13 Destinasi Tempat Wisata Lumajang Jawa Timur yang Terbaru

Reporter : Devi Puspitasari
Selasa, 4 Februari 2020 22:28
13 Destinasi Tempat Wisata Lumajang Jawa Timur yang Terbaru
Tempat wisata Lumajang yang menarik dan terbaru yang seru buat liburanmu!

Memang tak pernah habis membahas beragam destinasi wisata di Jawa Timur. Banyak daerahnya yang memiliki potensi wisata yang menarik. Salah satunya Lumajang. Saat mendengar kata Lumajang, pasti pikiran kita teringat dengan Gunung Semeru dan Ranu Kumbolonya. memang benar, kedua destinasi wisata menarik ini ada di Kabupaten Lumajang.

Namun, tak ahanya itu saja, masih banyak tempat wisata yang bisa kamu jelajahi di Lumajang. Mulai dari alamnya hingga situs sejarah seperti candi. Berikut ini, Diadona rangkum beragam destinasi wisata Lumajang yang terbaru sekaligus populer untuk menemani liburanmu. Langsung saja kita cek berbagai tempat wisatanya yang dilansir dari berbagai sumber (04/01) di bawah ini ya.

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Lumajang

Lumajang menyuguhkan destinasi wisata yang menarik untuk dijadikan teman liburan. Berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisatanya. Simak, yuk!

1. Pura Mandara Giri

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh inaya (@nayaemonn) pada

Pura Mandara Giri menjadi salah satu destinasi wisata Lumajang yang sayang jika kamu lewatkan. Terlebih buat kamu yang menyukai tentang sejarah. Pura Mandara Giri sendiri terletak di Kecamatan Sendoro, Kabupaten Lumajang.

Pura Mandara Giri ini memiliki arsitektur dengan mengusung gaya tradisional Bali. Tak hanya bangunannya saja yang indah, salah satu wisata Lumajang ini juga menyuguhkan panorama Gunung Semeru dan sekitarnya yang mempesona.

2. Gunung Semeru

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Tryana (@tryanha) pada

Di wisata sebelumnya, kita sudah menyinggung sedikit ya tentang Gunung Semeru. Gunung Semeru juga menjadi salah satu gunung yang terkenal di kalangan pendaki. Nah, saat ke Lumajang, kamu bisa mencoba menaklukkan gunung tertinggi di Pulau Jawa ini. Banyak destinasi menarik di kawasan Gunung Semeru, salah satu yang terkenal yakni Ranu Kumbolo.

3. Goa Tetes Lumajang

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ålïfs Håmzåh (@alifshamzah) pada

Selain Gunung Semeru, jika kamu menyukai petualangan, kamu juga bisa berkunjung ke Goa Tetes Lumajang. Wisata Lumajang ini menawarkan pemandangan stalagmit dan stalaktit yang indah. Siap-siap menempuh jarak sekitar 1 kilometer untuk sampai ke goa ini ya.

Tapi tenang saja, sepanjang perjalanan kamu juga akan dimanjakan dengan panorama yang indah dari air terjun dan pepohonan rindang sekitar. Goa Tetes Lumajang ini terletak di desa Sidomulyo, Kecamatan Pronowijo, Kabupaten Lumajang.

4. Kebun Teh Kertowono Gucialit

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Explore East Java - Indonesia (@eastjava.supertrip) pada

Pemandangan perkebunan teh ini memang sangat menyegarkan mata. Udara yang segar dan hijaunya hamparan pohon teh bisa membuat pikiran menjadi rileks. Sangat cocok buat kamu yang sedang mencari tempat untuk refreshing dan melepas penat.

Sama sepertti namanya, Kebun Teh Kertowono ini terletak di Kecamatan Gucialit. Menariknya, kebun ini sudah ada sejak zaman Belanda silam hingga sekarang. Nah, buat kamu yang ingin menikmati suasana perkebunan teh sedikit lebih lama, di Kebun Teh Kertowono ini juga tersedia penginapan.

2 dari 4 halaman

Wisata Lumajang Terbaru

Tempat wisata Lumajang yang terbaru juga tak kalah menarik. Yuk, kita simak beragam tempat wisatanya di bawah ini.

1. Ranu Lading

Terletak di tengah-tengah kebun teh membuat Ranu Lading memiliki udara yang sejuk sekaligus juga panorama yang indah. Kebun teh di sekitar Ranu Lading sendiri merupakan kebun teh peninggalan Belanda. Ada juga rumah peninggalan Belanda yang juga masih terawat di pinggir danau hingga sekarang.

Suasana sekitar danau ini juga cukup tenang. Sangat pas kan sebagai tempat relaksasi sejenak. Lokasi Ranu Lading terletak di Desa Sumber Wringin, Kecamatan Klakah.

2. Air Terjun Kapas Biru

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ayo Hits (@ayohits) pada

Cukup banyak air terjun yang bisa kamu temui di Lumajang. Salah satunya Air Terjun Kapas Biru. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Kesegaran air terjun dan asrinya panorama sekitar menjadi daya tarik dari Air Terjun Kapas Biru. Biaya masuk ke wisata Lumajang ini juga cukup terjangkau yakni sekitar Rp 5 ribu saja. Tapi, masih ada biaya tambahan lagi jika kamu membawa kendaraan.

3. Kawasan Wonorejo Terpadu (KWT)

Destinasi wisata satu ini sangat cocok jika kamu sedang mencari tempat wisata keluarga di Lumajang. Kawasan ini menyuguhkan beragam permainan menarik seperti wahana arus air, kolam renang, seluncuran, dan masih banyak lagi wahana seru lainnya. Tak hanya permainan air saja, ada juga permainan non air seperti bom-bom car dan komidi putar yang bisa kamu coba.

