12 Tempat Wisata Salatiga dan Sekitarnya termasuk Kawasan Kopeng serta Ambarawa

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 13 Januari 2020 14:53
12 Tempat Wisata Salatiga dan Sekitarnya termasuk Kawasan Kopeng serta Ambarawa
Yuk, cari tahu beragam destinasi wisata menarik di Salatiga dan sekitarnya.

Kawasan wisata di Jawa Tengah memang tak diragukan lagi ragamnya. Setiap daerahnya memiliki potensi wisata yang sangat menarik untuk dijadikan destinasi liburan. Tak terkecuali Salatiga. Kota ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Semarang dan merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki udara yang sejuk. Hal ini tak lepas dari letaknya yang berada di kaki Gunung Merbabu dan Gunung Telomoyo.

Dulunya pada zaman penjajahan Belanda, kota Salatiga mendapat julukan De schoonnste Staad van Midden Java atau kota terindah di Jawa Tengah. Tak heran jika kota ini memiliki wisata alam yang mempesona dan menjadi daya tarik utama. Berdekatan dengan kota Salatiga, juga terdapat daerah yang juga menyimpan destinasi wisata yang sama menariknya yaitu daerah Ambarawa.

Untuk mengenal lebih juah tentang destinasi wisatanya, berikut ini kami sajikan berbagai tempat wisata menarik di Salatiga dan Ambarawa yang telah dirangkum dari berbagai sumber (13/01). Yuk, simak di bawah ini ya!

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata Salatiga

Banyak wisata alam bisa kamu jumpai di Salatiga. Di bawah ini beberapa rekomendasi destinasi wisata alam yang patut kamu coba saat berkunjung ke Salatiga. Penasaran, dimana saja tempatnya?

1. Bukit Cinta

Bukit Cinta merupakan wisata yang tepat buat kamu yang ingin mencari tempat bersantai di Salatiga. Taman ini menawarkan pemandangan yang asri dengan udara yang sejuk. Sangat cocok buat kamu yang ingin mencari ketenangan dan refreshing sejenak dari aktivitas yang padat.

Kawasan wisata Salatiga ini juga sangat cocok dikunjungi bersama keluarga, terutama bersama anak. Karena, tempat ini juga menawarkan beberapa wahana permainan seperti ayunan, seluncuran, dan lainnya yang ramah untuk anak-anak.

2. Rawa Pening

Rawa Pening

Masih berada satu kawasan dengan Bukit Cinta, kamu juga bisa sekalian mampir ke Rawa Pening. Rawa ini menyuguhkan pemandangan danau yang indah dengan gugusan gunung yang mengelilinginya. Kamu juga bisa menikmati keindahan danau ini dari dekat dengan cara menyewa sampan. Di Rawa Pening, kamu nggak perlu takut kelaparan karena di sekitar area ini banyak sekali warung yang menjajakan kuliner khas Salatiga.

3. Air Terjun Umbul Songo

Air Terjun Umbul Songo menjadi pilihan wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi di Salatiga. Sebenarnya, wisata ini tidak tepat persis di Salatiga, lebih tepatnya di Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Dengan ketinggian sekitar 15 meter, Air Terjun Umbul Songo menyajikan panorama yang mengesankan dengan udara yang segar dan sejuk. Untuk menikmati wisata ini, sayangnya kamu perlu berjalan cukup jauh. Tapi, kamu juga bisa menyewa kuda untuk mengantarmu langsung ke lokasi air terjun ini.

4. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu

Bila kamu tertarik dengan pendakian, kamu bisa mencoba menaklukkan Gunung Merbabu yang ada di Salatiga. Memiliki ketinggian sekitar 3000 meter, gunung ini menyuguhkan pemandangan yang mempesona, terutama di bagian puncaknya. Dari atas puncak Gunung Merbabu, kamu bisa menikmati keindahan Danau Rawa Pening, Ungaran, Kota Semarang, dan Kota Salatiga sekaligus. Tapi, sebelum mendaki pastikan tubuh kamu benar-benar fit ya karena jalur pendakian Gunung Merbabu tidak mudah.

2 dari 4 halaman

Wisata Kopeng Salatiga

Daerah Kopeng sendiri sebenarnya letaknya tak tepat berada di Salatiga, namun cukup dekat dengan kota ini yakni hanya sekitar 8 km saja. Kawasan wisata ini menyuguhkan keindahan hutan pinus dengan berbagai macam fasilitas menarik lainnya. Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di tempat ini seperti outbound, membeli bunga, camping, hingga menyewa kuda berkeliling pedesaan sekitar dan hutan pinus.

Udara yang segar dan sejuk juga menjadi nilai tambah dari wisata Kopeng ini. Hal ini nggak lepas dari lokasinya yang berada di dataran tinggi. Di sekitar kawasan ini juga sudah banyak tersedia penginapan untuk kamu yang ingin berlibur lebih lama. Dengan menyiapkan dana sekitar Rp. 10 ribu saja kamu sudah bisa menikmati wisata ini.

