12 Tempat Wisata Pangandaran Lengkap dengan Paketnya 2019

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 17 Januari 2020 16:49
12 Tempat Wisata Pangandaran Lengkap dengan Paketnya 2019
Berikut tempat wisata Pangandaran sekaligus paketnya.

Jawa Barat memang terkenal dengan deretan wisatanya. Tak terkecuali juga Pangandaran. Salah satu kabupaten di Jawa Barat ini memiliki berbagai destinasi wisata yang bisa menjadi opsi menarik menghabiskan liburan. Memiliki panorama alam yang indah, tak heran jika wisata alam mendominasi wilayah pangandaran. Tak hanya menikmati keindahan alamnya, juga banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di kabupaten ini. Salah satunya rafting.

Bila kamu tertarik berwisata ke Pangandaran, beberapa destinasi dan paket wisata berikut ini bisa menjadi pilihan. Seperti yang dirangkum dari berbagai sumber (17/01), ini dia beragam tempat wisata sekaligus paketnya yang menarik di Pangandaran. Simak selengkapnya di bawah ya.

1 dari 4 halaman

Paket Wisata Pangandaran

Salah satu opsi menarik saat liburan yaitu dengan menggunakan paket wisata. Tak terkecuali di Pangandaran. Banyak pilihan paket wisata dengan beragam fasilitas yang ditawarkan. Nah, berikut ini beberapa diantaranya.

1. Paket Wisata Pangandaran One Day Tour

Ilustrasi traveling

Menjelajahi beberapa destinasi wisata Pangandaran selama seharian bisa kamu lakukan dengan memilih paket wisata Pangandaran One Day Tour. Dengan merogoh kocek sekitar Rp. 160 ribu sampai Rp. 299 ribu kamu bisa menikmati sederet destinasi dan mencoba aktivitas seru yang ditawarkan. Diantaranya seperti rafting di Green Canyon, snorkeling di Batu Layar, mengunjungi penangkaran penyu dan berbagai aktivitas menarik lainnya. Tapi, hal ini pastinya tergantung dengan pilihan wisata agen perjalanan yang kamu pilih ya.

2. Paket Wisata Pangandaran Green Canyon dari Jakarta

Buat kamu yang berdomisili di ibukota dan tertarik berwisata ke Green Canyon, paket wisata Pangandaran Green Canyon satu ini bisa kamu coba. Tak hanya ke Green Canyon, paket ini juga menawarkan berkunjung ke wisata Pangandaran menarik di sekitarnya. Beberapa diantaranya yaitu Pantai Pangandaran, Pantai Batu Hiu, Pantai Batu Karas, dan sebagainya.

Paket wisata Pangandaran ini biasanya ditawarkan dengan kisaran harga sekitar Rp. 199 ribu untuk one day trip dan Rp. 500 ribu sampai Rp. 1 juta untuk wisata selama tiga hari dua malam. Pastinya semuanya tergantung dengan jumlah rombongan.

3. Paket Wisata Pangandaran Honeymoon

Ilustrasi berlibur dengan pasangan

Pangandaran juga bisa menjadi destinasi bulan madu yang menarik dan nggak kalah romantis. Untuk itu, beberapa agen perjalanan juga menyediakan paket berbulan madu di Pangandaran. Dengan kisaran harga Rp. 2,3 juta - 2,5 juta per orangnya, kamu dan pasangan bisa menikmati bulan madu selama 2 hari 1 malam di Pangandaran.

Beberapa destinasi wisata yang ditawarkan yakni Green Canyon, Pantai Batu Hiu, Green Canyon sampai melihat sunset yang romantis. Tak sampai di situ, ada juga makan malam romantis yang dipersiapkan untuk kamu dan pasangan. Pastinya, setiap agen perjalanan menawarkan fasilitas yang berbeda ya.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Pangandaran

Seperti yang kita tahu, wisata alam menjadi destinasi wisata utama di Pangandaran. Lalu, destinasi wisata alam apa saja yang menarik di Pangandaran? Yuk, simak.

