12 Wisata Gunung Kelud Kediri dan Sekitarnya yang Terbaru 2019

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 20 Februari 2020 23:20
12 Wisata Gunung Kelud Kediri dan Sekitarnya yang Terbaru 2019
Selain puncaknya, kamu juga bisa berkunjung ke beragam destinasi wisata Gunung Kelud dan sekitarnya berikut ini.

Nama Gunung Kelud pastinya sudah cukup familiar ya di telinga kita. Gunung ini memang salah satu gunung yang terkenal di kawasan Jawa Timur, khususnya Kediri. Sebenarnya gunung ini enggak hanya berada di wilayah Kediri aja lho, namun juga Kabupaten Blitar dan Malang.

Gunung Kelud ini memiliki panorama yang menawan. Enggak hanya puncaknya saja, wisata sekitarnya juga sangat menarik buat kamu explore. Melansir dari berbagai macam sumber (20/02), berikut ini Diadona sajikan wisata Gunung Kelud dan sekitarnya yang terbaru dan pastinya juga menarik. Langsung saja simak yuk!

1 dari 4 halaman

Wisata Gunung Kelud 2019

Saat berwisata ke Gunung Kelud, jangan lupa buat berkunjung ke sederet wisata ini ya. Berikut ini daftar rekomendasi wisatanya.

1. Jalan Misteri Gunung Kelud

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Koko Agus Trisilo (@kokotrisilo) pada

Kedengeran serem ya namanya. Tapi, wisata Gunung Kelud ini enggak seserem namanya kok. Malah menyuguhkan hal yang unik. Jalan misteri ini sebenarnya adalah jalan biasa seperti yang sering dilewati wisatawan.

Nah, yang membuat jalan ini unik yakni kendaraan masih tetap bisa jalan meskipun sudah dimatikan. Padahal, jalanan ini terlihat memanjak. Kok bisa?

Faktanya, jalanan yang terlihat menanjak itu hanya ilusi mata kita. Sebenarnya Jalan Misteri ini memiliki kontur tanah yang menurun. Meski seperti itu, enggak ada salahnya jika kamu ingin mencoba langsung fenomena unik ini.

2. Puncak Gunung Kelud

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bloggers Bogor Indonesia (@rahmancosta92_) pada

Saat berwisata ke Gunung Kelud sayang banget kan jika enggak meneruskan sampai ke puncaknya. Puncak Gunung Kelud ini telah berubah lho pasca letusan yang terjadi tahun 2014 lalu.

Sekarang, di salah satu tujuan wisata Gunung Kelud ini kamu bisa menjumpai danau kawah. Suasananya jika kamu bayangkan akan mirip dengan Danau Kelimutu yang ada di Pulau Flores.

Salah satu waktu terbaik untuk berkunjung ke puncak Gunung Kelud yaitu saat menjelang pagi. Panorama sunrise memang sangat indah jika dinikmati dari puncak gunung, termasuk Gunung Kelud juga pastinya.

3. Gardu Pandang Perkebunan Nglegok

Ada banyak cara lho yang bisa kamu lakukan untuk menikmati keindahan Gunung Kelud. Salah satunya melalui Gardu Pandang Perkebunan Nglegok di Kabupaten Blitar. Dari kawasan ini, kamu bisa menyaksikan keindahan Gunung Kelud sekaligus dengan perbukitan hijau di sekitarnya.

Buat kamu yang hobi berfoto ria, kawasan ini bakal memuaskanmu dengan sederet spot foto yang instagrammable banget. Enggak sampai di situ aja, banyak aktivitas menarik yang bisa kamu coba seperti bersantai di hammock dan mengendarai ATV.

