15 Destinasi Tempat Wisata Batam sekaligus Kuliner Khasnya yang Lezat

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 8 Januari 2020 18:00
15 Destinasi Tempat Wisata Batam sekaligus Kuliner Khasnya yang Lezat
Cek yuk beragam tempat wisata sekaligus kuliner khas yang ada di Batam.

Kota Batam seperti halnya daerah lainnya di Indonesia memiliki pesona sendiri dalam hal wisata. Terdiri dari beberapa pulau, tak heran jika Batam memiliki destinasi wisata alam yang mempesona, terutama pantainya. Tak hanya itu saja, Batam juga menawarkan beragam destinasi wisata menarik yang patut kamu kunjungi saat berlibur ke kota ini. Mulai dari theme park hingga kebun raya bisa kamu jumpai di kota Batam.

Jika kamu menjadikan Batam sebagai destinasi liburan berikutnya, beberapa destinasi wisata ini bisa menjadi referensi kamu. Melansir dari berbagai sumber (08/01), yuk simak berbagai tempat wisata sekaligus kuliner yang ada di batam.

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Batam

Berkunjung ke Batam memang pilihan yang tepat. Bnayak tempat wisata menarik yang bisa kamu jadikan destinasi liburan di kota satu ini. Ini beberapa destinasi wisata Batam yang populer.

1. Ocarina Batam Theme Park

      View this post on Instagram

Have a nice weekend --- Its Batam Island Lets Travel Around... . . ???? Loc. Ocarina Theme Park, Batam Centre ???? @taniaxuan #jelajahbatam . . #amazingkepri #seputarbatam #hellokepri #visitbatam #wisatabatam #batamhitz #batamberteman #batamkece #batam #kepri #barelang #wonderfulbatam #batampromotion #enjoybatam #inikepri #batubesar #batamcentre #wisatabatam #batamdaily #ocarina #megawisataocarina #ocarinabatam

A post shared by Jelajah Batam ?????? (@jelajahbatam) on

Bersenang-senang di taman bermain memang bisa menjadi alternatif liburan yang mengasyikkan. Salah satu taman bermain yang bisa kamu tuju saat di Batam yakni Ocarina Batam Theme Park. Tempat wisata di Batam ini menghadirkan belasan wahana menarik seperti kiddy land, water park, trampolin, dan salah satu yang menjadi daya tarik apalagi jika bukan giant wheel. Lokasi Ocarina Batam Theme Park sendiri berada di Sadai, Bengkoang, Kota Batam.

2. Pulau Petong

Pulau Petong bisa menjadi spot menarik bagi kamu penyuka diving dan snorkeling. Beragam biota laut dengan ikan yang berwarna-warni dan terumbu karang yang indah bisa kamu nikmati di wisata bawah laut Pulau Petong. Biasanya, banyak beragam paket tur yang ditawarkan untuk wisata ini dengan tarif mulai dari sekitar Rp. 250.000 per orang.

3. Pulau Tunjuk

      View this post on Instagram

Lagi puasa ke Pantai boleh gak ya? Inframe : @niawkay Lokasi : Pulau Tunjuk #amazingkepri #amazingbatam #jelajahbatam #batampromotion #kepripromotion #enjoybatam #explorekepri #kepri #batam #inikepri #riauisland #exploreindonesia #ayodolan #jelajahkepri #pulautunjuk #tunjukisland

A post shared by MiMiN | @batampromotion (@danialamsyahri) on

Meski belum terlalu terkenal di kalangan wisatawan, Pantai Tunjuk memiliki keindahan yang bisa disandingkan dengan berbagai destinasi wisata lainnya. Ombak yang tenang dengan hamparan pasir putih menjadi daya tarik utama dari Pulau Tunjuk. Sesekali, kamu juga harus coba berkunjung di pagi hari karena sunrise di tempat wisata Batam ini sangat memukau.

4. Pantai Mirota Batam

Pantai cantik ini disebut juga dengan surga pasir putih di ujung Batam. Hal ini nggak lepas dari hamparan pasir putihnya yang menawan dan ditambah dengan air lautnya yang berwarna biru jernih. Pastinya, keindahan panorama Pantai Mirota akan memanjakan matamu saat berada di pantai yang terletak di Pulau Galang ini.

2 dari 4 halaman

Objek Wisata di Batam

Selain memiliki destinasi wisata pulau yang menawan, tempat wisata di Batam lainnya juga nggak kalah memikat, kok. Seperti beberapa tempat wisata Batam di bawah ini. Langsung gulir ke bawah, yuk.

1. Taman Wisata Habibie 1000 Tangga

Pengalaman menyaksikan sisi keindahan kota Batam yang berbeda dari ketinggian bisa kamu dapatkan saat berkunjung di Taman Wisata Habibie 1000 Tangga. Dari sini, kamu bisa menyaksikan kapal-kapal yang berlalu lalang di lautan dan pepohonan hijau di sekelilingnya yang memberikan nuansa asri dan sejuk. Selain itu, kamu juga bisa mengintip gedung pencakar langit di Singapura dari tempat wisata yang berlokasi di Tanjung Pinggir, Sekupang, Batam ini.

