13 Tempat Wisata Merapi yang Terkenal termasuk Daerah Kaliurang

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 13 Februari 2020 23:15
13 Tempat Wisata Merapi yang Terkenal termasuk Daerah Kaliurang
Kawasan Gunung Merapi tak hanya menyajikan alam yang indah, tapi juga beragam destinasi wisata yang menawan. Berikut ini tempat wisata Merapi yang terkenal.

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung aktif yang ada di Pulau Jawa. Meski masih aktf hingga sekarang, tak menyurutkan banyak orang untuk berwisata di sekitarnya. Hal ini juga tak lepas dari panorama dan destinasi menarik yang ditawarkan. Seperti salah satunya di wilayah Kaliurang. Daerah satu ini, memiliki sederet wisata seru yang menarik untuk dikunjungi.

Tak hanya daerah Kaliurang saja, masih banyak daerah sekitar Gunung Merapi yang juga menyajikan wisata menarik. Karena itu, berikut Diadona paparkan 13 tempat wisata Merapi yang terkenal termasuk juga daerah Kaliurang sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber (13/02). Simak yuk beragam destinasi wisatanya di bawah ini!

1 dari 4 halaman

Wisata Gunung Merapi

Sata berkunjung ke kawasan Gunung Merapi, jangan lewatkan untuk berwisata ke beragam destinasi berikut ini ya. Yuk kita simak ada apa saja tempat wisata menariknya!

1. Museum Gunung Merapi

      View this post on Instagram      

A post shared by ?? ???? ???? ???? ???? ???? ???? ???? ???? ???? ???? ???? (@ian_5.10) on

Museum Gunung Merapi menjadi destinasi yang pas buat kamu yang ingin mengenal lebih dalam tentang Gunung Merapi. Di dalamnya, kamu bisa menyaksikan replika salah satu gunung aktif di Pulau Jawa ini lengkap dengan kepulan asap dan suara gemuruhnya.

Museum ini menyajikan beragam koleksi foto-foto Gunung Merapi dari masa ke masa. Selain itu, ada juga benda-benda sisa letusan Gunung Merapi pada 2006 silam. Kamu bisa mengunjungi wisata Merapi ini setiap hari Selasa - Minggu mulai dari jam 08.00 - 15.30, kecuali hari Jumat Museum Gunung Merapi hanya akan buka sampai jam 14.30.

2. The Lost World Castle

      View this post on Instagram      

A post shared by meliana (@melianacahyanti) on

Wisata Merapi satu ini sangat menarik dan unik. Seperti namanya, The Lost World Castle menyuguhkan beragam spot menarik dengan bentuk bangunan utama berupa kastil. Beberapa spot kece yang bisa kamu coba di wisata Merapi ini yakni spot berbentuk sayap dan paradise gate.

Selain itu, ada juga area yang berisi tenda khas suku Indian lengkap dengan propertinya yang bisa kamu sewa. The Lost World Castle sendiri berada di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan.

3. The World Landmark Merapi Park

      View this post on Instagram      

A post shared by ????????????????????????????/???????? ???????????????????????????????? (@vrisilshel) on

The World Landmark Merapi Park juga menjadi destinasi wisata menarik lainnya di kawasan Gunung Merapi. Di wisata Merapi ini, kamu bisa menjumpai aneka landmark dunia yang terkenal seperti Menara Pisa, Patung Liberty, kincir angin khas Belanda, dan masih banyak lagi lainnya. Semakin menariknya lagi, The World Landmark Merapi Park juga dilengkapi dengan anek bunga sehingga membuatnya nampak semakin indah.

4. Stonehenge Jogja

      View this post on Instagram      

A post shared by ???????????????????? ???????????????????? ???????????????????????????????? (@rahma_agstn) on

Masih menyuguhkan konsep bangunan ikonik dunia, Stonehenge Jogja juga menawarkan bangunan unik Stonehenge yang mirip dengan aslinya. Stonehenge sendiri merupakan bangunan unik di Wiltshire, Inggris berupa batu yang disusun melingkar secara tegak. Sedikit berbeda dengan Stonehenge di Wiltshire yang terbuat dari batu saja, Stonehenge yang ada di Kaliurang ini berasal dari batuan bekas erupsi Merapi dan beton yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai aslinya.