4. Bukit Kura-Kura Ongakan

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ahmed Al Ali (@ahmed25_al.ali) pada

Tunggu dulu, jangan membayangkan jika bentuk bukit ini menyerupai kura-kura atau banyak kura-kura di bukit ini ya. Karena kamu enggak akan menemukan keduanya di bukit ini. Sebagai gantinya, Bukit Kura-Kura Ongakan akan menyuguhkanmu panorama alam perbukitan hijau yang indah.

Pemandangan yang memanjakan mata ini bisa kamu saksikan dari atas gardu pandang yang tersedia. Pastikan baterai kamera atau ponselmu penuh ya karena tempatnya instagrammable banget!

2 dari 4 halaman

Wisata Gunung Kelud Kediri

Masih banyak lahi lho wisata Gunung Kelud yang menarik banget buat dikunjungi. Enggak hanya daerah Gunung Kelud saja, namun juga wilayah di sekitarnya. Berikut ini beberapa destinasi wisatanya. Cek, yuk!

1. Air Panas Gunung Kelud

Udara gunung yang dingin memang pas banget ya buat berendam air hangat. Jangan khawatir, di kawasan Gunung Kelud kamu juga bisa lho mencoba hal satu ini. Karena, di kawasan ini juga terdapat pemandian air panas.

Air panas ini bersumber dari mata air panas alami yang ada di Gunung Kelud. Buat kamu yang merasa lelah setelah berjalan-jalan, bisa banget nih mencoba wisata Gunung Kelud satu ini.

2. Penangkaran Rusa Maliran

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Jawa Timur View (@jatim.repost) pada

Jika di Bandung punya Wisata Ranca Upas dengan penangkaran rusanya, di Kabupaten Blitar kamu juga bisa kok menemukan penangkaran rusa. Tepatnya jenis rusa maliran. Di sini, kamu bisa berinteraksi langsung dengan rusa-rusa yang lucu seperti memberi makan atau membelai mereka. Menyenangkan ya.

Setelah puas bermain dengan rusa kamu bisa menyantap kuliner di pujasera atau sekedar duduk-duduk di gazebo yang tersedia sambil menikmati panoramanya yang indah. Bagaimana, tertarik berkunjung?

3. Air Terjun Tirto Galuh

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh INDONESIA | #ayodolan (@ayodolan) pada

Kamu mencari air terjun yang unik sekaligus memiliki panorama yang bagus? Air Terjun Tirto Galuh ini wajib kamu kunjungi. Keunikan air terjun ini ada pada banyaknya air terjun mini dalam satu spot. Lebih uniknya, semua air terjun tersebut berasal dari satu aliran sungai.

Lokasi sekitar air terjun ini juga sangat asri dan masih terkesan alami. Selain itu, banyak banget spot menarik dari Air Terjun Tirto Galuh yang bisa kamu explore. Salah satunya kolam kecil dimana kamu bisa berenang di sana.

Kamu ingin kegiatan yang lebih menantang? Kamu bisa coba fasilitas flying fox yang berada di sebelah air terjun ini. Seru banget kan semuanya. Jika tertarik kamu bisa langsung menuju Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar.

4. Goa Pohsarang

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bendot Tetap Semangat (@bendottetapsemangat) pada

Goa Pohsarang ini sebenarnya adalah tempat beribadah sekaligus ziarah umat Katolik. Meski seperti itu, kawasan ini terbuka buat umum kok. Di kawasan Goa Pohsarang kamu bisa menjumpai gereja dengan arsitektur yang menarik dengan nuansa Hindu-Jawa. Enggak sampai di situ aja, di sekitarnya juga ada berbagai macam patung yang menceritakan tentang Yesus.

Sebenarnya, Goa Pohsarang ini adalah replika dari Gua Maria Lourdes yang ada di Prancis. Di dalamnya, kamu bisa menjumpai patung Bunda Maria setinggi 3,5 meter.

3 dari 4 halaman

Wisata Gunung Kelud Terbaru

Meski baru, wisata Gunung Kelud ini juga enggak kalah seru dan menarik, lho. Apa saja sih wisata Gunung Kelud yang terbaru? Yuk, gulir ke bawah!

