13 Tempat Wisata di Blitar yang Hits dan Terbaru, dari Alam Hingga Pantai

Reporter : Devi Puspitasari
Selasa, 7 Januari 2020 18:19
13 Tempat Wisata di Blitar yang Hits dan Terbaru, dari Alam Hingga Pantai
Berencana berwisata ke Blitar, kunjungi destinasi berikut ini yuk!

Jawa Timur memang menyimpan beragam destinasi wisata yang mempesona di setiap daerahnya. Selain Malang, Blitar juga bisa menjadi alternatif wisata untuk menghabiskan liburan atau berakhir pekan. Sama halnya dengan daerah lainnya, Blitar juga memiliki beragam tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga, teman, atau bahkan pasangan.

Saat mendengar tempat wisata di Blitar, pasti pikiran kita tertuju pada Makam Bung Karno atau Candi Penataran. Karena, memang keduanya merupakan destinasi wisata populer di kota ini. Tapi, sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata yang bisa kamu jelajahi saat berlibur ke Blitar, baik alam maupun budaya.

Melansir dari berbagai sumber (07/01), berikut ini berbagai wisata di Blitar. Termasuk juga Wisata Negeri Dongeneg yang hits. Simak terus di bawah ini ya.

1 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Blitar

Saat berkunjung ke Blitar, kamu harus coba nih beberapa tempat wisata berikut ini. Ini dia beberapa destinasi tempat wisata di Blitar yang sayang jika kamu lewatkan. Yuk, langsung gulir ke bawah ya.

1. Air Terjun Jurug Bening

Berbeda dari air terjun biasanya, tempat wisata Blitar satu ini cukup unik karena letaknya yang berada lebih rendah dari dataran di sekitarnya. Meski memerlukan ekstra tenaga untuk mencapai air terjun ini, semua itu akan terbayar dengan keindahan air terjun saat kamu sampai. Dinding-dinding batu yang terpahat cantik di sekitar air terjun juga menjadikan destinasi wisata ini patut kamu kunjungi.

2. Pantai Umbul Waru

      View this post on Instagram

Pantai Umbul Waru Desa Sidomulyo, Kec. Bakung, Kab. Blitar, Jawa Timur Ternyata gak cuma di Malang dan Pacitan aja yang punya pantai dengan air terjun yang keren, disini juga gak kalah keren loh sob. Pantai, air terjun dan sungai jadi satu di Umbul Waru. Tempat wisata yang masih asing terdengar dan pastinya masih sepi pengunjung. #ayodolan kesini, tiket masuknya cuma bayar parkir doang. Kalo main kesini jangan lupa jaga kebersihan ya Foto dolan dari @ekfrg #ayodolanblitar #pantaiumbulwaru #blitar

A post shared by INDONESIA | #ayodolan (@ayodolan) on

Pantai ini juga menyajikan hal yang tak biasa dari pantai yang lainnya. Di pantai ini, kamu nggk hanya dapat menyaksikan panorama pantai yang indah, tapiu juga air terjun yang langsung jatuh ke laut lepas. Letaknya yang tersembunyi dan belum terlalu ramai pengunjung menjadikan Pantai Umbul Waru seolah pantai pribadi saat kamu berada di sini.

3. Desa Wisata Semen

Selain wisata alam, Blitar juga punya wisata budaya yang nggak kalah menariknya. Salah satunya yaitu desa wisata Semen. Di desa ini, kamu bisa menyaksikan aktivitas khas masyarakat desa dengan pemandangan alam lereng Gunung Kelud yang mempesona.

2 dari 5 halaman

Wisata Blitar Hits

Seperti halnya kota lainnya, Blitar juga memiliki berberapa wisata yang hits dan terkenal di kalangan wisatawan, terutama anak muda. Ini dia beberapa wisata hits yang ada di Blitar. Simak selngkapnya di bawah ini ya.