2. Kampung Vietnam

      View this post on Instagram

Credit to @am.muksin : Salah satu Wisata Sejarah yang ada di Kota Batam . ????Museum Ex Camp Vietnam Pulau Galang Batam Kepri. motoin : @gadih_kincai . Capture and share your moment in Kepri to get featured in our gallery! . How to be featured: - Tag @inikepri - Use hashtag #inikepri - Tag location, and.. - Tell us your story in caption . As always, don't forget to keep the environment clean when you visit! . Tag your friend guys! . Follow our partners: @modeluxdigital @enjoybatam_ @kepripromotion @riauislands . #VietnamCamp #ExCampVietnam #KampungVietnam . #enjoybatam #wonderfulbatam #wonderfulkepri #jelajahbatam #amazingkepri #goexplorekepri #semuatentangbatam #batamkece #gotokepri #batamtrip #batampromotion #hellokepri #genpibatam #visitindonesia #indozonetravel #indonesiajuara #batamliciouz #batamdaily #kepripromotion #indovidgram #instatravel #hitsbatam #batamterkini #wonderfulplace

A post shared by This is Kepulauan Riau (@inikepri) on

Selain berwisata alam, kamu juga bisa berwisata budaya di Batam. Salah satunya dengan mengunjungi kampung Vietnam atau biasa di sebut Ex-Kampung Vietnam yang terletak di Pulau Galang. Tempat ini dulunya adalah tempat pengungsian bagi 250 ribu orang vietnam yang mencari perlindungan.

Sekarang, kampung ini hanya menyisakan barak-barak pengungsian, gereja, wihara, kantor polisis hingga rumah sakit yang dibiarkan begitu saja seperti aslinya. Menarik, kan? Kamu bisa berekreasi sekaligus menambah pengetahuan.

3. Pancur Telaga Bidadari

Keindahan dan kealamian tempat wisata Batam ini terbilang masih terjaga. Lokasinya yang berada di dalam hutan, memberikan nuansa asri dan alami saat menginjakkan kaki ke Pancur Telaga Bidadari. Ditambah lagi dengan airnya yang jernih dan segar, sangat cocok sebagai destinasi untuk refreshing sejenak dari padatnya aktivitas.

4. Jembatan barelang

      View this post on Instagram

Morning Batam Lets Hunt--- Lets Travel Around... Its Amazing Kepri . . ???? Loc. Jembatan 1 Barelang ?? Batam ???? @papah_ashaliathar #amazingkepri . . #hellokepri #wonderfulkepri #pesonakepri #inikepri #pesonaindonesia #wonderfulindonesia #pantai #wonderfulkepri #barelang #jembatanbarelang #jembatan1barelang

A post shared by Amazing Kepri (@amazingkepri) on

Jembatan Barelang sering juga disebut sebagai Jembatan Habibie menjadi salah satu tempat wisata di Batam yang cukup populer. Disebut Jembatan Habibie karena pembangunan jembatan ini diprakarsai oleh B.J Habibie. Saat ini, Jembatan barelang juga menjadi landmark dari Kota Batam yang menghubungkan tiga pulau Besar: Batam, Galang, dan Rempang.

Kamu bisa menikmati keindahan sekitar di sepanjang Jembatan barelang. Jembatan ini juga disebut-sebut sebagai salah satu tempat wisata di Batam dengan spot yang romantis.

3 dari 4 halaman

Wisata Kuliner Batam

Selain tempat wisatanya, kamu juga harus coba beragam kuliner saat berada di Batam. Batam juga kaya akan kuliner yang menggugah selera. Beriku ini beberapa rekomendasi kuliner yang bisa kamu coba.

1. Mie Tarempa

Sesuai namanya, mie tarempa adalah kuliner khas daerah Tarempa, Kabupaten Anambas, Kepulauan Riau. Sekilas, secara tampilan mie tarempa ini mirip dengan kwetiau dan teksturnya mirip dengan mie telur. Tapi, yang menjadi ciri khas dari kuliner Batam ini yaitu adanya suwiran ikan tongkol yang memberikan rasa gurih. Biasanya, mie tarempa tersedia dengan dua pilihan yakni mie goreng kering dan mie lembab atau basah.

