15 Destinasi Tempat Wisata Kediri Jawa Timur yang Terbaru

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 3 Januari 2020 18:36
15 Destinasi Tempat Wisata Kediri Jawa Timur yang Terbaru
Sebelum berkunjung ke Kediri, kenali dulu yuk beragam destinasi tempat wisatanya.

Berbicara tentang Jawa Timur, salah satu provinsi di pulau Jawa ini memang memiliki pesona wisata yang sangat beragam di berbagai daerahnya. Salah satunya yaitu kota Kediri. Kota Kediri sendiri berada 130 km sebelah barat daya Surabaya dan merupakan pusat dari salah satu industri rokok terbesar di Indonesia.

Berbagai tempat wisata menarik bisa kamu jumpai saat kamu berkunjung ke kota satu ini. Tak hanya wisata alam, di kota Kediri juga terdapat beragam taman, monumen, candi, dan juga museum yang bisa kamu jadikan destinasi wisata bersama teman maupun keluarga. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini destinasi tempat wisata Kediri yang menarik dan terbaru.

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Kediri

Kediri memang menyimpan berbagai destinasi wisata yang tak kalah menarik dari daerah di Jawa Timur lainnya. Banyak tempat wisata indah yang bisa kamu jumpai di kota satu ini. Untuk mengetahui apa saja itu, yuk gulir ke bawah ya.

1. Air Terjun Irenggolo

Wisata alam memang menjadi salah stau daya tarik dari kota Kediri. Salah satunya yakni Air Terjun Irenggolo yang berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Kediri. Disini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang memanjakan mata dari air terjun dan hutan pinus yang hijau di sekitarnya. Selain itu, di tempat wisata Kediri ini juga terdapat camping area, taman bermain, dan hiking area. Cukup lengkap, kan?

2. Bukit Ongakan

Bukit Ongakan

Melihat panorama alam dari ketinggian memang memberikan pengalaman yang mengesankan. Hal ini bisa kamu dapat dari tempat wisata Bukit Ongakan. Tempat wisata Kediri satu ini menyuguhkan panorama alam berupa hutan dengan perbukitan hijau yang dijamin akan memanjakan matamu saat berkunjung. 

3. Kampoeng Anggrek

Destinasi wisata kekinian selanjutnya yang ada di kota Kediri yaitu Kampoeng Anggrek. Terletak di lereng Gunung Kelud, tempat wisata Kediri ini akan memanjakan matamu dengan warna-warni anggrek yang beragam. Tak hanya itu, di Kampoeng Anggrek juga terdapat wahana kolam renang anak dan juga kafe yang bisa kamu dan keluarga kunjungi.

Untuk jam operasionalnya sendiri, Kampoeng Anggrek buka dari hari Senin sampai Sabtu mulai dari jam 8 pagi hingga 16.30 sore dan dari pukul 8 pagi sampai 5 sore di hari Minggu atau Libur. Harga tiketnya sendiri juga cukup terjangkau yaitu Rp. 8 ribu di weekdays dan Rp. 10 ribu di weekend.

 

2 dari 4 halaman

Wisata Kota Kediri

Jika kamu belum puas dengan berbagai tempat wisata Kediri di atas, kamu bisa nih mencoba mengunjungi beberapa destinasi wisata menarik di bawah ini. Ada apa saja? Cek yuk beberapa tempat wisata Kediri berikut ini.

1. Kebun Bunga Matahari

Ilustrasi Kebun Bunga Matahari

Satu lagi tempat wisata dengan spot foto menarik di Kediri yang bisa kamu kunjungi yakni Kebun Bunga Matahari. Tempat wisata kediri satu ini berada di kecamatan Mojoroto, kota Kediri. Disini, kamu bisa menikmati ladang bunga matahari yang cantik dan bisa kamu jadikan spot foto keren untuk mempercantik feed instagrammu.

2. Kediri Waterpark

Jika kamu ingin merasakan sensasi menantang dari water slide berukuran sangat panjang, kamu harus coba tempat wisata Kediri satu ini. Pasalnya, di Kediri Waterpark terdapat water slide dengan tinggi 350 meter dan panjang 206 meter yang akan memberikan pengalaman seru buat kamu. Untuk tiket masuknya sendiri, kamu enggak perlu khawatir karena masih cukup terjangkau yaitu sekitar Rp. 25 ribu.

3. Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo merupakan salah satu destinasi populer di kota Kediri. Pasalnya, tempat wisata Kediri satu ini memiliki pemandangan air terjun dengan hutan tropis di sekitarnya yang menawan. Untuk menikmati keindahan air terjun Dolo, kamu harus mengeluarkan ekstra tenaga karena harus berjalan kaki menuruni tangga yang jaraknya agak jauh lebih dulu.