1. Gumuk Sapu Angin

Menawarkan keindahan panorama Gunung Kelud dan Gunung Kawi, Gumuk Sapu Angin menjadi salah satu destinasi populer bagi wisatawan. Tempat wisata Blitar ini mengusung konsep gardu pandang yang menjadi slaah satu spot foto menarik saat berkunjung ke Gumuk Sapu Angin. Dengan merogoh kocek sekitar Rp. 2.000 per orang di hari biasa dan Rp. 3.000 di akhir pekan, kamu sudah bisa menikamti keindahan wisata Blitar ini.

2. Hutan Pinus Gogoniti

      View this post on Instagram

‌???? ???????? Lihatlah kebelakang dengan penuh kepuasan, dan pandanglah kedepan dengan penuh keyakinan... ?????????????????????? #gogoniti #gogonitihitz #gogonitipark #blitar #blitarkekinian #jelajahblitar #blitarhits #wisatablitar #eksploreblitar #kesamben #kesambenblitar #eksplore #eksplorejatim #mbolangjatim #ayodolan #quirkyalone #hutanpinusgogoniti #hutanpinus #strong #dolan #hiburan #refresing #public #explore #likeforlike #l4l #lfl #likesback #likes #lightroom

A post shared by ???????????????????????????????????? (@septiyanc) on

Hutan Pinus Gogoniti masih terbilang sebagai destinasi wisata baru di Blitar. Objek wisata ini baru dibuka pada tahun akhir 2017 silam. Di Hutan Pinus Gogoniti, kamu bisa menikmati keindahan jejeran pohon pinus dengan udara yang sejuk. Lokasi wisata Blitar ini juga berdekatan dengan Gumuk sapu Angin, lho.

3. Rabbit Park Blitar

Rabbit Park sangat cocok buat kamu yang sedang mencari destinasi wisata keluarga. Di wisata Blitar ini, kamu bisa melihat kelinci bermain bebas di hamparan rumput hijau yang luas. Nggak hanya itu saja, Rabbit park juga menyediakan beberapa spot menarik seperti pohon cinta, rumah pohon, dan masih banyak lagi.

3 dari 5 halaman

Wisata Blitar Terbaru

Meski baru, berbagai tempat wisata di Blitar ini juga patut kamu coba. Pastinya, daya tariknya juga nggak kalah kok dengan destinasi wisata lainnya. Yuk, cek ada destinasi wisatanya.

1. Kaloka Lodoyo

Kaloka (Kawasan Alas Lodoyo Kaulon) Lodoyo merupakan salah satu area di hutan yang berlokasi di pinggiran hulu Bendungan Wlingi Raya. Sama seperti Hutan Pinus Gogoniti, wisata Blitar ini terbilang baru karena baru dibuka pada tahun 2017 silam. Selain kamu bisa menikmati nuansa alam yang asri di sekitarnya, di Kaloka Lodoyo juga terdapat spot foto menarik buat kamu yang hobi berfoto.

2. Bukit Bunda

      View this post on Instagram

Photo credits to @rz.octvn . Jadi fix ke hongkong, paris, atau pelaminan ??? ???? . Lokasi : Bukit Bunda. Blitar . Share your picture or video using #thisiseastjava with location for repost! . #pesonaindonesia #exploreindonesia #wonderfulindonesia #discoverindonesia #indtravel #travelingindonesia #thisiseastjava #bukitbunda

A post shared by THIS IS EAST JAVA (@thisiseastjava) on

Bukit Bunda ini sangat pas buat kamu yang ingin mencari tempat nongkrong dengan nuansa yang berbeda. Lokasinya sendiri berada di area bukit kapur kecamatan Kademangan, Blitar. Di kawasan ini, selain kamu bisa menikmati makanannya, kamu juga bisa mengelilingi Bukit Bunda dengan menggunakan kendaraan trail.

3. Puncak Kejora

Mengusung konsep yang hampir sama dengan Gumuk Sapu Angin, Puncak Kejora juga menawarkan menikmati panorama alam dari ketinggian dan juga terdapat spot foto menarik di sana. Salah satu daya tarik utamanya yaitu spot foto yang berbentuk bintang raksasa. Lokasi salah satu wisata Blitar ini berada di kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar.