Terlebih lagi, kawasan wisata Kaliurang ini juga dibangun di tengah padang rumput hijau yang semakin membuat Stonehenge mirip dengan yang ada di Inggris. Wisata ini juga populer sebagai spot foto karena keunikannya.

2 dari 4 halaman

Wisata Merapi Jogja

Wisata Merapi berikut ini juga sangat menarik dan wajib kamu kunjungi. Kita simak yuk apa saja sih wisatanya. Gulir ke bawah, ya!

1. Rumah Hobbit Kaliurang

      View this post on Instagram      

A post shared by Beranda Jogja (@berandajogja) on

Tak jauh dari The Lost World Castle kamu bisa menemui kawasan wisata yang di desain mirip dengan rumah para hobbit dalam film The Lord of The Rings. Di sini, kamu bisa menemui rumah hobbit dengan tinggi sekitar dua meter yang menempel di bawah bukit buatan seperti di desa Shire, desa hobbit lengkap dengan pagar di sekelilingnya.

Tak hanya rumah hobbit, di wisata Kaliurang ini kamu juga bisa berfoto di rumah-rumah unik berbentuk jamur yang tersebar di sekitarnya. Rerumputan hijau yang ada di area ini juga menambah kesan asri dari destinasi wisata ini. Lokasi Rumah Hobbit sendiri berada di daerah Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.

2. Helio Garden

      View this post on Instagram      

A post shared by Helio Garden Yogyakarta (@heliogarden) on

Menyuguhkan keindahan ladang bunga matahari yang terhampar luas menjadikan Helio Garden sebagai salah satu destinasi wisata Kaliurang yang digemari kalangan muda. Di tempat ini, kamu bisa menyaksikan ladang luas yang tampak kekuningan sejauh mata memandang. Tentu saja, hal ini bisa menjadi spot foto yang sangat menarik.

Bunga matahari yang cukup tinggi dan banyak serta harga tiket yang sangat terjangkau menjadi daya tarik dari Helio Garden. Lokasi kebun cantik ini berada di daerah Pakem, lebih tepatnya di Jl. Kaliurang KM 21.

3. Agrowisata Bhumi Merapi

      View this post on Instagram      

A post shared by Beranda Jogja (@berandajogja) on

Wisata satu ini juga sangat cocok sebagai destinasi liburan bersama keluarga, terutama jika bersama si kecil. Di Agrowisata Bhumi Merapi kamu bisa berekreasi sekaligus menambah wawasan dengan berinteraksi langsung dengan hewan-hewan yang ada. Banyak macam wahana yang ditawarkan seperti memerah susu kambing, memberi makan kelinci, naik kuda poni, outbond khusus anak, dan masih banyak lagi wahana seru yang bisa dilakukan lainnya.

Harga tiket eduwisata ini juga cukup terjangkau yakni sekitar Rp. 10 ribu saja. Agrowisata Bhumi Merapi berlokasi Jl. Kaliurang KM 20, tepatnya di belakang Balai Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman.

4. Bukit Klangon

      View this post on Instagram      

A post shared by andria_shanti (@shanti_andria) on

Bukit Klangon ini menyajikan panorama Gunung Merapi dengan cukup jelas. Lokasi Bukit Klangon sendiri berjarak sekitar 4 kilometer dari Gunung Merapi. Cukup dekat, ya. Di tempat ini, kamu bisa menyaksikan gagahnya Gunung Merapi dari atas gardu pandang yang tersedia. Gardu pandnag ini juga bisa lho menjadi spot foto yang keren. Kamu bisa langsung mengunjungi wisata Merapi yang menarik ini di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3 dari 4 halaman

Wisata Jeep Merapi

Ilustrasi liburan bersama teman

Selain mengunjungi beragam destiansi wisata di atas, salah satu cara menikmati keindahan Gunung Merapi yakni dengan tur mengendarai jeep. Di kawasan Merapi banyak sekali persewaan jeep dengan pilihan rute wisata yang bisa kamu pilih. Diantaranya yakni rute Museum Mini Sisa Hartaku, Batu Alien, Bunker Kaliadem, Track Air, dan beragam tempat menarik lainnya.