2. Sop Ikan Batam

      View this post on Instagram

Discount 50% Sop Ikan @sopikanbatamtransmart ???????? Makan enak plus murah nih guys, berlaku hanya untuk Dine-in & Go-Food. Untuk Gofood min belanja 100rb sebelum discount. Hanya dicabang Transmart Cempaka Putih ya. Enjoy! . @sopikanbatamtransmart. Resto Sop Ikan Batam Transmart Cempaka Putih. Jl Jend Ahmad Yani No.83, Jakarta-Pusat Blok GF 5A. ???? 021-422-5742. (Available on Go-Food). . #sopikanbatam #sopikanbatamtransmart #transmartcempakaputih #indonesianfood #kuliner #kulinerjakarta #jktfoodbang #jktinfo #jktfooddestination #jakarta #sopikanjakarta #foodgasm #jktfoodies #gofoodjakatrta

A post shared by JAKARTA FOOD BANGERS (@jktfoodbang) on

Sop ikan Batam merupakan salah satu menu populer di Batam yang berupa sup kuah bening dengan cita rasa yang khas. Kuliner satu ini menggunakan ikan tenggiri atau kakap segar dengan tambahan udang, mie, sawi, cumi-cumi, bawang goreng dengan disiram kuah yang segar dan gurih. Sop ikan Batam sangat mudah ditemui karena hampir bisa ditemui di sepanjang jalan kota Batam.

3. Resto Saka

Resto Saka bisa menjadi tempat yang bisa menjadi pilihan buat kamu yang ingin menyantap kuliner unik khas Batam. Salah satu menu favorit dari resto ini adalah sup tulangnya. Resto Saka sendiri berlokasi di Ruko Mahkota Niaga Blok C No. 09, Batam Centre.

4 dari 4 halaman

Wisata Kota Batam

Destinasi wisata di kota Batam memang begitu beragam. Banyak tempat wisata menarik yang bisa kamu jadikan pilihan. Di bawah ini beberapa diantaranya.

1. Tebing Langit

Tebing Langit menjadi salah satu destinasi wisata Batam yang menyajikan keindahan alam dengan dilengkapi spot foto menarik. Salah satunya, Pintu Langit yang menjadi salah satu spot favorit wisatawan. Dari atas kawasan ini, kamu bisa melihat lanskap perbukitan yang asri dan hijau dari kota Batam yang juga menjadi daya tarik utama dari tebing Langit.

2. Pulau Ranoh

      View this post on Instagram

A photo by @yogga_ftra . Free watersport - Single canoe - Double canoe - Inflatable island - Trendy floating - Water park - Snorkeling . Fasilitas dan permainan - Panah/archery - Catur dan Chinese chess - Darts - Mahyong - Frisbees - Voli dan sepakbola pantai - Hammock, kursi dan payung pantai, dan bean bag. - Restoran, toilet dan kamar mandi . #BanggaPunyaBatam #WisataTanpaSampah #AdventureRanohIsland #RanohIsland #PulauRanoh #enjoybatam #wonderfulbatam #wonderfulkepri #jelajahbatam #amazingkepri #goexplorekepri #semuatentangbatam #anakhitsbatam #outboundbatam #batamtrip #batampromotion #beach #pantai #visitindonesia #riau #inikepri #bintan #batamliciouz #batamdaily #kepripromotion #batamdine #instatravel #barelang #pekanbaru #batam

A post shared by Wisata Pulau Ranoh (@wisatapulauranoh) on

Saat berkunjung ke Pulau Ranoh, kamu akan disuguhkan dengan nuansa ala tropis yang memikat. Pantai cantik ini berada di Pulau Abang, Galang, Kota Batam. Air laut yang jernih dengan pasir pantai yang putih bisa kamu nikmati di Pulau Ranoh.

3. Nuvasa Bay

Selain menawarkan keindahan pantai yang memikat, Nuvasa Bay juga menyediakan berbagai wahana permainan yang beragam. Mulai dari Jet Ski, Banan Boat, Flying Bike, Aqua Adventure, Shooting Target hingga Flying Fox bisa kamu nikmati di temapt wisata Batam ini. Pantai ini terletak di Jl. Hang Lekiu, Sambau, Nongsa, Kota Batam.

4. Kebun Raya Batam

      View this post on Instagram

????Kebun raya Batam,nongsa. ???? @msydindaputri23 . . ___ Yuk ! Share foto lokasi/suasana keseharian batam yg ada disekitar anda ke @batamdaily #BatamDaily (Jangan lupa tulis lokasi dan waktunya) . #Batamdaily #Batam #semuatentangbatam #batamtrip #jelajahbatam #tengokbatam #seputarbatam #batamkece #anakhitsbatam #batamhits #batamberteman #wonderfulindonesia #enjoybatam #amazingbatam #wonderfullkepri #kebunrayabatam

A post shared by Batam Daily (@batamdaily) on

Kebun Raya Batam merupakan destinasi wisata baru di Batam berupa tempat konservasi tumbuhan pulau-pulau kecil di Indonesia. Di tempat wisata Batam ini, kamu bisa melihat beragam koleksi tumbuhan dengan jumlah lebih dari 2000 tanaman. Kebun Raya Batam juga sangat cantik lho sebagai tempat untuk berfoto ria.

Destinasi tempat wisata di Batam cukup beragam, ya. Ada nggak nih yang pernah kamu kunjungi dari berbagai destinasi wisata di atas? Tulis di kolom komentar, ya!

Beri Komentar