4. Taman Herbal

Berwisata sambil beredukasi bisa kamu dapatkan dari tempat wisata di Kediri ini. Karena memang Taman Herbal atau Taman Tempurejo ini mengusung konsep wisata edukasi dengan menyuguhkan area khusus tanaman herbal dan obat-obatan yang kaya manfaat. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat beberapa gazebo buat kamu yang ingin sejenak bersantai.

3 dari 4 halaman

Wisata Kediri Jawa Timur

Kediri memang memiliki tempat wisata yang sangat menarik dan cukup beragam. Mulai dari wisata budaya hingga alam bisa kamu jumpai di kota satu ini. Berikut ini berbagai destinasi wisatanya.

1. Museum Fotografi Kediri

Bagi kamu yang menyukai fotografi, museum satu ini wajib kamu kunjungi saat berkunjung ke Kediri. Museum Fotografi sendiri menyuguhkan perjalanan kota kediri dengan diabadikan melalui potret yang menarik. Tak hanya itu, di tempat wisata Kediri ini kamu juga bisa melihat berbagai macam koleksi kamera mulai dari kamera antik hingga kamera DSLR dari masa ke masa. Untuk koleksi fotonya sendiri, museum ini memiliki jumlah foto sekitar 300 lembar. Lumayan banyak, kan?

2. Gereja Pohsarang

Gereja Pohsarang

Gereja yang terletak di kecamatan Semen ini memiliki desain artistik yang unik yaitu perpaduan antara bangunan Hindu dan Belanda. Kesan alami sekaligus eksotis bisa kamu dapatkan saat berkunjung ke tempat wsiata Kediri satu ini. Selain itu, di gereja Pohsarang kamu juga bisa menjumpai berbagai macam patung menarik dan gua maria yang masih berada di satu kawasan dengan gereja ini.

3. Candi Tegowangi

Sebenarnya, Candi Tegowangi merupakan kuil kuno yang ada di Kediri. Bangunan candi yang memanjang dengan dihiasi relief yang cantik dan unik di dinding kakinya membuat Candi Tegowangi sangat sayang jika kamu lewatkan. Relief ini sendiri menceritakan tentang Kisah Sundamala yang mengisahkan tentang Bhatari Durga dan para Pandawa.

4. Gunung Maskumambang

Gunung Maskumambang

Kediri memang memiliki beragam gunung dengan panorama alam yang mempesona, salah satunya Gunung Maskumambang. Tempat wisata Kediri satu ini berada di sebelah timur Gunung Wilis, tepatnya di desa Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kediri. Selain udaranya yang asri dan alamnya yang sejuk, akses pendakian di Gunung Maskumambang juga cukup baik. Pasalnya, kamu enggak perlu repot-repot mendakinya karena terdapat anak tangga.

4 dari 4 halaman

Wisata Kediri Terbaru

Selain berbagai wisata di atas, wisata kota Kediri yang terbaru juga tak kalah menarik sebagai pilihan destinasi saat berkunjung ke Kediri. Penasaran, ada apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini ya.

1. Bukit Gandrung

Bukit Gandrung merupakan destinasi wisata yang masih terbilang baru di kota Kediri. Bukit Gandrung sendiri mengusung konsep wisata alam sekaligus kekinian. Disini, selain kamu bisa menikmati keindahan alam kota Kediri dari ketinggian, kamu juga bisa berswafoto di beberapa spot menarik yang bisa kamu jumpai di sekitar kawasan ini.

2. Kuil Tjoe Hwie Kiong

Kuil Tjoe Hwie Kie merupakan salah satu bangunan bersejarah di kota Kediri yang sangat menarik. Di kuil ini, kamu bisa menjumpai patung besar yang berada di dalam kompleks kuil Tjoe Hwie Kie. Jika kamu berkunjung di saat yang tepat, kamu juga bisa menyaksikan berbagai pagelaran seni seperti wayang dan barongsai yang biasa di gelar di kuil ini.

3. Arung Jeram Sungai Konto

Ilustrasi rafting

Wisata satu ini sangat cocok buat kamu yang suka dengan tantangan dan memacu adrenalin. Pasalnya, sungai satu ini menawarkan pengalaman rafting yang cukup menantang dengan track rafting sejauh 13 km. Wisata arung jeram sungai Konto sendiri berada di desa Kediri Siman, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri.

4. Gunung Klotok

Wisata alam lain yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke Kediri yaitu Gunung Klotok. Gunung Klotok sendiri terletak di Kecamatan Mojoroto, tepatnya di Desa Pojok, Kediri. Selain panorama alamnya yang indah, tempat wisata di Kediri satu ini juga memiliki keunikan yaitu bentuk gunungnya menyerupai wanita yang sedang tidur. Menarik, kan?

Bagaimana, sudah tertarik untuk berkunjung ke Kediri? Tulis di kolom komentar ya mana tempat wisata yang menjadi favoritmu.

Beri Komentar