12 Tempat Wisata Surabaya yang Terkenal Beserta Kulinernya

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 30 Desember 2019 10:59
12 Tempat Wisata Surabaya yang Terkenal Beserta Kulinernya
Saat berlibur ke Surabaya, kamu bisa nih coba mengunjungi beragam tempat wisata Surabaya yang terkenal sekaligus kulinernya berikut ini. Yuk, simak ada apa aja.

Sebagai Ibukota Jawa Timur dan kota besar kedua pasti kita lebih mengenal Surabaya dengan gedung-gedung dan hiruk-pikuknya. Tak hanya itu, sebenarnya Surabaya menyimpan pesonanya sendiri dari tempat-tempat wisata menarik dan seru yang ada di dalamnya. Banyak tempat-tempat wisata keren mulai dari situs budaya, alam, hingga wisata kuliner yang bisa kamu coba.

Jika kamu berencana memilih Surabaya menjadi salah satu destinasi wisata, kamu bisa nih mengunjungi beberapa tempat wisata sekaligus kuliner di bawah ini. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah beberapa tempat wisata Surabaya yang terkenal sekaligus kulinernya. Yuk, simak di bawah ya.

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata Surabaya

Sebagai kota besar di Jawa Timur, Surabaya memiliki daya tariknya sendiri dalam hal wisata. Berbagai tempat wisata yang beragam bisa kamu jadikan alternatif saat mengunjungi Surabaya. Nah, ini dia beberapa tempat wisata Surabaya yang sayang jika dilewatkan.

1. Monumen Jalesveva Jayamahe (Monjaya)

Saat berlibur ke Surabaya, kamu bisa menyempatkan mengunjungi monumen Jalesveva Jayamahe yang berada di kawasan Tanjung Perak, tepatnya di ujung barat Dermaga Madura. Jalesveva Jayamahe sendiri memeiliki makna " di lautan kita jaya" yang juga menjadi motto dari TNI Angkatan Laut. Monumen ini sendiri berbentuk seorang perwira TNI yang berdiri tegak menatap lautan yang berpijak pada sebuah bangunan berbentuk bundar.

Saat berwisata ke Monjaya, kamu tak hanya bisa menikmati kemegahan monumennya saja, tapi juga dapat berkunjung ke museum TNI AL yang ada pada bangunan monumennya. Tempat wisata Surabaya yang satu ini dibuka setiap hari Senin sampai Jumat dari pukul 7 pagi hingga 3 sore.

2. Kenpark Surabaya (Kenjeran Park)

Kenpark Surabaya

Sebagai destinasi liburan atau berakhir pekan, Kenpark bisa menjadi salah satu alternatif menarik yang patut dicoba. Banyak tempat menarik di area ini salah satunya yang paling populer yakni Klenteng Sanggar Agung. Di klenteng ini, kamu bisa berfoto dengan latar belakang patung Dewi Kwan Im dan sepasang patung naga yang cantik. Selain itu, juga ada area menarik lainnya seperti Pagoda Tian Ti, Patung Buddha 4 Wajah, dan juga Waterpark Atlantis Land.

3. Hutan Bambu Keputih

Jika kamu mencari tempat foto dengan nuansa alam cantik di Surabaya, kamu bisa berkunjung ke Hutan Bambu Keputih. Tak hanya berfoto, kamu juga bisa berjalan-jalan santai menyusuri hutan bambu yang indah dan asri. Selain itu, tak usah khawatir jika kamu mengajak si kecil karena kawasan ini juga dilengkapi dengan berbagai macam permainan untuk anak.

2 dari 4 halaman

Wisata Malam Surabaya

Belum lengkap rasanya jika kamu belum mencoba berbagai tempat wisata malam seru saat berlibur ke Surabaya. Banyak tempat-tempat menarik yang bisa kamu kunjungi di malam hari. Berikut ini beberapa tempat yang bisa kamu jadikan pilihan.

1. Air Mancur Menari

Air mancur cantik ini masih berada satu wilayah dengan Pantai Kenjeran. Di sepanjang pesisir pantai terdapat jembatan sepanjang 800 meter yang pada malam hari sangat cantik karena gemerlap lampu yang dipasang di sekelilingnya. Selain menikmati keindahan jembatan, kamu juga bisa melihat cantiknya air mancur yang menari dengan iringan lagu khas Surabaya. Menarik kan?

2. Suroboyo Carnival Night Market

Suroboyo Carnival Night

Seperti namanya, tempat wisata Surabaya ini hanya di buka pada malam hari dan menyuguhkan berbagai wahana seru yang patut dicoba. Ada kurang lebih 50 wahana permainan seru seperti Ferrish Wheel, Cinema 4 Dimensi, Bledek Coaster dan masih banyak lagi. Lokasi Suroboyo Carnival Night Market sendiri berada di Jl. Frontage Ahmad Yani Siwalankerto No.333, Dukuh Menanggal, Gayungan, Kota Surabaya. Tempat ini sangat pas untuk menghabiskan waktu bersama keluarga maupun teman.