4 dari 5 halaman

Wisata Negeri Dongeng Blitar

Wisata Negeri Dongeng Blitar merupakan salah satu tempat wisata dengan mengusung tema bangunan-bangunan ikonik di berbagai dunia. Wisata Blitar ini memang hampir mirip dengan wisata The World Landmarks Merapi Park di Jogja dan Small World di Purwokerto.

Banyak landmark dari berbagai dunia yang bisa kamu jumpai di sini. Antara lain yaitu Menara Pisa, Menara Eiffel, Piramida Giza Mesir, Kincir Angin Belanda, dan masih banyak lagi. Bangunan-bangunan ikonik dunia ini bisa menjadi spot foto menarik saat berkunjung ke wisata blitar satu ini.

Selain landmark dunia, Wisata Negeri Dongeng Blitar juga menyuguhkan wahana menantang yang sekaligus bisa menjadi spot foto keren seperti sepeda terbang dan Karpet Aladdin. Jika kamu ingin bersantai, kawasan ini juga tersedia kebun Blimbing lengkap dengan tempat duduknya.

Lokasi Wisata Negeri Dongeng Blitar terletak di Desa Kawedusan, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitardan mulai buka pada pukul 08.00 - 21.00 WIB. Untuk harga tiketnya cukup terjangkau yakni Rp. 7.500 saat weekdays dan Rp. 10.000 saat weekend.

5 dari 5 halaman

Wisata Kota Blitar

Selain daerah kabupatennya, Kota Blitar juga memiliki beragam wisata yang nggak kalah menarik untuk dijadikan destinasi liburan. Selain Makan Bung Karno, berikut ini beberapa tempat wisata yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Blitar. Dimana saja tempatnya?

1. Oemah Djadul

Tempat wisata ini sangat sayang dilewatkan jika kamu berkunjung ke Blitar. Di Oemah Djadul, kamu bisa menjumpai beragam barang-barang dengan ornamen khas Tionghoa dan barang-barang antik lainnya. Harga tarifnya juga cukup terjangkau yaitu sekitar Rp. 10 ribu saja dan kamu sudah bisa menikmati sensasi kembali ke masa lampau.

2. Telaga Rambut Monte

      View this post on Instagram

Ternyata di lereng Gunung Kawi ada telaga keren ini loh ????, namanya Telaga Rambut Monte, telaga ini berada diantara pepohonan yang hijau dan ada juga candi disini ????. . . . Foto dolan dari @ivanvrdytm . ????Telaga Rambut Monte, Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. . . ?????????? Kamu tukang dolan atau punya Informasi keren seputar tempat dolan? Jangan lupa tag mimin dan pakai #ayodolan ya guys ?????????? . . . #telagarambutmonte #ayodolanblitar #blitar

A post shared by INDONESIA | #ayodolan (@ayodolan) on

Telaga Rambut Monte bisa dikatakan sebagai salah satu wisata favorit di Blitar ynag menyuguhkan pemandangan air telaga yang sangat jernih. Di kawasan ini, kamu juga bisa menjumpai bangunan candi dan tempat petilasan yang masih sering digunakan untuk ritual sampai sekarang. Lokasi Telaga Rambut Monte terletak di Desa Kresik atau sekitar 30 km dari pusat kota Blitar.

3. Pemandian Sumber Udel

Destinasi wisata keluarga lainnya yang bisa kamu kunjungi saat berlibur di Blitar yakni Pemandian Sumber Udel. Nggak hanya menawarkan wahana air seperti kolam renang dan papan seluncur, tempat wisata Blitar ini juga memiliki fasilitas taman bermain dan juga panggung untuk acara live music. Selain itu, letak Sumber Udel juga cukup dekat dengan makam Bung Karno yakni hanya sekitar 500 meter saja. Bisa nih jika kamu ingin mengunjungi dua tempat wisata sekaligus.

Nah, itu dia berbagai destinasi wisata di Blitar yang hits dan terbaru. Bagaimana, sudah menentukan destinasi mana saja nih yang akan kamu kunjungi saat ke Blitar?

Beri Komentar