1. Curug Jambe Anom

Memang cukup banyak air terjun atau curug yang ada di Pangandaran. Curug Jame Anom bisa menjadi salah satu opsi yang menarik untuk dikunjungi. Lokasinya sendiri berada di desa Purbahayi, Pangandaran. Hampir sama dengan curug lainnya yang ada di daerah Pangandaran, Curug Jambe Anom juga menyuguhkan pemandangan air terjun yang indah dengan pemandangan sekitar berupa tanaman hijau yang rindang. Nuansanya yang masih alami menjadi daya tarik dari curug ini.

2. Green Valley Citumang

Selain Green Canyon, Green Valley juga menawarkan pengalaman arung jeram yang tak kalah menarik. Keindahan panorama yang asri dan hijau di sekitar Green Valley juga menjadi daya tarik lain dari kawasan wisata Pnagandaran ini. Green Valley Citumang sendiri merupakan sebuah aliran sungai yang membelah hutan. Jadi, bisa kamu bayangkan kan betapa cantik dan asrinya Green Valley Cituman? Kamu bisa menjumpai wisata Pangandaran yang menarik ini di Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

3. Cagar Alam Pananjung

Ilustrasi cagar alam

Dengan luas sekitar 530 hektar, Cagar Alam Pananjung memiliki koleksi flora dan fauna yang beragam. Termasuk juga spesies langka seperti banteng, rusa, hingga bunga Raflesia. Di kawasan wisata Pangandaran ini juga terdapat beberapa gua yang seru untuk disusuri seperti Gua Sumur Mudal, Gua Lanang, Gua Jepang, Gua Paraf, dan Gua Panggung. Jika kamu kurang tertarik dengan susur gua kamu bisa mengunjungi taman laut dan pantai yang juga bisa kamu jumpai di sekitar cagar alam ini.

4. Gua Sinjang Lawang

Jelajah gua juga bisa menjadi pilihan berwisata yang tak kalah seru di pangandaran. Berada di Dusun Parinengan, Gua Sinjang Lawang menawarkan keindahan gua dengan bentuk yang unik. Hampir sama dengan Gua Jomblang di Gunung Kidul, wisata Pangandaran satu ini juga memiliki secercah cahaya matahari yang memasuki gua. Untuk menuju tempat Gua Sinjang Lawang, kamu bisa mengikuti aliran sungai Cijulang.

3 dari 4 halaman

Objek Wisata Pangandaran

Objek Wisata di Pangandaran memang seru untuk dijelajahi. Setiap wisatanya menawarkan pesona tersendiri yang sangat menarik. Seperti beberapa destinasi di bawah ini.

1. Pepedan Hills

Menyaksikan panorama alam Papandayan dari ketinggian bisa kamu nikmati dari Pepedan Hills. Dari kawasan wisata Papandayan ini kamu akan disuguhi dengan bentang alam hijau yang sangat menyegarkan mata. Tak ketinggalan, Pepedan Hills juga menyediakan spot foto kekinian dengan latar pegunungan yang indah. Salah satu yang favorit yakni spot foto berbentuk kata I love you. Banyak juga aktivitas seru lainnya yang bisa kamu lakukan di wisata Pangandaran ini seperti camping, outbond, higga susur sungai.

2. Cukang Taneuh atau Green Canyon

Cukang Taneuh

Cukang Taneuh sering disebut dengan Green Canyonnya Indonesia. Hal tersebut nggak lepas dari keindahan Green Canyon dengan sentuhan alamnya yang hijau. Awalnya, diyakini sebutan Green Canyon diberikan oleh seorang turis asal Prancis yang berkunjung ke Cukang Taneuh pada 1990-an silam dan terpukau dengan keindahan kawasan wisata Pangandaran ini.

Berjarak sekitar 31 km dari pusat kota Pangandaran, Green Canyon merupakan area sungai dan lembah. Di wisata Pangandaran ini, kamu akan dimanjakan dengan pepohonan yang hijau dan rindang. Airnya yang berwarna hijau juga menjadi daya tarik lainnya dari Green Canyon.

