15 Destinasi Tempat Wisata Alam di Gunung Kidul

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 3 Januari 2020 22:04
15 Destinasi Tempat Wisata Alam di Gunung Kidul
Gunung Kidul juga memiliki beragam destinasi wisata alam yang sayang untuk dilewatkan. Cari tau yuk ada apa saja.

Gunung Kidul merupakan salah satu daerah yang berada di sisi selatan Yogyakarta. Daerah ini juga menyimpan berbagai destinasi wisata yang tak kalah menarik dengan daerah-daerah lainnya. Mulai dari goa, air terjun, hingga pantai yang menjadi salah satu destinasi wisata populer dan terkenal di Gunung Kidul.

Tertarik menjadikan Gunung Kidul menjadi destinasi wisata liburan tahun ini? Jika seperti itu, kamu bisa mencoba mengunjungi berbagai tempat wisata Gunung Kidul yang menarik di bawah ini. Melansir dalam berbagai sumber, inilah tempat wisata di Gunung Kidul yang sayang jika kamu lewatkan. Yuk, cari tahu ada apa saja.

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata Gunung Kidul

Berkunjung ke Gunung Kidul belum lengkap rasanya jika kamu belum berkunjung ke destinasi wisatanya. Beragam tempat wisata menarik dan keren bisa kamu kunjungi saat berlibur di daerah satu ini. Ingin tahu berbagai tempat wisata menariknya? Simak terus di bawah ini ya.

1. Watu Payung

      View this post on Instagram

Watu Payung Terletak di Dlingo, Bantul, Yogyakarta #ayodolan kesini, Watu Payung ini memiliki keindahan pemandangan alam yang menawan, kamu juga dapat menyaksikan perbukitan yang dibarengi adanya sungai Oya yang mempesona, dengan Suasana alam pedesaan pun sangat terasa???? Foto dolan dari @hilminurr #ayodolanjogja #watupayung #jogja

A post shared by INDONESIA | #ayodolan (@ayodolan) on

Watu Payung merupakan salah satu wisata Gunung Kidul yang menyajikan keindahan alam sebagai daya tarik utamanya. Di tempat wisata satu ini, kamu akan disajikan panorama perbukitan hijau yang luas sekaligus juga indah. Salah satu spot favorit bagi wisatawan di Watu Payung yakni spot foto berbentuk unik dengan latar bentang alam hijau berkabut di belakangnya.

Nah, jika kamu tertarik mengunjungi tempat cantik satu ini, pagi atau sore hari merupakan waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini. Pasalnya, pada waktu tersebut kamu bisa menikmati indahnya sunrise atau sunset dari ketinggian di Watu Payung.

2. Pantai Jogan

Ingin melihat pantai sekaligus air terjun dalam satu tempat? Pantai Jogan ini jawabannya. Pantai Jogan merupakan salah satu pantai unik yang masih belum begitu terekspos di Gunung Kidul. Keunikan salah satu tempat wisata Gunung Kidul ini terletak pada air terjun yang jatuh bebas dari atas tebing ke tepi pantai. Selain keunikan air terjunnya, panorama pantai Jogan sendiri juga tak kalah mempesona.

3. Taman Bunga Nawari

      View this post on Instagram

Bersyukur masih melihat indahnya alam sekitar ???????? Foto by :@freda_fredot . . . . . #tamanbunganawari #spotjogja #spotasik #lancape #instragram #jatenggayeng #buruhphoto #kabarklaten #wisatajogja #klatenphotografth

A post shared by Klaten Cekrek (@klaten_cekrek) on

Berfoto di tengah-tengah ladang bunga matahari pasti akan sangat cantik, kan? Nah, pengalaman inilah yang ditawarkan tempat wisata Taman Bunga Nawari. Di taman ini, kamu akan disuguhi pemandangan hamparan bunga matahari yang indah dan sensasi berjalan-jalan di tengahnya. Taman Bunga Nawari sendiri berlokasi di daerah Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul.

4. Green Village Gedangsari

Tempat wisata Gunung Kidul satu ini pasti akan menyegarkan matamu saat berkunjung. Pasalnya, di Green Village Gedangsari kamu akan disuguhkan pemandangan alam yang hijau dan indah dari pegunungan di sekelilingnya. Buat kamu yang hobi berfoto, jangan khawatir. Di tempat ini, juga ada beberapa spot foto menarik dengan latar pegunungan hijau yang bisa kamu coba.

2 dari 4 halaman

Wisata Pantai Gunung Kidul

Berada di wilayah selatan Yogyakarta, tentu saja Gunung Kidul memiliki beragam pantai yang menarik sebagai destinasi wisata. Berikut ini beberapa pantai cantik yang bisa menjadi rekomendasi buat kamu yang ingin menjadikan pantai di Gunung Kidul sebagai destinasi utama liburan. Yuk, gulir ke bawah ya untuk selengkapnya.

