13 Tempat Wisata Bangka Belitung yang Wajib Dikunjungi sekaligus dengan Paketnya

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 29 Januari 2020 22:13
13 Tempat Wisata Bangka Belitung yang Wajib Dikunjungi sekaligus dengan Paketnya
Rekomendasi tempat wisata Bangka Belitung yang wajib kamu kunjungi!

Mendengar kata Bangka Belitung pasti teringat satu film Indonesia yang terkenal ya. Benar, Laskar Pelangi. Film yang diangkat dari novel karya Andrea Hirata ini memang mengambil latar cerita di salah satu provinsi ini, lebih tepatnya Pulau Belitung.

Terlepas dari film tersebut memang Provinsi Bangka Belitung memiliki alam yang luar biasa. Termasuk ke dalam provinsi kepulauan membuat keduanya memiliki panorama yang indah terutama pantai dan bawah lautnya. Karena itu, Kepulauan Bangka Belitung ini sangat cocok dijadikan destinasi wisata terutama jika kamu penggemar wisata alam.

Melansir dari beragam sumber (29/01), ini dia 15 tempat wisata Bangka Belitung yang wajib dikunjungi. Langsung saja tanpa berlama-lama kita simak berbagai destinasinya berikut ini ya.

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Bangka Belitung

Tempat Wisata di Bangka Belitung sangat beragam. Berikut ini beberapa rekomendasi wisatanya yang bisa kamu jadikan destinasi liburan. Yuk,simak!

1. Pulau Lengkuas

      View this post on Instagram

A post shared by ???????????????????? ???????????????????? (@yuliatjhau) on

Mercusuar yang berdiri kokoh di tengah pulau akan menyambutmu saat menginjakkan kaki di Pulau Lengkuas. Enggak hanya itu saja, pantai maupun ekosistem bawah laut wisata Bangka Belitung ini juga sangat mempesona. Pulau Lengkuas sendiri terletak di utara Pulau Belitung dan memerlukan waktu 30 menit untuk menyeberang ke pulau ini.

2. Pulau Pelepas

Jika Belitung memiliki Pulau Lengkuas dengan mercusuarnya, Bangka juga memiliki hal yang serupa di Pulau Pelepas. Pulau Pelepas ini juga dikenal dengan nama Pulau Lampu oleh sebagian masyarakat sekitar. Hal ini karena adanya pancaran lampu dari mercusuar yang digunakan sebagai penerangan bagi pelayaran di Selat Bangka.

Pulau Pelepas juga memiliki panorama yang sangat indah. Apalagi jika dilihat dari puncak mercusuar dengan tinggi sekitar 50 meter, pemandangannya akan lebih memukau. Pulau cantik ini berada di Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung. Untuk mencapai pulau ini, kamu bisa berangkat dari dermaga desa Tanjung.

3. Danau Kaolin

      View this post on Instagram

A post shared by negribabel (@negribabel) on

Dulunya, danau ini adalah lokasi pertambangan kaolin dan timah yang ditinggalkan begitu saja. Sekarang, Danau Kaolin sudah berubah menjadi tempat wisata cantik dengan air berwarna biru menyala yang dikelilingi pasir berwarna putih. Kamu bisa mengunjungi tempat wisata Bangka Belitung ini di Desa Perawas, Kecamatan Tanjungpandan, Belitung.

4. Bukit Menumbing

Bukit Menumbing adalah salah satu tempat bersejarah yang ada di Bangka, tepatnya di Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat. Di puncak Bukit Menumbing ini terdapat sebuah wisma yang bernama Wisama Menumbing atau Pesanggrahan Menumbing. Dulunya, wisma tersebut dijadikan sebagai tempat pengasingan para pahlawan kemerdekaan termasuk Mohammad Hatta dan Soekarno. Di wisma ini, kamu bisa menjumpai beragam foto aktivitas para tokoh kemerdekaan selama diasingkan.

5. Bangka Botanical Garden

      View this post on Instagram

A post shared by Calon Mertua Idaman (@desiliciousdesi) on

Bangka Botanical Garden sangat cocok sebagai destinasi liburan bersama keluarga. Taman ini merupakan ikon agrowisata di Pulau Bangka yang menawarkan keindahan alam berupa hutan pinus. Di area wisata Bangka Belitung ini juga ada danau buatan dimana kamu bisa mencoba kayaking di sana.

2 dari 4 halaman

Paket Wisata Bangka Belitung

Paket wisata bisa menjadi solusi yang tepat buat kamu yang ingin berwisata ke Bangka Belitung tanpa ribet dengan akomodasi dan lainnya. Sebelum berangkat, simak dulu yuk berbagai pilihan paket wisata Bangka Belitung di bawah ini!

1. Paket Wisata Bangka Belitung Satu Hari

Paket wisata Belitung satu hari sangat cocok untuk kamu yang hanya punya waktu yang singkat untuk berlibur ke Bangka Belitung. Paket ini menawarkan berkeliling ke beberapa destinasi menarik di provinsi ini. Paket ini biasanya ditawarkan dengan harga sekitar Rp. 325 ribu sampai Rp. 750 ribu per orangnya.

2. Paket Wisata Bangka Belitung 3D2N

Ilustrasi berlibur di pantai

Menghabiskan waktu selama 3 hari di Bangka Belitung juga bisa menjadi liburan yang menyenangkan. Jika kamu ingin berlibur tanpa meribetkan banyak hal, kamu bisa memilih paket wisata Bangka Belitung 3D2N. Harga paket ini biasanya dibanderol dengan harga mulai dari sekitar Rp. 2,6 juta.