3. Curug Taringgul

Bisa dibilang jika Pangandaran memiliki banyak destinasi yang menarik untuk rafting. Salah satunya Curug Taringgul. Wisata Pangandaran ini berada di Jl. Cibanten, Blok Ciawitali, Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Air terjun yang indah dengan sungai berwarna hijau kebiruan menjadi daya tarik dari Curug Taringgul. Ditambah lagi dengan panorama sekitar yang asri membuatmu akan merasa betah di wisata Pangandaran ini.

4. Sungai Santirah

Selain rafting, river tubing juga bisa jadi alternatif wisata seru di Pangandaran. Salah satu spot menarik untuk river tubing yakni di Sungai Santirah. Kamu bisa menjelajahi wisata Pangandaran ini dengan menaiki ban karet besar. Tebing-tebing di sisi kanan dan kiri sungai dengan tumbuhan hijaunya akan menjadi penyegar saat kamu berkunjung ke Sungai Santirah.

4 dari 4 halaman

Wisata Pantai Pangandaran

Pantai di daerah Pangandaran juga bisa menjadi pilihan wisata alam yang menarik lainnya. Beberapa pantai berikut ini bisa kamu jadikan alternatif liburan. Langsung saja simak di bawah ya!

1. Pantai Batu Hiu

Menjadi salah satu destinasi populer di Pangandaran, Pantai Batu Hiu juga nggak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Pangandaran. Wisata Pangandaran ini dinamai Batu Hiu karena adanya sebuah batu karang di tengah laut yang menyembul mirip seperti sirip hiu.

Pantai Batu Hiu juga sering disebut dengan Tanah Lot-nya Jawa Barat karena  adanya batu karang besar yang sedikit menjorok ke laut. Satu hal yang menarik dari kawasan wisata Pangandaran ini yakni kamu bisa menjumpai beberapa patung besar berbentuk hiu yang sedang membuka mulut. Patung ini juga menjadi spot foto favorit para pengunjung.

2. Pantai Karapyak

Suasana yang sejuk dengan pohon rindang di sekitar menjadi ciri khas dari Pantai Karapyak. Berlokasi di Desa Bagolo, wisata Pangandaran ini dipercantik dengan pasir putih yang memanjang sekitar 5 km dari bibir pantai. Di sekitar Pantai Karapyak, kamu bisa menjumpai deretan karang yang tersebar. Air lautnya yang berwarna bening juga semakin membuat indah wisata Pangandaran satu ini.

3. Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas

Berlokasi di daerah Batu Karas, wisata Pangandaran berupa pantai ini menawarkan suasana tenang dengan gelombang laut yang bersahabat. Pantai Batu Karas juga sangat cocok sebagai lokasi berselancar. Di sini, kamu bisa duduk-duduk sambil menikmati panorama pantai yang indah. Kamu juga bisa menunggu sampai senja datang karena sunset di Pantai Batu Karas juga nggak kalah indah.

4. Pantai Pasir Putih

Seperti namanya, wisata Pangandaran ini memiliki pasir putih yang terhampar di sepanjang pantainya. Dengan airnya yang jernih dan keindahan bawah lautnya, tak heran jika banyak wisatawan yang menjadikan pantai ini sebagai spot snorkeling. Di sekitar kawasan Pantai Pasir Putih juga ada kapal karam yang bisa jadi spot foto menarik.

Salah satu cara menarik untuk mengunjungi Pantai Pasir Putih yakni dengan melewati cagar alam yang berada di sisi barat maupun timur. Sepanjnag perjalanan, kamu bisa menikmati panorama cagar alam yang asri dengan hewan liarnya. Tapi, perlu diingat ya jika tempat ini hanya akan dibuka sampai jam 5 sore.

Jadi, itulah sebelas tempat wisata Pangandaran yang menarik untuk dikunjungi. Sudah mengagendakan ke Pangandaran belum liburan ini?

Beri Komentar