15 Destinasi Tempat Wisata Nganjuk yang Terbaru dan Terpopuler

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 24 Februari 2020 22:43
15 Destinasi Tempat Wisata Nganjuk yang Terbaru dan Terpopuler
Wisata Nganjuk yang terbaru, bisa jadi rekomendasi liburanmu! Cek selengkapnya di sini ya.

Jawa Timur memiliki sederet kota dengan destinasi wisata yang ciamik. Salah satunya Kabupaten Nganjuk. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Jombang, Ponorogo, Kediri, dan Bojonegoro.

Meski tak sepopuler Malang atau Surabaya, Nganjuk menyimpan sejuta pesona wisata yang sangat menarik untuk dijelajahi. Apalagi wisata alamnya yang menyuguhkan panorama indah.

Untuk itu, di bawah ini Diadona sajikan berbagai rekomendasi wisata Nganjuk terbaru dan terpopuler yang dilansir dari beragam sumber (24/02). Simak selengkapnya di bawah, yuk!

1 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Nganjuk

Wisata di Nganjuk memang banyak ragamnya. Tak hanya alam, wisata sejarah dan budaya juga bisa kamu temukan di sini. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Agrowisata Perkebunan Mawar

Rekreasi sambil belajar hal baru bisa juga kok jadi salah satu cara liburan yang seru. Salah satunya dengan mengunjungi Agrowisata Perkebunan Mawar di Nganjuk. Tepatnya berada di desa Ngliman, Kecamatan Sawahan. Apalagi buat kamu penggemar bunga mawar, wisata Nganjuk ini bisa jadi salah satu destinasi liburan yang tepat. Di sini, kamu bisa menikmati indahnya perkebunan mawar sekaligus belajar tentang seputar cara bercocok tanam bunga cantik tersebut.

2. Bukit Batu Songgong

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh PRODUK EDUKASI TIGARAKSA (@edukasianak_nelyamalia) pada

Bukit Batu Songgongini bisa jadi spot menarik buat kamu yang ingin menikmati panorama alam Nganjuk dari ketinggian. Dari wisata Nganjuk ini, kamu bisa menyaksikan bentang alam pegunungan yang indah. Satu hal yang membuat Bukit Batu Songgong unik dan beda dari wisata serupa yakni adanya bebatuan berwarna kuning tua kecokelatan di sepanjang kawasannya. Nah, kamu bisa melihatnya secara langsung di Desa Margopatut, Nganjuk.

3. Goa Margo Tresno

Goa Margo Tresno lokasinya terletak di tengah kawasan hutan jati Pegunungan Kendeng. Persisnya di Dusun Cabean, Desa Sugih Waras, Kecamatan Ngluyu, Nganjuk. Goa ini menawarkan wisata menarik di sekitarnya selain wisata goanya itu sendiri.

Salah satunya wahana kolam renang yang airnya berasal dari sumber air langsung. Bisa kamu bayangkan kan gimana segar dan jernihnya kolam renang ini. Fasilitasnya juga bisa dibilang cukup lengkap mulai dari gazebo, penginapan, toilet, hingga tempat makan bisa kamu temui di sekitar kawasan wisata Nganjuk ini.

4. Air Terjun Sedudo

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Tami ? ? (@tamiseikou) pada

Menjadi salah satu air terjun tertinggi di Nganjuk, Air Terjun Sedudo memiliki ketinggian sekita 105 meter. Keindahannya juga enggak perlu diragukan lagi. Selain itu, udara di kawasan wisata Nganjuk ini juga cukup sejuk dan dingin karena lokasinya sendiri yang berada di dataran tinggi. Untuk fasilitasnya juga bisa dibilang lengkap seperti toilet, tempat makan, tempat bersantai, dan musholla semuanya tersedia. Jadi, kamu enggak perlu ragu buat berkunjung ke air terjun yang terletak di Desa Ngeliman, Kecamatan Sawahan ini.

5. Pura Kerta Buana

Enggak hanya di Bali aja lho kamu bisa menemukan Pura, di Nganjuk juga ada Pura yang bisa kamu kunjungi yakni Pura Kerta Buana. Lokasinya berada di Desa Bajulan, Kecamatan Loceret, Nganjuk. Arsitektur Pura ini sangat lekat dengan nuansa Hindu Buddha dengan hiasan patung dan arca di dindingnya. Bila kamu mencari destinasi wisata hemat tanpa mengeluarkan budget Pura Kerta Buana wajib masuk ke daftar tujuanmu.

2 dari 4 halaman

Wisata Nganjuk Kertosono

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Nganjuk Hits Kekinian (@nganjukhitskekinian) pada

Siapa suka bermain di waterpark? Jika kamu berkunjung ke Nganjuk, khususnya di Kecamatan Kertosono bisa juga sekalian mampir ke The Legend Waterpark Kertosono. Wisata Nganjuk ini juga sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga.

Seperti kebanyakan waterpark lainnya, kamu bisa menjumpai dan menikmati sederet wahana air seru seperti racing slide, kolam ombak, spiral slide, dan masih banyak lagi permainan air seru lainnya.

Enggak sampai di situ saja, The Legend Waterpark Kertosono juga menawarkan wisata non-air yang tak kalah seru mulai dari rumah hantu, bioskop 4 dimensi, hingga panggung hiburan. Fasilitas lainnya juga tak kalah lengkap.

The Legend Waterpark ini buka setiap harinya dari jam 9 pagi sampai 5 sore di hari Senin hingga Sabtu dan jam 8 pagi sampai 5 sore di hari Minggu dan libur nasional. Lokasinya sendiri berada di Jalan Raya Surabaya - Madiun KM 04, Nglawak, Kertosono, Nganjuk.