3. Paket Wisata Bangka Belitung 4D3N

Seperti namanya, paket satu ini menawarkan berwisata ke Bangka Belitung selama 4 hari 3 malam. Banyak berbagai destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi dengan memilih paket ini. Diantaranya seperti Pantai Nirwana, Museum Timah Muntok, Penangkaran Penyu, dan masih banyak lagi. Dana yang perlu kamu siapkan untuk paket wisata selama 4 hari ini yakni Rp. 1,9 juta sampai Rp. 5, 2 juta. Pastinya semuanya tergantung dengan hotel yang kamu pilih dan jumlah rombongan.

3 dari 4 halaman

Objek Wisata Bangka Belitung

Objek wisata Bangka Belitung berikut ini juga reccommended banget buat kamu yang berencana berlibur ke Bangka Belitung. Cek langsung selengkapnya di bawah ini, ya.

1. Museum Timah Muntok

Saat berkunjung ke Bangka Belitung kurang lengkap rasanya jika belum berkunjung ke Museum Timah Muntok. Museum ini adalah satu dari dua museum timah di Indonesia sekaligus yang terbesar di Asia. Bangunan wisata Bangka Belitung ini sangat kental dengan nuansa Eropa karena memang dibangun sejak masa penjajahan Belanda.

Di dalam Museum Timah Muntok kamu akan menjumpai berbagai replika alat pertabangan timah, atribut prajurit masa perang dunia kedua, alat tenun dan audio visual terkait dengan peristiwa sejarah yang terjadi di Pulau Bangka Belitung. Museum ini juga menyuguhkan sembilan galeri yang bisa kamu nikmati.

2. Batu Mentas

      View this post on Instagram

A post shared by eldα. (@ningayuep) on

Jika kamu bosan dengan pantai, Batu Mentas bisa menjadi opsi yang menarik. Wisata Batu Mentas menyuguhkan kesejukan udara pegunungan dan panorama hutan hijau yang asri. Di tempat wisata Bangka Belitung ini, kamu bisa melihat hewan endemik Belitung karena memang kawasan Batu Mentas masih termasuk bagian dari Hutan Lindung Wisata Alam Gunung Tajam.

3. Pantai Nyiur Melambai

Pantai Nyiur Melambai menawarkan pesona yang sedikit berbeda dari kebanyakan pantai lainnya. Karena, di pantai ini kamu akan menemukan pohon pinus yang berjajar di sekitar pantai daripada pohon kelapa seperti kebanyakan pantai lainnya. Garis pantai di wisata Bangka Belitung ini juga cukup panjang dengan dihiasi pasir putih khas Pulau Belitung.

4. Wisata Mangrove Munjang Kurau Barat

      View this post on Instagram

A post shared by R I C K Y (@rickyoktapratama) on

Seperti namanya, wisata Bangka Belitung ini adalah kawasan konservasi tanaman bakau di Pulau Bangka. Di Wisata Mangrove Munjang Kurau Barat kamu bisa berwisata mengelilingi hutan bakau dengan boat sewaan. Jika beruntung, kamu bisa bertemu dengan beragam satwa yang hidup di kawasan ini seperti burung, ikan air tawar, dan juga ular saat berwisata ke hutan mangrove ini.

5. Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri juga termasuk salah satu pantai dengan panorama yang indah di Pulau Bangka. Ombak di pantai ini juga relatif kecil sehingga sangat cocok buat kamu yang hobi berenang. Jika kamu belum puas, kamu juga bisa menyelam untuk menikmati keindahan bawah laut Pantai Parai Tenggiri.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata Bangka Belitung Laskar Pelangi

Film Laskar Pelangi memang melekat ya di provinsi Bangka Belitung, terutama di Pulau Belitung. Nah, buat kamu penggemar film ini dan ingin mengunjungi beragam wisatanya, berikut ini beberapa tempat wisata Laskar Pelangi di Pulau Belitung.

1. Replika Sekolah Laskar Pelangi

      View this post on Instagram

A post shared by Roda Travel (@rodatravel) on

SD Muhammadiyah Gantong ini pasti udah enggak asing lagi ya bagi kamu penggemar Film Laskar Pelangi. Sekolah ini dulunya terletak tepat di pinggir pantai Belitung Timur yangmana sekarang bangunan aslinya sudah tak ada. Tapi, saat ini bangunan sekolah ikonik itu sudah diganti dengan replika yang digunakan untuk syuting film Laskar Pelangi. Di Replika Sekolah SD Muhammadiyah Gantong, kamu bisa merasakan langsung suasana sekolah di film Laskar Pelangi. 

2. Museum Kata Andrea Hirata

      View this post on Instagram

A post shared by Tammy (@tammyraffy) on

Di wisata Bnagka Belitung ini kamu bisa melihat beragam karya dari Andrea Hirata sekaligus koleksi film Laskar Pelangi. Selain itu, di Museum Kata Andrea Hirata juga terdapat beragam pajangan pigura dengan kata-kata karya penulis yang terkenal satu ini. Museum Kata Andrea Hirata juga merupakan museum literatur pertama di Indonesia. 

3. Pantai Tanjung Tinggi

      View this post on Instagram

A post shared by EMTETOUR & TRAVEL (@emtetour) on

Selain memiliki panorama yang cantik, ombak di pantai Tanjung Tinggi juga relatif tenang. Selain itu, di wisata Bangka Belitung ini kamu juga bisa menjumpai ratusan batu granit besar yang tersebar di sekitar pantai. Pantai Tanjung Tinggi ini juga menjadi salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi. Nah, ingat adegan mana yang berlatar di pantai ini?

Jadi, itu dia 13 tempat wisata Bangka Belitung yang wajib kamu kunjungi sekaligus dengan paketnya. Bagaimana, sudah siap meluncur ke Bangka Belitung belum?

Beri Komentar