Setelah puas bermain, kamu juga bisa sekalian menyantap makanan di warung-warung yang ada di sekitar wisata Lumajang ini. Lokasi KWT sendiri terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Kedungjajang.

4. Pantai Bambang

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh L U M A J A N G K U (@lumajang.ku) pada

Tak hanya air terjun saja, Lumajang juga memiliki beragam pantai yang juga tak kalah indah. Pantai Bambang ini memiliki warna pasir yang hitam dengan butiran pasirnya yang cukup besar. Selain pasirnya yang unik, destinasi wisata Lumajang ini juga menawarkan ombak berlapis yang menarik. Jika kamu tertarik, kamu bisa langsung menikmati keindahan Pantai Bambang di Desa Bago.

3 dari 4 halaman

Wisata B-29 Lumajang

      View this post on Instagram

A post shared by Tempat Wisata Jawa Timur (@wisatajatim.id) on

Buat kamu yang gemar mendaki, pasti sudah enggak asing lagi ya mendengar kata Puncak B-29. Puncak ini memang saah satu puncak yang terkenal, terutama di kalangan pendaki. Puncak B-29 ini masih merupakan satu bagian dari kawasan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru. Tepatnya, berada di desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang.

Dari atas wisata Lumajang yang memiliki ketinggian 2900 mdpl ini, kamu akan disuguhi pemandangan mempesona dari hijaunya perbukitan sekitar. Tak hanya itu, dari Puncak B-29 kamu juga bisa menyaksikan kegagahan Gunung Bromo dan Semeru dengan cukup jelas. Yang tak kalah indah, dari puncak ini kamu bisa menyaksikan deretan awan yang sejajar dengan pandangan mata. Cantik, ya.

Tiket masuk menuju Puncak B-29 ini juga sangat terjangkau yakni sekitar Rp. 5 ribu saja per orangnya. Buat kamu yang enggak ingin mengeluarkan ekstra tenaga untuk bisa sampai ke puncaknya, tak usah khawatir karena di kawasan ini juga tersedia jasa ojek yang siap mengantarmu sampai ke puncak.

4 dari 4 halaman

Wisata Alam Lumajang

Wisata alam menjadi destinasi wisata utama di Lumajang. Panorama alamnya yang indah, membuat Lumajang memiliki wisata alam yang menawan. Kita simak yuk berbagai tempat wisata alam yang ada di Lumajang.

1. Gunung Lemongan Lumajang

      View this post on Instagram

A post shared by lumajangsae (@lumajangsae) on

Jika kamu rasa mendaki Gunung Semeru cukup berat, kamu bisa coba dulu endaki Gunung Lemongan. Gunung satu ini tak terlalu tinggi dengan ketinggian hanya sekitar 1.651 mdpl. Jadi, sangat cocok buat kamu yang pemula.

Gunung Lemongan sendiri berada di antara dua kabupaten yakni Kabupaten Probolinggo dan Lumajang. Meski tak terlalu tinggi, namun salah satu wisata Lumajang ini memiliki panorama yang tak kalah memepesona. Gunung Lemongan sendiri masih termasuk dalam rangkaian Pegunungan Iyang di Jawa Timur.

2. Air Terjun Tumpak Sewu

      View this post on Instagram

A post shared by Giliketapang Bromo ijen ® (@destinasi_ade) on

Wisata Lumajang ini menjadi salah satu destinasi populer di Lumajang. Tak hanya bagi wisatawan lokal saja, tapi juga mancanegara. Air Terjun Tumpak Sewu ini menyuguhkan panorama air terjun yang mempesona. Aliran airnya yang berbentuk melingkar membuat Air Terjun Tumpak Sewu terlihat seperti tirai yang indah.

Suasana asri dan alami di sekelilingnya juga semakin menambah keindahan Air Terjun Tumpak Sewu. Salah satu wisata Lumajang ini masih berada satu kawasan dengan Goa Tetes. Lokasi air terjun cantik ini berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang.

3. Ranu Bedali

      View this post on Instagram

A post shared by EVENT JAWA TIMUR (@eventjawatimur) on

Wisata alam selanjutnya yang ada di Lumajang yakni Ranu Bedali. Danau ini sangat pas buat kamu yang ingin menyegarkan pikiran dari aktivitas yang menumpuk. Pemandangan sekitar danau yang hijau ditambah udara yang segar membuat kamu betah berlama-lama.

Tak jauh dari Ranu Bedali, juga ada dua danau lainnya yang tak kalah indah yakni Ranu Klakah dan Ranu Pakis. Sama halnya dengan Ranu Bedali, keduanya juga memiliki panorama yang juga menawan. Ranu Bedali sendiri terletak di desa Ranubedali, Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang.

4. Pantai Dampar

      View this post on Instagram

A post shared by Airy Indonesia (@airyindonesia) on

Satu lagi pantai lainnya yang tak kalah menarik di Lumajang yakni Pantai Dampar. Sama seperti namanya, wisata Lumajang ini terletak di Desa Dampar. Seperti kebanyakan pantai lainnya di Lumajang, Pantai Dampar juga memiliki pasir berwarna hitam. Karena lokasinya yang lumayan terpencil dan jauh dari keramaian, Pantai Damar ini sangat cocok buat kamu yang sedang mencari ketenangan.

Nah, seperti itulah 13 tempat wisata Lumajang yang terbaru sekaligus populer. Jika berwisata ke Lumajang, jangan lupa mampir ke destinasi wisata di atas, ya!

Beri Komentar