15 Destinasi Tempat Wisata Banjarmasin sekaligus Kulinernya

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 5 Februari 2020 22:04
15 Destinasi Tempat Wisata Banjarmasin sekaligus Kulinernya
Destinasi wisata Banjarmasin lengkap dengan kulinernya yang harus kamu coba.

Ingin berlibur ke Kalimantan tapi belum menentukan tujuan? Kota Banjarmasin bisa jadi destinasi yang menarik. Ibukota Kalimantan Selatan ini memiliki beragam tempat wisata menarik yang siap menemani liburanmu. Panorama alamnya pun juga tak kalah indah.

Kota Banjarmasin juga mendapat julukan Kota Seribu Sungai. Hal ini karena banyaknya aliran sungai yang mengaliri kota ini. Diantaranya yakni Sungai Barito dan Sungai Martapura. Menarik ya? Masih banyak lagi hal menarik lainnya terutama tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Banjarmasin. Langsung saja kita cek yuk beragam destinasi wisatanya yang telah dirangkum dari sederet sumber (05/02) berikut ini.

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Banjarmasin

Banyak destinasi wisata yang bisa kamu tuju di Banjarmasin. Seperti beberapa destinasi menarik di bawah ini. Simak ya beragam wisatanya. 

1. Masjid Sultan Suriansyah

Masjid Sultan Suriansyah bisa menjadi salah satu destinasi wisata religi saat kamu berkunjung ke Banjarmasin. Telah ada sejak tiga abad silam, msjid ini juga merupakan masjid tertua di Kalimantan Selatan. Meski seperti itu, Masjid Sultan Suriansyah masih berdiir kokoh hingga sekarang.

Masjid Sultan Suriansyah memiliki bentuk bangunan khas Kalimantan Selatan dengan atap tumpang. Tapi, menariknya ada beberapa bagian dari masjid ini yang juga menyerupai Masjid Agung Demak. Lokasi Masjid Sultan Suriansyah sendiri berada di Jl. Kuin Utara, Kuin Utara, Banjarmasin Utara.

2. Pulau Birah-Birahan

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh TOUR & OUTBOUND TRAINING (@amazingborneo.id) pada

Pulau Birah-Birahan menyuguhkan panorama pantai yang indah. Pasir putih yang membentang menambah kecantikan dari pantai di pulau ini. Di wisata Banjarmasin satu ini, kamu bisa menyaksikan terumbu karang, tebing batu, dan pantai yang penuh dengan ganggang. Jika kamu beruntung, kamu juga bisa menyaksikan lumba-lumba yang berenang bebas di sekitar area pulau ini.

Untuk menuju Pulau Birah-Birahan, kamu perlu menyeberang lebih dulu dari Dermaga Kenyamukan selama sekitar 8 jam. Lama juga, ya. Tapi, semuanya akan terbayar kok saat kamu sampai di pulau ini.

3. Museum Wasaka

Museum Wasaka merupakan tempat yang cocok buat kamu yang ingin mempelajari tentang sejarah perjuangan rakyat Kalimantan Selatan. Nama Wasaka sendiri adalah singkatan dari Waja Sampai Kaputing yang menjadi motto dari perjuangan rakyat Kalimantan Selatan.

Museum ini menyajikan beragam koleksi benda peninggalan sejarah seperti seragam perjuangan, senjata api milik Belanda, mesin ketik, senjata yang digunakan untuk melawan Belanda, dan masih banyak lagi koleksi lainnya. Arsitektur Museum Wasaka sangat menarik dengan menyerupai rumah adat khas Banjarmasin.

Kamu bisa berkunjung ke museum ini setip harinya kecuali hari Senin dan libur nasional, dari jam 08.30 - 12.30 WITA. Lokasi salah stau wisata Banjarmasin ini terletak di Jl. H. Andir, Kampung Kenang Ulu, Banjarmasin Utara.