1. Kampung Durian

Buat kamu kamu penyuka durian, wisata Gunung Kelud ini sepertinya cocok banget buat kamu. Di Wisata Kampung Durian kamu bisa berkesempatan mencicipi berbagai jenis durian. Puas banget kan pastinya. Apalagi kamu juga bisa mencicipi makanan hasil olahan durian seperti kolak durian, pancake durian, ketan durian, dan lainnya.

Selain menikmati nikmatnya durian dan segala jenis makanan olahannya, kamu juga bisa belajar tentang cara menanam durian sampai pengolahannya. Siapa tau kan kamu bisa menanam sekaligus meembuat kreasi olahan durian sendiri di rumah. Tertarik mencoba?

2. Flying Fox Gunung Kelud

Ada cara lain yang seru nih buat kamu yang ingin menikmati panorama Gunung Kelud dari ketinggian. Yup, dengan menaiki wahana flying fox. Dengan lintasan sepanjang 100 meter, siap-siap kamu akan disuguhi dengan pemandangan Gunung Kelud yang indah sekaligus memacu adrenalin di ketinggian. Berani mencoba?

3. Agrowisata Gunung Kelud

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Winda Agustin R (@wndagstr) pada

Tenang aja wisata satu ini enggak memacu adrenalin sama sekali kok. Malah, di Agrowisata Gunung Kelud ini kamu bisa berjalan-jalan tenang sambil menikmati kebun bunga yang indah. Beragam jenis bunga mulai dari mawar, matahari, hingga refugia bisa kamu temukan di kawasan ini.

Selain menikmati keindahan taman bunganya, di Agrowisata Gunung Kelud kamu juga bisa belajar sejarah maupun kisah masa lalu tentang Gunung Kelud. Cukup menarik, ya.

4. Offroad Gunung Kelud

Offroad ini bisa juga jadi alternatif lainnya lho buat kamu yang ingin menikmati Gunung kelud dengan cara yang berbeda. Sepanjang perjalanannya kamu bisa merasakan sensasi serunya offroad yang menegangkan sekaligus menikmati panorama beragam spot di Gunung Kelud.

Kamu akan dibawa melewati hutan hingga jalanan berbatu dengan kemiringan di atas rata-rata. Seru banget, ya! Untuk merasakan sensasi keseruan ini kamu bisa langsung menuju Area Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Margomulyo lereng Gunung Kelud, Sugihwaras, Ngancar, Kediri.

4 dari 4 halaman

Jalan Menuju Gunung Kelud

Ilustrasi liburan bersama teman

Buat kamu yang ingin berkunjung ke Gunung Kelud, ada beberapa rute atau jalan nih yang bisa kamu pilih. Salah satunya rute dari Surabaya, Sidoarjo, atau sekitarnya.

Jika kamu berangkat dari rute ini, ambil jalan ke arah Jombang hingga sampai di depan Polsek Mojoagung. Kemudian, beloklah ke kiri menuju arah Mojowarno.

Lurus saja hingga sampai di depan RSK Mojowarno, baru belok ke kanan menuju Cukir. Setelah itu, ikuti jalan saja sampai di pabrik gula.

Setelahnya, baru belok ke kiri dan ikuti jalan menuju Ngoro. Saat sampai di Ngoro baru belok ke kanan mengambil arah ke Pare Kediri.

Sebagai alternatif jika kamu masih bingung mengenai jalannya, kamu bisa buka aplikasi maps dari smartphone kamu. Dengan menggunakan aplikasi pastinya akan jauh lebih mudah dan kamu juga bisa lho memilih rute lainnya, terutama yang terdekat.

Bagaimana nih dengan berbagai destinasi wisata Gunung Kelud di atas? Ada enggak nih yang buat kamu tertarik? Share jawabanmu di kolom komentar, ya!

Beri Komentar