Tak hanya itu, kamu juga bisa merasakan sensasi memacu adrenalin dengan mengikuti Lava Tour Merapi. Di tur ini, kamu akan dibawa melewati jalur yang cukup menantang dengan jalur terjal bebatuan. Sepanjang perjalanan, kamu bisa menikmati panorama yang terjadi akibat dari erupsi Gunung Merapi dan pastinya pemandangn indah dari Gunung Merapi itu sendiri.

Untuk menyewa jeep sendiri, kamu perlu menyiapkan dana sekitar Rp. 350 ribu - Rp. 550 ribu per mobilnya tergantung dengan pilihan rute dan juga agen perjalanan yang kamu pilih pastinya.

4 dari 4 halaman

Wisata Merapi Kaliurang

Kaliurang merupakan salah stau daerah yang berlokasi lumayan dekat dengan Gunung Merapi. Kawasan ini menawarkan berbagai wisata yang snagat menarik untuk dikunjungi. Ini dia beragam wisatanya.

1. Museum Ullen Sentalu

      View this post on Instagram      

A post shared by Nining Harahap (@nining_harahap) on

Museum dengan nuansa alam menjadi gambaran dari Museum Ullen Sentalu. Pepohonan yang rimbun dan hijau disekitar dengan bangunan yang seakan menyatu dengan alam membuat wisata Kaliurang ini sangat menarik untuk dikunjungi. Museum ini menyajikan tentang seni dan budaya Jawa, terutama mengenai Kerajaan Mataram.

Di dalam museum ini kamu bisa melihat berbagai koleksi lukisan, kain batik khas Solo dan Yogyakarta, gamelan, dan koleksi lainnya. Kamu bisa mengunjungi museum ini di Jl. Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Sleman.

2. Taman Gardu Pandang Kaliurang

Selain Helio Garden, Taman Gardu Pandang Kaliurang juga menjadi destinasi populer lainnya bagi anak muda. Di tempat ini. selain kamu disuguhkan dengan pemandangan indah sekitar, Taman Gardu Pandang Kaliurang juga menyediakan sejumlah spot foto menarik lengkap dengan lampu-lampu yang cantik.

Malam hari merupakan waktu terbaik mengunjungi taman ini karena kamu bisa melihat beraneka macam lampu cantik yang menerangi setiap sudut taman. Salah satu fasilitas lain yang sangat menarik dari taman ini yaitu pagelaran Festival of Light yang biasanya diselenggarakan pada akhir tahun.

3. Tlogo Putri

      View this post on Instagram      

A post shared by JOGJA (@wonderfuljogja) on

Perpaduan wisata air dengan wisata alam menjadi daya tarik dari Tlogo Putri. Tlogo Putri sendiri adalah sebuah danau yang dikelola oleh Dinas pariwisata Sleman. Selain danau, kawasan wisata ini juga menyajikan banyak pilihan aktivitas dan permainan seperti flying fox, kano, bebek air, jungkat-jungkit, sampai dengan bianglala bisa kamu jumpai di Tlogo Putri.

Berada di lereng Gunung Merapi membuat kawasan wisata ini memiliki udara yang segar sekaligus juga asri. Sangat cocok kan buat kamu yang ingin refreshing sejenak. Di tempat wisata Kaliurang ini juga tersedia panggung yang biasanya digunakan untuk pertunjukan seni seperti campursari, orkes melayu, jathilan, juga dangdutan.

4. Air Terjun Tlogo Muncar

      View this post on Instagram      

A post shared by Ditha Djiau (@dithadjiau) on

Wisata alam lainnya yang bisa kamu kunjungi di Kaliurang yaitu Air Terjun Tlogo Muncar. Berada di lereng Gunung Merapi, air terjun ini memiliki air yang jernih dan segar sekaligus udara yang sejuk. Air Terjun Tlogo Muncar sendiri bersumber dari mata air Bukit Plawangan yang tak terlalu jauh dari lokasi. Jika kamu tertarik berkunjung, sangat disarankan untuk berkunjung saat musim penghujan. Hal ini karena saat musim kemarau debit air terjun ini tidak cukup deras.

Wisata Merapi memang menarik ya untuk dijadikan destinasi liburan. Dari wisata di atas, ada enggak nih yang pernah kamu kunjungi?

Beri Komentar