4. Pasar Terapung

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Aldi Riandana (@aldiriandana) pada

Pasar Terapung ini menjadi wisata yang wajib kamu kunjungi saat ke Banjarmasin. Pastinya belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Banjarmasin tanpa mampir ke Pasar Terapung. Menariknya, pasar ini sudah ada sejak jaman penjajahan dan masih beroperasi hingga sekarang.

Pasar Apung yang terletak di muara Sungai Barito merupakan salah satu pasar terapung yang terkenal di Banjarmasin. Kamu bisa langsung menuju ke sana, tepatnya di Kelurahan Kuin Utara. Seperti pasar pada umumnya, Pasar Terapung di muara Sungai Barito ini juga menjual beragam hal mulai dari makanan, hasil kebun, hingga pakaian.

2 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Banjarmasin

Jika sebelumnya kita telah membahas tempat wisatanya, sekarang yuk kita beralih ke kulinernya. Banjarmasin juga memiliki beragam kuliner khas yang menggugah selera. Saat berkunjung ke kota ini, kamu bisa mencicipi rekomendasi makanan berikut ini. Nah, apa saja itu?

1. Mie Bancir

Mie Bancir ini merupakan salah satu makanan khas dari orang Banjar dengan mie kuning sebagai bahan utamanya. Penyajian mie bancir ini sedikit berkuah dengan tambahan telur itik tambak, taburan daging ayam kampung, irisan daun seledri, taburan bawang goreng dan ditambah dengan jeruk nipis atau limau kulit. Perpaduan dari semua bahan tersebut membuat Mie Bancir memiliki rasa yang sedap.

2. Soto Banjar

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Banjarmasin Food | mimin&mimoy (@banjarmasinfood) pada

Kuliner satu ini mungkin terdengar paling akrab di telinga kita ya. Memang, soto Banjar cukup populer dan mudah ditemui di berbagai kota. Tapi, pastinya akan lebih nikmat jika disantap langsung dari kota asalnya.

Bahan utama dari soto Banjar yakni ayam dan memiliki aroma harum dari rempah-rempah. Kuliner khas Banjarmasin ini disajikan dengan perkedel, kentang, suwiran ayam, telur rebus, wortel dan ketupat. Kuah soto Banjar biasanya juga dicampur dengan sedikit susu yang menjadikan kuahnya memiliki warna sedikit keruh.

3. Waroeng Pondok Bahari

Jika kamu ingin mencoba berbagai olahan kuliner khas Banjarmasin, kamu bisa berkunjung ke Waroeng Pondok Bahari. Warung ini menyediakan berbagai kuliner khas Banjarmasin. Dari olahan laut, soto Banjar, nasi kuning Banjar, dan masih banyak lagi kuliner lezat lainnya. Terlebih, kamu bisa datang setiap saat karena Waroeng Pondok Bahari buka selama 24 jam.

4. Lontong Orari

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Banjarmasin Food | mimin&mimoy (@banjarmasinfood) pada

Lontong Orari adalah lontong sayur dengan berisi lauk-pauk. Tapi, yang membedakan dengan lontong sayur pada umumnya yakni bentuk lontongnya yang berbentuk segitiga. Ikan haruan yang menjadi lauknya juga menjadi ciri khas lainnya dari lontong orari. Salah satu kedai legendaris kuliner satu ini yakni Rumah Makan Lontong Orari Banjarmasin yang berada di Jl. Sungai Mesa, Seberang Mesjid, Kecamatan Banjarmasin Tengah.

3 dari 4 halaman

Wisata Alam Banjarmasin

Banjarmasin juga memiliki pesona alam yang indah. Jadi sangat sayang jika kamu melewatkan mengunjungi destinasi wisata alamnya saat di Banjarmasin. 

1. Pantai Joras

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh wisata kalsel (@wisatakalsel_) pada

Pantai Joras menyuguhkan wisata alam dengan panorama yang menawan. Terlebih, saat sore hari ketika matahari terbenam, panorama sunset dari pantai ini sangat memanjakan mata. Menariknya, di Pantai Joras terdapat menara mercusuar dan dermaga yang menjadi spot favorit pengunjung saat berwisata ke wisata Banjarmasin satu ini.

