13 Tempat Wisata Pantai Jogja dan Sekitarnya yang Terbaik dan Terindah

Reporter : Devi Puspitasari
Selasa, 18 Februari 2020 23:21
13 Tempat Wisata Pantai Jogja dan Sekitarnya yang Terbaik dan Terindah
Rekomendasi wisata pantai Jogja yang terbaik dan terindah, Berikut ini daftar wisata pantainya.

Saat mendengar wisata di Jogja apa nih yang terlintas di pikiran kamu? Jalan Malioboro atau mungkin Keraton Yogyakarta? Tak hanya wisata budaya dan sejarah saja, wisata alam di Jogja juga sangat mempesona. Salah satunya pantai.

Wilayah Yogyakarta memiliki sederet pantai yang indah dan memiliki keunikan tersendiri. Untuk itu, berikut Diadona sajikan beragam wisata pantai Jogja terbaik da terindah yang dilansir dari berbagai sumber (18/02) berikut ini. Simak selengkapnya di bawah, yuk!

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Jogja Pantai

Jogja memang memiliki sederet pantai dengan panorama yang indah sekaligus keunikan tersendiri di masing-masing pantainya. Berikut ini rekomendasi pantai menarik yang bisa kamu masukkan ke daftar wisatamu saat di Jogja. 

1. Pantai Watunene

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Berbagi Info Gunungkidul (@dailygunkid) pada

Sekilas, Pantai Watunene memang mirip dengan Pantai Dreamland yang ada di Bali. Lokasinya yang berada di balik tebing memang mirip dengan salah satu pantai terkenal di Pulau Dewata tersebut. Terlepas dari itu, Pantai watunene memiliki panorama yang menawan dengan pasir putih dan lautnya yang biru.

Suasana pantai yang tennag sangat cocok buat kamu yang ingin menenangkan diri sejenak. Selain itu, wisata pantai Jogja satu ini masih terkesan alami karena letaknya sendiri yang masih tersembunyi.

2. Pantai Sinden

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh INDONESIA | #ayodolan (@ayodolan) pada

Berbeda dnegan pantai kebanyakan, kamu enggak akan menemukan hamparan apsir di Pantai Sinden melainkan tebing-tebing karang. Hal inilah yang malah membuat wisata pantai Jogja ini unik seklaigus menarik. Selain itu, di seberang pantai ini terdapat pulau karang yang bernama Pulau Kalong.

Kamu juga bisa lho menyeberang ke pulau tersebut dengan melewati jembatan gantung yang tersedia. Dari atas jembatan gantung tersebut, kamu juga bisa menikmati keindahan Pantai Sinden dengan laut birunya.

3. Pantai Wohkudu

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh JOGJA (@wonderfuljogja) pada

Pantai Wohkudu ini juga tak kalah menarik dengan kedua pantai sebelumnya. Lokasi pantai ini cukup unik karena berada di antara dua tebing. Hal ini juga membuat Pantai Wohkudu terkesan tersembunyi dan memiliki garis pantai yang pendek.

Meski minimalis, pesona salah satu wsiata pantai Jogja ini enggak kalah dengan beragam pantai lainnya. Malah hal itulah yang membuatnya menarik. Ombaknya yang tenang dengan hamparan pasir putihnya yang indah merupakan hal yang disuguhkan pantai yang terletak di Gunung Kidul ini.

4. Pantai Wedi Ombo

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Laterr???? (@ayulaterrr_sitepu) pada

Wisata pantai Jogja selanjutnya yang tak kalah menarik yakni Pantai Wedi Ombo. Pantai cantik ini berada di daerah Jepitu, Gunung Kidul. Di sini, kamu bisa menyaksikan gugusan tebing-tebing karang di sekeliling pantainya.

Salah satu daya tarik sekaligus keunikan dari Pantai Wedi Ombo yakni adanya kolam alami yang dibatasi oleh batuan karang. Selain itu, pantai cantik ini juga menjadi salah satu spot surfing yang cukup terkenal di Jogja. Hal ini tak lepas dari ombaknya yang cukup besar dan menantang.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Jogja selain Pantai

Tak hanya pantai saja, Jogja juga menawarkan beragam wisata selain pantai yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Seperti beberapa destinasi wisata berikut ini. Cek, yuk!

1. Upside Down Jogja

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Mawar (@mwr.29) pada

Upside Down ini menawarkan wisata unik dan menarik, terutama bagi kamu penyuka fotografi. Dengan konsep spot foto terbalik, tempat wisata Jogja satu ini menjadi hits di kalangan anak muda. Banyak spot-spot dengan latar belakang menarik yang bisa kamu coba. Jangan khawatir, kamu juga bisa menyewa jasa fotografer jika kamu rasa fotomu kurang maksimal.

2. Taman Pelangi

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Gina Amalia Nurjanah (@ginaamalian) pada

Jika kamu ingin mengunjungi tempat yang menarik sekaligus romantis di malam hari, kamu bisa berkunjung ke taman Pelangi. Lampu serta lampion yang berwarna-warni menjadi daya tarik yang ditawarkan dari taman yang masih satu area dalam museum monumen Jogja kembali ini. Banyak spot-spot foto penuh lampu yang bisa kamu kunjungi. Tiket masuknya pun juga relatif murah yakni sekitar Rp. 10 ribu - Rp. 20 ribu.