1. Pantai Siung

Pantai Siung memang cukup populer di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Gunung Kidul, bahkan Jogja. Daya tarik utama dari tempat wisata Gunung Kidul satu ini terletak pada pasir putihnya yang indah dan juga tebing hijau di sekelilingnya. Selain itu, batu karang raksasa yang terdapat di sebelah timur dan barat pantai ini juga menjadi keunikan tersendiri dari Pantai Siung.

2. Pantai Ngelambor

      View this post on Instagram

Pantai Nglambor, Gn.Kidul - Jawa Tengah .... . ???? #pantainglambor . . #neodronegraphy #jawatengah #amazing_shots #landscape_captures #shotondji #wengkuymuniti #ig_landscape #igh_landscape_photography #globalcapture #fromwhereidrone #passionpassport #beach #geonusantara #visityogyakarta #milliondollarvisuals #photography #beachlover #lensanuswantara #explore_jogja #instanusantara #master_shotz #aerialphotography #droneshot #pecintapantai #best_worldplaces #depthobsessed #skygrapher #djiglobal #hasselblad

A post shared by @rulluu (@xmonstermayax) on

Pantai Ngelambor merupakan salah satu pantai di Gunung Kidul yang tak hanya menyajikan panorama pantai yang indah, tapi juga panorama bawah laut yang tak kalah mempesona. Di pantai ini, kamu bisa mencoba bersnorkeling menjelajahi keindahan biota laut seperti ikan-ikan kecil dan terumbu karang. Tak hanya bersnorkeling, kamu juga bisa menikmati keindahan pantai ini dari ketinggian. Caranya yakni dengan trekking dan mendaki bukit-bukit karang yang berada di sekitar pantai. Seru, kan?

3. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran memang terkenal cukup menarik dan unik di Gunung Kidul. Tak hanya menyuguhkan pesona keindahan pantainya, di salah satu tempat wisata Gunung Kidul ini kamu juga bisa menikmati keunikan tebing karang dengan candi yang berada di atasnya. Pantai Ngobaran sendiri berada di desa Kanigoro, kecamatan Saptosari.

4. Pantai Kesirat

      View this post on Instagram

Rindu pas lagi dirikan tenda disini ditemani sunset dan kamu yang sedang menghisap sebath dan coffee . Pantai Kesirat, Girikarto, Panggang, Gunungkidul . Photo by: @rafirss #camping #pantai #pantaikesirat #beach #gunungkidul #jogja #pesonajogja

A post shared by Pesona Jogja (@pesonajogja) on

Kamu mencari spot terbaik untuk menikmati sunset di Jogja? Jika iya, kamu perlu mencoba mengunjungi Pantai Kesirat. Selain merupakan salah satu tempat terbaik menikmati sunset di jogja, Pantai Kesirat juga menawarkan pengalaman menikmati pantai yang cukup berbeda dan menarik. Jika biasanya kamu menjumpai hamparan pasir di sepanjang pantai, di pantai ini kamu akan disuguhi jajaran tebing hijau yang indah sebagai gantinya.

3 dari 4 halaman

Wisata Alam Gunung Kidul

Wisata alam memang menjadi wisata utama dari Gunung Kidul. Berbagai tempat wisata mulai dari pantai hingga air terjun bisa kamu jumpai saat berkunjung ke salah satu kabupaten di Yogyakarta ini. Penasaran dimana saja tempat wisata alam di Gunung Kidul yang menarik?

1. Goa Jomblang

      View this post on Instagram

Now Discovering Goa Jomblang in Semanu, Indonesia, with @thewayfaress. "Hidden in the Karst Hills in southern Central Java is a system of hundreds of caves, including Goa Jomblang. When soil and vegetation collapsed beneath the surface of the earth thousands of years ago, a sinkhole was formed, and an ancient underground forest began to grow." #thediscoverer #nowdiscovering

A post shared by The Discoverer (@nowdiscovering) on

Goa Jomblang merupakan tempat wisata Gunung Kidul yang sangat cocok buat kamu yang menyukai tantangan. Goa ini cukup unik karena bentuknya yang vertikal dan menyerupai lubang bawah tanah. Nah, untuk memasukinya sendiri kamu akan menggunakan peralatan khusus yang telah disediakan oleh pengelola. Salah satu daya tarik dari Goa Jomblang yakni adanya "sinar dewa" atau sinar matahari yang secara vertikal menembus goa ini.

2. Telaga Biru Semin

Telaga cantik berwarna biru ini dulunya merupakan daerah pertambangan yang kini telah berubah menjadi danau. Seperti namanya, Telaga Biru Semin terletak di kecamatan Semin, Gunung Kidul. Sekilas, jika di lihat dari atas, pemandangan telaga ini mirip dengan Telaga Pengilon dan Telaga Tiga Warna yang berada di dataran tinggi Dieng. Menarik, kan?