3 dari 4 halaman

Wisata Kota Nganjuk

Tak hanya wisata di atas, sederet wisata Nganjuk ini juga bisa kamu explore saat di Nganjuk. Dimana saja destinasi wisatanya? Cek di bawah, ya!

1. Taman Pandan Wilis

Taman Wisata Pandan Wilis bisa dikatakan sebagai salah satu destinasi wisata populer di Nganjuk. Wisata Nganjuk ini sangat pas bila kamu ingin bersantai menikmati hari atau sekedar berjalan-jalan bersama keluarga. Diapit oleh dua Gunung yakni Gunung Wilis dan Gunung Pandan bisa kamu bayangkan dong bagaimana sejuknya kawasan ini.

Selain itu, area taman yang luas juga sangat cocok untuk olahraga. Panorama sekitarnya yang asri juga bakal membuat kamu nyaman saat berkunjung ke taman ini. Taman Pandan Wilis sendiri terletak di Jalan Brantas, Babadan, Werungotok, Kecamatan Nganjuk, Nganjuk.

2. Air Terjun Watu Lumbung

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Jaya (@godonggaring_) pada

Cukup banyak pilihan air terjun yang bisa kamu nikmati di Nganjuk, termasuk Air Terjun Watu Lumbung salah satunya. Karena memiliki aliran air yang lembut, air terjun ini juga sering disebut dengan Air Terjun Tetes Embun. Panorama sekitarnya yang asri juga menambah daya tarik dari wisata Nganjuk ini. Kamu bisa menikmati keindahannya di Desa Bendolo, Kecamatan Sawahan, Nganjuk.

3. Bukit Goa Dali

Selain Bukit Batu Songgong, wisata yang menawarkan panorama alam indah dari ketinggian lainnya yakni Bukit Goa Dali. Menurut warga sekitar, dulu bukit ini menjadi tempat ritual pada bulan Suro. Terlepas dari hal itu, pemandangan dari atas Bukit Goa Dali memang memanjakan mata. Tertarik berkunjung? Langsung saja menuju Desa Sumber Klampok, Kabupaten Nganjuk.

4. Watu Lawang

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh NGANJUK NYAWIJI HITS KEKINIAN (@nganjuknyawiji) pada

Berada tak jauh dari Air Terjun Sedudo, Watu Lawang juga enggak kalah menarik untuk dikunjungi. Watu Lawang ini terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Nganjuk.

Panorama dari atas bukit ini memang sangat cantik dengan pegunungan hijau dan air terjun yang menjadi view utamanya. Buat kamu pecinta selfie enggak usah khawatir karena di Watu Lawang tersedia spot selfie menarik berbentuk sarang burung yang berada di ujung tebing.

5. Candi Ngetos

Tak melulu tentang wisata alam, kamu juga bisa menjumpai wisata sejarah berupa candi di Nganjuk. Candi Ngetos salah satunya. Didirikan sekitar abad ke-15, candi ini merupakan peninggalan dari Kerajaaan Majapahit dan diperkirakan dibuat sebagai makam dari Raja Hayam Wuruk. Seperti namanya, candi ini terletak di Jalan Ngetos - Berbek, Kecamatan Ngetos, Nganjuk.

4 dari 4 halaman

Wisata Alam Nganjuk

Kabupaten Nganjuk memang memiliki alam yang indah. Karena itu, banyak destinasi wisata alamnya yang sangat menarik untuk dikunjungi. Seperti beberapa destinasi wisata di abwah ini.

1. Air Terjun Singokromo

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Mampir Nganjuk (@mampirkenganjuk) pada

Satu lagi air terjun dengan pemandangan menarik yakni Air Terjun Singokromo. Lokasinya pun juga tak jauh dari Air Terjun Sedudo dan Watu Lawang. Meski air terjun ini tak setinggi air terjun lainnya, tapi aliran airnya cukup deras. Nuansa alami dan asri juga bisa kamu rasakan saat berada di kawasan ini.

2. Embung Estumulyo

Embung Estumulyo merupakan perairan mirip telaga dengan pepohonan rindang di sekelilingnya. Bila kamu mencari tempat untuk refreshing atau berwisata dengan nuansa yang masih alami, Embung Estumulyo bisa jadi pilihan yang menarik. Letaknya yang berada di daerah pegunungan juga membuat wisata Nganjuk ini memiliki udara yang sejuk.

Embung Estumulyo sendiri terletak di Desa Bulurejo, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk. Kamu juga enggak perlu mengeluarkan dana lho karena tiket memasuki wisata ini gratis.

3. Waduk Perning

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Sobat Ambyar???? (@tenangnopikiranmu) pada

Sesuai dengan namanya, Waduk Perning terletak di Desa Perning, Kecamatan Jatikalen, Nganjuk. Panorama yang ditawarkan juga indah dan tak kalah dengan wisata lainnya. Di sini, juga ada dermaga dimana kamu bis amenyaksikan keindahan panorama danau dari atasnya. Dermaga ini juga sangat cantik lho dijadikan sebagai spot foto. Tak hanya itu, kamu juga bisa meneyewa perahu untuk berkeliling waduk.

4. Bukit Salju Ngetos

Meski bernama salju, pastinya jangan berharap menemukan salju di wisata Nganjuk ini ya. Tapi jangan kecewa karena kamu akan disuguhi deretan hutan pinus indah sekaligus spot foto menarik sebagai gantinya.

Diantaranya seperti spot foto berbentuk sayap, tulisan love, payung, hingga rumah pohon bisa kamu jumpai dan pilih di sini. Bukit Salju Ngetos ini terletak di Desa Blongko, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk dan buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai 6 sore.

Setelah melihat deretan wisata di atas, mana nih yang jadi destinasi wisata favorit kamu? 

Beri Komentar