3. Resoinangun Garden

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh 5AM ADVENTURE (@5amadventure) pada

Resoinangun Garden ini menawarkan hamparan kebun bunga yang indah. Wisata menarik satu ini terletak di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul. Disini, terdapat berbagai spot foto menarik lengkap dengan aksesorisnya yang akan membuat fotomu lebih cantik. Tak perlu khawatir untuk tiketnya karena harganya sangat ramah di kantong yakni sebesar Rp. 5 ribu saja.

4. Air Terjun Kedung Pedut

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh ExploreJava | ExploreIndonesia (@javascenery) pada

Air Terjun Kedung Pedut menawarkan keindahan alam dengan nuansa pedesaan yang asri. Spot utama yang menarik dari tepat ini selain dari air terjunnya yakni wahana sepeda terbang dimana kamu bisa menaiki sepeda di atas ketinggian. Selain itu, fasilitas ini tempat wisata alam Jogja satu ini juga terbilang lengkap seperti warung makan, toilet umum, gazebo, dan tempat parkir bisa kamu temukan di kawasn ini.

3 dari 4 halaman

Wisata Jogja Pantai Indrayanti

      Lihat postingan ini di Instagram    

Kapan kalian terakhir ke Pantai? Ayoook lebaran ke pantai bareng gaes ????. Tag konco konco ajaki mantai bareng ???? . Location: Pantai Pulsa / P Indrayanti Photo by @ephework . #pantaipulangsawal #pantaiindrayanti #explorejogja #jogjatravelid #liburanjogja #pantaidijogja #pantaigunungkidul #pesonaindonesia #indonesiatraveler #travelingjogja #parapejalan #keluarbentar #jelajahjogja #jogjalantaidua

Sebuah kiriman dibagikan oleh JOGJA (@jogja24jam) pada

Salah satu pantai di Jogja yang juga menawarkan panorama indah yakni Pantai Indrayanti. Sebenarnya, nama Pantai Indrayanti sendiri bukanlah nama resmi dari pantai ini, melainkan Pantai Pulang Sawal. Nama Indrayanti diambil dari nama restoran yang terletak tak jauh dari pantai. Cukup unik, ya.

Lokasi pantai cantik ini terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai Indrayanti menawarkan panorama pantai yang indah dan bersih. Di sisi kiri dan kanan pantai juga terdapat tebing dimana dari atasnya kamu bisa menyaksikan panorama pantai ini.

Fasilitas Pantai Indrayanti pun juga terbilang cukup lengkap. Mulai dari tempat makan, gazebo, toilet, hingga jetski bisa kamu temui di pantai ini. Soal tiket masuknya kamu engak perlu khawatir karena cukup terjangkau yakni sekitar Rp. 10 ribu per orangnya.

4 dari 4 halaman

Wisata Pantai Jogja Dekat Malioboro

Pantai dekat Malioboro ini juga tak kalah menarik untuk kamu jelajahi lho. Ada apa saja sih pantainya? Langsung saja simak di abwah ini ya untuk selengkapnya.

1. Pantai Glagah

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Objek Wisata Jogja (OWJ) (@objek_wisata_jogja) pada

Pantai Glagah ini menawarkan sesuatu yang unik dan berbeda dengan pantai lainnya. Di sini, kamu bisa menjumpai tetrapod yang tersebar di sepanjang pantainya. Nah, tetrapod ini berfungsi sebagai pemecah ombak.

Dengan adanya tetrapod-tetrapod ini malah membuat Pantai Glagah lebih menarik dan menjadi spot foto yang ciamik. Ditambah lagi dengan pasirnya yang berwarna hitam semakin emmpercantik pantai yang terletak di Kulon Progo ini.

2. Pantai Ngelambor

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh @limabcde pada

Pantai Nglambor ini sangat cocok buat kamu yang hobi snorkeling. Tak hanya menyajikan panorama pantai yang indah saja, namun pemandnagan bawah laut yang juga mempesona. Ikan-ikan kecil dengan sederet terumbu karang yang indah bisa kamu saksikan sata bernorkeling di kawasan ini.

Tak sampai di situ saja, di sekitar Pantai Ngelambor juga terdapat bukit-bukit karang. Nah, dari atas bukit ini kamu bisa menikmati keindahan Pantai Ngelambor dari ketinggian. Menarik, ya.

3. Pantai Nguluran

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Objek Wisata Jogja (OWJ) (@objek_wisata_jogja) pada

Pantai Nguluran juga tak kalah menarik dan menyajikan hal yang berbeda. Di wisata pantai Jogja ini terdapat teras kaca yang mengarah langsung ke lautan. Dari atasnya, kamu bisa melihatr laut dan tebing persis di bawah kaki kamu.

Pantai Nguluran ini juga menyediakan beragam spot foto keren seperti becak terbang, colourful stone, rumah bonek, dan lainnya. Terlepas dari beragam hal itu, panorama pantainya sendiri sangat menawan.

4. Pantai Kesirat

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh JOGJA VIEWS (@jogjaviews) pada

Pantai Kesirat ini menjadi spot yang menarik untuk menikmati sunset di Jogja. Hampir sama seperti Pantai Sinden, di Pantai Kesirat kamu juga enggak akan menemukan hamparan pasir di sepanjang pantainya. Sebagai gantinya kamua kan disuguhi jejeran tebing hijau yang indah. Pantai Kesirat sendiri terletak di daerah Gunung Kidul. Pantai ini juga sangat menarik lho sebagai spot camping.

Nah, itulah 13 tempat wisata pantai Jogja yang terbaik dan terindah. Nah, tunggu apalagi yuk siapkan kopermu dan berlibur ke Jogja!

Beri Komentar