3. Air Terjun Sri Gethuk

      View this post on Instagram

Air Terjun Sri Gethuk Terletak di Gunungkidul, Yogyakarta Gunungkidul menyimpan potensi alam berupa aliran sungai yang membelah tebing-tebing tinggi. Salah satunya Air Terjun Sri Gethuk ini. Uniknya, aliran air terjun ini tidak mengenal musim, baik musim hujan atau kemarau panjang sekalipun dengan tetap mengalir tanpa henti. #ayodolan kesini, Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul adalah keunikan alam yang sungguh sayang jika dilewatkan ketika kamu sedang berkunjung ke Yogyakarta Sumber : www.initempatwisata.com/wisata-indonesia/jogjakarta/inilah-pesona-air-terjun-sri-gethuk-di-gunungkidul-jogja/3732/ #ayodolanjogja #airterjunsrigethuk #jogja

A post shared by INDONESIA | #ayodolan (@ayodolan) on

Tempat wisata lainnya yang masih satu lokasi dengan Kali Oyo yakni Air Terjun Sri Gethuk. Tapi, untuk menuju ke lokasi ini kamu hanya bisa menggunakan rakit yang melewati sungai. Airnya yang jernih dan udaranya yang sejuk akan menyambutmu sesampainya tiba di tempat wisata Gunung Kidul satu ini. Tak hanya itu, kamu juga bisa sekalian berkunjung ke Goa Rancang Kencono yang memang masih berada satu lokasi dengan air terjun Sri Gethuk.

4. Rafting Kali Oyo

Tak hanya mengunjungi tempat wisata alam yang menarik saja di Gunung Kidul, kamu juga bisa mencoba aktivitas memacu adrenalin di daerah ini. Salah satunya yakni dengan mencoba rafting di Kali (sungai) Oyo. Di tempat ini, kamu akan merasakan keseruan rafting yang sedikit berbeda. Jika biasanya rafting menggunakan perahu karet, di salah satu tempat wisata Gunung kidul ini kamu bisa mencoba sensasi rafting sendirian dengan menggunakan ban pelampung. Lebih serunya lagi, kamu akan merasakan serunya rafting ini selama 1,5 jam dengan air terjun kecil sebagai tujuan akhirnya.

4 dari 4 halaman

Obyek Wisata Gunung Kidul

Disamping berbagai obyek wisata di atas, Gunung Kidul masih menyimpan beragam tempat wisata yang tak kalah menarik lainnya. Penasaran apa saja itu? Berikut ini beberapa tempat wisata Gunung Kidul yang bisa kamu jadikan destinasi wisata alternatif saat berkunjung ke daerah ini.

1. Bukit Kosakora

Meski Bukit Kosakora tidak terlalu tinggi, namun bukit ini menyuguhkan pemandangan yang tak kalah indah. Dari puncak ini, kamu bisa melihat beberapa pantai dengan airnya yang biru dan juga perbukitan Gunung Kidul yang mempesona. Waktu terbaik untuk mengunjungi salah satu tempat wisata Gunung Kidul ini yakni pada pagi hari atau sore hari karena kamu bisa melihat indahnya sunrise maupun sunset dari puncak bukit ini.

2. Embung Batara Sriten

      View this post on Instagram

Embung Batara Sriten Terletak di Padukuhan Sriten Desa Pilangrejo Kecamatan Nglipar Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta Embung Sriten diproyeksikan sebagai agrowisata kebun buah diataranya manggis dan kelengkeng di perbukitan Baturagung utara. Menikmati pesona embung di atas awan dan pemandangan yang luar biasa indah dengan view 360° kawasan persawahan, perkampungan, perbukitan, dan beberapa wilayah di bawahnya seperti Klaten, Rawa Jombor, Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Sleman, Gunungkidul, Yogyakarta dsb. Embung Batara Sriten adalah tempat wisata yang gagah berdiri dengan segala keeksotisannya. Suasannya yang tenang, langitnya yang biru dan hamparan pepohonannya yang hijau seakan mengajak pengunjung untuk menetap lebih lama, #ayodolan kesini! Hanya biaya parkir Rp 2000 Awesome photo by : @rrosyadd #ayodolanjogja #ayodolangunungkidul #yogyakarta #embungbatarasriten

A post shared by INDONESIA | #ayodolan (@ayodolan) on

Embung Batara Srinten ini merupakan danau buatan yang berada di puncak Gunung Batur Agung. Lokasinya yang berada di ketinggian serta suasananya yang tenang dan damai inilah yang membuat tempat ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menghindar dari hiruk-pikuk kota sejenak. Selain itu, danau yang juga merupakan danau tertinggi di Jogja ini juga merupakan salah satu spot yang menarik untuk menikmati senja di Yogyakarta.

3. Kebun Bunga Amarilis

Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang kebun bunga matahari, kali ini kita akan beranjak ke kebun bunga amarilis. Kebun bunga satu ini juga tak kalah cantik dengan ladang bunga matahari. Untuk bisa menikmatinya, usahakan datang di waktu yang tepat ya karena bunga amarilis sendiri tidak selalu mekar setiap tahun. Nah, waktu yang direkomendasikan untuk mengunjungi kebun ini yakni antara bulan Juli sampai Agustus. Tapi, jika cuaca mendukung, kamu bisa melihat bunga amarilis hingga penghujung tahun.

Nah, itu dia beragam destinasi tempat wisata yang ada di Gunung Kidul dan bisa kamu jadikan rekomendasi saat berlibur di sana. Semoga membantu, ya.

Beri Komentar