16 Daftar Tempat Wisata di Singapura yang Terkenal dan Gratis 2019

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 15 Januari 2020 16:00
16 Daftar Tempat Wisata di Singapura yang Terkenal dan Gratis 2019
Sebagai salah satu negara destinasi wisata favorit masyarakat Indonesia, Singapura memilii destinasi yang sangat menarik untuk dikunjungi. Inidia sederet destinasinya.

Singapura menjadi salah satu negara destinasi wisata yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Letaknya yang dekat dan mudah dijangkau memang sangat memudahkan bagi siapa saja yang ingin berlibur ke Kota Singa ini. Terlebih, Singapura juga menyuguhkan banyak wisata menarik yang bisa kamu explore.

Tak hanya Marina Bay Sands dan Merlion Park saja, masih banyak lagi tempat wisata di Singapura yang nggak kalah menawan. Terlebih lagi, cukup banyak destinasi wisata di Singapura yang dapat dinikmati secara cuma-cuma. Sangat menarik, ya. Untuk itu, yuk kita simak sederet destinasi wisata di Singapura sebagaimana dirangkum dalam berbagai sumber (14/01) berikut ini. Langsung saja kita simak di bawah, yuk!

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Singapura yang Terkenal

Pertama, yuk kita bahas tentang tempat wisata yang terkenal di Singapura. Jika berbicara tentang tempat terkenal di Kota Singa ini, pasti kita sudah cukup familiar ya, terutama Patung Merlion yang menjadi ikon neagar Singapura. Selain Merlion Park, apa saja sih destinasi wisata terkenal lainnya. Simak selengkapnya di bawah, yuk!

1. Gardens by The Bay

Gardens by The Bay

Taman cantik ini terletak di belakang Marina Bay Sands. Yang membuat Gardens by The Bay ini unik dan berbeda dari kebanyakan taman lainnya yakni adanya pohon buatan raksasa yang bernama Supertree Grove. Terlebih, pohon ini akan semakin indah di malam hari dengan gemerlap lampu yang terpasang pada pohonnya.

Untuk berkeliling di Gardens by The Bay kamu enggak akan dikenakan biaya alias gratis. Tapi, jika kamu ingin berjalan-jalan menyusuri jembatan yang menghubungkan setiap Supertree Grove, kamu akan dikenakan biaya $5 per orangnya.

2. Merlion Park

Berkunjung ke Singapura belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi dan berfoto di Patung Merlion yang ada di Merlion Park. Di taman ini, kamu bisa menjumpai Patung merlion (Merlion Statue) yang menjadi landmark dari negara Singapura. Merlion Park sendiri buka setiap harinya selama 24 jam. Jadi, kamu enggak perlu khawatir jika ingin menghabiskan malam di taman cantik ini. Satu lagi yang menarik, kamu bisa menikmati tempat wisata di Singapura ini secara gratis.

3. Marina Bay Sands

Tak jauh dari Merlion Park, juga terdapat salah satu spot terkenal di Singapura yakni Marina Bay Sands. Untuk kamu yang belum tahu, Marina Bay Sands ini merupakan kompleks hotel, mall, dan casino megah yang dibuka sejak 2010 silam. Satu hal menarik dari tempat wisata di Singapura ini yaitu adanya pertunjukan atraksi cahaya yang menarik setiap jam 8 malam dan 21.30 malam dengan durasi 15 menit. Keindahan atraksi cahaya ini akan terpantul di danau marina Bay yang membuat sekitar kawasannya semakin indah.

4. Singapore Flyer

Singapore Flyer juga salah satu tempat wisata yang juga populer di Singapura. Singapore Flyer sendiri adalah bianglala raksasa bahkan merupakan salah satu bianglala terbesar di dunia dengan tinggi mencapai 165 meter. Dari bianglala ini, kamu bisa menikmati keindahan kota Singapura dengan gedung pencakar langitnya. Singapore Flyer sendiri buka setiap hari dari jam 8.30 pagi sampai jam 10.30 malam. Jika kamu tertarik mencoba wisata ini, kamu perlu menyiapkan bujet sekitar S$33 untuk dewasa dan S$21 untuk anak-anak.

