiliki bentu bangunan yang menarik dengan bagian atas berbentuk limas yang berujung tumpul. Pemandangan sekitar salah satu wisata Mojokerto ini juga cukup asri dengan rerumputan hijau dan deretan pohon yang rindang.

2 dari 4 halaman

Wisata Pacet Mojokerto

Pacet adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Kamu juga bisa nih berkunjung ke beberapa destinasi wisata di kecamatan ini. Pastinya destinasi wisatanya juga tak kalah menarik dengan wisata lainnya di Mojokerto. Simak selengkapnya di bawah, ya.

1. Air Terjun Canggu

      View this post on Instagram

Tiap pagi viewnya gini kan enak.. #airterjuncanggu #cobancanggu #mojokerto

A post shared by Mitha Karima Dewi (@kadewi_) on

Air terjun Canggu terletak di Desa Padusan, Kecamatan Pacet. Sedikit berbeda dengan air terjun kebanyakan yang memiliki dinding air yang cerah, Air Terjun Canggu ini memiliki dinding air yang berwarna hitam. Udara sekitar wisata Mojokerto ini juga sangat sejuk. Saat tiba di Air Terjun Canggu, siap-siap kamu akan disambut dengan panorama alam yang indah dengan tetumbuhan hijau di sekitarnya.

2. Pemandian Air Panas Padusan

Bila kamu mencari destinasi wisata keluarga, Pemandian Air Panas Padusan ini bisa menjadi salah satu destinasi yang patut kamu coba. Berendam air panas juga bisa membuat tubuh menjadi rileks setelah aktivitas yang cukup padat. Pas banget kan untuk berwisata akhir pekan. Di kecamatan ini, sebenarnya ada dua lokasi pemandian air panas. Tapi, Pemandian Air Panas Padusan ini yang paling terkenal.

3. Sendi Adventure Pacet

      View this post on Instagram

A post shared by it's me vele (@vevalyxx) on

Wisata Mojokerto yang ada di desa Pacet ini bisa dikatakan masih tergolong baru. Karena, Sendi Adventure Pacet ini baru dibuka tahun 2017 silam. Panorama yang indah dan sejuk siap menyambutmu saat sampai di wisata Mojokerto satu ini.

Terletak di bibir jurang, Sendi Adbventure Pacet tak hanya menyuguhkan pemandangan yang indah tapi juga gardu pandang dan bergam spot foto yang menarik. Cocok banget nih buat kamu yang doyan foto. Fasilitasnya pun juga cukup memadai seperti toilet, musholla, hinga camping ground bisa kamu temui di Sendi Adventure Pacet.

4. Air Terjun Grenjengan

Tak hanya Air Terjun Canggu saja yang bisa kamu temui di Pacet, tapi juga ada air terjun lainnya yang ngak kalah menarik yakni Air Terjun Grenjengan. Lokasi wisata Mojokerto satu ini juga cukup dekat dengan Pemandian Air Panas Padusan dan Air Terjun Canggu. Nah, bisa nih sekali jalan kamu mengunjungi tiga wisata sekaligus.

Untuk mencapai Air Terjun Grenjengan ini lokasinya cukup jauh dan kamu harus menyusuri jalan setapak lebih dulu. Meski seperti itu, kamu akan disuguhi dengan panorama air terjun yang indah. Terlebih, letaknya yang berada di lereng Gunung Welirang membuatnya memiliki udara yang sejuk.

3 dari 4 halaman

Wisata Trawas Pacet Mojokerto

Seperti Pacet, Trawas juga merupakan salah satu kecamatan di Mojokerto. Yuk, kita intip beragam destinasi wisata menarik di kecamatan ini.

1. Petirtaan Jolotundo

      View this post on Instagram

A post shared by EXPLORE MOJOKERTO (@wisata_mojokerto) on

Pertitaan Jolotundo merupakan salah satu situs sejarah yang dibuat pada zaman Airlangga atau Kerajaan Kahuripan. Pertitaan ini terbuat dari batu andesit yang dipahat secara halus dengan panjang sekitar 16,85 meter dan kedalaman 5,20 meter. Jika kamu ingin mengunjungi salah satu wisata Mojokerto ini, kamu bisa langsung berkunjung ke desa Seloliman, Kecamatan Trawas.

2. Air Terjun Dlundung

Terletak di lereng Gunung Welirang, Trawas juga memiliki air terjun yang tak kalah indah. Letaknya sendiri berada di desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas. Nuansa alami juga sangat terasa di kawasan ini. Lebih lengkapnya lagi, di sekitar Air Terjun Dlundung ini kamu bisa menjumpai beragam hotel dan villa. Ada juga bumi perkemahan buat kamu yang ingin merasakan sensasi langsung menginap di alam bebas.

3. Gunung Penanggungan

      View this post on Instagram

A post shared by GN. PENANGGUNGAN & BEKEL (@penanggungan_bekel) on

Buat kamu yang penggemar mendaki gunung, kamu juga bisa mencoba menaklukkan Gunung Penanggungan yang ada di Mojokerto ini. Gunung ini memiliki ketinggian 1.653 meter mdpl dan membutuhkan waktu sekitar tiga sampai enam jam pendakian untuk sampai ke puncaknya.

Jalurnya pun juga cukup mudah. Jadi, buat kamu yang pemula kamu juga bisa mencoba. Selain kamu akan disuguhi dengan panorama yang indah, kamu juga bisa menjumpai banyak candi dan peninggalan sejarah lainnya di kawasan gunung ini.

4. PPLH Seloliman Trawas

Wisata Mojokerto yang berada di Trawas lainnya yakni PPLH atau Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup Seloliman. Seperti namanya, destinasi wisata ini terletak di desa Seloliman, Trawas, Mojokerto.

PPLH Seloliman ini menjadi salah satu wisata edukasi untuk mengenal lingkungan. Di kawasan ini ada beragam fasilitas seperti pusat kuliner, penginapan, dan area outbond yang membuatnya semakin lengkap.

4 dari 4 halaman

Wisata Desa Mojokerto

Tak hanya menghadirkan wisata alam dan sejarah saja, Mojokerto juga memiliki wisata budaya. Salah satunya yakni Wisata Desa Bumi Mulyo Jati Mojopahit atau biasanya disebut dengan Wisata Desa BMJ Mojopahit. Wisata Mojokerto satu ini terletak di kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto.

Banyak beragam aktivitas dan juga fasilitas yang ditawarkan. Seperti diantaranya beragam kolam renang mulai dari balita hingga dewasa, aneka permainan untuk anak, penginapan area outbound, area camping, dan masih banyak lagi fasilitas menarik lainnya.

Tempat wisata ini juga sangat cocok untuk anak-anak. Karena, Wisata Desa BMJ Mojokerto ini juga menyediakan program menarik seperti character building, cooking class, edukasi coklat, dan lainnya yang bisa menambah wawasan si kecil dengan cara yang menarik.

Jadi, itu dia berbagai tempat wisata Mojokerto yang populer sekaligus juga wajib kamu kunjungi. Semoga membantu ya dan selamat berlibur!

Beri Komentar