3. Taman Pelangi

Salah satu tempat wisata Surabaya yang identik dengan anak muda yakni Taman Pelangi. Daya tarik Taman Pelangi ini terletak pada kolam besar dengan batang besi sebanyak 31 buah yang mengalirkan kembali air ke dalam kolam. Saat malam, batang besi ini akan berwarna-warni cantik seperti pelangi. Kamu juga tak usah khawatir tentang fasilitas di sekitar taman ini karena fasilitasnya cukup lengkap seperti diantaranya mushola dan toilet.

3 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Surabaya

Jika kamu sudah puas berjalan-jalan ke berbagai tempat wisata Surabaya, kamu bisa nih bergeser sedikit dan mencicipi kuliner khas Surabaya yang tak kalah menggoda. Nah, ada kuliner apa saja yang wajib kamu coba? Selengkapnya, simak di bawah ini ya.

1. Es Krim Zangrandi

Kedai es krim Zangrandi

Surabaya memang terkenal dengan suhunya yang panas, kadang malah sering disandingkan dengan Ibukota. Nah, saat cuaca sedang panas sangat cocok jika menyantap hidangan yang dingin seperti es krim. Kamu bisa mencoba es krim yang cukup legendaris di Surabaya yakni es krim Zangrandi.

Kedai es krim ini telah berdiri sejak tahun 1930 dan menjadi salah satu tujuan wisata kuliner di Surabaya. Es krim di kedai ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 24 ribu. Selain rasanya yang enak, kamu juga bisa menikmati suasana lama Surabaya karena kedai ini tetap mempertahankan bangunan dengan nuansa tempo dulu.

2. Rujak Cingur Delta

Salah satu kuliner yang nggak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Surabaya yakni rujak cingur. Salah satu tempat rujak cingur legendaris dan wajib kamu coba yaitu rujak cingur Delta yang terletak di jalan Kayon Blok D no.46 Embongh Kemiri, Surabaya. Terlebih, resep rujak cingur di tempat ini merupakan resep warisan turun-temurun sejak dua dekade yang lalu. Untuk menikmati seporsi rujak cingur Delta kamu harus menyiapkan uang sekitar Rp. 30 ribu.

3. Rawon Setan Mbak Endang

Mungkin kamu sering mendengar nama rawon yang satu ini, tapi berbeda dengan yang lainnya Rawon Setan Mbak Endang merupakan rawon setan pertama dan asli di Indonesia. Selain rawon saja, kamu juga bisa menambah lauk lain seperti perkedel kentang, tempe, empal, atau telur asin. Untuk harganya sendiri, satu porsi rawon setan dipatok dengan harga mulai dari Rp. 25 ribu.

4 dari 4 halaman

Wisata Rasa Surabaya

Selain berbagai wisata di atas, kamu juga harus mencoba beberapa wisata rasa Surabaya berikut ini. Masih banyak destinasi tempat wisata Surabaya yang bisa kamu kunjungi bersama pasangan atau keluarga tercinta. Di bawah ini beberapa tempat wisata Surabaya yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Monumen Kapal Selam (Monkasel)

Tak hanya sekedar monumen saja, Monkasel merupakan kapal selam sungguhan bernama KRI Pasopati 410 yang kini beralih fungsi menjadi sebuah museum. Dulunya, kapal selam ini ikut digunakan dalam pembebasan Irian Barat dari Belanda. Di museum ini, kamu bisa melihat bagian dalam kapal selam yang terdiri dari bilik-bilik sekaligus terdapat ruangan audio visual yang menayangkan film dokumentasi tentang sejarah dari kapal selam ini.

Monkasel sendiri buka setiap hari Senin sampai Jumat dari jam 8 pagi sampai jam 8 malam dan untuk akhir pekan, museum ini akan buka dari jam 8 pagi sampai jam 9 malam. Tarif masuknya pun juga sangat bersahabat yakni hanya Rp. 10 ribu saja.

2. Museum Sepuluh November

Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh November

Museum Sepuluh November merupakan salah satu museum ikonik yang ada di kota Suarabaya. Museum ini memiliki bangunan yang sangat unik yakni hampir menyerupai museum Louvre di Paris. Salah satu tempat wisata Surabaya yang satu ini terdiri dari 2 lantai. Di lantai pertama, terdapat 10 patung yang melambangkan perjuangan rakyat Surabaya dan juga patung Bung Tomo beserta kawan-kawannya yang sedang berorasi melalui radio.

Untuk lantai kedua, museum ini berisi pameran senjata, pameran koleksi peninggalan Bung Tomo, dan juga reproduksi foto-foto dokumenter. Selain juga dua ruang diorama yang berisi delapan peristiwa yang terjadi sekitar 10 november 1945 lengkap dengan narasi.

3. Taman Hiburan Rakyat (THR)

Terakhir, tempat hiburan yang cocok untuk keluarga dan tentu saja hemat di kantong yakni Taman Hiburan Rakyat (THR). Taman ini berlokasi di Jl. Kusuma Bnagsa No.116-118, Tambaksari. Disini, kamu bisa mencoba berbagai wahana permainan seru seperti boom boom car, komidi putar, rumah hantu, dan lain sebagaiunya.

Jika kamu lapar, kamu juga bisa membeli kuliner yang ada di sepanjang area ini. Harga tiket masuknya pun sangat ramah di kantong yakni Rp. 15 ribu saja dan sekitar Rp. 5-25 ribu untuk setiap wahananya.

Beri Komentar