2 dari 4 halaman

Daftar Tempat Wisata di Singapura

Jika kamu mencari tempat wisata di Singapura lainnya, berbagai destinasi ini bisa menjadi opsi yang nggak boleh kamu lewatkan. Nah, apa saja itu? Berikut ini daftar tempat wisata di Singapura yang reccomended

1. Little India

Little India merupakan pusat kawasan komunitas India yang berada di Singapura. Pusat perbelanjaan di kawasan ini juga selalu ramai dan buka selama 24 jam nonstop.  Kawasan ini merupakan tempat yang tepat buat kamu yang ingin berburu barang khas India. Tak hanya barang, di Little India kamu juga bisa mencoba kuliner khas India yang beragam. Lokasinya sendiri terletak di sisi timur Singapore River dan berseberangan dengan Chinnatown.

2. Esplanade

Terletak tak jauh dari Merlion Park, Esplanade bisa menjadi destinasi menarik khusunya buat kamu yang menyukai seni. Esplanade sendiri adalah pusat seni yang ada di Singapura dan salah satu yang paling aktif di dunia. Beragam fasilitas tentang seni bisa kamu jumpai di dalam tempat ini, salah satunya ruangan pameran lukisan dan konser. Esplanade juga merupakan salah satu destinasi yang murah meriah di Singapura karena kamu enggak akan dipungut biaya untuk memasukinya, kecuali jika ada konser yang mengharuskan kamu membayar tentunya.

3. Singapore Botanic Gardens

Ilustrasi Singapore Botanic Garden

Jika kamu mencari tempat asri yang menyegarkan mata, Singapore Botanic Gardens tempatnya. Dengan luas sekitar 74 hektare, tempat wisata di Singapura ini menawarkan pemandangan pepohonan hijau yang asri. Singapore Botanic Gardens buka setiap harinya dari jam 5 pagi sampai tengah malam.

Selain menikmati hijaunya taman, kamu juga bisa menikmati keindahan danau dengan angsanya di kawasan taman ini. Singapore Botanic Garden juga menjadi destinasi wisata gratis di Singapura lainnya. Tapi, jika kamu ingin berkunjung ke National Orchid Garden di taman ini, kamu akan dikenakan biaya sebesar $5 untuk orang dewasa, $1 untuk pelajar, dan gratis untuk anak-anak di bawah 12 tahun.

4. Singapore Art Museum

Singapura memiliki beragam museum yang sangat menarik, salah satunya Singapore Art Museum. Museum ini juga merupakan museum terbesar di dunia dengan gaya seni kontemporer. Di Singapore Art Museum sendiri ada sekitar 7000 karya seni dari berbagai dunia. Salah satu tempat wisata di Singapura ini menyimpan berbagai macam karya seni diantaranya patung dan lukisan.

Singapore Art Museum juga rutin melakukan pameran seni. Jika kamu beruntung, kamu juga bisa lho menemukan lukisan orang terkenal di pameran ini.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Kota Singapura

Berbagai tempat wisata di Singapura memang sangat menarik, ya. Deretan wisata di bawah ini termasuk diantaranya. Cek, yuk ada apa saja.

1. Helix Bridge

Helix Bridge merupakan sebuah jembatan berarsitektur unik dengan bentuk spiral yang menyerupai rantaian DNA. Jembatan yang resmi dibuka tahun 2010 silam ini berlokasi di sebelah Banjamin Sheares Bridge dan menjadi penghubung antara Marina Bay dengan Marina Centre. Dari atas jembatan ini, kamu bisa melihat keindahan kota Singapura dengan gedung pencakar langitnya. Pada malam hari, Helix Bridge akan sangat cantik karena dilengkapi dengan sinar lampu berwarna-warni yang memanjakan mata.

2. Haw Par Villa

Bila kamu tertarik dengan budaya Tiongkok, Haw Par Villa menjadi tempat yang sangat tepat buatmu. Salah satu tempat wisata di Singapura ini menyajikan lebih dari 150 diorama dan lebih dari 1000 patung tentang lengenda-legenda dan cerita rakyat Tiongkok. Tempat ini pun juga memiliki nuansa khas Tiongkok yang kental.

Di sini, kamu juga bisa menjumpai diorama yang bertemakan neraka dengan menunjukkan hukuman yang akan didapat atas dosa. Selain kamu dapat belajar tentang budaya negara tirai bambu, kamu juga bisa sekaligus berhemat karena untuk memasuki Haw Par Villa kamu nggak akan dipungut biaya.