3 dari 4 halaman

Objek Wisata Salatiga

Tak melulu tentang alam, Salatiga juga menawarkan pilihan destinasi wisata yang tak kalah menarik lainnya. Di bawah ini beragam wisata baik alam maupun non alam yang ada di Salatiga. Langsung cek ke bawah, ya.

1. Atlantic Dreamland

Atlantic Dreamland merupakan wisata dengan konsep waterboom yang menawarkan beragam wahana permainan yang seru. Sebut saja seperti water toys, water ball, jet coaster, carousel, circular track, hingga flying fox dan ATV. Wisata Salatiga ini biasanya akan dipadati pengunjung saat akhir pekan atau musim liburan. Harga yang terjangkau dan banyaknya permainan yang ditawarkan menjadi daya tarik dari Atlantic Dreamland. Atlantic Dreamland berlokasi di Jl. Soekarno-hatta, Isep-Isep, Salatiga.

2. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa menawarkan wisata edukasi menarik buat kamu yang tertarik dengan kereta api. Di museum ini kamu bisa melihat lokomotif uap zaman Belanda. Selain itu, kamu juga bisa berekreasi menaiki kereta yang mesinnya masih dijalankan dengan tenaga uap. Tapi, untuk menikmati wahan ini kamu perlu menyewanya lebih dulu. Bangunan museum ini sendiri merupakan stasiun peninggalan zaman Belanda sehingga memberikan kesan yang unik dan berbeda.

3. Agrowisata Salib Putih

Agrowisata Salib Putih merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat cocok buat kamu yang sedang mencari tempat berkemah. Karena, tempat ini menyediakan camping ground yang cukup luas dan pemandangan sekitar yang indah. Udara di kawasan ini juga sejuk sehingga sangat nyaman dijadikan area berkemah. Agrowisata Salib Putih sendiri adalah ecopark hotel dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti taman bermain, kolam renang, outbound, dan juga kolam renang.

4. Arrowhead Park Salatiga

Ilustrasi Berkuda

Berkuda bisa menjadi alternatif wisata seru lainnya saat liburan. Di Arrowhead Park, kamu bisa berkeliling desa dengan berkuda. Memang, wisata Salatiga ini terletak di tengah pedesaan. Saat berkuda, kamu akan diajak berkeliling menjelajahi desa yang masih hijau dan asri. Lebih menariknya lagi, tempat ini juga menyediakan sekolah berkuda. Arrowhead Park sendiri berlokasi di Desa Tegalwaton, Kecamatan Salatiga, Kabupaten Salatiga.

4 dari 4 halaman

Wisata Ambarawa Salatiga

Ambarawa merupakan sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Semarang. Meski seperti itu, lokasinya juga cukup dekat dengan Salatiga. Jika kamu sedang berlibur ke Salatiga dan ingin sekalian mampir ke Ambarawa, berikut ini beberapa tempat wisata menarik yang bisa kamu jadikan opsi.

1. Monumen Palagan Ambarawa

Monumen Palagan Ambarawa

Daerah Ambarawa dulunya sempat menjadi tempat terjadinya pertempuran hebat yang dikenal dengan nama Palagan Ambarawa. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 12 Desember – 15 Desember 1945. Untuk mengenang pertempuran tersebut, dibuatlah sebuah monumen yang diberi nama Palagan Ambarawa.

Di Monumen ini, kamu akan disuguhkan dengan berbagai koleksi yang terkait dengan pertempuran Palagan Ambarawa seperti seraga tentara Indonesia dan Jepang, senjata perang, dan yang paling menarik yaitu sebuah pesawat Mustang milik Belanda yang berhasil ditembak jatuh ke kawasan Rawa Pening.

2. Gua Maria Kerep Ambarawa

Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, Gua Maria Kerep Ambarawa juga bisa dikunjungi oleh umat beragama lainnya. Di dalam tempat ini, kamu bisa menjumpai patung berukuran besar yang bernama patung Maria Lourdes. Biasanya, di Hari Minggu kawasan ini banyak dikunjungi oleh umat Katolik untuk berziarah atau sekedar berkunjung.

3. Benteng Pendem Ambarawa

Benteng Pendem Ambarawa

Satu lagi tempat peninggalan sejarah lainnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi yaitu Benteng Fort Willem I atau dikenal dengan Benteng Pendem Ambarawa. Seperti namanya, dulunya tempat ini merupakan benteng yang digunakan untuk keperluan perang. Tapi, sejak tahun 2003, bangunan ini beralih fungsi sebagai lapas. Bahkan beberapa bagian benteng di sekitar area ini juga dijadikan sebagai tempat tinggal. Tenang saja, meski seperti itu kamu masih diperbolehkan untuk menjelajahi benteng ini untuk berfoto maupun menikmati suasana khas tempo dulu.

Itulah dia berbagai tempat wisata di Salatiga maupun Ambarawa yang menarik dijadikan destinasi liburan. Jadi, apa kamu pernah berkunjung ke berbagai tempat wisata di atas sebelumnya?

Beri Komentar