2. Danau Biru Pengaron

Dulunya, Danau Biru Pengaron ini adalah kawasan tambang pasir yang kini sudah berubah menjadi destinasi wisata yang menarik. Danau ini juga menjadi salah satu destinasi wisata populer di Banjarmasin. Terlihat dari banyaknya wisatawan yang berkunjung ke danau ini setiap harinya.

Di sekitar area Danau Biru Pengaron ini kamu bisa menyaksikan tebing batu kapur berwarna putih yang menjadi pelengkap yang cantik dari wisata Banjarmasin ini. Pemandangan sekitarnya pun masih asri. Lokasi Danau Biru Pengaron sendiri terletak di desa Sungkai, Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar.

3. Pulau Kembang

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh indoflashlightkalsel (@indoflashlight.kalsel) pada

Pulau Kembang merupakan sebuah pulau kecil yang berada di tengah Sungai Barito. Pulau ini menjadi kawasan hutan wisata di Banjarmasin. Jaraknya sendiri sekitar 1,5 km dari pusat Kota Seribu Sungai ini. Di sini, kamu bisa menjumpai beragam satwa seperti kera ekor panjang, bekantan, dan beberapa jenis burung. Suasananya pun juga sangat asri.

4 dari 4 halaman

Objek Wisata Banjarmasin

Tak hanya beragam destinasi wisata di atas, wisata Banjarmasin berikut ini juga enggak boleh kamu lewatkan. Yuk, cek beragam wisatanya di bawah ini.

1. Pusat Kuliner Tepian Sungai Martapura

Berhubungan dengan wisata kuliner, di Banjarmasin ada pusat kuliner yang menyajikan beragam makanan khas Banjarmasin yang nikmat. Di kawasan ini, terdapat sekitar 52 kios makanan yang menjual beragam makanan khas Banjarmasin dan daerah lainnya seperti soto Banjar, lupis, nasi kuning khas Banjar, masakan Padang dan beragam kuliner lainnya.

2. Menara Pandang Banjarmasin

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Marhendra (@mar.hendra) pada

Menara Pandang Banjarmasin ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Banjarmasin. Dari menara ini kamua kan diajak menyaksikan keindahan panorama kota Banjarmasin dari ketinggian. Menara Pandang Banjarmasin sendiri memiliki empat laintai dengan lantai yang paling atas adalah ruangan terbuka.

Dari atas wisata Banjarmasin ini, kamu bisa menyaksikan Sungai Martapura degan kapalnya yang hilir mudik. Juga kemegahan Masjid Raya Sabilah Muhtadin bisa kamu saksikan dari atas menara pandang ini. Menara Pandang Banjarmasin juga sangat cantik dijadikan spot foto.

3. Kampung Sasirangan

Setelah puas berwisata ke beragam destinasi wisata di Banjarmasin, saatnya kamu berburu oleh-oleh. Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi yakni Kampung Sasirangan. Kampung ini merupakjan pusat pembuatan kain tradisional khas Kalimantan. Selain membeli, kamu juga bisa menyaksikan prosen poembuatan batik khas Banjarmasin yang unik ini. Tak hanya pakaian saja, di Kampung Sasringan juga menjual beragam aksesoris dari kain batik yang cantik.

4. Taman Siring Sungai Martapura

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh kartika ramadhani (@kartikaramadhani._) pada

Sama halnya dengan mnamanya, taman ini berada di sepanjang Sungai Martapura. Buat kamu yang ingin bersantai menikmati suasana kota Banjarmasin, Taman Siring bisa jadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Kamu bisa duduk-duduk santai di bangku taman sembari menyaksikan jukung atau perahu khas Banjarmasin yang berlalu lalang. Taman Siring Sungai Martapura juga sering menjadi tempat nongkrong bagi beragam komunitas anak muda di Banjarmasin.

Itu dia 15 tempat wisata Banjarmasin sekaligus dengan kulinernya. Selamat berlibur ke Banjarmasin, ya!

Beri Komentar