3. East Coast Park

Tak hanya taman dan beragam bangunan menariknya yang ada di Singapura, di bagian timur negara ini kamu bisa menjumpai pantai dengan suasana yang asri dan nyaman. Di East Coast Park, kamu bisa menikmati pemandangan laut sambil bersantai atau piknik. Beragam fasilitas juga bisa kamu nikmati di kawasan ini seperti penyewaan sepeda, scooter, skateboard, sampai roller blade.

4. Buddha Tooth Relic Temple & Museum

Di Chinnatown, kamu bisa menjumpai salah satu kuil sekaligus museum yang sangat menarik yakni Buddha Tooth Relic Temple & Museum. Saat memasuki tempat ini, kamu akan disambut dengan kemegahan kuil yang dihiasi dengan langit-langit yang menjulang tinggi. Buddha Tooth Relic Temple & Museum dibangun dngan gaya khas zaman Dinasti Tang dengan atap yang berbentuk pagoda.

Bangunan bersejarah ini terdiri dari empat lantai dan setiap lantainya menyajikan hal yang berbeda. Selain menikmati kemegahan bangunan dan museumnya, di salah satu lantainya kamu bisa menyantap makanan vegetarian dan menikmati secangkir teh hangat.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Singapura 2019

Singapura memang tak habis menawarkan destinasi wisata yang memukau. Tempat wisata di Singapura berikut ini juga bisa menjadi opsi liburan yang sangat menarik. Yuk, langsung gulir ke bawah ya.

1. Museum Madame Tussauds

Pasti kita semua sudah familiar ya dengan museum satu ini. Madame Tussauds yang ada di Singapura ini merupakan cabang ketujuh dari Museum Madame Tussauds dunia. Di sini, kamu juga bisa melihat patung-patung lilin para tokoh dunia yang terkenal. Bahkan, ada beberapa patung yang diberi pelengkap suara yang serupa dengan aslinya, lho.

Selain menikmati deretan patung lilin yang menarik,  Museum Madame Tussauds juga menyuguhkan wahana The Spirit of Singapore Boat Ride. Di wahana ini kamu akan diajak menjelajahi taman tropis di Singapura. Menariknya lagi, wahana ini cuma ada di Madame Tussauds Singapura saja.

2. Bugis Street

Nah, ini dia surga belanja bagi kamu yang mencari barang berkualitas baik dengan harga terjangkau. Bugis Street memang sudah terkenal sebagai tempat termurah untuk berbelanja barang mulai dari fashion hingga peralatan rumah tangga dan elektronik. Pilihan barangnya pun juga cukup lengkap.

Ada satu tempat menarik yang sayang jika kamu lewatkan saat berada di kawasan ini yakni kelenteng Kuan Yin Thong Hood Cho Temple yang telah berdiri sejak 1884. Kelenteng ini memiliki desain bangunan khas Tiongkok yang kental.

3. Jembatan Henderson Waves

Jembatan Henderson Waves

Tak kalah cantik dengan Helix Bridge, Jembatan Henderson Waves juga menyuguhkan desain unik dengan bentuk gelombang sepanjang 274 meter. Jembatan ini menghubungkan Telok Blangah Hill Park dengan Mount Faber Park. Di sepanjang jembatan Henderson Waves, kamu akan disuguhi dengan pemandangan cantik dari kota Singapura dan hutan disekitarnya. Saat malam, Henderson Waves akan sangat cantik dengan cahaya LED yang menghiasi sepanjang jembatan.

4. Singapore River

Singapore River sangat cocok bagi kamu yang sedang mencari destinasi wisata malam di Singapura. Dari salah satu tempat wisata di Singapura ini kamu bisa menikmati panorama Kota Singapura dengan cahayanya terpantul pada air sungai. Di Singapore River, kamu juga bisa menyusuri sungai dengan menggunakan Singapore River Cruise dimana kamu bisa menikmati pemandangan Clarke Quay dan Boat Quay dari kapal ini.

Singapura memang sangat menarik ya sebagai destinasi wisata. Dari tempat di atas, ada nggak nih yang pernah kamu kunjungi? Tulis jawabanmu di kolom komentar, ya!

Beri Komentar